40+ Makanan Khas Aceh Darusalam (Bisa Jadi Oleh-oleh)

Makanan khas Aceh dapat menggugah selera bagi penikmatnya dengan cita rasa yang unik. Melalui daftar makanan khas Aceh dibawah ini, Anda akan mendapatkan referensi terbaik.

Beberapa jenis makanan memiliki nama yang aneh namun bercita rasa yang nikmat. Terdapat beragam jenis makanan dimulai dari makanan yang asin hingga manis dapat ditemukan di Aceh.

Makanan Khas Aceh yang Terkenal

1. Kue adee pidie

makanan khas aceh yang lagi viral

Kue Adee menjadi salah satu makanan yang harus di coba ketika mengunjungi Aceh. Terutama dengan rasanya yang nikmat akan membuat Anda semakin merasakan kue dengan tekstur lembut dan nikmat.

Berasal dari Kabupaten Pidie, kue ini menjadi andalan sebagai oleh-oleh yang wajib di beli dari Aceh. Beberapa orang akan menikmati makanan khas Aceh Darussalam ini dengan secangkir kopi dan teh.

2. Kue timphan

makanan khas aceh sigli

Ketika berkunjung ke Aceh jangan lupa untuk menyempatkan membeli kue timphan. Kue ini menjadi oleh oleh khas Aceh yang wajib untuk dibeli terutama karena teksturnya yang kenyal.

Olahan ini dibuat dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang muda dengan rasanya yang manis dan nikmat. Biasanya, makanan ini dapat ditemukan ketika hari besar seperti hari raya keagamaan.

3. Lepat tamiang

makanan khas aceh selatan

Tepung ketan menjadi bahan utama pembuatan makanan ini. Di dalamnya ditambahkan dengan isian gula merah yang kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Sebelum dibungkus akan diberikan parutan kelapa parut yang ditaburi di tengahnya. Masyarakat Aceh Gayo biasanya akan membuat lepat ini pada beberapa acara kedaerahannya. Dengan rasa yang unik, makanan ini wajib Anda coba ketika ke Aceh.

4. Kembang loyang

makanan khas aceh di banjarmasin

Masyarakat Tamiang merupakan daerah pencipta kembang loyang terbaik. Ketika menggelar beberapa hajatan, masyarakat di daerah sana akan menghidangkan menu kembang loyang ini.

Bentuknya sangat khas seperti namanya yakni berbentuk sebuah kembang atau bunga. Bahan dasar makanan ini adalah tepung. Dengan rasa manis dan renyah pastinya makanan ini wajib untuk dicoba.

5. Kue bhoi

makanan khas aceh untuk buka puasa

Makanan ini menjadi salah satu oleh-oleh paling di minati di daerah Aceh Besar. Bentuk dari kue ini cukup menarik untuk menggugah penikmatnya.

Makanan ini memang dibuat dengan rasa yang manis dan nikmat untuk di makan. Biasanya akan dihidangkan pada beberapa acara pernikahan. Bahkan, makanan ini termasuk ke dalam salah satu seserahan pada acara pernikahan.

6. Jedah lemang

makanan khas aceh di pekanbaru

Kuliner dengan bahan dasar beras ketan ini menjadi pilihan yang sangat diminati. Terutama dengan balutan santan kelapa membuat makanan ini terasa sangat gurih.

Berasal dari daerah Aceh Singkil, makanan ini sangat wajib untuk di coba ketika Anda berada di Aceh. Menu ini dibuat dengan bumbu yang nikmat untuk dimakan dengan rendang. Masyarakat di sana akan menikmati sajian ini pada perayaan besar.

7. Bonromrom

makanan khas aceh di malang

Nama lain dari makanan khas Aceh ini adalah Kue Duek Budeh. Kue ini menjadi salah satu hidangan tradisional dengan berbahan dasar ketan. Ketan tersebut akan di baluri dengan kelapa parut yang akan membuat rasanya menjadi gurih.

Kelepon merupakan salah satu makanan yang rasanya mirip dengan sajian ini. Meskipun warnanya tidak sama-sama hijau dan sedikit kecokelatan.

