" />

Liburan merupakan aktivitas yang kan setiap orang. Liburan tak melulu soal bepergian jauh untuk menghilangkan rasa penat dari aktivitas keseharian yang mendera seseorang. Berlibur nampaknya menjadi kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi, Karena menikmati masa liburan obat tersendiri bagi mereka yang bosan dengan kegiatan rutin mereka. Mau tahu tips liburan irit?

Akhir pekan, libur hari-hari besar, peringatan hari bersejarah, akhir tahun dan sebagainya adalah contoh beberapa waktu liburan yang dapat anda manfaatkan untuk berlibur. Namun, tak semua orang mau menikmati masa liburan yang menyenangkan karena menganggap bahwa liburan itu butuh biaya besar.

4 Tips Liburan Irit Hemat Ongkos

1. Lakukan perjalanan di malam hari

Lakukan perjalanan di malam hari

Melakukan perjalanan malam akan membantu anda menghemat anggaran liburan. Jadi, anda tidak perlu menyewa hotel atau tempat penginapan lain untuk bermalam. Karena anda akan bermalam diperjalanan. Selain menghemat uang, anda juga bisa menikmati perjalanan yang hening dan lancar karena lebih terhindar dari kemacetan.

Perjalanan malam ini bisa untuk pengguna kendaraan bermotor ataupun mobil. Jika menggunakan motor, pastikan penglihatan anda jeli, dan pastikan dalam keadaan prima. Sedangkan untuk mobil, cocok untuk anda berlibur ramai-ramai, dan nyaman ketika ingin istirahat karena berada di ruang tertutup.

2. Bawa bekal sendiri

bawa bekal sendiri

Saat anda berlibur di ruang terbuka seperti pantai atau pun di pegunungan, anda bisa membawa bekal makanan untuk dimakan disana. Jadi tak perlu keluar uang lebih untuk menikmati makanan disana. namun, anda harus bersiap repot membawanya untuk sampai lokasi liburan.

3. Lakukan liburan ke tempat alam

liburan ke tempat alam

Liburan tak selalu harus mendatangi tempat-tempat terkenal yang uang retribusinya besar. Anda bisa berlibur ke lokasi-lokasi biasa dengan pemandangan yang menakjubkan tanpa membayar lebih seperti para backpacker. Anda bisa menemukannya dengan berpetualang secara pribadi. Biasanya, lokasi-lokasi ini bernuansa alam. Anda bisa mendirikan tenda jika memungkinkan. Atau bermain hemox di lokasi yang anda temukan.

4. Menggunakan kendaraan pribadi

menggunakan kendaraan pribadi

Tips liburan irit selanjutnya yaitu menggunakan kendaraan pribadi. Karena jika dibandingkan dengan menyewa mobil di rental, menggunakan bus atau armada lainnya anda butuh biaya besar. Belum lagi jika armada tersebut tidak langsung sampai ke lokasi yang anda tuju.

Itu dia beberapa tips liburan irit yang mungkin bisa jadi pedoman untuk anda berlibur tanpa takut budget membengkak. Sebenarnya liburan tak mesti harus melakukan perjalanan jauh, pergi ke tempat mahal atau menunggu masa liburan datang. Anda dapat berlibur kapanpun dan dimanapun.

Intinya, liburan adalah kegiatan menyegarkan pikiran agar tak lagi penat oleh beban rutinitas seharian. Melakukan hobi, berkebun, mendekor ulang kamar atau rumah anda, berolahraga disekitar rumah, atau melakukan aktivitas sosial juga bisa jadi pilihan untuk menikmati masa libur.