44+ Makanan Khas Sumatera Barat (Wisata Kuliner)

Tak susah untuk menyebutkan makanan khas dari Sumatera Barat. Yang paling terkenal tentu saja rendang dan dendeng. Akan tetapi, makanan khas daerah Minangkabau tak hanya itu saja.

Ada berbagai daerah yang mempunyai keunikan sajian kulinernya masing-masing. Sebut saja Padang dan Bukittinggi yang sama-sama berada di Sumatera Barat dan memiliki makanan khas yang sangat banyak jumlahnya.

Makanan yang khas di Padang dan Bukittinggi biasanya memiliki ciri khas berasa pedas dan berkuah santan. Selain itu, makanan dari Sumatera Barat juga memiliki cita rasa rempah yang menambah selera makan.

Buat Anda yang ingin membuat makanan khas Padang dan Bukittinggi di rumah, ada banyak penjelasan beserta resepnya yang dapat Anda akses di internet.

Berikut makanan khas dari Sumatera Barat yang Menggugah Selera

A. Makanan Khas Padang

Sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Barat, Padang juga membawa pengaruh besar dalam hal makanan khas di daerah tersebut.

Makanan yang pedas dan bersantan seperti rendang dan sate padang sudah tersohor hingga ke pelosok negeri ini. Keistimewaan makanan ini juga sudah diakui sehingga banyak Rumah Makan Padang yang tersebar ke seluruh dunia.

1. Rendang

makanan khas padang bahasa inggris

Rendang adalah makanan khas Sumatera Barat yang terkenal. Dibuat dari daging sapi, makanan khas Sumatera Barat rendang menjadi menu utama di seluruh Rumah Makan Padang. Proses memasak rendang dipanaskan berulang kali dengan santan sampai kuahnya kering.

Makanan ini mengandung lemak jenuh yang tinggi, sehingga konsumsi rendang hendaknya secukupnya saja. Meski begitu, rendang juga mengandung protein hewani, vitamin, dan antioksidan yang bagus untuk tubuh.

2. Sate Padang

makanan khas sumatera barat beserta resepnya

Sate Padang juga menjadi makanan khas Minangkabau yang paling dikenal. Di brainly, orang-orang banyak menyebut Sate Padang sebagai makanan khas Sumatera Barat setelah rendang.

Sate Padang tidak memakai sambal kacang seperti kebanyakan sate pada umumnya, namun kuah sate ini berwarna lebih kuning oranye. Sate Padang lebih nikmat dimakan dengan kerupuk kulit atau keripik balado.

3. Dendeng Balado

5 makanan khas sumatera barat merah

Satu lagi menu olahan daging yang populer di Sumatera Barat adalah dendeng atau daging yang digoreng tipis. Dendeng jenis ini dibumbui dengan sambal balado yang berasal dari cabai keriting merah serta tomat.

Untuk resep pembuatam, Anda bisa mengombinasikan bumbu sambal balado dengan bawang merah dan bawang putih serta jeruk nipis untuk menambah kelezatan makanan ini.

4. Dendeng Batokok

5 makanan khas sumatera barat murah

Hampir serupa dengan dendeng balado. Cuma, dendeng batokok memakai cabai keriting hijau menggantikan cabai merah. Meski tak sepedas dendeng balado, dendeng batokok juga memiliki keistimewaan.

Dalam hal pembuatannya, dendeng batokok harus dipukul atau digetok. Hal itu berbeda dengan dendeng balado yang dagingnya direbus dan dijemur kering sebelum digoreng.

5. Soto Padang

aneka makanan khas sumatera barat

Selain rendang, soto Padang juga menjadi menu kuliner istimewa khas Sumatera Barat. Di dalam soto Padang juga terdapat dendeng yang digoreng terlebih dahulu. Selain itu, ada juga bihun dan perkedel.

Soto Padang yang panas cocok untuk menghangatkan badan di tengah cuaca yang dingin. Anda tetap bisa menikmati cita rasa makanan ini dengan atau tanpa nasi putih.

