19+ Makanan Khas Balikpapan Kalimantan Timur

Berkunjung ke Balikpapan tidak lengkap rasanya kalau tidak membeli beberapa oleh-oleh atau sekedar mencicipi makanan khasnya.

Sebagian orang yang berkunjung ke Balikpapan kurang mengerti dan mendapatkan informasi lengkap mengenai makanan khasnya. Dengan demikian, berikut  makanan khas Balikpapan Kalimantan Timur yang pastinya nikmat dan sayang untuk dilupakan.

Makanan Khas Balikpapan Kaltim

1. Keripik Iron

makanan khas balikpapan keripik

Terdapat beragam olahan yang unik dari Balikpapan dengan bahan masakan yang familiar. Salah satunya adalah oleh-oleh makanan khas Balikpapan kripik iron yang ternyata terbuat dari keripik singkong.

Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan ketika berkumpul. Meskipun Namanya tidak begitu populer akan tetapi rasanya memang membuat ketagihan.

Dibuat dari singkong pilihan yang di rebus kemudian di goreng hingga menjadi sangat renyah. Rasa dari keripik ini memiliki ciri khas yang gurih dan sangat di rekomendasikan untuk menjadi oleh-oleh khas dari Balikpapan.

2. Menu Sarapan Roti Mantau

roti mantau goreng

Biasanya beberapa roti di Indonesia identik dengan rasanya yang manis. Termasuk dengan isian dari roti yang terkadang berisikan coklat, strawberry, atau rasa lainnya.

Hal itu berbeda dengan roti mantau ini, dengan rasa yang gurh di luar dan penyajiannya yang di goreng maka cocok dijadikan menu sarapan. Untuk bagian dalamnya memiliki tekstur yang sangat lembut dan nikmat di cocol saus.

Biasanya, orang-orang di sana akan memakan roti ini degan saus balado atau saus biasa. Untuk pendamping akan diberikan daging kambing atau bisa juga dengan daging lainnya. Harga roti ini sangat terjangkau hanya sekitar 2.000 Rupiah saja.

3. Sajian Abon Kepiting

abon kepiting khas balikpapan

Indonesia kaya akan berbagai masakan dengan olahan abon. Saat ini Balikpapan juga terkenal dengan menu makanan abonnya yang berbahan dasar kepiting.

Tentunya hal ini bisa menjadi sangat unik mengingat tidak banyak daerah yang memproduksi olahan abon berbahan dasae kepiting. Tidak perlu khawatir dengan rasanya yang tidak kalah dari berbagai jenis abon pada umumnya.

4. Makanan Ringan Peyek Kepiting

peyek kepiting balikpapan

Berbelanja oleh-oleh sering menjadi incaran penting demi memberikan sekadar pengingat untuk keluarga di rumah. Dengan demkian cobalah untuk membeli peyek kepiting ketika Anda berkunjung ke Balikpapan.

Makanan ringan ini bisa menjadi pilihan karena ringan dan mudah untuk dibawa pulang. Berbeda dengan peyek pada umumnya, rasa unik dari kepiting bisa membuat Anda semakin ketagihan.

5. Makanan Ringan Amplang

amplang tenggiri

Olahan ikan memang sering menjadi keunggulan tersendiri dari Balikpapan. Dengan berbagai cara memasak dan penyajian berbeda salah satunya adalah amplang yang terbuat dari ikan belida.

Beberapa orang sudah tidak asing dengan jenis kerupuk ini karena sering menjadi oleh-oleh khas yang nikmat. Apalagi, dengan harganya yang terjangkau semakin sering diminati.

6. Onde-onde dengan Dalaman Ubi Ungu

onde onde ubi ungu isi coklat

Onde-onde sudah sejak lama menjadi menu jajanan khas dari Indonesia yang paling banyak di minati. Saat ini banyak daerah di Indonesia yang mengkreasikan olahan onde dari berbagai cara.

Salah satunya adalah onde dari Balikpapan yang di dalamnya mengandung olahan ubi ungu. Tentu rasa dan aroma yang diberikan akan berbeda sebagai salah satu menu yang khas dari Balikpapan.

7. Makanan Bingka Kentang

bingka kentang kukus

Teksturnya yang lumer di lidah membuat beberapa orang ketagihan untuk mencicipi makanan ini. Di Balikpapan biasanya bingka ini hanya tersedia di bulan puasa saja.

Saat ini berbeda karena Anda bisa menemukannya pada bulan apa pun sebagai oleh-oleh yang khas. Terutama dengan bahan dasarnya yang terbuat dari kentang pasti akan mengenyangkan di tambah beberapa cita rasa unik di dalamnya.

8. Bakpia khas Balikpapan

resep bakpia khas balikpapan

Selain onde, olahan bakpia pun menjadi makanan yang cukup terkenal dari Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia sering membuat olahan bakpia dengan versi masing-masing.

Terkadang beberapa orang dibuat bosan dengan olahan ini namun tetap saja rasanya nagih. Yang berbeda, bakpia dari Balikpapan ini memiliki tekstur yang begitu lembut dengan aromanya yang khas.

9. Sajian Nasi Bakar Seafood

resep nasi bakar seafood

Di Balikpapan Anda bisa mencari beberapa tempat yang sudah pasti menjual nasi bakar seafood. Dengan kekayaan hasil lautnya, maka olahan ini sudah tidak mungkin di ragukan lagi.

