46+ Makanan Khas Padang Sumatera Barat (MANTAP!)

Kota Padang, Sumatera Barat, memiliki makanan cita rasa Nusantara yang menggugah selera. Jika Anda adalah penggemar makanan pedas dan bersantan, Padang bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi.

Bicara soal makanan khas Padang Sumatera Barat, yang terlintas dalam benak Anda pasti adalah rendang. Tapi sebenarnya makanan khas di sana tak hanya itu saja, lho.

Makanan khas Padang ada banyak jenisnya. Selain rendang, Anda pasti juga pernah mendengar sate Padang, soto Padang, dan ayam pop. Ya, semua makanan tersebut juga berasal dari Padang dan sekitarnya.

Sumatera Barat memiliki ciri khas makanan pedas dan bumbu yang kaya dengan rempah-rempah. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus jauh-jauh pergi ke Padang.

Makanan Khas Padang Sumatera Barat

1. Rendang

makanan khas padang bahasa inggris

Rendang adalah makanan khas Padang yang terpopuler. Di setiap Rumah Makan Padang pasti menyediakan menu rendang. Makanan khas Padang rendang juga bisa Anda buat di rumah.

Cara membuat rendang cukup simpel, cukup daging dan bumbu seperti daun jeruk, serai, daun salam, lengkuas, dan santan. Masak daging dengan bumbu-bumbu tersebut yang sudah dihaluskan.

2. Sate Padang

masakan khas padang adalah

Perbedaan utama sate Padang dengan sate dari daerah lainnya adalah pada bumbunya. Saus sate Padang tidak memakai bumbu kacang seperti pada umumnya. Sate Padang terbuat dari daging sapi yang direbus dan dibakar.

Daging tersebut kemudian dibaluri dengan saus pedas yang berasal dari tepung beras. Saus tersebut juga bisa ditambah cabai untuk menambah kepedasan rasa.

3. Dendeng Balado

nama makanan khas dari padang

Selain rendang, makanan khas Padang yang paling dicari adalah dendeng balado. Dendeng balado adalah makanan yang berasal dari irisan daging sapi yang digoreng kering.

Sambal balado pada makanan ini dibuat dengan cabai merah yang disiramkan ke daging. Dendeng balado juga mudah Anda temui di berbagai Rumah Makan Padang yang ada di kota Anda.

4. Dendeng Bakotok

makanan oleh2 khas padang

Hampir sama dengan dendeng balado, dendeng batokok juga berasal dari olahan daging sapi. Namun, yang membedakan dendeng balado dan batokok ada pada segi bumbu.

Penjelasannya, dendeng batokok memakai saus dari cabai hijau sementara sambal balado dari cabai merah. Dendeng batokok memiliki aroma yang lebih harum daripada dendeng balado.

5. Soto Padang

makanan khas padang apa aja

Soto Padang memakai kuah kaldu sapi dengan irisan daging sapi yang digoreng kering. Membuat soto Padang hampir mirip seperti resep makanan soto pada umumnya.

Yang membedakan, soto Padang memakai dendeng alias irisan daging sapi yang digoreng kering dan dimasukkan ke dalam sotonya. Dalam penyajian soto Padang juga biasanya ditambahi bihun dan perkedel kentang.

6. Gulai Itiak

makanan minuman khas padang

Gulai itiak adalah makanan khas Bukittinggi yang juga bisa Anda temukan di Padang. Gulai itiak memakai bahan dasar daging itik atau bebek.

Daging tersebut dibakar kemudian diberi bumbu berupa cabai keriting hijau, kunyit, jahe, laos, dan daun salam. Kelezatan dan cita rasa pedas dari gulai itiak ini mampu menggugah selera para penikmatnya.

7. Gulai Tauco

ciri khas makanan masyarakat padang dan palembang adalah

Gulai tauco cocok dijadikan teman makan ketupat atau lontong. Makanan ini merupakan khas dari Minangkabau yang cukup mudah dibuat.

