20+ Makanan Khas Kepulauan Riau, Enak Banget!

Jika membahas kuliner khas di seluruh penjuru daerah kepulauan di Indonesia tentu tidak akan ada habisnya. Karena terdapat ribuan kreasi cita rasa unik yang khas sesuai daerah masing-masing di Indonesia.

Salah satu kuliner dengan cita rasa menarik dan menggugah selera yang perlu Anda coba adalah makanan khas Kepulauan Riau dan wilayah di sekitarnya.

20+ Makanan Khas Kepulauan Riau Beserta Gambarnya

Ragam makanan khas Kepulauan Riau adalah salah satu keistimewaan dari kreasi cita rasa kuliner yang berkembang di wilayah tersebut. Bagi Anda yang mengunjungi Kepulauan Riau sebaiknya jangan lewatkan untuk mencicipi aneka rasa masakan yang sangat unik dan menggugah selera.

Sebelum melakukan jelajah kuliner sebaiknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu ragam makanan khas Kepulauan Riau dan penjelasannya. Selanjutnya Anda bisa membuat daftar atau list makanan yang paling ingin Anda coba. Mintalah saran teman agar Anda tidak menyesal setelah mencicipi beberapa cita rasa yang kurang sesuai dengan lidah Anda.

1. Cencaluk

makanan khas kepulauan riau di jawa barat

Salah satu makanan khas paling populer di Kepulauan Riau adalah Cencaluk atau bisa juga disebut Cincalok. Selain Cencaluk, makanan khas lainnya yang memiliki kemiripan dengan wilayah lain di Indonesia yakni otak-otak. Tetapi Cencaluk lebih populer sebagai kuliner khas karena jarang ditemui di banyak wilayah pulau di Indonesia secara menyebar.

Masakan Cencaluk berupa fermentasi udang kecil yang dimasak dan dihidangkan dengan cita rasa bumbu khas rempah-rempah, serta dipadukan dengan bawang merah serta cabai. Cencaluk umumnya merupakan makanan khas di Kalimantan Barat, namun juga berkembang di wilayah Kepulauan Riau.

2. Mie Lendir

makanan khas kepulauan riau yang hampir punah

Anda tentu penasaran dengan makanan khas satu ini, karena sebutan namanya yang cukup unik, yakni Mie Lendir. Menu kuliner tersebut sebenarnya tergolong sebagai makanan khas Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Disebut lendir karena campuran mienya dipadukan dengan kuah kentar cokelat yang berasal dari ubi jalar serta kacang tanah sebagai bahan.

3. Sop Tunjang

makanan khas kepulauan riau tanjung pinang

Makanan khas di Kepulauan Riau juga banyak yang berkuah sehingga sangat nikmat jika disantap saat cuaca dingin. Salah satu makanan berkuah paling populer di sana adalah sop tunjang. Sekilas makanan ini tampak seperti soto, namun dibuat dengan kuah yang bening banyak rempah, sop ini berisi daging dan tulang sapi yang tampak lebih tebal.

4. Luti Gendang atau Roti Belauk

jenis makanan khas kepulauan riau

Selain makanan berat yang dicampur dengan nasi, Anda juga tidak boleh melewatkan makanan ringan khas Kepulauan Riau, salah satunya adalah roti belauk. Roti ini sekilas mirip seperti pastel yang merupakan makanan ringan khas di Jawa. Namun, bentuknya ternyata dibuat cukup beragam, ada yang mirip pastel, atau berbentuk lonjong.

Roti belauk atau yang biasa disebut luti gendang ini adalah roti isi yang di dalamnya terdapat abon ikan dengan cita rasa gurih bercampur aduk antara manis, asin. Serta rasa pedas yang berasal dari sambal yang dilumatkan di dalamnya. Roti belauk sangat cocok jika dihidangkan bersama secangkir susu, teh atau kopi di pagi hari sebelum sarapan pagi.

5. Lakse Kuah

10 makanan khas kepulauan riau

Bagi Anda pecinta olahan menu makanan dengan bahan dasar mie sebaiknya jangan lewatkan hidangan satu ini. Lakse adalah mie putih yang cukup tebal dan dibentuk seperti bulatan. Cara membuatnya pun cukup sederhana, yakni dimasak dengan berbagai bumbu rempah di kuah yang bening.