6. Gulai Itiak

makanan khas sumatera barat wikipedia

Gulai atau gule itiak dibuat dari daging itik atau bebek. Bumbu untuk membuat makanan ini cukup sederhana yakni daging, cabe hijau, laos, jahe, daun salam, daun jeruk, serta kunyit dan daunnya.

Gulai itiak ini juga khas dari Bukittinggi karena banyak ditemukan di Koto Gadang. Gulai itiak memiliki rasa yang gurih dan pedas khas Sumatera Barat.

7. Gulai Tauco

makanan khas sumatera barat dan sejarahnya

Gulai tauco kaya akan protein nabati. Maklum, tauci sendiri adalah bumbu makanan yang terbuat dari rebusan biji kedelai dan kemudian dicampur dengan tepung terigu hingga timbuh jamur.

Bumbu gulai tauco ini di antaranya adalah buncis, petai, serai, cabai rawit, santan, dan tahu-tempe. Di Sumatera Barat, gulai tauco biasanya dijadikan teman makan lontong sayur dan ikan.

8. Kalio Daging

makanan khas padang sumatera barat

Kalio adalah olahan daging sapi sejenis rendang. Bedanya, kalio berwarna coklat sedangkan rendang lebih kehitaman. Kalio ini dibuat dengan memasak rendang setengah jadi sehingga teksturnya tak sekeras dan sealot rendang.

Kalio daging juga lebih banyak dijual di Rumah Makan Padang karena waktu memasaknya yang lebih singkat daripada membuat rendang.

9. Cancang

5 makanan khas sumatera barat sate

Cancang adalah olahan daging yang dipotong kecil (cincang) untuk kemudian dijadikan gulai. Daging yang digunakan dalam cancang biasanya adalah daging sapi meski daging kambing juga bisa digunakan.

Kuah cancang dibuat dari perpaduan bawang merah, putih, cabai merah, merica, jahe, dan lengkuas. Anda bisa mencari resep dan penjelasannya melalui internet.

10. Teh Talua

apa makanan khas sumatera barat

Minuman penambah stamina khas Sumatera Barat adalah teh talua ini. Teh talua dibuat dengan bahan baku telur, perasan jeruk nipis, gula, dan tentunya teh itu sendiri.

Keunikan teh talua ini adalah jika didiamkan akan muncul lapisan-lapisan yang berwarna putih hingga kecoklatan. Anda bisa mengecek di internet untuk mengetahui gambarnya. Minuman ini umum ditemukan di warung-warung tradisional.

11. Lamang Tapai

jenis makanan khas daerah sumatera barat

Menu berbuka puasa khas Minangkabau adalah lamang tapai. Lamang adalah beras ketan yang dimasak dalam bambu muda dengan menggunakan santan. Beras ketan yang sudah dibersihkan dimasukkan ke dalam ruas bambu berlapiskan daun pisang.

Setelah itu santan dimasukkan ke dalam bambu tersebut dan dibakar. Lamang kemudian dipadukan dengan tapai yang umum dijual di pasaran.

12. Galamai

10 makanan khas daerah sumatera barat

Berbahan dasar tepung beras ketan, gula aren, dan santan, galamai berbentuk mirip dengan dodol Garut atau jenang Kudus. Tepung beras dimasak bersama santan dan gula aren dalam kuali yang besar.

Sekilas membuat galamai terlihat mudah, namun diperlukan orang banyak untuk mengaduk adonan yang besar itu. Anda juga bisa mendapatkan galamai yang siap makan di toko oleh-oleh.

13. Asam Padeh

5 makanan khas sumatera barat nikmat

Asam padeh atau asam pedas adalah salah satu makanan unggulan di Semenanjung Malaya. Biasanya, asam padeh ini dibuat dengan ikan laut seperti tongkol dan tuna. Bahan utama makanan ini adalah asam jawa, cabai, dan rempah-rempah.

Asam padeh yang asam dan pedas juga populer hingga ke Aceh dan Riau. Untuk resep membuat asam padeh, Anda bisa mencarinya di internet.

14. Ayam Pop

5 makanan khas sumatera barat terbaru

Ayam pop adalah ayam goreng yang memiliki warna putih pucat. Warna putih pada ayam pop dikarenakan sebelum dimasak daging ayam lebih dulu diberi bumbu dan direbus di dalam air kelapa dan cincangan bawang putih.