Gulai tauco dibuat dari sayur buncis, tahu putih, tempe, dan santan. Selain lezat, makanan ini juga kaya vitamin dari kandungan bahan-bahan alami yang digunakan. Bahan pembuat gulai tauco juga mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional.

8. Kalio Daging

makanan khas kota padang sidempuan

Kalio adalah sebutan untuk daging rendang yang setengah jadi. Kalio berwarna lebih coklat ketimbang daging rendang.

Biasanya, di Rumah Makan Padang di luar Kota Padang dan Padang Panjang kalio dijual sebagai daging rendang. Selain waktu memasaknya yang lebih singkat, daging kalio juga lebih empuk daripada rendang matang.

9. Cancang

kue khas padang panjang

Makanan ini menjadi salah satu menu wajib di Rumah Makan Padang. Cancang merupakan daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan dijadikan gulai. Daging cancang umumnya memakai daging yang mengandung banyak lemak.

Aroma khas dari rempah-rempah yang ada di daging cancang memang sangat menggoda. Tapi, jangan terlalu banyak makan cancang karena bisa menyebabkan kolesterol.

10. Teh Talua

makanan khas padang dan cara membuatnya

Teh talua merupakan teh yang dibuat untuk menambah stamina. Minuman khas Sumatera Barat ini dibuat dengan mencampur teh, gula, telur, dan perasan jeruk nipis.

Jika teh talua panas didiamkan beberapa saat, akan muncul lapisan-lapisan yang kentara terlihat pada gelas bening. Lapisan atas akan berisi busa, bagian tengah berwarna putih, sementara lapisan bawah berwarna kecoklatan.

11. Lamang Tapai

makanan gorengan khas padang

Lamang tapai berasal dari beras ketan yang dimasak dengan santan di dalam bamboo muda. Umumnya makanan ini dijumpai saat bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Tak hanya itu saja, makanan ini juga biasanya dihidangkan di acara seperti pernikahan atau khitanan.

Anda bisa membuat Lamang Tapai sendiri di rumah karena hanya memerlukan bahan-bahan seperti ketan putih dan merah, santan, serta ragi.

12. Galamai

makanan tradisional nasi padang

Makanan yang menyerupai dodol dan jenang ini berasal dari Payakumbuh, Sumatera Barat. Meski demikian, galamai yang berasal dari tepung beras ini juga mudah ditemukan di Kota Padang.

Membuat galamai biasanya dilakukan dengan bergotong-royong karena memerlukan banyak tenaga untuk mengaduk adonan. Galamai kini juga menjadi oleh-oleh makanan khas Padang yang paling diminati.

13. Asam Padeh

makan khas padang sidempuan

Asam padeh atau asam pedas merupakan makanan khas Sumatera Barat yang juga menawarkan cita rasa pedas.

Asam padeh memakai saus berwarna merah menyala yang memadukan rasa pedas, asam, dan gurih. Tapi, keunikan asam padeh adalah makanan ini tidak memakai santan seperti kebanyakan makanan dari Minangkabau.

14. Ayam Pop

kue khas padang pariaman

Sama seperti olahan ayam lainnya, ayam pop juga digoreng sebelum disajikan. Namun, ayam pop memiliki warna putih pucat karena sebelum digoreng sudah direbus dalam air kelapa yang berisi cincangan bawang putih.

Ayam pop biasanya ditemani dengan sambal tomat yang dicampur dengan cabai giling. Makanan ini terkenal seantero Padang bahkan hingga ke Padang Pariaman.

15. Lompong Sagu

makanan enak khas padang tts lontong

Lompong sagu adalah camilan khas Sumatera Barat yang sudah mulai jarang ditemukan. Kue ini terbuat dari tepung sagu yang diaduk dengan pisang, santan, dan gula aren.

Makanan ini digemari karena memiliki rasa yang manis. Sepintas, makanan ini mirip dengan ketimus yang ada di Betawi. Tapi, lompong sagu memiliki aroma yang lebih menggugah selera.