6. Gubal

makanan khas kepulauan riau di bandung

Makanan Khas Kepulauan Riau yang juga dipercaya sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit parah seperti diabetes adalah gubal. Makanan ini dipercaya secara turun temurun untuk mengurangi resiko berbahaya dari tingginya kandungan gula di tubuh. Gubal terbuat dari bahan utama berupa sagu yang dicampur dengan kelapa muda diparut.

Kemudian dimasak dengan merebusnya di dalam kuali besar dicampur dengan bumbu rempah khas Riau. Makanan ini umumnya menjadi hidangan pokok dari masyarakat yang berada di daerah penghasil sagu, antara lain seperti Teluk, Kudung, Nerekeh, dan Panggak Laut. Umumnya gubal disantap bersama menu gulai ikan pari, kuah asam pedas, atau hiu.

7. Es Laksamana Mengamuk

makanan khas kepulauan riau di surabaya

Minuman khas di Kepulauan Riau yang tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya yakni es laksamana mengamuk. Namanya cukup unik untuk menyebut minuman menyegarkan yang terbuat dari potongan buah kuini yakni buah khas di Riau. Teksturnya hampir mirip seperti buah mangga, kemudian dicampurkan dengan gula merah secukupnya dan santan.

Ada makna penting di balik sebutan nama minuman segar ini, yakni berasal dari kisah seorang laksamana yang konon mengamuk akibat istrinya diculik. Si penculik tersebut merupakan pemilik kebun buah kuini hingga akhirnya laksamana pun mengamuk dengan memotong banyak sekali buah kuini. Dari situlah kemudian potongan buah dijadikan es.

8. Gong-Gong

makanan khas kepulauan riau di semarang

Menu makanan unik dengan kandungan protein cukup tinggi yang tidak boleh Anda lewatkan adalah gong-gong. Makanan ini terbuat dari gong-gong atau siput laut yang dimasak dengan cara merebusnya saja. Gong-gong umumnya dihidangkan dengan sambal pedas untuk lauk sehari-hari di rumah, serta sangat nikmat disantap di siang dan pagi hari.

9. Lendot

makanan khas kepulauan riau lempuk durian

Makanan berupa sup yang cukup nikmat dan mantap sebagai hidangan khas di Kepulauan Riau selanjutnya yakni lendot. Hidangan ini sebenarnya berasal dari Pulau Karimun yang dimasak dengan kuah bening sedikit kental dengan dicampur sagu yang telah dihaluskan. Lendot sebenarnya terdiri dari bahan yang sederhana yakni sayur kangkung dan bayam.

Kedua jenis sayuran tersebut dicampur dengan beberapa lauk tambahan sesuai selera, misalnya kepiting, udang, dan sebagainya. Lendot dimasak dengan campuran bumbu rempah khas Kepulauan Riau yakni Kepri sehingga membuat kuahnya semakin kental. Cita rasa unik yang muncul dari menu makanan ini adalah pedas bercampur rasa asin nikmat.

10. Asam Pedas Baung

makanan khas kepulauan riau di maluku

Masakan dengan cita rasa menggugah selera satu ini juga tidak boleh Anda lewatkan, karena hanya ada di Kepulauan Riau. Asam pedas ikan Baung merupakan makanan yang dimasak dengan aneka rempah beserta kuah berwarna merah dan pedas. Kandungan makanan ini rendah lemah serta tinggi protein yang baik bagi kesehatan para penikmatnya

11. Sop dan Sate Rusa

makanan khas kepulauan riau dan cara membuatnya

Bagi Anda yang pernah merasakan daging rusa tentu akan ketagihan karena rasanya yang mantap dan gurih. Di Kepulauan Riau daging rusa dimasak dengan cara yang unik, yakni dijadikan sebagai hidangan berupa sop dan sate daging rusa. Sop rusa di Riau cukup terkenal, dagingnya dimasak hingga empuk serta dicampuri dengan berbagai sayuran.

12. Gulai Ikan Patin

5 macam makanan kepulauan khas riau

Makanan olahan ikan yang sehat selanjutnya adalah gulai ikan patin yang cukup banyak peminatnya di sini. Daging ikan patin yang manis serta bertekstur lembut membuat gulai terasa lebih nikat dan mantap. Proses pembuatan menu masakan dan resepnya pun cukup sederhana, sama seperti memasak gulai pada umumnya dengan memilih menu ikan patin.

