35+ Makanan Khas Bangka Belitung dan Gambar, Mantap!

Sudah tahu bukan jika salah satu produk mie instan milik Indonesia, sudah dinobatkan menjadi mie yang memiliki cita rasa paling nikmat yang ada di dunia.

Hal ini tentunya bisa dibayangkan, bagaimana cita rasa mie Bangka asli yang dimiliki Indonesia salah satu mie ayam Bangka Belitung?

Makanan khas Bangka Belitung adalah mie Bangka, yang mana sudah terkenal kenikmatannya.

Namun bukan hanya mie ayam saja, Bangka Belitung merupakan daerah yang ada di Indonesia yang menyimpan banyak makanan yang nikmat sesuai dengan cita rasa khasnya.

Dengan kondisi geografis, budaya dan juga sosial yang dimiliki oleh masyarakat, hal ini yang juga memberikan pengaruh terhadap beragamnta makanan yang ada di suatu wilayah salah satunya adalah Bangka Belitung.

Makanan Khas Bangka Belitung

1. Mie koba

makanan khas bangka belitung di bandung

Mie yang satu ini, merupakan salah satu makanan khas Bangka Belitung yang sangat lezat. Memiliki lokasi di Bangka Tengah, sajian dengan nama mie koba ini merupakan menu makanan mie yang menggunakan kaldu dari daging ikan tenggiri. Anda juga dapat menikmatinya dengan telur ayam, seledri dan juga bawang goreng yang akan membuat mie yang satu ini semakin nikmat.

2. Mie ayam Bangka

makanan khas bangka belitung di banten

Siapa yang tidak mengenal mie ayam Bangka? Mie ayam yang satu ini memiliki tekstur mie yang kenyal dan pastinya dengan rasanya yang membuat ketagihan. Mie ini juga dilengkapi dengan berbagai sayuran dan juga daging, yang akan melengkapi sajian mie ayam ini. Salah satu hal yang membuat mie ayam Bangka ini berbeda dengan mie lainnya, adalah kuahnya.

Untuk kuah mie ayam Bangka ini, biasanya akan disajikan secara terpisah dengan rasa kaldu ayam yang cukup kental.

3. Berego

makanan khas bangka belitung di samarinda

Makanan khas Bangka Belitung lainnya yang juga tidak kalah nikmat, adalah berego. Makanan yang satu ini memiliki kemiripan dengan makanan lontong opor. Namun perbedaan berego dengan lontong opor, adalah campuran beras dan juga sagu yang dimilikinya. Untuk bentuknya juga sama persis dengan warna lonting yang biasanya disantap oleh orang Indonesia.

4. Sup gangan

makanan khas bangka belitung beserta penjelasannya

Sup gangan merupakan makanan Bangka Belitung, yang terbuat dari olahan ikan. Sup ini bahkan menjadi favorit di Bangka Belitung karena memiliki rasa yang segar dan juga nikmat. Cara membuatnya juga menggunakan rempah dan juga bumbu yang khas, sehingga membuat sup ini memiliki rasa yang cukup unik.

5. Kericu

makanan khas bangka belitung di papua

Makanan khas Bangka Belitung adalah kericu. Selain mie Bangka, makanan yang satu ini juga wajib untuk Anda coba jika berkunjung ke Bangka. Selain itu, kericu juga menjadi salah satu makanan yang sering dijadikan sebagai buah tangan. Kerupuk yang satu ini, memang dibuat dari telur cumi-cumi dan sagu, yang mana menghasilkan rasa yang gurih dan juga nikmat.

6. Lakso

Lakso merupakan makanan Bangka Belitung, yang menggunakan tepung beras dan menjadikan makanan ini memiliki rasa yang gurih dan juga nikmat. Untuk Anda yang menyukai mie bakso, makanan yang satu ini pas sekali untuk Anda nikmati. Namun yang membedakannya adalah, kuah santan yang digunakannya cukup kental dengan rasa ikan yang nikmat.

7. Rusip

makalah makanan khas bangka belitung

Dengan menggunakan proses pembuatan yang di fermentasi, rusip merupakan makanan yang menggunakan bahan ikan teri, campuran dari gula dan juga beberapa rempah. Untuk penyajian dari rusip ini, memang membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan hingga satu minggu lamanya.