16. Es Tebak

makanan nabati khas padang

Es tebak adalah jenis es yang berasal dari olahan tepung beras ketan dan tepung sagu. Es ini dibuat dengan air garam dan kapur sirih. Setelah adonan tepung jadi kemudian dilanjutkan dengan pencetakan tipis mirip cendol.

Pada dasarnya minuman ini mirip dengan es campur namun berbeda isinya. Es tebak juga berisi nangka, kolang-kaling, cincau, kelapa muda, dan tape selain tebak itu sendiri.

17. Palai Rinuak

makanan khas padang dari nabati

Di samping rendang, makanan khas Padang adalah palai rinuak. Makanan ini menggunakan ikan teri atau ikan seukuran korek api sebagai bahan utama.

Ikan rinuak atau teri diberi bumbu parutan kelapa Palai rinuak mudah Anda temukan di Danau Maninjau, Sumatera Barat. Ikan tersebut kemudian dikukus dengan daun pisang atau dipepes yang dalam bahasa setempat disebut palai.

18. Tumbang Pisang

makanan khas padang adalah

Tumbang pisang dibuat dengan pisang kapok yang dikukus lalu ditumbuk. Di atas pisang tersebut ditaburi parutan kelapa dan gula merah.

Anda yang menyukai makanan manis pasti cocok dengan makanan ini. Anda bisa mencoba membuat makanan ini di rumah dengan resep yang banyak terdapat di internet.

19. Telur Dadar Padang

makanan khas padang saat hujan

Jangan salah, Padang juga memiliki olahan telur dadar yang berbeda dari biasanya. Telur dadar Padang diisi dengan berbagai bahan seperti tepung beras, kelapa parut, cabai merah, cabai rawit iris, daun bawang, dan seledri.

Kocok telur bersama bumbu-bumbu tersebut yang sudah dihaluskan. Selanjutnya, goreng di atas wajan. Menu ini cocok untuk Anda yang tak punya banyak waktu memasak.

20. Ayam Goreng Padang

masakan khas padang rendang

Jika Anda sering makan di Rumah Makan Padang, menu ayam goreng juga menjadi andalan di sana. Biasanya, ayam goreng Padang memakai bumbu lengkuas dalam proses pemasakan.

Lengkuas tersebut yang akan memberikan aroma menggoda pada ayam goreng tersebut. Ayam goreng padang memiliki warna kuning kecoklatan.

21. Ikan Balado

lontong sayur makanan khas padang

Ikan menjadi kuliner andalan di daerah pesisir Sumatera Barat. Ikan dengan lumuran bumbu balado alias cabai merah yang dihaluskan menjadi yang paling banyak dicari.

Anda bisa memakai ikan tongkol atau ikan kembung untuk membuat masakan ini di rumah. Jangan lupa siapkan jeruk nipis untuk menambah kelezatan makanan ini.

22. Sate Lokan

kue khas padang adalah

Satu lagi makanan khas pesisir Sumatera Barat adalah sate lokan. Lokan adalah kerang air tawar yang kemudian dijadikan sate. Cabai merah juga tak ketinggalan dalam makanan ini.

Setelah makanan tersaji di atas piring beralas daun pisang, sate lokan disiram dengan bumbu hasil rebusan kerang yang diolah dengan tepung beras dan rempah-rempah. Sate lokan menjadi makanan yang pas bagi pecinta hasil laut.

23. Ayam Goreng Laos

makanan khas daerah rendang padang

Bukan berasal dari negara Laos, namun ayam goreng khas Padang ini memakai bumbu laos dalam memasaknya.

Tak banyak perbedaan dengan ayam bakar bumbu lengkuas yang dijelaskan di atas. Laos yang dipakai harus diparut tipis-tipis sebelum dimasukkan dalam rebusan bumbu dan ayam yang akan dimasak. Setelah proses perebusan selesai, ayam bumbu laos siap digoreng.

