27+ Makanan Khas Batam, Bisa Jadi Oleh-Oleh!

Daerah Kepulauan Riau dan sekitarnya memiliki ciri khas unik yang bisa ditandai dari makanan khas yang cita rasanya berbeda dengan wilayah lainnya.

Masing-masing wilayah di Kepulauan Riau pun memiliki makanan khas, seperti di Kota Batam. Ada banyak sekali ragam makanan khas Batam yang perlu Anda coba cicipi ketika datang ke sana agar kunjungan Anda berkesan.

27+ Makanan Khas Batam Murah

Batam terkenal sebagai kota dengan biaya hidup tinggi atau mahal sehingga hal tersebut juga berpengaruh pada harga bahan dasar atau menu makanan. Namun, sebenarnya ada beberapa makanan khas Batam yang dijual dengan harga murah. Agar Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh di rumah, berikut adalah 27 daftar makanan khas Batam murah untuk bawaan

1. Coklat Rocklate

makanan khas batam di sumatera

Salah satu cita rasa modern namun termasuk sebagai makanan khas Batam adalah coklat rocklate. Makanan ini termasuk cemilan yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung dari luar daerah Batam. Berbeda dengan cemilan olahan coklat pada umumnya, coklat rocklate terbuat dari bahan dasar coklat yang dicampurkan dengan marshmallow.

Makanan ringan satu ini menjadi produk populer yang banyak diburu oleh para pengunjung, bahkan dari luar negeri. Coklat rocklate kini tersedia dengan beragam rasa, mulai dari coklat greentea, coklat moka, coklat susu, dan lainnya. Harganya cukup terjangkau dan beragam tergantung jumlah isinya, mulai dari 26 ribu rupiah hingga 65 ribu rupiah.

2. Kek Pisang Villa

makanan khas batam di papua

Makanan berupa kue legit yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Batam selanjutnya yakni kek pisang villa. Namanya pun sangat unik, kue satu ini sangat populer di Batam bahkan menjadi buruan para pengunjung di Batam. Bahan dasar kue terbuat dari pisang, dan nama villa diambil karena lokasi pertama pembuatan kue ini di daerah Villa.
Kue pisang ini rasanya sangat lezat karena kini hadir dengan beragam rasa ditabur dengan kacang di atas kue brownies pisang serta krim coklat. Anda bisa memilih perpaduan rasa blueberry, strawberry, atau rasa pisang coklat original.

3. Layers Batam Lamoist

makanan khas batam di sragen

Aneka makanan untuk oleh-oleh khas dari Batam banyak berupa kue, namun cita rasa kue tersebut sangat unik dan berbeda dari kue pada umumnya. Salah satu kue yang lezat dan bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang adalah layers Batam lamoist. Tampilan kue ini sebenarnya lebih mirip seperti kue lapis legit seperti di berbagai kota lain.
Tetapi rasa kue Batam lamoist tentu spesial, karena kini telah hadir beberapa perpaduan rasa yang bervariasi. Anda bisa memesan kue mulai dari rasa original, cinamoon lamoist, rainbow plus, serta juicy prunes.

4. Bingka Bakar Nayadam

makanan khas batam di kalimantan

Makanan ringan yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh unik dan sehat adalah bingka bakar. Makanan ini merupakan hidangan khas Melayu yang juga populer di daerah Malaysia dan Singapura. Cita rasa khas kue ini cukup manis dan gurih dengan aroma utama pandan yang wangi, Anda bisa memilih beberapa varian rasa seperti wijan, keju, dan coklat.

5. Sop Ikan Batam

makanan khas batam gonggong

Makanan Batam yang enak dan memiliki kandungan menyehatkan untuk disantap adalah sop ikan Batam. Makanan ini cocok untuk dihidangkan di pagi atau sore hari, apalagi ketika suasana dan suhu sedang dingin. Anda tidak bisa membawanya untuk pulang, tetapi bisa meminta resepnya kepada seorang yang berpengalaman untuk dicoba di rumah.