8. Getas Bangka

makanan khas bangka belitung di padang

Makanan lainnya yang juga menjadi khas Bangka Belitung yang sering diincar oleh para wisatawan, adalah getas Bangka. Makanan yang satu ini memiliki bentuk yang panjang dan bulat, dengan rasa yang gurih. Getas Bangka juga seringkali dijadikan sebagai camilan.

9. Kue rintak

makanan khas bangka belitung di madura

Bukan hanya disenangi oleh wisatawan saja, namun makanan yang satu ini juga menjadi kesukaan warga asli Bangka Belitung. Terbuat dari tepung sagu, rintak merupakan kue kering yang memiliki rasa manis dan juga gurih.

10. Lempok cempedak

Jika berbicara makanan khas Bangka Belitung, lempok cempedak merupakan makanan yang terbuat dari buah cempedak. Makanan ini juga memiliki jenis yang sama dengan dodol, dengan teksturnya yang kenyal dan juga manis.

11. Lempah kuning

Jika berkunjung ke Bangka Belitung, rasanya tidak sah jika Anda tidak mencoa lempah kuning. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan, yang menggunakan berbagai macam bumbu dan rempah. Selain itu, salah satu bahan makanan penting di masakan ini adalah nanas.

12. Pletek

makanan khas bangka belitung enak

Pletek merupakan jajanan lain yang menjadi makanan khas Bangka Belitung. Makanan khas Bangka Belitung dan penjelasannya adalah pletek, yang mana merupakan makanan dengan tekstur renyah bagaikan kerupuk. Pretek juga dibuat dengan berbagai bumbu, garam dan juga merica. Sangat cocok untuk dijadikan lauk bersama dengan nasi.

13. Lempah kulat pelawan

Dengan menggunakan bahan dasa kuping nanas, hidangan lempah kulat ini juga menggunakan bahan dasar jamur. Makanan ini menggunakan jamur, yang memang khusus tumbuh hanya di pulau Bangka. Bahkan harganya juga cukup mahal, karena sulit untuk ditemukan.

14. Ayam bumbu ketumbar

makanan khas bangka belitung di halmahera

Siapa yang tidak suka dengan ayam? Ayam bumbu ketumbar ini merupakan ayam yang hanya ada di Bangka Belitung. Makanan yang satu ini cukup populer, dan juga biasa disajikan di acara pesta ala Bangka Belitung. Ayam yang digunakan cukup besar, karena menggunakan jenis broiler.

15. Rujak daun singkong

10 makanan khas bangka belitung

Mungkin untuk beberapa orang belum sering mendengar makanan rujak daun singkong. Makanan yang satu ini bahkan sudah hampir sulit ditemukan di Bangka Belitung. Rasa dari rujak daun singkong ini, memiliki rasa asam yang segar namun tidak terlalu pedas dan masih dapat dinikmati.

16. Mie goreng seafood

makanan khas bangka belitung di jogja

Memang Anda dapat menemukan banyak makanan mie goreng seafood ini dimana-mana, namun untuk mie goreng yang satu ini menggunakan bahan laut yang segar, dan pastinya nikmat. Bahan yang digunakan biasanya juga cumi, udang dan berbagai makanan laut lainnya.

17. Belacan

makanan khas bangka belitung di balikpapan

Makanan yang menggunakan bahan dasar ikan ini, merupakan makanan yang di fermentasikan dan resepnya masih sangat asli dari Bangka Belitung. Belacan ini merupakan bumbu, yang mana digunakan untuk bahan makanan lainnya.

18. Kecalo

makanan khas bangka belitung di maluku

Makanan kecalo ini, merupakan makanan yang merupakan bumbu khas Bangka Belitung dan terbuat dari bahan dasar utama rebon. Bahan yang digunakan oleh kecalo ini sangatlah segar, bahkan bahannya juga di fermentasikan dengan baik dengan tambahan garam. Kecalo ini merupakan bumbu tambahan, yang akan membuat makanan semakin nikmat.

Salah satu makanan yang menggunakan kecalo ini, adalah telur kocok atau bahkan telur dadar. Anda juga bisa menggunakan kecalo ini sebagai tambahan untuk membuat makanan Anda semakin nikmat.

19. Pantiaw

makanan khas bangka belitung terlaris

Dengan memiliki nama unik yang satu ini, pantiaw merupakan makanan yang asli dari Bangka Belitung dengan memiliki rasa yang pedas, manis dan juga gurih. Makanan yang satu ini sangatlah segar, dengan memiliki kuah dan tambahan dari suwiran daging. Untuk kuahnya sendiri, menggunakan berbagai bumbu yang khusus dan akan sangat familiar ketika Anda merasakannya.

