15+ Oleh-oleh Khas Filipina (Ada Snack Kering!)

Sebelum benar-benar meninggalkan Filipina, ini dia 15 oleh-oleh khas Filipina trendy untuk keluarga dan teman-teman Anda di rumah, dan untuk diri Anda sendiri, tentu saja!

Semuanya dapat ditemukan dengan mudah di pasar, toko cinderamata, dan mall di seluruh pelosok Filipina.

Oleh-oleh Khas Filipina Manila, Cebu (Souvenir)

1. Mangga Kering

camilan buah kering khas filipina

Seperti namanya, mangga kering tentu saja berisi potongan mangga matang yang sudah dikeringkan, mudah dikunyah, kaya vitamin, dan sangat cocok untuk dijadikan camilan setiap saat sepanjang hari.

Lebih penting lagi, camilan ini sangat membuat ketagihan lho! Karena itu, bawa sebanyak mungkin yang Anda bisa ya.

2. Buko Pie dan Pie Macapuno

makanan pembuka khas filipina

Buko pie adalah pie kelapa khas Filipina yang terbuat dari daging kelapa muda yang segar dan lembut, dikombinasikan dengan isian krim, dan ditutup dengan kulit pastry yang renyah.

Pie buko secara tradisional polos, tetapi saat ini bumbu seperti esens pandan, vanilla, almond, selai aprikot dan sedikit kayu manis telah banyak digunakan.

Ada juga variasi pie yang mirip dengannya, tetapi menggunakan bahan yang sedikit berbeda, namanya adalah pie macapuno, yang menggunakan jenis kelapa khusus yang tebal dan lengket. Kedua pie ini sangat cocok dijadikan camilan atau hidangan penutup.

3. Polvoron

oleh-oleh khas filipina yang manis

Polvoron adalah roti lapis manis gaya Filipina yang terbuat dari tepung panggang, susu full cream bubuk, gula, dan margarin.

Campuran ini dibentuk menjadi bagian-bagian kecil menggunakan cetakan timah berbentuk oval, dan kemudian dibungkus secara individual dalam plastik berwarna atau kertas Jepang untuk menjaga kesegaran.

Bahan-bahan lain seperti ube (ubi ungu), strawberry, pinipig, dan jambu mete biasanya juga ditambahkan sebagai varian rasa.

Anda bisa menemukannya di mana-mana di seluruh Manila, mulai dari sudut-sudut jalan hingga pasar besar dan toko-toko souvenir.

4. Pastillas de Leche

oleh-oleh khas filipina dari olahan susu

Pastillas de leche adalah permen susu manis yang dibuat dengan susu carabao (kerbau) dan gula, yang biasanya disajikan sebagai hidangan penutup.

Tampilannya mirip seperti lontong mini tapi berwarna putih, ditaburi gula putih, dan bertekstur lembut. San Miguel, Bulacan dan Laguna adalah tempat di mana Anda bisa mendapatkan Pastillas terbaik dan otentik.

5. Choc Nut

coklat oleh-oleh khas filipina

Choc Nut adalah kelezatan kecil berbentuk coklat bar yang telah menjadi camilan ikonik bagi orang Filipina. Bahan-bahannya termasuk santan, serpihan kacang tanah, gula, dan bubuk kakao.

Camilan ini tersedia secara luas, dari toko-toko kecil hingga mall, dan terjangkau untuk dompet semua orang. Selain Choc-Nut, opsi coklat lokal lainnya adalah Hany, Choco Mani, Choc-o-star dan Queen Mani.

6. Biji Kopi

kopi khas negara filipina

Filipina memiliki banyak daerah penanaman kopi yang menghasilkan varietas spesial seperti Arabica, Robusta, Excelsa, dan Liberica (yang juga dikenal sebagai Barako).

Anda bisa menikmati aroma berani dan kuat dari salah satu biji kopi ini setiap pagi di rumah Anda dengan merogoh kocek sekitar Rp 84.000 – Rp 170.000, tergantung varietas dan ukuran kemasan.

7. Mutiara

perhiasan sebagai oleh-oleh khas filipina

Seiring dengan kehidupan lautnya yang melimpah, Filipina juga penuh dengan perhiasan indah dari laut lho.

Dari varietas emas putih yang memukau, hingga Mutiara Laut Selatan terbaik dapat Anda temukan dengan harga terjangkau di banyak mall di Filipina.

Seperti di Metro Manila dan Pusat Perbelanjaan Greenhills, Anda bisa memilih anting, kalung, gelang, atau cincin mutiara yang menawan.