Setelah selesai direbus, ayam pop baru masuk penggorengan. Ayam pop ini dapat dengan mudah Anda temukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia.

15. Lompong Sagu

makanan hewani khas sumatera barat

Sejenis kue yang berasal dari sagu serta kelapa. Penyajian lompong sagu menggunakan daun pisang sehingga rasanya tetap terjaga. Soal cita rasanya, lompong sagu manis dan kenyal di lidah.

Namun, lompong sagu ini mulai jarang ditemukan lagi. Oleh karena itu, kue yang dibuat dengan cara dipanggang ini menjadi buruan wisatawan yang datang ke Sumatera Barat.

16. Es Tebak

3 makanan khas sumatera barat

Es campur khas Padang, Sumatera Barat bernama es tebak. Tebak sendiri adalah istilah untuk olahan tepung beras ketan yang diberi tepung sagu. Proses memasak es tebak memakai air garam dan kapur sirih.

Adonan tersebut kemudian dicetak tipis seperti cendol. Ada nangka muda, kolang-kaling, dan sirup merah juga dalam penyajian es tebak ini.

17. Palai Rinuak

makanan khas sumatera barat dan penjelasan

Palai rinuak adalah masakan khas Sumatera Barat dari ikan. Rinuak merupakan ikan sebesar korek api yang ada di Danau Maninjau, Sumatera Barat.

Cara pembuatan palai rinuak ini hampir mirip seperti pepes karena sama-sama dikukus dalam daun pisang. Bumbu palai rinuak ini adalah bawang putih dan merah, cabai merah, serta kunyit dan daunnya. Umumnya makanan ini ditemukan di daerah pesisir.

18. Tumbang Pisang

makanan khas sumatera barat brainly

Tumbang pisang dibuat dari pisang kapok yang dikukus lebih dahulu sebelum ditumbuk. Tumbang pisang juga ditambahi dengan taburan kelapa dan gula merah di atasnya.

Memiliki rasa manis, tumbang pisang menjadi favorit pemburu kuliner khas Sumatera Barat. Atau jika tak ada waktu melancong ke Padang, Anda bisa membuat makanan ini sendiri di rumah.

19. Telur Dadar Padang

makanan khas sumatera barat selain rendang adalah

Makanan khas Padang selanjutnya adalah telur dadar. Serupa dengan telur dadar pada umumnya, namun telur dadar padang memiliki isi yang variatif.

Daun bawang, kemiri, bawang merah dan putih, serta cabai biasanya menjadi isi dari telur dadar Padang. Cara memasak yang mudah plus durasi yang singkat menjadi keunggulan dari makanan yang biasanya dijadikan menu sarapan ini.

20. Ayam Goreng Padang

makanan khas sumatera barat adalah

Ayam goreng Padang tak sama dengan ayam pop meskipun sama-sama melalui proses penggorengan. Ayam goreng tak melalui proses perebusan seperti halnya ayam pop.

Ayam goreng digoreng dengan waktu yang cukup lama sehingga warnanya menjadi kecoklatan. Ayam goreng Padang umumnya memakai rempah-rempah seperti lengkuas untuk proses penggorengan.

21. Ikan Balado

resep makanan khas daerah sumatera barat

Ikan yang dipakai dalam ikan balado ini bisa berupa ikan tongkol dan ikan kembung. Yang membedakan ikan olahan Sumatera Barat adalah bumbunya yang kaya akan rempah-rempah.

Sambal balado memakai cabai keriting merah sebagai bahan utama. Bumbu balado tersebut kemudian dibalurkan ke ikan yang telah digoreng dan diberi perasan jeruk nipis.

22. Sate Lokan

makanan tradisional sumatera barat beserta penjelasannya

Sate lokan merupakan sate yang dibuat dari kerang hijau. Awalnya, daging kerang akan berwarna kuning pucat sebelum dimasak, namun setelah matang warnanya akan berubah menjadi kemerahan.

Kuah yang digunakan dalam sate lokan ini berasal dari air sisa rebusan kerang yang dicampur tepung beras dan rempah-rempah. Ketupat dan bawang goreng menjadi teman yang pas untuk makanan ini.

