15+ Makanan Khas Tanjung Pinang Kepri, Bikin Ngiler!

Wilayah Kepulauan Riau, atau yang biasa disingkat Kepri ini memiliki banyak keunikan dan ciri khas di bidang kulinernya. Mengingat wilayah tersebut menjadi bagian dari bangsa Melayu sehingga banyak olahan makanan khas Melayu.

Termasuk makanan khas Tanjung Pinang Kepri yang cita rasanya pun sangat khas Melayu dan tidak boleh Anda lewatkan mencicipinya.

Makanan Khas Kota Tanjung Pinang

Jika Anda mengunjungi wilayah Kepulauan Riau, maka jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas daerah Tanjung Pinang juga. Ada banyak sekali menu makanan dengan cita rasa khas yang unik dan menarik namun masih cocok di lidah masyarakat wilayah lain di Indonesia.

Anda akan kecewa jika tidak meluangkan kesempatan untuk mencicipi masakan khas Tanjung Pinang saat mengunjunginya. Kebanyakan dari menu makanan di daerah tersebut memiliki kesamaan dengan daerah sekitarnya dalam satu provinsi Kepri, seperti wilayah Kepri sendiri dan Batam. Berikut daftar lengkap makanan khas yang perlu Anda coba di Tanjung Pinang.

1. Gonggong

makanan khas batam di ntt

Menu makanan satu ini sebenarnya tidak hanya populer di Tg Pinang saja, tetapi menyebar di seluruh wilayah Kepulauan Riau. Gonggong merupakan siput laut yang hidup di wilayah perairan Kepulauan Riau yang dimanfaatkan dagingnya untuk masakan khas di area tersebut.

Cita rasa daging gonggong sangat nikmat dan unik dipadukan dengan rempah khas Tanjung Pinang bersama kuah. Serta ditambahkan beberapa jenis sayuran segar dan telur disajikan dalam kondisi hangat. Sementara daging gonggong hanya dimasak dengan cara direbus tanpa menghilangkan cita rasa khas atau asli dari hewan tersebut saat berada di laut.

2. Bingke Pandan

makanan khas tanjung pinang

Roti atau kue khas Tanjung Pinang selanjutnya adalah bingke pandan atau bisa disebut juga sebagai bingka bakar. Makanan ini sangat lezat dan manis dengan aroma wangi pandan yang tidak membuat Anda bosan mencicipinya. Bingka bakar pandan biasa dibuat dengan bentuk bunga dan tidak hanya populer di Tanjung Pinang saja, tetapi Batam juga.

Bingke pandan dimasak dengan kering terumata di bagian luar sehingga terasa lebih renyah dan gurih. Sementara di bagian dalamnya lebih lunak dan lumer seperti kue pie, namun aromanya sangat khas pandan, begitupun dengan rasa uniknya yang manis. Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh dengan memesan per box berisi bingke pandan.

3. Tepung Gomak

makanan khas tanjung pinang adalah

Makanan atau kue ringan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Tg Pinang Riau adalah tepung gomak yang juga menjadi kue khas dari Malaysia. Hanya saja di Malaysia menggunakan bahan dasar berupa kanji sementara di Indonesia menggunakan tepung kacang hijau. Bentuknya unik serta berisi olahan ikan yang lumer dan lezat di dalamnya.

Taburan tepung kacang hijau di luar kue tampak sangat menarik dengan rasa yang manis ketika Anda mencicipinya. Tepung gomak biasa disajikan dengan bentuk bulat kecil sehingga Anda bisa memesannya untuk dijadikan oleh-oleh. Harganya pun cukup beragam mulai dari puluhan hingga ratusan ribu sesuai dengan jumlah isi per box yang Anda pesan.

4. Otak-Otak Khas Tanjung Pinang Kepri

makan khas tanjung pinang

Salah satu makanan khas Kepulauan Riau dari yang tidak hanya menyebar di seluruh wilayahnya saja, tetapi juga menyebar dan populer ke seluruh Indonesia adalah otak-otak. Makanan ini secara umum diolah dengan cara yang sama namun bahan asal untuk membuatnya yang berbeda, yakni dari ikan tengiri, sotong, dan diberi bumbu khas Kepri.