8. Kopi Aceh

makanan khas aceh paling terkenal

Tidak lengkap rasanya jika Anda tidak menikmati hidangan kopi ketika di Aceh. Kopi yang berasal dari negara Serambi Mekah ini memiliki cita rasa yang berbeda. Popularitasnya pun sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara.

Kopi ini memiliki aroma yang kuat juga rasa kepekatan yang berbeda. Ketika Anda berkunjung ke Aceh, kopi ini akan mudah ditemukan di beberapa kedai pinggir jalan.

9. Mie Aceh

makanan khas aceh nabati

Mie Aceh tidak hanya tertkenal di daerahnya saja. Di Aceh Anda bisa menemukan mie ini di berbagai tempat bahkan hingga di pinggir jalan.

Tersedia beberapa varian yang bisa Anda pilih termasuk cara memasak yang di goreng dan diberi kuah. Tentunya keduanya memiliki rasa yang nikmat ketika dilengkapi dengan topping tambahan seafood atau potongan daging ayam dan sapi.

10. Rujak Aceh

makanan khas aceh di jakarta

Makanan khas Aceh sangat nikmat untuk di coba. Terutama semua bumbunya akan di campur dengan rempah khas. Untuk sajian yang menyegarkan dari Aceh adalah rujaknya.

Makanan ini merupakan makanan khas Aceh Selatan dibuat dari buah rumbia. Di Aceh kuah rujaknya akan di siram dengan saus yang khas. Uniknya rujak ini di sajikan dengan parutan es dan cenderung di hidangkan dengan dingin.

11. Ungkot kemamah

makanan khas aceh pidie

Ikan tuna menjadi salah satu bahan dasar pembuatan hidangan ini. Makanan khas Aceh memiliki menu makanan yang sangat terkenal akan resepnya.

Terutama cara memasak ungkot kemamah ini adalah dengan merebus dan mengeringkan tunanya. Kemudian, tuna tersebut akan di olah menggunakan santan, kentang, cabai hijau, dan rempah khas Aceh. Tentunya, rasa yang diberikan sangat unik dan nikmat.

12. Martabak Aceh

makanan khas aceh pliek u

Ada sesuatu yang berbeda dari hidangan martabak di beberapa daerah dengan khas Aceh. Pembuatan kulit martabak dibuat menggunakan bahan dasar roti cane.

Martabak Aceh sudah sangat terkenal hingga tersedia di beberapa daerah termasuk di Jakarta. Rasa dari martabak ini cukup gurih dan memiliki sedikit rasa pedas. Tentunya, martabak ini sangat pantas di nikmati ketika sedang meminum kopi.

13. Sate matang

makanan khas aceh beserta gambar

Berbagai daerah akan memiliki cara tersendiri untuk menghidangkan sate. Termasuk daerah Aceh yang memiliki jenis dan rasa sate yang khas.

Sate matang memang sesuai dengan namanya yang berasal dari daerah matang. Masakan tradisional ini berbeda dengan sate pada umumnya. Hal itu karena daging sapi atau kambingnya akan di ungkep terlebih dahulu. Kemudian, dibaluti dengan bumbu dan di bakar.

14. Ayam tangkap

makanan khas aceh di jogja

Hidangan ayam ini sudah sangat terkenal di mana pun. Ayam yang digunakan untuk bahan masakan akan digoreng kemudian di taburi dengan beberapa rempah.

Salah satu bahan yang membuatnya terkenal adalah daun teumura dan cabai hijau yang di masak bersama ayam. Dengan tambahan bahan dasar ini, rasa dari ayamnya akan berbeda dan merupakan ciri khas dari menu masakan Aceh.

15. Pacri nanas

jenis makanan khas aceh

Paciri panas memiliki bahan dasar utama yakni buah nanas. Menu ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh yang wajib untuk di bawa bahkan untuk Anda nikmati selama di Aceh.

Bumbu yang digunakan adalah merica, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, cengkeh, cabar merah, dan beberapa tambahan bawang. Tampilannya sangat menarik dan sesuai dengan rasa khas yang diberikannya.