24. Gulai Banak

ciri khas makanan masyarakat padang dan palembang

Banak dalam bahasa Minangkabau berarti otak. Gulai yang memakai bahan baku otak sapi ini juga banyak digemari. Penggunaan santan dan cabai memperkuat rasa makanan lezat ini. Anda juga bisa memakai irisan daun mangkok untuk menambah kekhasan cita rasa gulai banak. Gulai banak juga umumnya mudah Anda temui di Rumah Makan Padang.

25. Gulai Paku

makanan manis khas padang

Meski namanya seram, gulai paku ini adalah makanan yang terkenal di Sumatera Barat. Gulai paku dibuat dari daun pakis, bumbu santan, cabe rawit hijau, laos, asam kandis, dan kunyit.

Biasanya gulai paku disajikan bersama dengan ketupat. Ketupat yang disiram dengan gulai paku menjadi menu sarapan andalan. Makanan ini khas dari daerah Padang Pariaman.

26. Nasi Kapau

makanan khas padang di jakarta

Nasi kapau merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat yang terkenal. Makanan ini merupakan nasi rames yang berisi tiga atau lebih lauk seperti gulai cincang, gulai ikan, babat, usus, dan telur ayam. Nasi kapau ini berbeda dengan nsai padang.

Perbedaannya terletak pada panic besar yang bertingkat dan lebih rendah daripada posisi penjualnya. Sementara nasi Padang memakai etalase bertingkat.

27. Sala Lauak

makanan tradisional adat padang

Sala lauak adalah gorengan khas Padang Pariaman. Bahan dasar makanan ini adalah tepung beras berwarna kuning kecoklatan.

Dalam penyajiannya, sala lauak dibentuk bulat mirip seperti bola. Isi sala lauak biasanya adalah hasil laut seperti teri atau udang yang dihaluskan. Tekstur sala lauak biasanya lembut dan memiliki rasa renyah.

28. Pinyaram

makanan khas belakang padang

Sama seperti lamang tapai, pinyaram juga menjadi makanan khas saat hari raya. Pinyaram juga menjadi oleh-oleh yang banyak diburu oleh wisatawan. Pinyaram terbuat dari campuran gula pasir, aren, tepung beras putih dan hitam, serta santan kelapa.

Pinyaram digoreng dengan kuali yang sekaligus menjadi cetakan. Kue ini memiliki banyak varian rasa seperti pisang, durian, dan sebagainya.

29. Martabak Kubang

makanan khas padang yang enak

Martabak kubang adalah nama lain dari martabak mesir. Martabak ini terbuat dari adonan tepung yang isinya telur, daging rendang yang dicincang, dan daun bawang.

Martabak kubang juga ditemani dengan kuah cuka khas Nagari Kubang, Sumatera Barat. Martabak ini memadukan cita rasa Timur Tengah dengan kekhasan Minangkabau. Gambar martabak kubang dapat Anda cari di internet.

30. Karupuak Sanjai

jelaskan makanan khas padang

Karupuk (kerupuk) Sanjai merujuk pada tempat pembuatannya yang terletak di suatu daerah di Bukittinggi. Keripik atau kerupuk ini dibuat dari singkong yang diparut tipis kemudian digoreng dan ditambah garam sebagai penyedap.

Ada tiga jenis kerupuk Sanjai yakni kerupuk tawar yang tanpa cabai, kerupuk Sanjai Saka yang diolesi gula merah, dan yang paling populer kerupuk balado yang rasanya pedas.

31. Dadiah

makanan khas padang palembang

Yogurt ala Minangkabau diberi nama dadiah. Dari segi nama, dadiah mirip dengan dudh yang dalam bahasa Hindi berarti susu. Dadiah berasal dari susu kerbau yang difermentasi di dalam bambu dan ditutup dengan daun pisang atau daun waru.

Proses fermentasi ini umumnya dilakukan selama 2-3 hari hingga susu menjadi gumpalan. Dadiah cocok untuk menjadi menu sarapan pagi bersama emping dan gula merah.