6. Mie Tarempa

makanan khas batam di bandung

Ada banyak sekali makanan khas Batam yang memanfaatkan menu olahan mie dengan berbagai cita rasa dan kreasi. Mie khas Batam yang tak kalah lezat dan unik adalah mie tarempa yang cara masaknya pun terbilang unik. Mie tarempa dimasak kering terlebih dahulu kemudian ditambahkan kuah pedas dengan campuran telur, toge, dan sebagainya.

7. Mie Sagu

Mie Sagu 2

Menjadi daerah dengan tanaman sagu yang subur membuat Batam memiliki banyak makanan khas yang terbuat dari olahan sagu. Olahan tersebut dibuat menjadi adonan mie sehingga disebut sebagai mie sagu. Rasanya sangat lezat dan bergizi serta ditambahkan banyak menu seperti toge, udang, bakso ikan, dan lainnya.

8. Mie Lendir

makanan khas batam di jogja

Batam juga memiliki masakan khas dari olahan mie yang cukup beragam dengan sebutan nama yang semuanya sangat unik, salah satunya mie lendir. Nama tersebut diberikan karena mie dimasak bersama kuah yang kental bersama bumbu rempah khas yang lezat. Mie lendir bisa Anda temukan dengan mudah dan harganya pun murah yakni 8-10 ribu saja.

9. Mie Kacang Selat Panjang

makanan khas batam di surabaya

Olahan mie tanpa kuah yang menjadi rekomendasi selanjutnya adalah mie kacang selat pancang. Mie ini telah populer di seluruh wilayah Kepulauan Riau, tidak hanya Batam tetapi juga menjadi makanan khas Tanjung Pinang yang paling dicari. Sebenarnya tersedia sedikit kuah dari kacang yang dicampur aroma udang dan disajikan dengan rasa pedas.

10. Stik Buah Naga

makanan khas batam adalah

Camilan ringan yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh khas Batam sangatlah banyak, salah satunya yakni stik buah naga. Makanan ini terbuat dari buah naga yang diolah menjadi adonan dan dibentuk memanjang. Kemudian digoreng hingga mengering mirip seperti keripik.

11. Kerapu Steam

makanan khas batam paling ramai

Makanan khas Batam yang tidak bisa dijadikan untuk oleh-oleh namun wajib Anda cicipi adalah kerapu steam. Anda juga bisa menemukannya di beberapa restoran di Pulau Jawa yang menyediakan makanan khas Kepulauan Riau. Kerapu steam cukup populer karena berbagan dasar ikan kerapu yang bergizi, enak, dan lezat serta dimasak dengan disteam.

12. Teh Obeng

makanan khas batam di jakarta

Selain makanan, Anda juga harus mencoba aneka jenis minuman unik dari Batam seperti teh obeng. Sebenarnya minuman ini seperti es teh pada umumnya, namun bahan teh yang dipilih memiliki aroma yang khas sehingga wangi ketika disajikan.

13. Ba Kut Teh

makanan khas batam di bontang

Jika Anda melihat namanya yakni Ba Kut Teh, sebaiknya jangan terkecoh karena sebutannya yang mirip minuman. Ba kut teh adalah makanan khas Batam yang cukup populer dan menjadi hidangan favorit di Batam. Makanan ini terbuat dari bahan dasar berupa daging babi yang dipadukan dengan bumbu rempah pedas pilihan khas Batam.

14. Nasi Dagong

makanan khas batam hewani dan nabati

Makanan yang bisa Anda jadikan sebagai hidangan pengisi perut agar kenyang dengan cita rasa yang nikmat adalah nasi dagong. Sebutan nama tersebut sebenarnya unik, karena berasal dari singkatan nasi daging gonggong. Sesuai namanya, nasi disajikan bersama lauk siput laut atau gonggong dicampur bumbu rempah, sambal, sayur serta telur.

15. Prata

makanan khas batam hewani

Anda juga bisa mencicipi makanan khas India yang cukup populer di Batam, dan kini bahkan dikenal sebagai makanan khas Batam yakni prata. Bentuknya mirip seperti roti yang digoreng setengah lunak namun makanan ini sering dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Prata memiliki beragam variasi cita rasa sesuai campuran bahan untuk membuat prata.