23. Ayam Goreng Laos

5 makanan khas sumatera barat dendeng

Sama halnya dengan ayam goreng Padang pada umumnya, ayam goreng laos memakai laos sebagai bahan baku bumbunya. Penggorengan ayam ini tak memakai cara khusus.

Cuma bedanya, parutan laos digunakan sebagai pengganti kremes pada ayamnya. Jika tak ada laos, Anda juga bisa menggantinya dengan lengkuas.

24. Gulai Banak

makanan khas sumbar yang dimodifikasi

Gulai banak atau gulai otak juga menjadi makanan khas Sumatera Barat. Otak sapi mulanya dipotong sesuai selera kemudian dimasak dengan bumbu gulai. Daun mangkok juga bisa disertakan sebagai variasi dalam makanan ini.

Jika Anda menggemari makanan ini, ada baiknya untuk menjaga agar tak mengonsumsi berlebihan. Sebab, otak sapi memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

25. Gulai Paku

sebutkan makanan khas sumatera barat

Paku yang dimaksud dalam masakan ini ialah daun pakis. Santan, laos, cabai rawit hijau, asam kandis/jawa, dan kunyit menjadi bumbu dari gulai paku ini.

Daun pakis dan bumbu-bumbu tersebut diolah seperti membuat gulai pada umumnya. Biasanya, gulai paku dimakan dengan ketupat. Makanan tersebut merupakan khas dari daerah Padang Pariaman.

26. Sala Lauak

contoh makanan khas sumatera barat

Aneka gorengan yang menjadi cemilan andalan Sumatera Barat adalah sala lauak ini. Tak seperti gorengan yang ada di Pulau Jawa, sala lauak berbentuk bulat dengan bahan dasar tepung beras yang berwarna kuning kecoklatan.

Isi dari sala lauak ini berupa ikan atau udang yang sudah dihaluskan. Sala lauak juga biasanya disajikan bersama dengan ketupat sayur sebagai menu sarapan.

27. Pinyaram

makanan khas sumatera barat dan keterangannya

Menjelang hari raya, pinyaram jadi makanan wajib di Sumatera Barat. Makanan khas Minangkabau ini dibuat dari tepung beras, gula, dan santan. Kue berwarna coklat ini memiliki tekstur gurih di tepi dan lembut di tengah.

Pinyaram yang rasanya manis ini memiliki berbagai varian tak hanya coklat di tepi dan putih di tengah saja. Ada juga pinyaram hitam dan pinyaram hijau yang sama lezatnya.

28. Martabak Kubang

makanan fungsional khas daerah sumatera barat

Martabak kubang dibuat dari adonan yang berisi telur, rendang, dan daun bawang. Makanan yang juga disebut martabak mesir ini juga disajikan bersama dengan kuah cuka.

Martabak kubang yang diambil dari nama daerahnya ini memadukan cita rasa Timur Tengah dan Minang. Maklum, dulunya makanan tersebut sampai ke Sumatera Barat karena dibawa oleh orang Arab dan India.

29. Dadiah

5 makanan khas sumatera barat otak

Satu lagi kuliner yang terpengaruh dari Timur Tengah adalah dadiah. Dadiah, atau dudh dalam bahasa Sindhi, artinya susu. Dadiah terbuat dari susu kerbau yang difermentasi hingga menjadi yogurt tradisional Sumatera Barat.

Proses fermentasi susu kerbau hingga menjadi yogurt membutuhkan waktu 1-2 hari. Proses fermentasi dadiah dilakukan di dalam satu ruas batang bambu.

30. Katan Durian

modifikasi makanan khas sumatera barat

Katan durian akan banyak Anda temukan di Sumatera Barat saat musim durian tiba. Katan durian diberi kelapa parut di atasnya dan dibungkus dengan daun pisang.