8. Peralatan Makan dari Mutiara

perlatan makan mewah filipina

Peralatan makan dari mutiara seperti sendok nasi, alas cangkir, dan sendok-sendok kecil lainnya akan menjadi oleh-oleh yang tampak berkilau dari segala sudut.

Semuanya dibuat dari cangkang Mutiara Emas Laut Selatan yang merupakan mutiara paling langka dan indah dari semua mutiara di dunia. Mutiara ini juga paling sulit untuk diproduksi dan semuanya benar-benar alami.

9. Barang-barang Tenun ala Filipina

kain tenun oleh-oleh khas filipina

Tas tangan, tas laptop, dompet, bandana, dan pakaian bersulam lainnya, semuanya dibuat dengan indah dan penuh warna. Souvenir Filipina ini nyaman digunakan sekaligus unik.

Karena setiap barang dibuat manual dengan tangan oleh pengrajin lokal dan memiliki motif khas etnis Filipina. Harganya berbagai macam tergantung pada merk dan jumlah, tetapi umumnya murah

10. Dream Catchers

benda keberuntungan masyarakat filipina

Beberapa orang masih percaya bahwa dream catchers dapat melindungi dari mimpi buruk dan merupakan jimat keberuntungan. Namun, dream catchers masa kini lebih banyak digunakan sebagai hiasan yang indah untuk dinding di rumah.

Berbentuk lingkaran yang dihiasi dengan manik-manik dan bulu yang terkulai, benda yang dianggap magis ini bisa Anda temukan dalam berbagai warna dan gaya.

11. Toy Jeepney

mainan oleh-oleh khas filipina untuk anak-anak

Toy Jeepney adalah miniatur Jeep militer yang dibuang setelah Perang Dunia II, tetapi pada awal 1950-an berkembang menjadi moda transportasi publik di Filipina.

Menjadi kenang-kenangan perjalanan dan simbol budaya dalam miniatur, Toy Jeepney menjadi salah satu souvenir Filipina paling laris di pasaran. Oleh-oleh ini mudah ditemukan di Tesoro Handicrafts atau berbagai toko souvenir di seluruh kota.

12. Kubing

oleh-oleh unik khas filipina

Kubing, atau disebut juga harpa rahang adalah instrumen tradisional Filipina yang juga menjadi bagian besar dari budaya lokal. Kubing terbuat dari bambu dengan panjang sekitar 25 cm, yang dimainkan dengan cara menekan corong ke bibir dan mencabut ujungnya untuk membuat suara.

Di Filipina, kubing umumnya dimainkan dalam upacara tradisional. Anda bisa mendapatkannya di pasar-pasar lokal dan toko kerajinan.

13. Pina

makanan dan minuman oleh-oleh khas filipina

Pina adalah salah satu jenis kain tradisional terindah yang diproduksi di Filipina. Secara tradisional, bahannya adalah tanaman Nanas Merah Spanyol yang memiliki serat halus dan tembus cahaya.

Serat ini dapat digunakan sendiri atau dicampur dengan serat alami lainnya seperti katun dan sutra.

Anda bisa membuatnya menjadi gaun, baju, atau disulam dengan desain tradisional yang indah. Jika ingin membelinya dalam bentuk kemeja, Anda bisa pergi ke Kultura Filipino yang memiliki beberapa toko di kawasan Metro Manila.

14. Topeng Festival Filipina

topeng festival masyarakat filipina

Ada banyak festival spektakuler di seluruh Filipina, dan topeng cantik adalah bagian besar dari perayaan tersebut.

Di sekitar Manila, ada beberapa festival besar sepanjang tahun, dari Festival Hari Manila di bulan Juni hingga Hari Raya Nazarene Hitam di bulan Januari.

Dan topeng adalah cara yang bagus untuk membawa pulang beberapa kesenangan dan kenangan festival yang penuh warna.

15. Produk Banig

oleh-oleh khas filipina alas duduk

Produk banig ditenun dari rumput seperti Tikog dan Romblon, yang memiliki warna dan pola yang cerah. Tas banig, tikar banig, dan alas piring banig dapat menambah warna yang indah di rumah Anda.

Bawa pulang tikar banig untuk teman-teman yang suka berkemah atau yoga di luar rumah, dan tas banig untuk kerabat yang menyukai fashion dengan sentuhan funky.

Negara yang mendapat julukan Lumbung Padi ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan berbagai karya seni serta makanan lezat yang dapat menyempurnakan liburan Anda.

Tidak peduli kota atau provinsi mana yang menjadi favorit Anda selama tinggal, 15 oleh-oleh khas Filipina ini akan menjadi hadiah mudik yang sempurna dari traveling Anda.

Leave a Comment

error: Content is protected !!