Di dalam nasi yang sudah di bungkus akan di tambah olahan ikan laut, udang, kepiting, dan lainnya dengan bumbu yang khas. Bahkan Anda hanya perlu langsung memakannya saja tanpa tambahan lauk lainnya.

10. Menu Khas Pisang Gapit

pisang gapit kuah durian

Untuk Anda yang menyukai makanan manis, sepertinya hidangan ini akan sangat cocok di lidah. Pisang gapit memang memegang ketenaran di kalangan pengunjung yang berada di Balikpapan.

Nantinya pisang gepok akan di bakar di atas arang sampai matang. Di namakan gapit karena memang cara memasaknya yang digapit atau di apit oleh kayu sambil di bakar hingga matang.

11. Makanan Unik Bubur Gunting

bubur gunting durian

Nama bubur gunting tidak luput dari ketenaran beragam oleh-oleh yang berasal dari Balikpapan. Makanan yang satu ini memiliki proses dengan cara digunting sesuai dengan Namanya. Tepung ketan menjadi bahan dasar makanan ini dengan campuran garam, air kapur sirih, dan juga daun suji. Nantinya, adonan akan dibentuk kemudian digunting memanjang.

Olahan ini akan dimasukan ke dalam rebusan gula merah, santan, dan juga garam. Proses ini yang membuat rasa dari bubur gunting memiliki citarasa yang manis dan gurih.

12. Buah Salak yang Diolah

aneka olahan buah salak

Terkenal akan buah salaknya yang lezat Balikpapan memiliki beragam jenis olahan salak yang nikmat. Buah salaknya bisa langsung di makan atau pun melalui beberapa proses pengolahan tertentu.

Anda bisa menemukan berbagai olahan salak seperti brownies salak, cake salak, keripik salak, bahkan sambal ulek dengan menggunakan salak. Rasanya pun tidak dapat diragukan lagi kenikmatannya.

13. Bolu Gulung Jenebora

harga bolu gulung jenebora balikpapan

Makanan khas kota Balikpapan yang satu ini sudah sangat terkenal dan tidak mungkin dilewatkan. Keunikan dari olahan bolu ini adalah dari berbagai rasa yang bisa Anda temukan.

Temasuk bolu gulung yang memiliki rasa pandan, keju, coklat, dan berbagai rasa unik lainnya. Dengan rasa yang unik ini maka Anda tidak perlu ragu untuk merasakannya terutama harganya yang juga sangat murah.

14. Kue Ilat Sapi

kue ilat sapi gula putih

Terkadang beberapa orang lebih memilih untuk membawa oleh-oleh yang sekiranya bisa dibawa pulang. Salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dari Balikpapan adalah kue ilat sapi.

Warga setempat sering menyebutnya dengan wadai atau roti yang bisa dibilang memiliki warna coklat. Hal ini yang menyebabkannya di sebut ilat sapi karena bentuknya yang hampir mirip dengan lidah sapi.

15. Brownies Batubara

makanan khas balikpapan

Hasil tambang memang menjadi keunggulan dari Pulau Kalimantan, maka makanan khasnya pun dinamakan brownies batu bara.

Tidak salah lagi jika olahan ini bisa dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Disebut batu bara karena bentuknya yang berwarna hitam, ditambah dengan taburan serbuk yang berwarna hitam pekat.

16. Ragam Olahan Cumi

makanan khas balikpapan

Olahan cumi memang banyak di temui di Balikpapan dan Samarinda. Salah satu olahan berbentuk cumi yang bisa Anda temui adalah kerupuk cumi-cumi. Olahan yang berbahan cumi ini akan memiliki aroma seafood yang khas.

17. Mie Desa dari Balikpapan

makanan khas balikpapan

Olahan mie memang banyak ditemukan di Indonesia karena hampir bisa ditemukan di seluruh daerah. Salah satunya adalah mie desa yang berasal dari Balikpapan.

Bahkan olahan ini bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh bagi keluarga dan termasuk sebagai frozen noodle. Anda bisa menemukannya di berbagai swalayan di sana.

18. Roti Durian Panglima

makanan khas balikpapan

Makanan khas daerah Balikpapan yang satu ini patut untuk dicoba. Terutama dengan bahan dasar durian akan memanjakan para pecinta buah ini. Dengan mencicipinya saja Anda pasti akan dibuat ketagihan.

19. Ragam Olahan Buah Naga

makanan khas balikpapan

Terdapat berbagai makanan berat khas Balikpapan yang bisa Anda jadikan andalan. Akan tetapi, tidak semua bisa di cicipi dalam satu hari.

Dengan demikian, Anda harus menghabiskan setidaknya 3 hari untuk menikmati makanan di Kalimantan Timur. Olahan buah naga pun bisa menjadi andalan sebagai makanan lezat pendamping di siang hari.

Mengenal makanan khas di daerah yang akan dikunjungi selalu menjadi pelengkap terbaik. Balikpapan memiliki keindahan tersendiri yang sangat sayang untuk dilewati.

Begitu pun dengan beragam keunikan makanannya dengan berbagai citarasa yang khas dari Kalimantan Timur. Dari 14 makanan khas Balikpapan Kalimantan Timur, Anda bisa merasakan semua hal tentang kota ini secara langsung.

Leave a Comment

error: Content is protected !!