10+ Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Terkenal (Murah)

Banyuwangi merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Timur dan terkenal akan kemistisannya.

Namun, daerah ini juga terkenal akan wisata alamnya yang sangat indah.

Tidak mengherankan jika banyak wisatawan lokal maupun asing yang berlibur ke Banyuwangi.

Ketika Anda berlibur ke Banyuwangi tidak ada salahnya untuk membeli oleh-oleh khas Banyuwangi.

Daftar Oleh-oleh Khas Banyuwangi Jawa Timur

1. Kopi Khas Banyuwangi

oleh-oleh khas banyuwangi jatim

Kopi merupakan salah satu bahan untuk membuat minuman yang banyak digemari oleh masyarakat. nah, jika Anda merupakan salah satu dari pecinta kopi maka harus mencoba kopi khas Banyuwangi.

Kopi-kopi yang berasal dari Banyuwangi sendiri ternyata sudah dikenal luas oleh masyarakat dengan kualitas dan rasanya yang enak.

Hal ini didukung dengan banyaknya perkebunan kopi yang tersebar di Banyuwangi. Bahkan Banyuwangi saat ini menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia selain Toraja.

Terdapat berbagai jenis kopi yang menjadi icon Banyuwangi seperti Kopi Lanang, Kopi Kemiren dan Kopi Seblang.

2. Batik Banyuwangi

tempat beli oleh oleh khas banyuwangi

Kain batik dapat menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan oleh-oleh yang unik.

Di Banyuwangi sendiri terdapat batik yang motifnya tidak akan dapat Anda temui di daerah lain. Hal ini karena batik Banyuwangi memiliki motif khas yang tidak berubah dari dulu hingga sekarang.

Motif yang biasa dipakai pada batik Banyuwangi adalah gajah, Kangkung Setingkes, Sembruk Cacing,  dan Gedhegan. Jika

Anda ingin membeli kain batik khas Banyuwangi ini maka harus merogoh kocek yang dalam karena harganya terbilang cukup mahal.

Hal ini karena pembuatan kain batik ini masih dikerjakan secara manual.

3. Kerajinan Gintangan

pusat oleh oleh khas banyuwangi

Terdapat kerajinan tangan yang sangat terkenal dari Banyuwangi, kerajinan tersebut adalah Gintangan. Sebenarnya, Gintangan merupakan nama sebuah desa yang berada di Banyuwangi.

Desa ini sangat terkenal dengan produk anyaman yang dibuat oleh para warganya. Produk dari anyaman tersebut juga memiliki berbagai jenis seperti tas, topi, dan hiasan dinding.

Bahkan hasil dari produk kerajinan Gintangan ini berhasil menembus pasar luar negeri seperti Amerika dan negara-negara Eropa.

4. Kue Bagiak

oleh oleh khas banyuwangi murah

Salah satu jajanan khas Banyuwangi yang harus Anda beli adalah kue Bagiak. Kue ini terbuat dari campuran susu, tepung kanji, telur, gula dan garam.

Kue ini memiliki bentuk lonjong dan kering sehingga sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh karena tidak mudah basi. Terdapat berbagai macam varian kue ini seperti pisang, durian, coklat dan jahe.

Kue ini pun dijual dengan harga yang murah serta sangat mudah didapatkan. Anda dapat membelinya di toko-toko souvenir maupun swalayan.

5. Sale Pisang

apa oleh oleh khas banyuwangi

Sale pisang juga merupakan jajanan yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Banyuwangi. Di Banyuwangi sendiri terdapat berbagai macam varian sale pisang, diantaranya rasa jahe, original dan berbagai macam rasa lainnya.

Sale pisang ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Banyuwangi karena harganya yang murah serta awet dan mudah dibawa kemana-mana.

6. Ladrang

beli oleh oleh khas banyuwangi

Satu lagi jajanan khas Banyuwangi yang memiliki cita rasa yang enak dari Banyuwangi.

Jajanan tersebut adalah Ladrang yang terbuat dari ubi jalar dan diolah menjadi keripik. Jajanan ini sangat mudah ditemukan di Banyuwangi dan harganya pun sangat murah.

7. Kue Savana

oleh oleh khas banyuwangi jawa timur

Kue savana dapat menjadi alternatif ketika Anda kebingungan memilih oleh-oleh yang akan dibawa pulang. Kue ini berbahan dasar dari pisang dan dicampur dengan telur, gula dan terigu.

Kue ini juga memiliki berbagai macam varian rasa serta warna seperti Savana Green Bay, Blue Fire, Savana Red Island dan Wedi Ireng.

8. Klemben

makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh

Klemben merupakan salah satu jajanan tradisional yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Klemben ini memiliki rasa manis dan lumer dimulut saat dimakan.

Sekilas, kue ini tidak jauh berbeda dengan kue bolu namun yang membedakannya adalah proses dan bahan yang digunakan.

9. Panci dan Dandang Kalibaru

tempat jual oleh oleh khas banyuwangi

Banyuwangi tidak hanya terkenal dengan produk anyaman yang berasal dari Desa Gintangan saja.

Tetapi Banyuwangi juga memiliki pusat pembuatan berbagai macam peralatan dapur yang terbuat dari aluminium. Pusat pembuatan kerajinan tersebut terletak di daerah Kalibaru.

Disana Anda dapat dengan mudah mendapatkan berbagai macam peralatan dapur mulai dari panci, wajan hingga oven.

Terlebih lagi jika Anda membeli langsung di Kalibaru maka akan mendapatkan harga yang lebih murah karena langsung membelinya dari pengrajin.

10. Pia Glenmore

oleh oleh jajan khas banyuwangi

Tidak hanya jogja, namun Banyuwangi juga memiliki bakpia yang patut Anda coba dan dijadikan sebagai buah tangan. Bakpia khas Banyuwangi ini disebut dengan pia Glenmore Dan terkenal akan rasanya yang lezat.

Bakpia ini memang tidak sepopuler bakpia dari Jogja namun bakpia Glenmore memiliki banyak varian rasa seperti kacang hijau, kacang merah, nanas dan stroberi. Ditambah dengan harganya yang murah, menjadikan bakpia ini sangat digemari oleh banyak wisatawan untuk dijadikan buah tangan.

10 macam oleh-oleh khas dari Banyuwangi yang sangat sayang untuk Anda lewatkan ketika berkunjung ke daerah ini. sebenarnya masih banyak oleh-oleh khas Banyuwangi lain yang juga tidak kalah unik. Namun produk-produk yang disebutkan diatas adalah yang paling banyak diminati oleh para wisatawan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!