32. Katan Durian

jenis makanan khas padang

Untuk Anda yang merupakan penggemar buah durian, makanan ini cocok sekali. Katan atau ketan durian ini memiliki aroma khas menyengat yang disertai dengan rasa manis dari sang raja buah itu.

Makanan ini akan mudah Anda dapatkan saat memasuki musim durian. Selain durian, bahan baku pembuatan makanan ini adalah beras ketan, santan, garam, daun pandan, dan parutan kelapa.

33. Sambal Lado Tanak

masakan khas padang asli

Makanan asli Minang ini dibuat dari bahanan cabai merah yang digiling, santan, ikan, petai, dan rempah-rempah. Semua bahan tersebut dijadikan satu dan dimasak dalam kuali dengan api dari kayu bakar.

Sepintas sambal lado tanak memiliki kemiripan dengan kalio, tetapi makanan ini lebih pedas dan minyaknya berwarna lebih merah. Makanan ini khas daerah Sungai Jambu, Kabupaten Tanah Datar.

34. Paru Goreng

makanan khas padang rescooker com

Paru yang digoreng menjadi menu andalan dari Padang, Sumatera Barat. Siapkan paru sapi dan bumbu-bumbu seperti bawang merah dan putih, serai, lengkuas, kunyit, jahe, dan daun salam untuk membuat makanan ini.

Sambal balado dengan cabai dan tomat merah juga cocok untuk menjadi teman makan paru goreng. Jika tak punya waktu memasak sendiri, Anda bisa membelinya di Rumah Makan Padang terdekat.

35. Pangek Ikan

ciri khas masakan padang

Secara umum, pangek ikan adalah olahan ikan yang dimasak dengan kuah kental. Rasa dari makanan ini umumnya merupakan perpaduan antara asam dan pedas.

Kuah pangek ikan biasanya dibuat dari santan. Hal itu yang membedakan pangek ikan dengan asam padeh. Selain lezat, olahan ikan satu ini juga kaya gizi karena mengandung banyak protein yang bagus untuk tubuh.

36. Lontong Padang

masakan khas padang paling enak

Lontong khas Padang memiliki beberapa perbedaan dari lontong lain di antaranya kuah makanan ini banyak mengandung rempah-rempah.

Selain itu, lontong sayur khas Sumatera Barat ini juga disajikan dengan sambal lado merah yang menambah selera makan. Lontong Padang juga bisa dikombinasikan dengan lauk lain seperti gulai dan telur ayam.

37. Terong Lado Hijau

makanan khas padang dari ketan

Teman makan nasi kapau yang paling digemari adalah terong lado hijau ini. Meskipun begitu, terong yang dimasak dengan cabai keriting hijau ini juga cocok dimakan dengan nasi putih biasa.

Bahan yang diperlukan untuk membuat terong lado hijau tak terlalu banyak, cukup terong, cabai hijau yang dihaluskan, bawang merah dan bawang putih, serta asam kandis atau asam jawa.

38. Kacimuih

makan khas kota padang

Jajanan tradisional khas Minangkabau ini terbuat dari singkong dan parutan kelapa. Untuk menambah rasa manis, kacimuih diberi gula pasir atau gula aren. Tekstur kacimuih lembut dengan rasa gurih dan manis.

Kacimuih juga mengandung serat, magnesium, vitamin c, dan asam lemak yang bermanfaat buat tubuh. Untuk mencari makanan ini Anda cukup datang saja ke pasar tradisional di Sumatra Barat.

39. Katupek Pical

makanan khas indonesia padang

Katupek pical hampir mirip dengan lontong sayur. Katupek pical juga berisi sayur-sayur seperti sayur kol, singkong rebus, gulai pakis, mie kuning, Nangka muda, dan rebung.

Kuah pada katupek pical memakai bumbu kacang yang tercampur dengan gulai yang pedas. Anda juga bisa memakan katupek pical dengan lauk seperti telur balado atau rendang. Dijamin rasanya akan membuat lidah Anda bergoyang.