16. Meusekat

makanan khas aceh untuk oleh-oleh

Bentuk dari makanan ini memang serupa dengan dodol. Meskipun makanan ini merupakan sajian khas Aceh, rasanya tetap saja sama seperti dodol. Hanya saja hal yang berbeda adalah asal dari pembuatannya.

Tepung dan buah nanas merupakan bahan dasar pembuatan dodol khas Aceh ini. Namun, meusekat memang cukup sulit untuk ditemukan.

17. Nasi gurih

makanan khas aceh lhokseumawe

Ketika menikmati nasi gurih mungkin Anda akan sedikit mengingat rasa dari nasi uduk. Rasa nasi gurih memang sedikit familiar di lidah pengunjung. Terutama karena rasanya yang memang sama dengan nasi uduk.

Penyajiannya akan di gabungkan dengan lauk lain seperti telur dadar, ikan lado, dan lain sebagainya. Bahkan, pada bentuk penyajiannya masih sama seperti nasi uduk.

18. Mie jalak sabang

makanan khas aceh yang mudah dibuat

Keberadaan mie Aceh memang sudah terkenal di mana pun. Anda harus mencoba salah satu menu khas lainnya seperti mie jalak sabang ini.

Tentunya, sebagai menu makanan khas dari Aceh utara menu ini memiliki jenis mie yang berbeda dengan mie lainnya. Terutama, dengan teksturnya yang kenyal dan disajikan menggunakan kaldu gurih akan membuat rasanya berbeda.

19. Sambal ganja

www makanan khas aceh com

Nama dari makanan ini akan membuat siapa pun merasa aneh untuk mendengarnya. Terutama ganja merupakan salah satu hal yang dilarang untuk di konsumsi.

Namun, nama ini dipercaya karena siapa pun yang mencicipi sambal ini akan selalu tertarik untuk memakannya lagi. Pada menu makanan ini ganja tidak akan digunakan sama sekali dan hanya menjadi nama yang membuatnya terkenal.

20. Kue keukarah

makanan khas aceh terdekat

Terdapat banyak jenis kue di Aceh yang patut untuk dicoba. Ketika Anda berkunjung ke Aceh jangan lupa untuk mencoba kue keukarah. Sebagai salah sah satu kue yang cukup dikenal teksturnya sangat unik dan begitu renyah.

Kue ini cocok untuk dijadikan sebagai camilan sore untuk menemani hari-hari Anda. terutama ketika Anda akan membawanya sebagai oleh-oleh untuk kerabat.

21. Rujak samalanga

makanan khas aceh dan bahan utamanya

Terdapat jenis rujak lain yang penting untuk dicoba ketika berada di Aceh. Anda harus memastikan mencicipi menu makanan yang berasal dari Smalanga ini.

Bumbu yang diciptakan oleh rasanya berbeda dengan bumbu pada umumnya. Dengan rasa yang asam, manis dan juga pedas sehingga membuatnya terasa seimbang. Rujak ini cocok untuk dicicipi ketika cuaca sedang sangat terik.

22. Pisang sale

makanan khas aceh jaya

Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki menu makanan pisang sale. Sejak zaman dahulu pisang sale telah menjadi hidangan yang patut di coba ketika di Aceh.

Memang tidak akan jauh berbeda dengan pisang sale pada umumnya meskipun warnanya jauh lebih kecokelatan. Penyajiannya juga ditambahkan dengan taburan gula tebu yang kemudian di asapkan sehingga membuatnya unik.

23. Tasak telu

makanan khas aceh apa

Makanan khas Aceh adalah menu yang tidak boleh ditinggalkan. Hal itu karena rasanya memang dapat di andalkan. Terutama tasak telu merupakan salah satu jenis makanan dengan bahan dasar daging bebek.

Nantinya daging bebek tersebut akan direbus bersama dengan rempah-rempah. Rasa yang diciptakan memiliki rasa gurih yang khas. Tekstur dari dagingnya pun sangat lembek dan mudah untuk dikunyah.

