" />

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan keindahan alam yang begitu melimpah. Eksotisme alam pegunungan, pantai, hingga keindahan bawah lautnya terkenal hingga mancanegara. Tidak mengherankan setiap tahun jumlah wisatawan asing datang berkunjung ke Indonesia selalu mengalami peningkatan. Turis lokal pun tidak ketinggalan untuk menikmati panorama alam khas Indonesia timur. Salah satu tempat wisata Indonesia yang menjadi daya tarik wisatawan adalah kepulauan Raja Ampat.

Kepulauan Raja Ampat sendiri terdiri dari 1.800-an pulau kecil dengan 4 pulau utama, yaitu Batanta, Misool, Salawati, dan Waigeo. Kawasan wisata bahari ini termasuk ke dalam kabupaten Raja Ampat, provinsi Papua Barat. Sebagai gugusan kepualuan, Raja Ampat menawarkan destinasi wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi.

Jam Buka dan Harga Tiket di Raja Ampat

Berlibur ke Raja Ampat wajib mempersiapkan budget dengan baik. Beebrapa kebutuhan wisata ini harus anda persiapkan seperti tarif tiket yaitu Rp 500.000,-/orang. Biaya ke Raja Ampat pada akomodasi sekitar Rp 250.000,-/hari/orang. Untuk biaya transportasi antar pulau dikenai harga Rp 700.000,-/orang. Sedangkan biaya untuk transportasi dari Sorong menuju ke Waisai yaitu Rp 130.000,-/orang.

Daya Tarik Raja Ampat

1. Pulau Waigeo

Pulau Waigeo

Waigeo adalah pulau terbesar dari wilayah kepulauan Raja Ampat yang dikenal juga dengan nama Amberi atau Waigiu. Ketika mendatangi pulau ini, Anda pasti akan lupa waktu karena beragam eksotisme panorama alam bawah laut dan daratan yang sayang untuk dilewatkan. Alam di sekitar lokasi ini menawarkan keindahan Raja Ampat berupa gugusan pulau karang, teluk yang eksotis dipadu tebing menjulang tinggi serta hutan lebat dengan penghuni berbagai spesies burung.

Salah satu kegiatan paling favorit yang dapat Anda lakukan disini adalah berenang dan snorkeling diantara koloni terumbu karang serta berbagai spesies ikan warna-warni. Jangan lupa juga untuk melihat spesies endemik perairan ini, yaitu hiu karang putih dan hitam pada kedalaman 30 meter. Setelah puas dengan wisata bahari, Anda dapat menjelajahi hutan lebat pulau ini dan menemukan berbagai spesies cendrawasih, oposum, ular hingga bangau berbulu.

2. Pulau Misool

Pulau Misool

Pulau ini berlokasi di lepas pantai barat Papua dan berbatasan langsung dengan laut seram. Wilayah perairan ini merupakan jalur lalu lintas bagi sejumlah biota laut berukuran raksasa, seperti paus. Anda dapat menikmati panorama keindahan bawah laut Pulau Misool berupa air yang jernih berwarna biru kehijauan, keberagaman spesies karang dan ikan hias.

Disamping itu, Anda juga dapat menikmati eksotisme berupa hutan lebat dan rawa bakau dengan tonjolan labirin puncak batu pada bagian barat dan timur pulau. Disini, Anda juga dapat menemukan situs kebudayaan kuno berupa petroglif yang diperkirakan telah berusia 5.000 tahun. Jadi, tentu tidak mengherankan jika destinasi wisata ini menjadi salah satu ikon wisata Papua yang ramai dikunjungi.

3. Pulau Kofiau

Pulau Kofiau

Dibandingkan dengan pulau lainnya di wilayah Raja Ampat, Kofiau memiliki ukuran yang paling kecil. Namun, sisi eksotisme pulau ini tentu sayang untuk dilewatkan karena panorama batu kapur, terumbu karang, keragaman biota laut serta bukit vulkanik yang berpadu hutan hujan lebat siap memanjakan mata Anda.

Disini, Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling, berenang, berjemur di pantai maupun fotografi bawah laut. Kegiatan yang paling disarankan untuk Anda adalah mengunjungi danau pedalaman di seberang Deer Village. Di perjalanan Anda akan menemukan berbagai pemandangan menakjubkan seperti tarian burung merah, ular piton yang bergelantungan pada pohon hingga keriuhan burung Enggang yang mengudara.

Raja Ampat memang telah dikenal mancanegara dengan panorama keindahan alam terutama wilayah perairannya. Popularitas yang telah dicapai ini tentu tidak terlepas dari peran pemerintah pusat, daerah, pengelola wisata maupun warga lokal. Kolaborasi berbagai pihak ini membuat Raja Ampat semakin ramah dan nyaman bagi wisatawan karena akses akomodasi yang mudah, baik dari darat maupun laut.