16. Tapis

makanan khas batam indonesia

Hidangan unik khas Batam yang harus Anda cicipi namun tidak bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh yakni Tapis. Makanan ini merupakan hasil olahan kekayaan laut berupa kerang laut dengan ukuran yang besar. Tapis sangatlah lezat, rasanya hampir mirip dengan gonggong begitupun cara memasaknya, menu ini bisa ditemukan di warung Jawa-Melayu.

17. Keripik Bayam Edan

makanan khas batam ternama

Selanjutnya adalah menu makanan ringan khas Batam yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena telah berbentuk kemasan praktis. Keripik bayam sebenarnya sudah berkembang di seluruh wilayah diIndonesia. Namun, keripik bayam edan khas Batam ini disajikan dengan cita rasa pedas menggugah selera.

18. Sate Jumbo

makanan khas batam untuk oleh2

Makanan yang harus Anda santap saat berada di Batam adalah sate jumbo karena bentuk dan cita rasanya berbeda dari sate yang kita temui pada umumnya. Sate jumbo khas Batam ini memang berukuran besar sehingga dinamakan jumbo dan dibumbui rempah khas Batam. Anda bisa memilih beragam menu makanan yang dijadikan sate dengan ukuran jumbo.

19. Nasi Lemak

makanan khas batam dari ayam

Menu makanan khas Malaysia yang bisa Anda temui di Batam selanjutnya adalah nasi lemak. Makanan ini memiliki cita rasa khas Batam yang sangat lezat dan tidak kalah dengan nasi lemak asli Malaysia. Sajian nasi lemak seringkali dijadikan hidangan untuk sarapan pagi bersama campuran sayur serta beberapa lauk seperti teri goreng dan telur.

20. Luti Gendang

makanan khas batam di solo

Makanan khas dari Kota Batam yang juga populer sebagai hidangan khas Kepulauan Riau adalah luti gendang. Makanan ini tergolong sebagai camilan yang unik dan hanya ada di Batam sehingga cita rasanya sangat khas. Luti gendang merupakan roti isi yang bentuknya bulat kecil sehingga Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Luti gendang umumnya adalah sebuah roti goreng dengan adonan tebal bertekstur lembut di dalamnya berisi ikan tuna yang lumer sedangkan bagian luarnya digoreng hingga renyah. Cara membuatnya dicampur dengan berbagai bumbu rempah khas Batam. Anda bisa mencicipinya satu buah dengan harga 3.500, dan bisa membelinya seharga 75 ribu per box.

21. Kek Buah Naga Aroma

makanan khas batam di bali

Kue lezat yang juga bermanfaat bagi kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kek buah naga aroma. Kue ini terbuat dari bahan utama sari buah naga yang menjadi buah populer di Kota Batam. Sebagai penghasil buah naga, akhirnya terdapat ide kreatif untuk menjadikannya sebagai olahan khas Batam yang lezat dan bermanfaat.

Bahan dasar kue kek buah naga aroma memang berasal dari buah naga, namun Anda masih bisa mencicipi aneka rasa lainnya. Karena kue ini dibuat dengan paduan banyak cita rasa, mulai dari almond Victoria, mocca, keju, dan rasa original. Anda juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh dengan membeli per kotak seharga 35 ribu rupiah.

22. Billis Molen

makanan khas batam di pekanbaru

Camilan lezat dan gurih yang perlu Anda cicipi di Batam serta bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh adalah bilis molen. Makanan ringan ini terbuat dari adonan yang mirip seperti roti berisi makanan lumer berasal dari ikan bilis. Bagian luar bilis molen bertekstur keras karena digoreng secara kering dan guring.

Sementara bagian adonan bilis terasa lebih lembut dan manis dengan bagian isi ikan bilis yang lumer. Sajian ini bisa Anda santap secara langsung di Batam sambil menikmati suasana sejuk atau dingin. Bisa juga dikemas dengan praktis untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

23. Mamma Otak-Otak

makanan khas batam di jawa timur

Makanan khas Batam yang bisa Anda temukan di berbagai wilayah Indonesia adalah otak-otak, namun cita rasanya sedikit berbeda. Anda bisa memperoleh otak-otak sebagai makanan khas Batam di Jakarta tanpa harus mendatangi Batam dengan menempuh jarak jauh, terutama jika Anda memiliki kesibukan yang cukup padat.