24. Gulai kambing khas Aceh

makanan khas aceh di banten

Aceh memiliki hidangan gulai kambing yang khas. Gulai kambingnya memiliki bumbu yang khas dan dapat ditemukan pada beberapa daerah Aceh lainnya. Proses pengolahan hidangan ini sangat khas dengan pembuatan untuk porsi yang besar.

Terdapat beberapa rempah khas yang biasanya digunakan. Tentunya aroma kambing pada menu masakan ini tidak akan tercium amis dan sangat nikmat.

25. Bubur kanji rumbi

makanan khas aceh di kalimantan

Ketika bulan Ramadhan tiba dan Anda berada di Aceh jangan lupa untuk menikmati hidangan bubur ini. Pembuatan bubur menggunakan beras ketan sehingga membuatnya sangat khas.

Nantinya akan ditumbuk kemudian di rebus menggunakan rempah khas dari daerah Aceh. Bubur ini menjadi salah satu tujuan wisata kuliner bagi siapa pun yang datang berkunjung.

26. Deng deng Aceh

makanan khas aceh di lampung

Dengdeng dari Aceh ini akan berbeda dengan dengdeng pada umumnya yang membuatnya terkenal. Terutama, dengan bahan utama yang digunakan sebagai pembuatan dendeng yang tidak menggunakan daging sapi.

Dengdeng dari Aceh ini berbahan dasar daging rusa yang membuatnya sangat unik. Beberapa orang yang berkunjung ke Aceh akan menjadikannya sebagai oleh-oleh yang wajib untuk dibawa.

27. Kuah masam keueung

10 makanan khas aceh

Masakan ini memiliki nama yang cukup asing dan unik bagi pengunjung. Terutama dengan arti dari namanya yang berarti asam dan pedas. Kuah yang di hasilkan memiliki warna kuning yang khas dan dengan penyajian yang berbeda.

Biasanya isi dari makanan ini adalah sayur, ikan tongkol atay bandeng, udang, teri basah, dan beberapa daging yang telah di bakar sebelumnya.

28. Manisa pala

makanan khas aceh sie reuboh

Ketika berkunjung ke Aceh, jangan lupa untuk mencicipi manisan pala yang merupakan makanan khas dari Aceh bagian selatan. Manisan ini memang terbuat dari pala dan diproduksi oleh beberapa rumahan.

Manisan ini cukup terkenal sehingga mudah untuk menemukannya. Anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh khas Aceh yang tidak boleh terlewatkan.

29. Bubur memek

makanan khas aceh di palembang

Dari namanya saja makanan ini memang sangat unik. Untuk nama yang sebenarnya makanan ini diambil dari kata mamemek dengan arti mengunyah dan menggigit.

Untuk pembuatannya, bubur ini akan diolah dengan campuran pisang, beras ketan, santan dan gula. Sebelumnya, beras ketan yang digunakan akan disangrai kemudian pisangnya akan ditumbuk dengan kasar. Akan tetapi tekstur dari pisangnya tetap terasa.

30. Roti canai

foto makanan khas aceh

Roti ini menjadi salah satu kudapan yang tidak boleh terlewatkan dari Aceh. Dengan bahan tepung terigu roti ini akan dibentuk menjadi bulat. Setelah di bentuk, roti akan dimasak menggunakan mentega yang gurih.

Roti ini sudah sangat terkenal, bahkan tidak hanya terkenal di Aceh saja. Terdapat beberapa rasa yang ditawarkan dengan dihidangkan bersama daging kambing yang empuk dan karinya.

31. Sie rueboh

makanan khas aceh beserta bahannya

Pada penjelasannya, sie rueboh menggunakan bahan dasar daging sapi yang telah di rebus. Rebusan ini akan dicampurkan dengan bumbu khas dari Aceh. Ketika di masak akan dicampurkan dengan tambahan cuka.

Penambahan cuka akan dilakukan secara bertahap dengan menentukan tingkat keasamannya. Tentunya, hidangan ini akan bertahan dengan lama dengan dagingnya yang akan selalu terasa empuk.

32. Kuah Beulangong

3 makanan khas aceh

Daging sapi menjadi bahan utama untuk membuat hidangan ini. Kuahnya memiliki rasa yang khas dan dicampurkan dengan nangka muda. Ditambahkan dengan olahan santan kelapa yang membuatnya menjadi lebih gurih.

