15+ Oleh-oleh Khas Nigeria (Otentik dan Unik Banget!)

Dijuluki dengan nama “Raksasa Afrika,” Nigeria adalah negara terpadat dan terkaya di Afrika dengan ratusan kelompok etnis, bahasa, dan agama yang berbeda.

Namun terlepas dari globalisasi, Nigeria adalah negara dengan ribuan produk unik yang terkenal di seluruh dunia. Beberapa oleh-oleh khas Nigeria dapat dibeli di toko-toko khusus souvenir, sementara yang lain umumnya di pasar tradisional.

Daftar Oleh-oleh Khas Nigeria, Afrika

Sebagai sebuah negara, Nigeria memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada pengunjungnya, dan meskipun bukan tujuan paling populer, tapi ia memiliki harta karun tersendiri.

Saat berkunjung ke Nigeria, berikut adalah cinderamata terbaik yang bisa Anda beli:

1. Adire

pakaian tradisional khas nigeria

Kain Adire adalah cinderamata favorit di kalangan wisatawan lokal dan internasional.

Adire adalah bahan pakaian yang dirancang dengan mencelupkan kain putih polos ke dalam tinta berwarna dengan pola-pola indah yang dibuat dengan menggunakan candles wax.

Bahan ini nantinya bisa dibuat menjadi pakaian dalam gaya dan ukuran apa pun. Adire bisa Anda dapatkan di seluruh pelosok Nigeria sepanjang tahun.

2. Aso Oke / Aso Ofi

pakaian modern negara nigeria

Aso Oke adalah kain tenunan tangan bergengsi dari Yoruba, yaitu sebuah kelompok etnis utama di barat daya Nigeria.

Kain yang dibuat khusus ini cukup mahal dan dikenakan pada acara-acara khusus seperti festival, pertunangan, pernikahan, upacara penamaan, pemakaman, dan upacara pemasangan kepala suku.

Ada tiga jenis utama, yaitu Alaari (merah tua), Sanyan (coklat muda) dan Etu (biru tua / ungu).

3. Souvenir dari Rotan

barang oleh-oleh khas nigeria

Di bawah jembatan Odo-Iyalaro di Maryland, ada sebuah desa kecil yang bernama Rotan Mende.

Disebut demikian karena setiap hari Minggu, desa ini selalu ramai oleh para penenun yang menjajakan barang-barang rumah tangga yang terbuat dari rotan, seperti keranjang buah, kursi, meja, hamper, kotak-kotak penyimpanan, pot rotan berbagai ukuran, kipas, dan masih banyak lagi.

4. Cinderamata dari Kulit Hausa

oleh-oleh khas nigeria utara

Di Nigeria bagian utara, ada beberapa daerah yang memiliki budaya memelihara sapi, seperti Kota Kano, Kaduna, Sokoto, dll.

Selain menghasilkan daging, peternak dan produsen cinderamata juga memanfaatkan sejumlah besar kulit sapi premium untuk diproses menjadi dompet, tas, ikat pinggang, sepatu, dan perhiasan. Barang-barang modis ini memiliki umur panjang dan layak untuk dikoleksi.

5. Sabun Hitam

oleh-oleh khas nigeria tengah

Terbuat dari resep kuno turun temurun, Sabun hitam Nigeria dikenal karena teksturnya yang lembut, memiliki kemampuan untuk membersihkan secara mendalam, dan membantu menyembuhkan berbagai infeksi kulit.

Terbuat dari pisang raja kering dan beberapa bahan lain, sabun ini tersedia dalam berbagai kemasan dan bisa ditemukan di berbagai toko, minimarket, pasar, dan hotel tujuan di seluruh Nigeria.

6. Tembikar

oleh-oleh seni khas nigeria

Tembikar adalah salah satu oleh-oleh seni termurah yang bisa Anda dapatkan di Nigeria. Tembikar Nigeria sangat unik karena dibuat secara manual dan karenanya, tidak ada duplikat yang dapat dibuat atau ditemukan di tempat lain.

Anda bisa memilih pot/vas, wajan, kendi, gelas, mangkuk atau berbagai alat masak lain langsung dari sumbernya di Igbaja dan Igbomina di Kwara, atau Afikpo di Ebonyi.

7. Pernak-Pernik Buatan Tangan

oleh-oleh tradisional khas nigeria

Pernak-pernik buatan tangan yang berwarna-warni adalah memorabilia perpisahan favorit di antara wisatawan yang berkunjung ke Nigeria, dan Afrika secara keseluruhan.

