12+ Makanan Khas Vietnam (Pho, Bun Cha, dll)

Traveling ke Vietnam akan belum lengkap jika belum mencicipi aneka kuliner yang ada. Vietnam adalah salah satu destinasi wisata di Asia Tenggara yang cukup banyak dikunjungi oleh pelancong.

Selain sajian wisata yang beragam dan menarik juga aneka kuliner yang menggoda. Makanan khas Vietnam ini memiliki cita rasa yang berbeda dan unik sehingga banyak disukai oleh traveler.

Vietnam menawarkan berbagai wisata menarik yang kebanyakan mengandung unsur sejarah. Hal ini tidak lepas dari sejarah Vietnam dan kebudayaan pada masyarakat yang masih sangat kental dan kuat.

Namun aneka makanan yang dimiliki cukup bervariasi. Adanya campuran berbagai budaya yang masuk ke Vietnam secara tidak langsung membuat makanan yang dihasilkan juga sedikit banyak ikut berpengaruh.

Makanan Khas Vietnam yang Lezat dan Menggoda

1. Banh Cuon

makanan khas vietnam dan cara membuatnya

Pada dasarnya makanan ini seperti kue beras kukus yang lembut dan tipis. Rasanya gurih dan nikmat ketika sudah masuk di mulut.

Banh Cuon ini terdiri dari potongan mentimun, irisan daging, daun selada, dan bawang goreng yang dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung beras. Biasanya makanan ini disajikan dengan tambahan tempura udang dan saus ikan.

2. Goi Cuon

makanan khas vietnam yang terkenal

Makanan ini jika di Indonesia seperti lumpia. Isian yang digunakan adalah salad sayur yang dipadukan dengan udang atau irisan daging. Kulit luarnya juga sangat tipis sehingga masih terlihat isi didalamnya.

Untuk penyajiannya tidak digoreng seperti lumpia pada umumnya namun langsung disantap ketika masih hangat.

Makanan ini cocok dihidangkan ketika cuaca dingin atau dimakan pada malam hari. Agar cita rasa yang dihasilkan lebih nikmat bisa ditambahkan saus ikan atau bumbu kacang pedas.

Makanan ini banyak dijual di sepanjang jalan Vietnam yang sering dilalui oleh wisatawan. Anda juga bisa menemukan di resto atau cafe di berbagai objek wisata.

3. Pho

makanan khas vietnam pho

Jalan-jalan malam hari atau ketika suhu cukup dingin cobalah untuk menikmati makanan ini. Pho adalah sejenis soup yang terdiri dari campuran mie beras, tauge, dan irisan daging.

Kuahnya memiliki cita rasa yang khas dengan paduan bumbu sehingga terasa lezat ketika disantap. Makanan ini bisa Anda temui di seluruh penjuru Vietnam karena memang merupakan sajian yang umum disana.

Pho ini memiliki berbagai pilihan daging yang ikut dimasak di dalamnya. Jika Anda berniat untuk menikmati sajian ini jangan lupa untuk menanyakan terlebih dahulu daging ada yang dipergunakan.

Beberapa penjual ada yang menggunakan daging pork untuk sup ini. Banyak juga penjual yang sudah menuliskan daging yang mereka sediakan.

4. Com Tam

makanan khas danang vietnam

Makanan ini di Vietnam sering juga disebut dengan The Broken Rice. Tapi jangan salah sangka dulu karena makanan ini bukan berarti nasi yang patah. Nasi yang digunakan memang nasi yang terlihat tidak utuh.

Tekstur nasi ini padat dan disajikan dengan beberapa irisan daging. Beberapa penjual juga menambahkan menu lain seperti telur mata sapi, sayuran, dan makanan lainnya.

5. Banh Xeo

makanan pembuka khas vietnam

Makanan ini hampir sama dengan pancake yang ada di rumah Anda. Bedanya makanan ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih.

Untuk membuat Banh Xeo ini menggunakan bahan utama yang terdiri dari tepung beras, kunyit dan santan kelapa. Semua jenis bahan ini ditumis dengan campuran daging, tauge dan udang. Makanan ini dicetak seperti pancake pada umumnya.

6. Banh Mi

ciri khas makanan negara vietnam

Banh Mi jika di Indonesia hampir seperti sandwich. Hal unik dari makanan ini karena merupakan salah satu dari aspek kebudayaan Vietnam yang pada zaman dahulu telah dipengaruhi oleh bangsa Perancis.