Untuk Anda yang datang ke Bangka Belitung, jangan lupa untuk mencoba pantiaw. Jangan lupa juga untuk menikmatinya bersama dengan mie atau bakso.

20. Lakse

makanan khas bangka belitung di malang

Laksa memang menjadi makanan yang sudah dikenal di Bangka Belitung, namun satu makanan lainnya yang juga memiliki kemiripan nama adalah lakse. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang terinspirasi dari spageti. Pasalnya mie yang digunakannya, memiliki kemiripan dengan spaghetti. Hidangan ini memiliki kuah yang nikmat, seperti menikmati sup gangan.

21. Martabak Bangka

makanan khas bangka belitung di cimahi

Mie ayam Bangka memang sudah banyak dikenal untuk diluar Bangka Belitung, begitu juga dengan martabak Bangka yang selalu menjadi pilihan seluruh warga Indonesia. Martabak yang berasal dari Bangka ini, memiliki rasa yang manis, sehingga tidak sedikit orang yang lebih suka memanggilnya dengan martabak manis.

Martabak merupakan makanan, yang menggunakan bahan dasar terigu dan juga mentega. Makanan ini juga menggunakan cetakan adonan yang berbentuk bulat, lalu dibiarkan mengembang dengan sempurna. Untuk menambah kenikmatannya, nantinya akan ditambahkan dengan penggunaan topping seperti susu, keju, cokelat dan masih banyak lagi.

22. Otak-otak ase

makanan khas bangka belitung di jogja

Bangka Belitung memang memiliki olahan ikan terbaik yang ada di Indonesia, dengan cita rasanya yang sangat khas. Makanan yang satu ini, merupakan otak-otak yang menggunakan bahan dasar ikan yang sangat segar. Bahkan untuk teksturnya sendiri sangatlah nikmat dan kenyal. Anda dapat menikmati otak-otak yang dibakar dan juga dibungkus menggunakan daun dari pisang.

23. Kue nanas

makanan khas bangka belitung di jawa barat

Jika Anda berkunjung ke Bangka Belitung, jangan pernah melewatkan camilan manis bernama kue nanas ini. Kue nanas ini memiliki keunikan, denga teksturnya yang cukup kering dan memiliki berbagai sajian yang pastinya sangatlah nikmat. Untuk bentuk dari kue nanas ini, memiliki kemiripan dengan kue bolu. Namun rasanya yang manis dan asam, memiliki ciri khas sendiri.

24. Tahukok

makanan khas bangka belitung lempah kuning

Dengan namanya yang unik, Anda dapat menikmati semangkuk tahukok dengan sup panas. Supa panas ini juga dinikmati dengan ikan yang sudah direbus bersamaan dengan baso ikan goreng. Sajian ini akan sangat nikmat, jika Anda menikmatinya saat cuaca dingin atau panas sekalipun.

Melihat dari namanya, makanan yang satu ini merupakan makanan yang menggunakan bahan dasar dari tahu namun dipotong dengan bentuk diagonal. Nantinya tahu juga akan diisi dengan berbagai campuran dari ikan dan juga tepung sagu.

25. Teri krispi

makanan khas bangka belitung mie bangka

Teri krispi merupakan salah satu makanan khas dari Bangka Belitung, yang merupakan makanan laut yang populer di Bangka terutama di desa Sijuk. Camilan yang satu ini, merupakan camilan yang juga menjadi makanan sehari-hari dan dapat dijadikan oleh-oleh untuk Anda yang berkunjung ke Bangka Belitung.

26. Siput gong gong

aneka makanan khas bangka belitung

Saat Anda berkunjung ke Bangka Belitung, mampirlah ke daerah pulau Babel dimana Anda dapat mencicipi salah satu makanan khas pulau Babel bernama siput gong gong. Siput ini merupakan bahan dasar makanan yang dinilai memiliki kenikmatan tersendiri di Bangka Belitung. Tentunya siput yang digunakan diambil langsung dari laut, sehingga masih sangat segar.

