16+ Makanan Khas Filipina (Wajib Coba)!

Makanan khas Filipina menjadi andalan bagi para turis untuk bersantap selama masa berlibur tiba. Tidak perlu khawatir dengan kebutuhan bersantap Anda selama di Filipina karena harga makanan di sana cukup bersahabat.

Berbagai olahan makanan dari banyak jenis bahan utama bisa Anda temukan. Di mulai dari olahan ayam, sapi, kambing, hingga babi bisa ditemukan di sini.

Untuk Anda yang menyukai beragam minuman segar bisa mencari beragam kesegaran tersebut di berbagai wilayah. Tidak perlu khawatir dengan kehalalan makanan yang disediakan oleh penjual.

Masih ada warga Filipina yang beragama muslim sehingga memudahkan Anda untuk mencari lokasi makanan yang pas. Kehalalannya pun terlihat dari masakan dengan bahan utama pembuatannya.

Daftar Makanan Khas Filipina (Ada yang Halal)

1. Chicken Adobo

makanan ringan khas filipina

Olahan ayam yang satu ini memiliki keunikan juga nilai sejarah yang begitu kental di Filipina. Nama Abodo di ambil dari istilah spanyol dengan artian marinasi.

Tentunya hal itu karena negara Spanyol pernah menjajah Filipina pada masa lampau. Bumbu yang digunakan sangat nikmat dan pas dimulai dari racikan saus kecap, bumbu khas Filipina, serta beragam bahan tradisional lainnya.

2. Buko Pie

makanan khas negara philipina

Kelapa dalam Bahasa Filipina yang berarti Buko ini menjadi makanan khas yang banyak dicari di sana. Bentuknya yang seperti pie ini memiliki rasa yang khas dari gurihnya rasa kelapa.

Menu yang satu ini begitu populer dari rasa manis yang berpadu dengan kulit pie yang renyah. Anda bisa membawa makanan ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Filipina dan bisa dibawa pulang.

3. Kare-Kare

makanan khas filipina dan cara membuatnya

Jenis makanan khas Filipina berkuah yang satu ini memiliki keunikan tersendiri dan cocok untuk dicicipi. Sama seperti sup buntut dan babat sapi yang dilengkapi dengan kuah dari campuran yang nikmat.

Termasuk kacang tanah yang digoreng serta bumbu bagoong dari bahan fermentasi udang. Rasa akan semakin segar dengan tambahan perasan jeruk kalamansi yang nikmat sebagai bumbu.

4. Halo-Halo

makanan khas filipina penutup

Jangan salah bahwa Halo-Halo menjadi minuman yang kerap diserbu oleh banyak wisatawan. Di Indonesia Anda juga bisa menemukan hidangan yang hampir serupa salah satunya adalah es campur.

Rasanya yang segar karena ada potongan beragam buah termasuk buah Nangka akan sangat nikmat. Di dalamnya akan dilengkapi dengan kelapa, pisang, ketan, jagung, susu, juga ubi ungu, dan es krip.

5. Beef Caldereta

ciri khas makanan filipina

Makanan ini terbuat dari tomat, merica, cuka pasta, dengan berbagai sayuran lainnya. Menjadi primadona bagi masyarakat di Filipina dari rasanya yang begitu khas dan populer.

Biasanya daging yang digunakan untuk olahan ini adalah daging sapi dengan rasa daging yang gurih dan empuk. Banyak juga penjual yang menggantinya dengan daging ayam atau daging babi.

6. Lechon Babi

gambar makanan khas filipina

Penyajiannya identic dengan acara perayaan di negara Filipina. Makanan ini berbahan dasar babi panggang yang begitu gurih, renyah, dan nikmat. Anda bisa menemukan olahan makanan ini di daerah Bali Indonesia.

Babi panggangnya memiliki cita rasa gurih yang nikmat. Anda bisa menemukannya di berbagai restoran setempat dengan berbagai variasi harga tertentu.

7. Chicken Inasal

apa makanan khas filipina

Kuliner ini memiliki bahan dasar ayam yang nantinya akan diolah dengan cara bakaran. Kemudian akan dilengkapi dengan bumbu yang khas dari Filipina.

Termasuk tambahan serai, merica, kalamansi, olesan minyak achiete, bawang putih, dan ragam tambahan lainnya. Ayam ini akan memiliki citarasa tersendiri dan terkesan lebih unik dibandingkan dengan ayam bakar yang biasa Anda temui.

8. Taba Ng Talangka

nama makanan khas filipina

Jangan melupakan bumbu khas dari rasa dan aroma seafood yang nikmat dan gurih. Bahan utamanya adalah kepiting dan biasanya sudah di sediakan oleh para penjual dengan bentuk pasta.