Gurih dan rasa manisnya akan terasa pada hidangan ini. Tentunya, Anda bisa menikmati menu makanan ini ketika ada beberapa perayaan besar di Aceh.

33. Bakpia Aceh

makanan khas aceh di jawa tengah

Meskipun Aceh tidak terkenal dengan bakpianya menu ini tidak boleh ketinggalan untuk di coba. Ketika berkunjung ke Aceh, bakpia yang dijual di beberapa tempat memiliki tingkat rasa yang enak juga.

Daerah pantai kasih sabang menjadi daerah dimana Anda bisa menemukan bakpia ini. Biasanya, isian bakpia ini akan mengandung kacang hijau dengan kulit luar yang kering.

34. Eungkot paya

makanan khas aceh di riau

Eungkot paya sangat digemari oleh pengunjung Aceh. Cara membuatnya adalah dengan di sangrai bersama beberapa rempah. Rasa dari eungkot paya ini cenderung asam dan pedas namun masih nikmat untuk dicoba.

Bahan dasar pembuatannya adalah santan, rebung kala, jantung pisang, dan ketumbar yang akan disangrai. Ketika ke Aceh cobalah untuk menikmati hidangan ini yang wajib untuk dicoba.

35. Kopi sanger

makanan khas aceh paling murah

Kopi sanger bisa menjadi salah satu dari minuman serta makanan khas Aceh dan keunikannya dari rasa kopi tersebut. Wisatawan yang berkunjung menyukai kopi ini yang memiliki rasa hampir sama dengan capucino.

Meskipun demikian, rasa yang diberikan jelas akan berbeda sebagai salah satu jenis kopi khas Aceh. Minuman ini cocok untuk dinikmati pada sore hari dan sangat segar.

36. Gule itek

makanan khas aceh di solo

Bebek kampung yang digunakan sebagai bahan dasar akan diolah dengan berbagai bumbu khas dari Aceh. Proses memasak yang dilakukan juga cukup unik sehingga mampu menciptakan daging dengan tekstur yang empuk. Kuah yang dihasilkan sangat kental karena penggunaan santan pada saat memasak.

37. Kopi tubruk Aceh

makanan khas aceh paling terkenal

Meskipun kopi tubruk merupakan salah satu kopi khas dari Indonesia. Akan berbeda ketika Anda mencicipi kopi tubruk dari Aceh ini. Terutama dengan keasaaman kopi yang sangat khas dari Aceh.

38. Kopi ulee kareng

makanan khas aceh paling khas

Kopi lain yang khas dari Aceh adalah kopi ulee kareng. Kopi ini bertujuan untuk memberikan perkenalan kepada kawasan Aceh yakni Ulee Kareng. Rasa yang diberikan juga sangat khas dengan kenikmatan yang terasa.

39. Serabi aceh

makanan khas aceh boh rom rom

Serabi Aceh menjadi oleh-oleh khas yang harus dibeli dan dicoba. Ketika menikmati serabi ini akan memiliki rasa yang khas dari tepung beras. Hidangannya dilengkapi dengan kelapa parut pada adonannya.

Nantinya serabi akan dibakar hingga menjadi sedikit gosong yang kemudian disiram menggunakan kuah kolak nangka.

40. Teh tarik

makanan khas aceh tamiang

Teh tarik dari Aceh bisa menjadi andalan yang pas ketika ingin mencicipi minuman yang manis. Teh akan di campurkan dengan susu sebagai salah satu hidangan khas dari Asia Tenggara. Penyajiannya yang unik membuat teh ini menjadi sangat terkenal.

Ragam keunikan makanan khas Aceh di atas memiliki cita rasa masing-masing yang sayang untuk dilewatkan. Ketika berkunjung ke Aceh, cobalah untuk mencicipi beberapa makanan di atas atau menjadikannya sebagai oleh-oleh. Dilihat dari kisaran harga beberapa makanan dan minuman tersebut cenderung murah untuk dibeli.

Leave a Comment

error: Content is protected !!