Semua otak-otak dari Tanjung Pinang tersebut diolah dan dicampur menggunakan bumbu rempah khas dari wilayah tersebut sehingga Anda perlu mencobanya. Rasanya tentu berbeda dengan otak-otak pada umumnya yang telah tersebar di berbagai wilayah, termasuk di Pulau Jawa. Anda juga bisa membeli kemasan otak-otak sebagai oleh-oleh.

5. Akau Atau Potong Lembu

makanan khas tanjung pinang

Jika Anda menginginkan olahan makanan dari daging sapi, kambing, lembu, atau bahkan babi maka cobalah aneka olahan akau atau potong lembu. Makanan ini merupakan beberapa kategori menu yang berasal dari berbagai olahan daging, mulai dari hewan ternak darat hingga seafood. Anda bisa mencobanya dengan harga murah sekitar 20an ribu saja.

6. Bilis Gulung

makanan khas tanjung pinang

Makanan khas dari Tanjung Pinang yang bentuknya mirip molen namun isinya cukup unik yakni bilis gulung. Makanan ini merupakan camilan khas yang bisa Anda jadikan oleh-oleh unik karena hanya ada di wilayah Kepri. Bahan utama yang dijadikan sebagai isian yang lumer dan nikmat adalah ikan bilis dengan adonan tepung yang digulung membentuk pola.

Bilis gulung ini biasanya juga disebut sebagai bilis molen karena bentuknya yang mirip kue moleh yang lebih populer pada umumnya. Ukuran bilis gulung lebih besar dan lebih nikmat serta bergizi karena bahan dasarnya yang berasal dari ikan bilis. Anda bisa menemukan makanan khas ini tidak hanya di wilayah Tanjung Pinang, tetapi juga Batam dan sekitarnya.

7. Kue Batang Buruk

makanan khas tanjung pinang

Selain menjadi makanan khas Batam, kue batang buruk juga merupakan camilan khas para penduduk di Tanjung Pinang. Kue ini selalu hadir dan dihidangkan saat dilaksanakannya berbagai perayaan hari-hari besar. Rasanya cukup unik karena terbuat dari perpaduan susu, gula, dan kacang hijau.

Kue batang buruk dipotong dengan ukuran yang cukup kecil agar bisa disantap dan disajikan dengan mudah. Anda bisa memilihnya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dalam sebuah kemasan praktis.

8. Kerupuk Gonggong

makanan khas tanjung pinang

Olahan masakan paling populer dan lebih dikenal luas memang menu gonggong yang dicampur dan dimasak bersama kuah rempah pilihan khas Tanjung Pinang. Tetapi kali ini Anda juga perlu mencoba olahan lain dari gonggong yakni kerupuk gonggong. Makanan ringan ini bisa dikemas secara praktis sehingga Anda bisa menjadikannya oleh-oleh cemilan

Bahan utamanya adalah siput laut atau gonggong yang diolah dan dikeringkan dengan cara digoreng menjadi kerupuk. Kerupuk gonggong bisa disantap secara langsung, namun lebih nikmat jika Anda menyantapnya bersama saus pedas atau kuah pedas khas Tanjung Pinang. Harganya pun lebih terjangkau yakni sekitar 30 an hingga ratusan ribu rupiah sesuai ukuran.

9.  Deram Deram

makanan khas tanjung pinang

Kue atau makanan ringan khas di Tanjung Pinang yang telah ada secara turun temurun sejak masa Kesultanan Melayu adalah deram-deram, atau yang bisa disebut drum-drum. Sebenarnya makanan ini berasal dari Pulau Penyengat yang cita rasa dan bentuknya sangat unik.

Drum-drum memiliki warna merah lunak berbentuk bulat atau lingkaran dengan lubang di tengah mirip seperti donat. Bahan utamanya adalah gula merah dengan tepung beras sehingga rasanya sangat manis dan legit. Meskipun bentuk dan teksturnya tampak sedikit lunak dan lembek, tetapi Anda bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk pulang.