13. Selais Asap

makanan khas kepulauan riau dan penjelasannya

Ikan dengan cita rasa nikmat yang sangat cocok dijadikan hidangan pilihan saat Anda mengunjungi Riau salah satunya adalah ikan selais. Ikan ini umumnya berada di perairan Kepulauan Riau yang dimasak dengan cara mengasapinya sampai ikan menjadi kering. Kemudian dimasak kembali dengan racikan rempah bumbu sambal merah serta petai.

14. Tepung Gomak

makanan khas kepulauan riau sop tunjang

Makanan ringan khas Kepulauan Riau yang cocok untuk dijadikan cemilan atau bahkan oleh-oleh dibawa pulang adalah tepung gomak. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar campuran tepung, yakni pulut putih atau tepung ketan serta tepung kacang hijau. Kemudian dimasak menggunakan campuran gula pasir, gula merah, parutan kelapa.

Serta perlu menambahkan sedikit garam agar rasa makanan lebih renyah dan gurih. Cara pembuatan tepung gomak terbilang cukup sederhana sehingga Anda bisa mencobanya di rumah. Namun, agar tidak menghilangkan cita rasa yang khas dengan bentuk unik berupa taburan kacang hijau di permukaannya sebaiknya perlu dicicipi langsung saat di wilayah ini.

15. Sop Ikan Batam

makanan khas kepulauan riau dan resepnya

Hidangan berkuah yang menjadi makanan khas Batam selanjutnya yakni sop ikan Batam. Menu makanan ini merupakan sop yang terbuat dari bahan dasar ikan tengiri dipotong tipis bersama bumbu rempah dan kuah bening. Ada beberapa tambahan sayuran seperti tomat hijau dan selada, makanan ini bisa digunakan untuk mengembalikan tenaga yang habis.

16. Lemang

makanan khas kepulauan riau yang terkenal

Menu makanan khas di wilayah Melayu yang cukup populer di Kepulauan Riau selanjutnya yakni olahan beras ketan. Cara memasaknya dilakukan dengan memasukkan beras ketan ke dalam ruas bambu yang sebelumnya telah digulung daun pisang terlebih dahulu. Beras ketan ini dicampur dengan santan kemudian dibakar hingga matang agar lebih mantap.

17. Abon Tongkol Asap

makanan khas kepulauan riau di palembang

Abon merupakan makanan yang umum dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan kini telah tersedia abon dalam kemasan. Umumnya abon tersebut dimasak dengan bahan dasar daging sapi, namun di Kepulauan Riau berbeda. Abon dibuat dengan teknik unik menggunakan bahan dasar ikan tongkon yang dimasak dengan cara mengasapinya.

Ikan tongkol yang diasapi harus ditunggu hingga matang agar rasanya menjadi lebih gurih serta tahan laa. Ikan asap tersebut kemudian diolah dengan dipotong menjadi beberapa bagian hingga proses pembuatan abon selesai. Ikan kemudian dibungkus menggunakan kemasan tertentu sehingga Anda juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas.

18. Daun Ubi Sambal Belacan

makanan khas kepulauan riau di jawa timur

Makanan khas yang hampir mirip seperti di Pulau Jawa yakni daun ubi yang disantap bersama dengan sambal belacan. Ciri khas yang ditonjolkan dari hidangan ini khururnya berada pada sambal belacan dengan cita rasa asli Kepulauan Riau. Daun ubi atau daun singkong sebenarnya bisa dimasak dengan berbagai cara, seperti ditumis atau direbus.

Makanan ini sangat mantap jika dijadikan sebagai sayur bersama nasi saat makan di siang hari. Anda bisa memilih menu hidangan ini dengan cara memasak daun ubi yang direbus dengan sambal belacan secara terpisah. Atau menyantapnya saat telah dimasak dengan cara menumis daun singkong bersama sambal belacan, bisa juga dicampurkan kangkung.

19. Mie Miskin

makanan khas kepulauan riau dari ikan

Nama masakan khas Riau ini memang sangat unik sehingga membuat banyak orang penasaran untuk mencicipinya. Disebut sebagai mie miskin karena mie ini cukup ekonomis, namun cita rasanya tentu sangat unik dan menggugah selera. Mie miskin merupakan mie yang terbuat dari bahan utama mie kuining dengan aneka campuran rempah pilihan.