24. Teh Bunga Rosella

makanan khas batam luti gendang

Selain makanan, oleh-oleh berupa kemasan praktis yang khas dari Batam adalah teh bunga rosella. Minuman ini tidak hanya cocok dihidangkan untuk menghangatkan tubuh, tetapi juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Karena bunga rosella tergolong sebagai jenis bunga yang langka dan dibudidayakan untuk diambil manfaatnya.

25. Keripik Kari Fartiana

makanan khas batam di sumatera

Makanan ringan yang cita rasanya unik dan khas dari Batam adalah Kari Fartiana, makanan ini sangat cocok untuk dijadikan camilan saat bepergian maupun santai di rumah. Keripik kari fartiana berasal dari bahan penuh gizi dari lautan di Kepulauan Riau, karena rasanya berasal dari hasil kekayaan laut Anda bisa memilih keripik rasa udang atau gonggong.

Salah satu varian cita rasa yang paling digemari dari keripik kari kartiana adalah rasa gonggong. Selain lezat dan gurih, kari fartiana juga penuh gizi dari bahan dasar untuk membuatnya.

26. Brownies Lava

makanan khas batam di padang

Batam sebenarnya memiliki banyak makanan khas berupa olahan kue atau roti, salah satu resep yang cukup modern adalah kue brownies. Brownies bisa Anda temukan di wilayah manapun di kota-kota besar di Indonesia. Namun, cita rasa dan nama unik kue brownies hanya bisa Anda temukan di sini.

Brownies laca adalah kue modern khas Batam, sesuai namanya brownies ini dipenuhi dengan lelehan coklat yang sangat banyak mirip seperti lelehan lava. Di atas lapisan coklat lumer dari bronies ada berbagai topping yang sangat lezat, mulai dari kacang, keju, dan banyak lainnya sesuai dengan pilihan Anda.

27. Gonggong

makanan khas batam di ntt

Hidangan unik dari Batam yang juga menjadi populer di Kepulauan Riau selanjutnya yakni gonggong. Makanan ini merupakan masakan olahan siput laut khas Batam yang cita rasanya benar-benar mantap. Hidangan gonggong biasa dicampurkan dengan rempah dan sayur, dan cara memasak gonggong hanya direbus hingga matang dengan aroma sedap.

Gonggong juga merupakan makanan khas Batam daging siput yang diolah dengan cara unik, berbeda dari wilayah lainnya di Indonesia. Anda sebaiknya tidak melewatkan olahan hidangan yang cocok disantap di sore hari atau ketika cuaca dingin ini.

28. Kue Batang Buruk Q-Ko

makanan khas batam di tasikmalaya

Kue dari Batam yang juga menjadi makanan khas Kepulauan Riau yang cukup populer sejak zaman dulu yakni kue batang buruk Q-Ko. Camilan ringan ini telah menjadi kue tradisional yang cita rasanya terjaga sejak zaman dulu dan resepnya dibagikan secara turun temurun. Kini kue batang buruk Q-Ko telah disediakan dalam bentuk kemasan praktis.

Anda pun bisa memilihnya untuk dijadikan oleh-oleh karena kemasanyya yang praktis dan cita rasa khas Batamnya masih terjaga. Sesuai namanya yang unik, Anda bisa memilih aneka rasa yang sebutannya cukup asing di telinga Anda terutama bagi para pengunjung dari luar Batam. Anda bisa mendapatkan kue ini dengan harga murah yakni 20-30 ribu saja.

Semua list makanan khas Batam di atas bisa Anda coba terutama ketika mengunjungi wilayah tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama. Buatlah daftar makanan mana yang perlu Anda cicipi terlebih dahulu secara berurutan. Serta pilih beberapa makanan ringan khas Batam yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang agar kunjungan Anda di sana terasa berkesan.

Leave a Comment