Pengaruh ini dapat Anda lihat dari penggunaan roti baguettes sebagai bahan utama Banh Mi. Bahan pelengkap lainnya antara lain acar, irisan daging, bakso, lobak, dan wortel.

7. Chao

makanan khas vietnam yang halal

Suka menyantap bubur pada pagi hari. Temukan Chao atau bubur Vietnam ketika berkunjung kesana. Makanan ini memang cukup familiar karena mudah ditemukan dan banyak penjualnya.

Bubur di Vietnam memiliki tekstur yang lembut dengan pelengkap berupa ikan, jeroan, daging ayam dan remahan roti yang renyah. Topping bubur menggunakan irisan bawang dan lada hitam.

Pada beberapa penjual sering menambahkan irisan jeruk nipis dan tauge sebagai pelengkap. Namun jika Anda tidak suka boleh di skip.

Agar rasa yang dihasilkan sesuai biasanya akan disediakan saus ikan dan jahe yang memberikan efek hangat ditubuh. Tidak heran jika makanan ini memang sesuai untuk menu sarapan atau ketika suhu mulai dingin. Chao mudah sekali didapatkan dan makanan ini halal tanpa campuran daging pork.

8. Ca Kho To

makanan khas vietnam yang aneh

Makanan ini disajikan dalam clay pot yang memiliki banyak isian. Hidangan ini termasuk makanan klasik di masyarakat Vietnam. Sebagai makanan yang telah turun temurun, masyarakat disana masih tetap melestarikan makanan ini.

Ca Kho To Vietnam ini menggunakan bahan utama yaitu ikan. Cita rasa yang dihasilkan dari hidangan ini adalah rasa manis dan gurih yang unik.

Kenikmatan yang dirasakan ketika menyantap ini didapat dari paduan bumbu-bumbu tradisional yang digunakan untuk memasak.

Proses pembuatan makanan ini sedemikian rupa sehingga bumbu tersebut dapat meresap sempurna ke dalam daging ikan. Rasanya lezat dan tidak tercium aroma amis dari ikan. Cobalah untuk menikmati makanan ini ketika berada di Vietnam.

9. Ca Phe

makanan manis khas vietnam

Bagi Anda penikmat kopi jangan sampai melewatkan Ca Phe ini. Sajian ini adalah kopi khas Vietnam yang memiliki cita rasa yang wajib Anda cicipi.

Kopi Vietnam memang banyak diperbincangkan oleh para penikmat kopi. Ca Phe disajikan dari campuran kopi berbusa, telur mentah dan susu kental manis. Bisa dibayangkan bagaimana tampilan dan rasa kopi ini.

10. Com Rang

makanan khas vietnam adalah

Bisa dibilang makanan ini adalah nasi gorengnya Vietnam. Berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, makanan ini menggunakan bumbu rempah yang berbeda.

Hal yang membedakan Com Rang dengan nasi goreng lain adalah adanya Bia Hanoi yaitu sejenis sayuran yang hanya ada di Vietnam.

11. Banh Cam

makanan khas vietnam untuk oleh oleh

Jika Anda melihat makanan di pasti akan langsung teringat pada onde-onde yang ada di Indonesia. tampilannya memang mirip dengan bagian luar yang ditaburi wijen dan digoreng.

Rasanya manis dengan isian kacang hijau lembut di dalamnya. Makanan ini bisa untuk cemilan atau sebagai teman minum teh di sore hari.

12. Bo Luc Lac

makanan tradisional negara vietnam

Hidangan ini berbahan utama adalah daging sapi. Cara memasaknya hampir mirip dengan daging kecap yang ada di Indonesia.

Perbedaan cita rasa yang dihasilkan karena daging ini dikukus terlebih dahulu sebelum dimasak dan dibumbui. Dengan cara tersebut maka tekstur daging yang dihasilkan lebih terasa lembut dan lumer ketika digigit.

Berkunjung ke Vietnam belum lengkap rasanya jika belum menjajal aneka hidangan disana. Banyak makanan khas Vietnam yang rugi jika anda tidak meluangkan waktu untuk mencicipinya.

Selain tekstur yang unik dan rasa yang lezat Anda juga akan menemukan aneka varian makanan yang berbeda. Agendakan liburan Anda di Vietnam untuk menjelajahi kuliner sambal menikmati aneka destinasi wisata yang ada.

Leave a Comment

error: Content is protected !!