Anda bisa mendapatkannya di banyak lokasi, seperti di Abuja, di pasar seni dan kerajinan Lekki, di pantai, dan berbagai pasar di Lagos. Anda bahkan dapat menemukan pedagang pernak-pernik di pinggir jalan atau di dekat lampu merah.

8. Patung

oleh-oleh khas nigeria paling bersejarah

Nigeria adalah salah satu tempat terbaik untuk membeli karya seni otentik, karena patung-patung dari Nigeria banyak ditampilkan di hampir semua museum di seluruh dunia.

Jika Anda pergi ke Igue Street di Kota Benin, Anda akan menemukan jalanan penuh dengan seniman lokal yang membuat patung-patung unik berbagai ukuran dan warna dengan garis etnis yang khas.

9. Kamerun

kain khas oleh-oleh khas nigeria

Tak hanya Indonesia, Nigeria juga mempunyai kain batik lho, namanya adalah Royal Cloth of Cameroon atau Kain Kerajaan Kamerun.

Batik Nigeria memiliki motif yang khas, karena banyak menggambarkan identitas dari Kamerun atau Afrika secara keseluruhan. Kamerun sendiri adalah sebuah wilayah yang berada di kawasan Nigeria barat dan tengah.

10. Aran

kerajinan bahan khas nigeria

Aran adalah kain beludru dengan tekstur halus yang biasa dikenakan bersama dengan Aso Oke. Aran tersedia dalam berbagai warna, mulai dari merah, ungu, hingga coklat dalam berbagai nada.

Kain ini sangat mahal, sehingga hanya dikenakan oleh orang kaya sebagai simbol status, dan bayi yang dibungkus kain ini dianggap istimewa. Aran juga sering dibuat menjadi sepatu/sandal untuk pria/wanita.

11. Pakaian

baju khas oleh-oleh khas nigeria

Jika Anda mencari pakaian yang bergaya, butik-butik di Palm Mall adalah tempat yang sempurna, tetapi jika Anda ingin merasakan kesenangan pasar dan membeli pakaian dengan harga knock-down, Yaba Market (Pasar Tejuosho) di distrik Yaba harus Anda kunjungi.

Ada sekitar 300 kios yang menjual celana jeans, kaos oblong/polo, aksesoris, kemeja dan bahkan tuksedo keren serta dasi kupu-kupu sutra.

12. Udu

oleh-oleh khas nigeria dari tanah liat

Secara tradisional, udu adalah kendi air dari tanah liat yang dipanggang, yang berasal dari orang-orang Igbo di Nigeria. Memiliki lubang di bagian tengah, benda ini juga dapat menjadi alat musik yang dimainkan dengan cara ditabuh. Udu menghasilkan suara bass yang berubah dalam nada tergantung pada bagaimana posisi tangan di atas kendi. Selain dari tanah liat, udu juga banyak dibuat dari tembaga.

13. Kilishi

makanan oleh-oleh khas nigeria

Kilishi adalah dendeng versi Nigeria Utara yang memiliki rasa sangat pedas dan terbuat dari daging sapi, domba atau kambing. Masing-masing daging terpilih diiris tipis dalam lembaran berukuran sekitar 1 meter untuk memudahkan pengeringan.

Secara tradisional, Kilishi dikeringkan di bawah panas matahari yang menyengat sekitar 3 hari, baru kemudian diolah dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah.

14. Wara

camilan khas masyarakat nigeria

Terbuat dari susu sapi, wara adalah dadih keju lezat yang banyak diproduksi di kota kecil bernama Wara yang terletak di Kwara, yaitu salah satu bagian paling utara di barat daya Nigeria.

Dadih keju ini dapat dimakan segar dengan menambahkan garam dan merica, atau dicampurkan ke dalam sup / semur. Beberapa mengatakan bahwa rasa wara mirip dengan putih telur rebus, tapi beberapa yang lain hambar.

15. Agbalumo / Udara

buah khas nigeria

Dikenal dengan nama Udara di antara orang-orang Igbo, dan disebut Agbalumo oleh orang-orang Yoruba di barat daya.

Cherry dari Nigeria ini tidak hanya lezat dengan tekstur lembut yang khas, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Dari pencegahan penyakit gusi mulut hingga penanggulangan sakit gigi dan sakit tenggorokan, manfaat Agbalumo terus berlanjut.

Semua orang pasti menginginkan kesempatan untuk membawa pulang oleh-oleh unik dari liburan yang dihabiskan di luar negeri.

Dari sepasang sepatu dan sandal sutra, sabun perawatan kulit alami hingga kerajinan tembikar dan kain tradisional, oleh-oleh khas Nigeria ini sangat layak untuk dibawa pulang.

Leave a Comment

error: Content is protected !!