40. Kue Basung

makanan khas padang sambal ijo

Kue basung merupakan makanan khas Padang Sumatera Barat yang dibuat dari tepung beras, gula merah, santan, air, dan garam.

Cara pembuatannya, larutkan gula merah hingga mencair kemudian masukkan tepung beras dan sedikit garam Cetakan kue basung dibuat dari daun pisang yang dibentuk kerucut kemudian kukus hingga matang. Membuat kue basung sendiri tidak susah, bukan?

41. Kacang Tojin

makanan lebaran khas padang

Kacang tojin merupakan kacang bawang yang biasa kita kenal. Kacang-kacangan ini sangat mudah ditemui saat lebaran atau tahun baru dan acara adat atau keagamaan lainnya.

Untuk membuat kacang tidak keras saat dimakan, rendam lebih dulu dengan air panas. Cara pembuatan makanan ini juga simpel, Anda tinggal menggoreng kacang dengan bawang merah dan bawang goreng hingga kering.

42. Arai Pinang

makanan khas padang terbuat dari daging sapi

Makanan yang lazimnya ditemukan di upacara perkawinan di Sumatera Barat ini dibuat dengan cetakan dari bunga pohon pinang.

Cetakan tersebut membuat keripik ini berbentuk bulat pipih dan memiliki tekstur bergaris. Cara membuat keripik ini adalah dengan mencampur tepung beras dengan rempah-rempah. Rasa renyah dan gurih menjadi kesitimewaan makanan khas Pariaman ini.

43. Kue Sapik

gambar makanan khas daerah padang

Mirip dengan semprong, tapi kue sapik tidak digulung namun dilipat dan dijepit saat diangkat dari panggangan.

Bahan dasar kue sapik adalah tepung beras, telur, gula pasir, santan, dan bubuk kulit kayu manis. Kue sapik atau kue jepit juga sering dijadikan sajian saat hari lebaran dan acara spesial lainnya. Meski begitu, makanan ini juga cocok dijadikan cemilan saat hujantiba.

44. Kue Bika

makanan hewani khas padang

Sama-sama bernama bika, ada perbedaan antara kue bika Ambon dan bika Padang. Bika Koto Baru atau bika Padang lebih seperti apem dan tidak berlubang-lubang seperti bika Ambon. Bahan utama Bika Koto Baru adalah air kelapa, gula pasir dalam daun waru, dan tepung beras.

Cara pembuatannya bika Ambon dibuat dengan pengukusan sementara bika Koto baru dibakar di atas tungku api beralas daun jati.

45. Langkitang

makanan khas padang guci

Langkitang berbentuk mirip dengan keong ataupun siput. Akan tetapi, cangkang langkitang berwarna hitam dan memanjang. Isi dari cangkang langkitang ini yang nantinya akan diolah menjadi makanan yang lezat.

Cara memakan langkitang adalah dengan disedot dengan mulut atau dicucuik dalam bahasa setempat. Makanan langkitang ini bisa ditemui di berbagai daerah di Sumatera Barat termasuk Padang Sidempuan.

46. Roti Randang

makanan khas padang bolak

Roti randang memadukan daging rendang yang pedas dengan roti yang manis. Pada umumnya roti randang memiliki tiga varian rasa yakni roti rendang daging ayam, roti rendang daging sapi, dan roti rendang kacang merah.

Cara membuat makanan ini sama seperti membuat roti pada umumnya, hanya saja roti ini diolesi dengan saus khusus dan ditaburi rendang di atasnya.

Makanan khas Padang Sumatera Barat ada banyak jenisnya. Dalam tulisan ini telah dibahas 46+ makanan khas Padang dan keunikannya masing-masing.

Jika Anda hendak berlibur ke Padang, sempatkan mencicipi setidaknya satu jenis makanan khas yang tak bisa Anda temui kota-kota lain. Apalagi untuk yang gemar makanan pedas bersantan, Padang bisa menjadi surga kuliner buat Anda.

Leave a Comment

error: Content is protected !!