27. Otak-otak Bangka

makanan khas bangka belitung paling ramai

Bukan hanya pempek saja, melainkan makanan khas Bangka Belitung yang nikmat adalah otak-otak. Makanan yang satu ini, merupakan camilan yang sering sekali hadir saat berkumpul bersama dengan teman atau keluarga. Otak-otak Bangka ini juga berbeda dengan otak-otak lainnya, pasalnya ukuran yang dimilikinya sangatlah kecil.

28. Lempah darat

Makanan yang memiliki nama lempah darat ini, merupakan makanan yang memiliki nama yang sama seperti lempah kuning. Makanan ini juga tidak kalah favorit, untuk semua warga lokal Bangka Belitung. Lempah darat menggunakan hasil perkebunan, yang pastinya sudah dipilih untuk bisa dijadikan makanan yang nikmat. Lempah darat juga lebih sederhana.

29. Bong li piang

makanan khas bangka belitung di sumatera

Makanan khas Bangka lainnya, yang juga berasal dari Tiongkok adalah Bong li piang. Makanan ini merupakan kue yang dibuat dengan tepung terigu, gula aren, santan, nanas dan masih banyak lagi. Kue ini selain dijadikan sebagai camilan, sering sekali juga dipilih untuk menjadi oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh wisatawan.

30. Sambal lingkung

foto makanan khas bangka belitung

Sambal lingkung merupakan sambal, dimana memiliki kemiripan dengan abon. Namun pastinya untuk segi rasa dan juga cara membuatnya sangatlah berbeda. Jika abon menggunakan bahan dasar daging sapi, namun sambal lingkung ini menggunakan daging ikan atau bahkan udang. Bahkan untuk warnanya sendiri memiliki warna cokelat kekuningan.

31. Lepet

Di Indonesia memang sudah banyak makanan bernama lepet, namun untuk lepet yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan juga pastinya sangat nikmat. Lepet Bangka Belitung menggunakan campuran santan, dan biasanya hadir di acara-acara besar. Untuk penyajiannya juga disajikan bersama dengan lontong atau bahkan ketupat.

32. Soto ketupat

makanan khas bangka belitung beserta gambarnya

Siapa yang tidak tahu mengenai soto? Dalam hal ini soto khas Bangka Belitung memiliki keunikan dengan disajikan bersama dengan mie dan juga kerupuk yang berwarna merah muda. Makanan khas Bangka yang satu ini juga biasanya disajikan saat hari raya Idul Fitri.

33. Lokan laut

makanan khas bangka belitung di sragen

Makanan laut yang bernama lokan ini, merupakan makanan khas Bangka yang cara penyajiannya sangat sederhana. Lokan sendiri merupakan kerang, yang mana tumbuh di kawasan rawa dan memiliki bentuk yang sangat mirip dengan tiram. Nantinya lokan juga diolah dengan santan dan juga saus tiram, agar menghasilkan makanan nikmat.

34. Cacak ikan

makanan khas bangka belitung di lampung

Untuk orang Bangka Belitung, pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Cacak ikan juga merupakan makanan, yang sering disebut sebagai bakso ikan dan merupakan satu diantara banyaknya camilan yang dimiliki oleh Bangka Belitung. Bakso ikan ini juga memiliki bentuk yang tidak sempurna, dan tidak bulat seperti bakso ikan pada umumnya.

35. Kue jungkong

makanan khas bangka belitung di bali

Namanya memang terbilang unik bukan? Namun jika Anda memiliki kesempatan untuk berlibur di Bangka Belitung tidak ada salahnya untuk mencoba kue yang sau ini. Kue yang sudah menjadi khas Bangka ini, merupakan kue yang cukup populer dan dinilai memiliki rasa yang nikmat. Kue jungkong merupakan makanan, yang menggunakan campuran tepung.

Tepung yang digunakan adalah tepung beras dan juga tapioca. Untuk warnanya sendiri sangatlah cantik, yaitu cokelat, putih dan juga hijau.

Jangan lupa untuk mencoba semua makanan khas Bangka Belitung, yang sudah terjamin kenikmatannya. Anda dapat mencoba berbagai makanan berat, camilan, hingga berbagai kue manis yang pastinya Anda sukai.

Anda juga bisa menjadikan beberapa daftar makanan khas Bangka diatas, menjadi sebuah referensi untuk oleh-oleh dibawa pulang. Bangka Belitung bukan hanya daerah yang memiliki pemAndangan yang cantik, namun tempat yang sangat cocok untuk Anda melakukan wisata kuliner.

Leave a Comment