" />

Jika anda memiliki rencana untuk berlibur ke Jogja, anda pasti akan sangat kebingungan dalam merencanakan liburan anda. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, Jogja menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Wisata perkotaannya pun tak kalah menggiurkan. Banyak daya tarik di Kota Gudeg ini yang tidak ingin anda lewatkan.

Itulah mengapa perencanaan yang baik sebelum berwisata ke Jogja sangat diperlukan. Jika tidak merencakan tujuan wisata dan budget pengeluaran, maka bisa jadi sepulang berlibur tabungan anda akan kandas. Untuk itu, berikut ini beberapa tips berwisata hemat di Jogja yang dapat anda praktikkan bersama teman terdekat dan keluarga anda.

8 Tips Berwisata Hemat di Jogja

1. Lakukan Perencanaan Yang Matang

Rencanakan Liburan

Sebelum anda mengunjungi kota istimewa ini, anda harus memiliki daftar tempat wisata mana saja yang ingin anda kunjungi. Tempat wisata yang anda pilih tentu menyesuaikan berapa lama anda memutuskan untuk menginap di Jogja. Selain itu, buatlah estimasi pengeluaran untuk masing-masing tempat wisata. Perkiraan pengeluaran tidak terkira agar budget tetap aman.

Perlu untuk dicatat adalah ketika anda berlibur di Jogja, tentu anda harus mengunjungi tempat wisata sesuai dengan daftar yang anda buat jauh-jauh hari. Jangan tergiur untuk menambah daftar objek wisata ketika melihat reklame iklan wisata di jalan dan atribut iklan lainnya. Model liburan yang terencana seperti ini akan menjamin dompet anda tetap aman.

2. Manfaatkan Aplikasi Travelling

Gunakan Aplikasi Travelling

Sekarang ini, sudah banyak aplikasi yang memudahkan orang untuk melakukan wisata ke luar kota. Kemudahan ini tentu perlu anda manfaatkan. Gunakanlah aplikasi pemesanan tiket transportasi dan hotel. Biasanya pada aplikasi ini anda akan menemukan berbagai promo menarik dan potongan harga. Pilihlah sesuai kebutuhan anda.

Tak perlu ragu untuk membandingkan harga yang ditawarkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Selain itu, anda juga harus mempertimbangkan antara harga dan fasilitas yang akan anda dapat. Gunakan sistem pengguguran pilihan. Tuliskan beberapa pilihan hotel yang mungkin anda pilih dan coret satu persatu yang anda anggap tidak cocok.

3. Kendaraan Umum, Why Not?

Kendaraan Umum

Jogja memiliki fasilitas kendaraan umum yang cukup memadai dan nyaman untuk di naiki. Tak hanya kendaraan umum bermotor, kendaraan umum tradisional juga menjadi salah satu transportasi unggulan di jogja. Sebut saja delman dan lain-lain. Jika anda ingin tips berwisata hemat di Jogja ini berhasil, anda dapat memilih untuk menggunakan kendaraan umum.

Salah satu kendaraan umum di Jogja yang juga sangat direkomendasikan adalah trans Jogja yang memiliki banyak rute dan harganya sangat terjangkau. Trans Jogja juga dilengkapi dengan fasilitas AC serta tempat duduk yang nyaman. Tak perlu bingung menentukan rute perjalanan anda karena petugas yang berjaga siap sedia membantu anda.

Baca Juga: 4 Tips Liburan Irit yang Tidak Akan Menguras Dompetmu!

4. Berwisata dengan Cara Rombongan

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini karena ketika anda berwisata dengan cara rombongan, ada banyak paket dan promo menarik yang ditawarkan dari tempat wisata atau agen wisata. Kemudian jika diperhitungkan secara ekonomi, maka biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat daripada berwisata sendiri.

Namun, dalam menentukan jumlah dan anggota rombongan anda perlu berhati-hati. Anda perlu memilih orang-orang yang cocok dengan anda. karena akan ada banyak hal terjadi saat liburan anda berlangsung. Jangan sampai ketidakcocokan anggota rombongan justru merusak perjalanan liburan anda.