Selain itu, biaya masuk ke lokasi wisata yang terkenal dengan sebutan Amazon lautan dunia ini pun cukup murah, yaitu Rp 500.000,- (lokal) dan Rp 1.000.000,- (asing). Anda juga tidak perlu khawatir soal penginapan karena di Raja Ampat terdapat berbagai resort dan homestay dengan harga yang kompetitif.

4. Pulau Salawati

Pulau Salawati

Perairan pulau Salawati menjadi sakti terjadinya perang dunia II. Di sekitar perairan ini terdapat banyak sekali sisa-sisa peperangan seperti kapal laut maupun pesawat yang tenggelam. Salah satu yang paling dikenal adalah pesawat P-40, alat-alat maupun mesin peninggalan perang, dan lain-lain. Namun hal ini menjadi daya tarik yang unik bagi pengunjung Pulau Salawati di Raja Ampat.

Pesona yang unik dan dramatis dari bangkai-bangkai kapal dan pesawat tersebut kini menjadi tempat hidup dan berkembang biak spesies ikan di laut. Tak hanya itu bangkai kapal tersebut ditumbuhi karang-karang dan koral sehingga menambah kesan indah pada dasar perairan pulau ini.

5. Teluk Kabui

Teluk Kabui

Wisata selanjutnya yang benar-benar membuat takjub wisatawan adalah teluk Kabui. Teluk eksotis khas Raja Ampat ini terletak tepat di antara dua pulau yaitu Waigeo dan Gam. Puluhan pulau karang di teluk ini merupakan pemandangan yang tidak ditemukan di teluk lainnya. Aktivitas menyelam di teluk ini adalah favorit para wisatawan karena keindahan bawah laut yang tiada duanya.

Fasilitas di Raja Ampat

Wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata ikonik Papua ini tentu perlu mengetahui informasi penting mengenai Raja Ampat salah satunya seperti fasilitas yang tersedia di sana. Untuk kebutuhan penginapan yang nyaman dan berkualitas anda bisa memilih menyewa kamar hotel, cottage, maupun resort terdekat di Raja Ampat.

Fasilitas lainnya yaitu untuk keperluan akses yang mudah dan lancar, pengelola menyediakan beberapa kapal maupun perahu. Transportasi ini dapat digunakan untuk perjalanan menyisir pulau. Selain itu juga terdapat peralatan khusus untuk menyelam yang lengkap dan sesuai standard. Jadi anda tidak perlu khawatir akan keamanannya.

Akses dan Rute Menuju Raja Ampat

Kita tahu bahwa akses menuju Papua membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dua alternatif perjalanan yang bisa dilakukan adalah menggunakan kapal laut atau pesawat dengan durasi yang lebih singkat. Akses dari Sorong untuk tiba di Raja Ampat bisa menggunakan kapal Ferry Marina Express lalu Kapal Ave Maria.

Rute perjalanan hingga tiba di wisata alam bahari Papua Barat ini terdapat beberapa pilihan. Yang pertama yaitu rute dari Singapur menuju Manado lalu Sorong dan dilanjutkan ke tujuan wisata. Atau rute dari Bali menuju Sorong namun melewatir Ujung Pandang, Kota Makassar.

Anda yang berasal dari Jakart, bisa berangkat menggunakan pesawat dari Jakarta menuju ke Ujung Pandangan terlebih dahulu lalu lanjut ke Sorong, Papua. Wisatawan pun juga bisa berangkat dari Kuala Lumpur, Malaysia menggunakan pesawat menuju ke Makassar dan tiba di Sorong.

Peta Lokasi Raja Ampat (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Raja Ampat

1. Pondok penginapan dan resto Acropora
2. Misool Eco Resort
3. Kakaktua Hostel
4. Hotel Raja Ampat
5. Mambetron Hotel
6. Gurara Dive Resort
7. HamuEco Raja Ampat
8. Waiwo Dive Resort Raja Ampat

Tips Berwisata ke Raja Ampat

1. Sediakan budget yang cukup dalam bentuk uang tunai
2. Memiliki kesehatan yang prima agar liburan lebih aman dan menyenangkan
3. Jika berniat untuk diving atau melakukan aktivitas di air, miliki kemampuan berenang yang baik.
4. Persiapkan kebutuhan anda terutama kebutuhan dan peralatan pribadi
5. Bawa sunblock atau lotion pelindung sinar ultraviolet karena di sana matahari sangat terik
6. Jika anda alergi terhadap sesuatu, jangan lupa membawa obat alergi anda

Baca JugaTaman Nasional Lorentz, Wisata Alam Memacu Adrenalin