10. Mie Tarempa

kue khas tanjung pinang

Saat mengunjungi wilayah Kepulauan Riau, termasuk di Batam atau Tanjung Pinang sebaiknya jangan lewatkan untuk mencoba olahan mie khas di sana. Salah satunya yakni mie tarempa yang cita rasanya unik dengan kuah pedas rasa ikan laut. Menu ikan yang dijadikan bahan dasar utama biasanya adalah tongkol dicampur dengan bumbu pedas.

Kuah mie tarempa hanya ditambahkan dengan takaran yang sangat sedikit hingga Anda tidak bisa melihat kuah pada mienya. Namun kuah tersebut memiliki rasa rempah pedas yang kuat begitupun dengan rasa ikannya. Campuran kuah dan bumbu dengan cita rasa pedas membuat mie tarempa memiliki tampilan yang berwarna merah menyala.

11. Mie Lendir

makanan khas daerah tanjung pinang

Mie paling populer di seluruh wilayah Kepulauan Riau termasuk di Tanjung Pinang adalah mie lendir. Kuahnya yang pedas dan berasal dari kacang tanah dengan campuran sagu membuat cita rasa mie lendir sangat unik. Kuahnya yang kental dengan warna kecoklatan yang pekat membuatnya tampak seperti lendir sehingga dinamakan mie lendir.

Jangan lewatkan untuk mencicipinya saat berada di Tanjung Pinang, mengingat menu masakan ini sangatlah populer di seluruh wilayah Melayu. Saat yang paling tepat untuk menyantap mie lendir adalah sore atau malam hari, terutama ketika cuaca sedang terasa dingin sehingga mie bisa menghangatkan tubuh dan menambah energi Anda.

12. Air Dohot

Saat cuaca panas, minuman khas di Tanjung Pinang yang cocok untuk menyegarkan tubuh Anda adalah air dohot. Minuman ini hanya satu-satunya berada di Tanjung Pinang yang bisa Anda temukan dari seluruh wilayah Kepulauan Riau. Isinya berupa berbagai buah kering seperti kurma, kesemat, kelengkeng, kismis dengan air hasil rebusan buah serta gula batu.

13. Ikan Asam Pedas

makanan khas tanjung pinang

Cita rasa khas hampir semua menu makanan di wilayah Kepulauan Riau termasuk Tanjuung Pinang adalah pedas. Menu makanan populer yang tidak boleh Anda lewatkan kali ini juga merupakan olahan ikan yang dimasak bersama bumbu pilihan dengan campuran rasa asam dan pedas sehingga dinamakan ikan asam pedas.

Ikan yang digunakan untuk menu masakan ini biasanya adalah ikan kerapu, patin, atau lainnya. Kemudian dimasak bersama saus asam pedas yang nikmat dengan campuran berbagai rempah seperti lada putih, jahe dan cabai.

14. Roti Prata

makanan khas tanjung pinang kepri

Kue lezat yang awal mulanya berasal dari India akan banyak Anda temui di berbagai warung atau restoran di Tanjung Pinang yakni roti prata. Kue tersebut terasa gurih di luar namun lembut dan lunak tepat pada adonan bagian tengahnya. Roti ini mirip seperti roti isi bertekstur lunak yang di dalamnya terdapat potongan daging sapi atau ayam.

Roti prata sangat nikmat ketika disantap panas bersama dengan kecap atau cuka olahan khas Tanjung Pinang atau kuah kari pedas. Anda pun dapat memperolehnya dengan harga yang cukup murah tiap porsinya.

15. Kopi Sekanak

makanan khas tanjung pinang

Selain makanan, Anda juga harus mencoba minuman khas dari Tanjung Pinang, salah satunya yakni olahan kopi. Varian kopi yang populer di sana yakni kopi sekanak dan hanya bisa Anda temui di daerah Tanjung Pinang. Keunikan kopi ini adalah campuran bahan dasar utama kopi bersama beberapa rempah pilihan dari Tanjung Pinang disajikan panas.

Seluruh makanan khas Tanjung Pinang Kepri di atas memang tersebar di hampir seluruh wilayah Kepulauan Riau. Namun, ada beberapa yang benar-benar khas dan bisa Anda temukan cita rasa unik hanya di lokasi tersebut. Pilihlah beberapa menu makanan khas yang cukup praktis dan bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk pulang dan disantap bersama keluarga.

Leave a Comment

error: Content is protected !!