Katan durian juga bisa Anda buat sendiri di rumah dengan menyiapkan beras ketan, santan (kental dan encer), daun pandan, parutan kelapa, garam, dan buah durian tentunya. Proses pembuatan ketannya sama seperti pada umumnya

B. Makanan Khas Bukittinggi

Bukittinggi juga menjadi penghasil makanan khas paling banyak di Provinsi Sumatera Barat. Ada beberapa makanan khas Minangkabau yang tak berasal dari Padang seperti Nasi Kapau dan oleh-oleh seperti Karupuak Sanjai.

Meski begitu, pada dasarnya makanan khas Bukittinggi juga memiliki kesamaan dalam hal bumbu yang pedas dan kaya akan rempah-rempah.

1. Nasi Kapau Khas Bukittinggi

makanan fungsional khas sumatera barat

Nasi kapau adalah nasi rames yang khas dari daerah Kapau, Sumatera Barat. Makanan ini biasanya dimakan dengan beragam lauk seperti gulai dan rendang.

Meski banyak dijual di luar daerah Kapau, namun konon kabarnya tak banyak yang mengetahui resep asli pembuatan makanan ini. Menurut kabar, hanya orang asli Kapau yang tahu racikan asli membuat nasi kapau yang otentik.

2. Itiak Lado Mudo

resep masakan khas sumatera barat

Makanan yang berasal dari Ngarai Sianok, Bukittinggi, ini menawarkan olahan itik atau bebek yang menggugah selera. Untuk mendapatkan rasa gurih, daging yang dipakai dalam makanan ini memakai itik atau bebek yang berusia maksimal enam bulan.

Lumuran lado mudo (cabai hijau) juga membuat makanan ini banyak dicari orang-orang yang berpergian ke Bukittinggi.

3. Katupek Pical

makanan khas minangkabau sumatera barat

Pical adalah masakan khas Sumatera Barat dengan kuah kacang sebagai saus penyajiannya. Adapun katupek pical merupakan perpaduan ketupat dengan sayur-mayur seperti kol, tauge, ketimun, dan singkong. Katupek pical juga memakai mie kuning sebagai pelengkap sajiannya.

Cara pembuatannya terbilang mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan bantuan resep dari internet.

4. Ampiang Dadiah

resep mudhah 5 makanan khas sumatera barat

Agak sulit menemukan penjual ampiang dadiah di luar Sumatera Barat. Makanan ini terbuat dari ampiang yang berasal dari beras ketan yang ditumbuk dan dibentuk pipih selagi panas.

Bentuk ampiang dadah ini mirip seperti sereal. Selanjutnya, ampiang tersebut disajikan dalam piring dengan dadiah atau fermentasi susu kerbau yang khas Minangkabau.

5. Sate Padang Bukittinggi

makanan khas sumatera barat beserta bahan bakunya

Meski namanya sate Padang, namun Anda juga bisa menemukan makanan ini di daerah Bukittinggi. Di jalan antara Padang Panjang hingga Bukittinggi, ada warung sate padang yang terkenal yakni warung Sate Mak Syukur.

Sate yang dijual di warung tersebut sama seperti di Padang yang menjual daging sate sapi dengan siraman bumbu kuah kari yang mengandung rasa pedas dan gurih.

6. Karupuak Kuah Bukittinggi

nama makanan khas daerah sumatera barat

Nama makanan khas Sumatera Barat selanjutnya adalah karupuak kuah atau kerupuk kuah. Makanan ini menjadi jajanan legendaris yang ada di Bukittinggi dan sekitarnya.

Makanan ini juga dinamakan kerupuk leak karena saat orang memakannya bersama kuah sate yang disiramkan, biasanya akan tumpah mengenai orang tersebut. Dalam bahasa setempat, tumpah artinya baleak.

7. Gulai Jariang

makanan tradisional khas sumatera barat

Gulai jariang terbuat dari bahan utama yakni jengkol. Jengkol yang dipakai dalam membuat masakan ini adalah jengkol yang tua sehingga bertekstur empuk dan tidak pahit.

Makanan ini memiliki cita rasa dan aroma yang khas karena memakai banyak rempah-rempah sebagai bumbunya. Bumbu gulai tersebut kemudian disiramkan ke atas jengkol sehingga menjadi makanan yang lezat dinikmati.