5. Hindari Waktu – Waktu High Season

Waktu High Season

Tips berwisata hemat di Jogja yang satu ini tentu sudah lazim dipraktikkan oleh banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Seperti yang anda ketahui bahwa ketika high season berlangsung maka harga tiket dan hotel akan meroket naik. Ini tentu menjadi kabar buruk bagi dompet anda.

Maka itu, perlu anda rencanakan liburan yang menghindari waktu-waktu high season. High season biasanya terjadi saat libur sekolah, setelah hari raya idul fitri dan di akhir tahun hingga awal tahun baru. Jadi ada baiknya menghindari waktu-waktu itu jika anda ingin berwisata dengan budget yang tidak membengkak dari rencana awal.

6. Perbanyak Mengunjungi Objek Wisata Alam

Wisata Alam

Jika ingin melakukan wisata yang asik namun tetap tidak membuat kantong anda bolong, maka anda harus memasukkan banyak nama objek wisata alam ke dalam daftar kunjungan anda. kurangi wisata perkotaan yang sekiranya memakan banyak biaya. Tentunya objek wisata alam adalah solusinya.

Karena objek wisata alam akan menawarkan keindahan alam yang mempesona dan memanjakan mata anda namun tetap dengan harga yang miring. Bahkan ada beberapa objek wisata alam terkenal di Jogja yang tidak memungut biaya sepeserpun. Dan ini berlaku bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara ketika memasuki kawasan objek wisata tersebut.

7. Menjajal Suasana Angkringan Jogja

Menjajal Angkringan Jogja

Jogja adalah kota yang juga terkenal dengan wisata kulinernya. Salah satu kuliner di jogja yang selalu dirindukan lagi oleh para wisatawan yang berkunjung adalah angkringan. Angkringan di kota jogja memang sudah terkenal karena suasana yang ditawarkannya namun dengan harga yang masih sangat terjangkau.

Jika menjajal angkringan di Jogja, anda tidak hanya melakukan wisata kuliner namun juga dapat menerapkan tips berwisata hemat di Jogja. Hal ini mengingat harga makanan yang dibandrol di tiap angkringan di Jogja sangat murah dan tetap mengenyangkan. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk memasukkan angkringan ke dalam daftar wisata kuliner anda di Jogja.

8. Berbelanja Oleh – oleh di Pasar Tradisional

Pasar Tradisional

Berbelanja oleh-oleh atau buah tangan adalah kebiasaan wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara. Karena kebiasaan ini seakan susah dihilangkan, maka anda mau tidak mau harus memasukkannya ke dalam daftar pengeluaran selama liburan di Jogja. Namun tak perlu khawatir, berbelanja oleh-oleh tak perlu mahal.

Anda dapat berbelanja oleh-oleh di berbagai pasar tradisional yang tersebar di seluruh Jogja. Di pasar tradisional anda akan mudah menemukan pernak pernik yang menarik untuk dijadikan oleh-oleh dengan harga yang sangat terjangkau. Tak hanya itu, sistem di pasar tradisional yang bisa ditawar tentu menjadi satu keunggulan lain.

Kini, anda tak perlu lagi bingung atau ragu untuk berwisata ke Kota Jogja. Kota yang kental dengan budaya ini, dapat anda jelajahi dengan budget yang aman di kantong. Asalkan anda menerapkan beberapa tips berwisata hemat di Jogja seperti di atas. Sebenarnya masih banyak tips sederhana lain yang bisa anda lakukan untuk menghemat pengeluaran.

Salah satu tips berwisata hemat di Jogja lainnya adalah dengan memilih penginapan paket komplit yang juga menyediakan sarapan, atau mungkin anda ingin membawa perbekalan sendiri dengan menyiapkan beberapa makanan instan yang dapat dibawa selama perjalanan liburan anda. Berbagai tips sederhana lainnya bisa anda lakukan juga agar dapat mengontrol pengeluaran anda selama liburan di Jogja.