10+ Oleh-Oleh Khas Padang (Makanan, Selain Makanan)

Jika berkunjung ke Padang Anda harus mencoba berbagai masakan yang unik dari daerah ini, selain itu, Anda juga dapat menjadikan makanan tersebut sebagai oleh-oleh khas Padang.

Namun tidak hanya makanan saja, tetapi selain makanan,  Anda juga dapat membeli berbagai macam souvenir yang menarik dan unik dari daerah ini.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Padang yang Enak

1. Rendang

5 makanan khas padang

Siapa sih orang di Indonesia yang tidak tahu rendang. Makanan ini merupakan salah satu yang paling dikenal dari Padang, bahkan makanan tradisional ini dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Memang saat ini rendang dapat dengan mudah ditemui dimana-saja.

Namun jika Anda membelinya langsung dari Padang tentunya rendang ini akan menjadi oleh-oleh yang sangat istimewa.

Biasanya bahan utama rendang adalah daging sapi, namun saat ini terdapat berbagai macam varian rendang. Sehingga Anda dapat membeli berbagai varian rendang tersebut sesuai dengan selera.

2. Rendang Telur

oleh-oleh khas padang pariaman

Mungkin Anda masih belum mengetahui tentang rendang telur ini. rendang telur memang tidak sepopuler rendang yang terbuat dari daging sapi, namun tidak ada salahnya Anda membeli rendang ini untuk oleh-oleh. Justru dengan menjadikan rendang telur sebagai buah tangan akan menjadikannya lebih unik.

Namun Anda jangan mengira jika bentuk makanan ini akan akan sama dengan rendang daging. Rendang telur sangat berbeda dengan rendang daging karena rendang ini lebih mirip keripik. .

3. Roti Randang

oleh oleh khas padang selain makanan

Terdapat pilihan kuliner lain yang dapat anda jadikan pilihan untuk dibawa pulang yakni roti randang. Mungkin dari namanya Anda sudah dapat menebak rasa dari roti ini adalah rendang. Roti ini memang memiliki isian rendang dengan berbagai macam varian mulai dari daging sapi, ayam hingga kacang merah.

Harga dari roti ini pun sangat murah dan dapat dengan mudah ditemui di berbagai toko dan swalayan. Ukurannya yang tidak terlalu besar pun membuat roti ini mudah dibawa kemana saja.

4. Karak Kaliang

oleh oleh khas padang yang enak

Snack tradisional yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh dari Padang adalah Karak Kaliang. Snack ini merupakan kerupuk terbuat dari ubi kayu yang dicampur dengan bawang putih dan garam. Harga cemilan ini pun sangat murah, selain itu snack ini dapat bertahan lama.

5. Kain Songket

oleh oleh khas padang sumatera barat

Kain songket juga dapat menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Kain tradisional ini biasanya dibuat secara manual sehingga harganya juga menjadi mahal. Namun meskipun mahal rasanya tidak salah jika Anda membeli kain ini untuk diri sendiri maupun diberikan untuk orang tersayang Anda.

6. Dendeng Daun Singkong

oleh oleh ciri khas padang

Salah satu makanan unik dari Padang adalah dendeng daun singkong yang memiliki rasa yang unik. Sama seperti namanya, dendeng ini terbuat dari daun singkong yang diolah sedemikian rupa menjadi dendeng. Makanan ini juga dapat menjadi alternatif untuk Anda yang menderita kolesterol.

7. Mukena Kerancang

oleh oleh barang khas padang

Jika anda tidak ingin membawa oleh-oleh berupa makanan, mungkin mukena Kerancang khas Padang ini dapat menjadi pilihan. Kerancang sebenarnya adalah seni menyulam yang berasal dari Sumatera Barat. Seni menyulam ini dikerjakan dengan membentuk kain dengan lubang-lubang, kemudian dibentuk sedemikian rupa menjadi berbagai macam barang.

Namun sebenarnya terdapat berbagai barang yang terbuat dari seni Kerancang ini selain mukena. Namun produk yang paling terkenal adalah mukenanya karena terkenal sangat indah dan nyaman dipakai.

8. Serunai

gambar oleh oleh khas padang

Serunai merupakan salah satu alat musik tradisional dari Padang yang berbentuk seperti seruling. Serunai ini biasanya terbuat dari kayu atau bambu yang dibentuk memandang dan memiliki ukuran yang lebih besar disalah satu sisinya. Serunai juga dihiasi dengan motif-motif khas Padang yang menambah keindahannya.

Anda dapat membeli serunai ini di toko-toko souvenir maupun di pasar dekat daerah wisata. Ukuran dari alat musik ini pun tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan karena mudah dibawa dan tidak mudah rusak.

9. Kue Sapik

macam macam oleh oleh khas padang

Merupakan kue tradisional Padang yang digulung dan berbentuk memanjang. Makanan ini pun memiliki tekstur yang renyah serta memiliki rasa manis. Jika dilihat sekilas, sebenarnya jajanan tradisional ini sangat mirip dengan kue semprong yang biasa Anda temui.

Kue ini pun sangat mudah ditemukan di Padang karena banyak toko dan swalayan yang menjualnya. Kue ini juga menjadi salah satu pilihan para wisatawan yang berkunjung ke Padang untuk dijadikan sebagai buah tangan. Namun karena teksturnya yang renyah, kue ini pun rentan hancur dalam perjalanan sehingga Anda harus berhati-hati dalam membawanya.

10. Kerupuk Sanjai

oleh oleh padang dari singkong

Keripik yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah keripik Sanjai yang berasal dari Padang. Keripik ini terbuat dari singkong yang diberi bumbu balado dan memiliki tekstur yang renyah. Keripik ini dapat ditemui di toko-toko souvenir maupun swalayan. Harga keripik ini pun sangat terjangkau dan mudah dibawa kemana saja.

Apakah Anda sudah memutuskan untuk membeli apa saja oleh-oleh khas Padang yang akan dibawa pulang? Namun yang terpenting adalah Anda juga harus menyesuaikan budget yang dimiliki.

Leave a Comment

error: Content is protected !!