8. Kopi Kawa Daun

karakteristik makanan khas daerah sumatera barat

Berbeda dengan kopi biasa yang dibuat dari biji, kopi kawa daun dibuat dari daunnya. Resepnya, daun kopi yang terbaik kemudian dikeringkan dengan cara disangrai selama kurang lebih 12 jam.

Setelah siap, daun kering tersebut dimasukkan ke dalam air dingin kemudian diseduh dengan air mendidih. Keunikan lain dari minuman kopi kawa daun ini adalah penyajiannya menggunakan tempurung kelapa.

9. Lontong Sayur Minang

gambar makanan khas daerah sumatera barat

Lontong sayur menjadi makanan yang cocok dimakan kapan saja. Apalagi varian lontong sayur khas Minangkabau yang kaya rempah dan memakai sambal lado (cabai) merah.

Makanan ini juga memakai kerupuk merah jambu sebagai kudapan. Lontong sayur Minang juga cocok ditambah lauk seperti gulai ayam dan telur ayam. Bahan baku pembuatan makanan ini adalah nangka muda dan kacang panjang.

10. Sate Danguang-danguang

makanan khas bukittinggi sumatera barat

Sate Danguang-danguang memiliki kesamaan dengan sate Padang. Bedanya, warna saus sate Danguang-danguang berwarna lebih cerah dan kuning. Irisan daging sate pada makanan ini juga lebih besar ketimbang sate Padang.

Sate danguang-danguang memakai daging sapi sebagai bahan utamanya. Kuliner lezat yang satu ini bisa Anda temui di Payakumbuh, Bukittinggi, dan sekitarnya.

11. Cindua Langkok

5 makanan khas sumatera barat sambal

Bukittinggi juga memiliki es cendol khas yang bernama cindua langkok. Bahan baku pembuatan cindua langkok ini adalah dari ampiang atau beras ketan yang ditumbuk.

Bahan lain yang dipakai dalam minuman ini adalah gula aren, cendol, dan lopis. Tak ketinggalan pula es serut ditaburkan di atas minuman ini. Es cindua langkok atau cendol lengkap ini cocok jadi minuman penyegar saat cuaca terik.

12. Keripik Balado Bukittinggi

makalah makanan khas sumatera barat

Dari sekian banyak keripik yang ada di Sumatera Barat, keripik balado jadi yang paling terkenal. Rasa pedas yang identik dengan makanan khas Padang dan sekitarnya menjadikan keripik balado populer.

Bahkan, banyak juga yang mengincar keripik balado khas Bukittinggi ini sebagai oleh-oleh. Anda bisa membuat keripik balado sendiri di rumah dengan bermodal singkong dan cabai merah.

13. Dendeng Bukittinggi

5 makanan khas sumatera barat enak

Dendeng batokok menjadi makanan khas Bukittinggi yang berasal dari olahan daging sapi. Sama seperti dendeng balado, dendeng batokok juga berasal dari daging sapi yang diiris tipis-tipis.

Namun, dendeng batokok dibuat dengan cara dipukul, bukan direbus dan dijemur seperti dendeng balado. Dendeng batokok dilumuri dengan cabai hijau atau lado mudo dalam penyajiannya.

14. Karupuak Sanjai

makanan khas sumatera barat nabati

Makanan khas Bukittinggi yang selanjutnya adalah kerupuk Sanjai. Nama Sanjai pada kerupuk yang berwujud keripik ini diambil dari nama jalan tempat sentra industri makanan ini.

Warga yang tinggal di jalan tersebut mayoritas berprofesi sebagai pembuat keripik. Varian kerupuk Sanjai ini ada bermacam-macam yakni tawar, asin, dan pedas (balado). Kerupuk Sanjai menjadi oleh-oleh favorit dari Bukittinggi.

Sumatera Barat tak hanya menawarkan keindahan panorama alam yang memanjakan mata. Sajian kuliner yang ada di pulau paling Barat Indonesia itu juga menawarkan kelezatan yang tiada duanya.

Makanan khas Sumatera Barat yang pedas bersantan memang sulit dicari tandingannya. Tak hanya di Indonesia, makanan dari Sumatera Barat pun sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Leave a Comment

error: Content is protected !!