Antara lain yakni lobak asin, kecap asin, metsin, kecap manis, toge, cabe, dan telur rebus. Mie miskin disajikan dengan kuah pedas sehingga membuatnya semakin nikmat dan cocok disantap ketika cuaca sedang dingin. Seperti saat musim hujan, sore, ataupun malam hari secara bersama-sama.

20. Lempeng Sagu

makanan khas kepulauan riau untuk oleh oleh

Di Kepulauan Riau terdapat banyak sekali makanan khas yang berasal dari olahan sagu, mengingat beberapa wilayahnya memang terkenal sebagai penghasil sagu. Makanan ini juga dikenal sebagai menu khas dari Batam yang juga bisa disebut sebagai pizza khas Melayu. Makanan ini memang dibentuk berupa lempengan bulat sehingga mirip pizza.

Namun, bahan utamanya tidak seperti pizza modern pada umumnya tetapi menggunakan sagu dan kelapa yang dibentuk mirip potongan pizza dengan ukuran tebal. Lempeng sagu sangat nikmat jika disantap bersama saus pedas khusus khas Kepulauan Riau. Makanan ini juga bisa dijadikan oleh-oleh jika Anda membelinya dari pedagang asli di wilayah tersebut.

21. Nasi Lemak

makanan khas kepulauan riau dan asal daerahnya

Makanan khas Melayu yang cukup terkenal di wilayah Malaysia dan sekitarnya termasuk Kepulauan Riau adalah nasi lemak. Menu makanan ini seringkali dianggap sebagai hidangan nasional di Malaysia. Biasanya dijadikan sebagai menu sarapan, umumnya dimasak dengan santan dan daun pandan sebagai penambah aroma wangi yang nikmat.

22. Kepiting Saus Padang

3 makanan khas kepulauan riau

Masakan di daerah Padang yang cukup populer di Kepulauan Riau yakni kepiting saus padang. Kepiting umumnya disajikan dengan cara seperti biasanya dengan campuran rempah sekaligus sambal Padang yang khas. Anda bisa mencicipi cita rasa yang lebih berbeda jika menyantap hidangan ini di beberapa rumah makan di Kepulauan Riau.

23. Nasi Dagang

makanan khas kepulauan riau di jakarta

Nama menu makanan khas Kepulauan Riau ini memang cukup unik, yakni Nasi Dagang. Nama tersebut berasal dari kata dagang yang berarti nasi daun sehingga Anda juga bisa menyebutnya sebagai nasi daun, atinya nasi yang dibungkus atau beralaskan daun pisang. Makanan ini sebenarnya khas dari wilayah Malaysia namun juga populer di wilayah Riau.

24. Bubur Asyura

makanan khas kepulauan riau di bali

Aneka masakan bubur di daerah Kepulauan Riau sangatlah banyak, termasuk di Tanjung Pinang dan sekitarnya. Bubur yang cukup populer di sana adalah bubur Asyura, sesuai namanya bubur ini seringkali dihidangkan tepat di tanggal 10 Muharram. Makanan ini terbuat dari rempah dan biji-bijian, serta disantap saat warga sedang menjalankan ritual.

25. Bubur Lambok

makanan khas kepulauan riau di papua

Menu bubur lainnya yakni bubur Lambok yang terbuat dari sagu dibentuk seperti bulatan unik sebagai makanan tambahan saja. Bubur Lambok hanya dijadikan sebagai makanan pengganti selain nasi, terutama di kalangan masyarakat Melayu Pulau Penyengat. Bubur ini sulit Anda temukan jika tidak di wilayah aslinya karena menjadi makanan khas bersejarah.

Anda bisa mengunjungi Pulau Penyengat dan bertemu dengan masyarakat lokal di sana untuk mencicipi bubur dengan cita rasa khas yang unik. Bubur ini menjadi hidangan istimewa yang ada sejak masa Kerajaan Melayu Riau-Lingga.

Berbagai makanan khas Kepulauan Riau di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk memilih beberapa menu yang sesuai dengan cita rasa lidah Anda. Sebaiknya cicipilah semua menu di atas agar Anda mengenal cita rasa masakan khas dari Kepulauan Riau. Karena hal tersebut bisa menjadi ciri unik dari wilayah tersebut jika dibandingkan dengan wilayah lainnya.

Leave a Comment

error: Content is protected !!