Namun racikannya memang sangat khas yang saat ini menjadi andalan bagi beberapa penikmat wisata kuliner. Biasanya masyarakat disana akan menyantap bumbu ini dengan mie atau nasi.

9. Kwek Kwek

makanan khas di filipina

Keunikan Namanya memang sama dengan keunikan bentuk dan rasanya. Kwek kwek ini bisa Anda temukan di banyak pinggiran jalan Filipina. Biasanya banyak dibeli oleh anak sekolahan yang berada di sana.

Telur bebek menjadi salah satu bahan utamanya yang dibuat dengan cara di rebus kemudian digoreng. Telur ini akan dilapisi dengan adonan tertentu dan membuatnya menjadi begitu renyah.

10. Sisig

makanan manis khas filipina

Makanan sisig sangat terkenal di Filipina dan merupakan salah satu olahan dari jeroan serta daging. Akan dimasak menggunakan berbagai bumbu juga rempah yang khas dari Filipina.

Rasa yang diberikan dan disuguhkan adalah kenikmatan bumbu gurih dan lezat. Masyarakat sekitar biasanya memakannya dengan nasi putih yang masih hangat dan dijamin akan semakin nagih.

11. Balut

makanan sehat khas filipina

Makanan ini terkesan menjijikan bagi beberapa orang yang tidak berasal dari Filipina. Kuliner ini merupakan sajian ekstrem yang khas dari Filipina.

Menu ini terbuat dari telur ayam atau pun bebek yang usianya masih terbilang muda. Usia telur tersebut sekitar 18 sampai usia 21 hari. Hal ini membuat telur terbentuk menjadi sebuah embrio dan dijadikan sebagai obat kuat oleh warganya.

12. Bulalo

makanan ekstrem khas filipina

Menyantap makanan berkuah akan sangat nikmat ketika dilakukan di siang hari. Biasanya akan dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi wisatawan untuk dijadikan sarana kuliner.

Sup ini terbuat dari olahan daging yang biasanya akan dilengkapi dengan tambahan atau toping lainnya. Sayuran yang nikmat akan membuat rasanya semakin segar terutama potongan buah pisang yang nikmat.

13. Mai Chon Hielo

ciri khas makanan negara filipina

Menikmati makanan rasanya tidak akan lengkap tanpa minuman dingin. Di sana ada banyak sekali minuman dingin yang khas salah satunya adalah Mai Chon Hielo.

Nama ini diambil dari Bahasa Spanyol dengan arti jagung kemudian es. Dilengkapi dengan es serut yang akan dicampur Bersama susu dan gula. Es krim juga bisa menjadi pilihan sebagai perisa dan rasa yang nikmat.

14. Ginataan Bilo-Bilo

makanan khas filipina adobo

Makanan ini terbuat dari santan dan akan dicampurkan dengan olahan lain yang begitu menyegarkan. Dijadikan sebagai sajian minuman dengan berbagai campuran ketan putih, es batu, santan, kemudian selasih.

Meskipun memang penyajian dari minuman atau makanan ini sering tidak dilengkapi dengan kuah namun hanya akan diberikan sajian es serut atau es krim.

15. Buko Pandan

makanan khas filipina sinigang

Buko sebagai kelapa dalam Bahasa Filipina kemudian dijadikan olaha minuman yang pas ketika siang bolong. Parutan kelapa muda akan membuat rasanya sedikit gurih dengan perpaduan rasa dari kemanisan bahan lainnya.

Akan diberikan tambahan susu kental manis, keju, agar-agar, kemudian krim sebagai pelengkap. Rasa pandan yang lezat juga menjadi keunggulan makanan ini.

16. Ginataan Mais

makanan khas orang filipina

Ada dua jenis gintaan yang berasal dari Filipina. Salah satunya adalah Gintaan Bilo-Bilo dan juga Gintaan Mais. Keduanya memang memiliki nama yang hampir sama.

Minuman ini akan menggunakan jagung sebagai salah satu bahan utama. Rasa yang gurih dan nikmat bisa Anda rasakan sekaligus ketika mencicipinya.

Makanan khas Filipina tidak akan terbayangkan rasa dan kenikmatannya jika tidak Anda coba secara langsung. Ragam menu makanan yang unik dan mungkin belum Anda temukan sebelumnya di Indonesia bisa dijadikan eksperimen terbaru.

Harga yang ditawarkan pun beragam di mulai dari yang merakyat hingga sekelas restoran. Semuanya bergantung Anda mencari tempat untuk menyantapnya.

Leave a Comment

error: Content is protected !!