" />

Jika anda hendak berlibur ke banyuwangi, kebingungan pasti akan dialami. Itu karena terdapat banyak pantai di banyuwangi dan selain itu, terdapat juga banyak desa wisata disana. salah satu desa wisata yang terkenal di kabupaten Banyuwangi adalah Desa Kemiren. Desa ini terkenal karena keunikannya dan penyebaran tentang keunikan desa ini sudah tersebar hingga ke luar pulau.

Baca Juga:  Wisata Jajanan Tradisional Kemiren: Beli Harus Pakai Uang Kuno!

Di Desa Kemiren, anda akan dimanjakan dengan musik lesung yang indah. Selain itu, akan ada juga banyak orang yang menari gandrung dengan lincah nya. Tetapi ingat, tidak sempurna jika datang ke desa kemiren tanpa mencicipi kopai using yang merupakan kopi khas suku using. Selain mendatangi desa ini, anda pun memang perlu mendatangi Pantai Watu Dodol jika berada di banyuwangi.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol terbuka untuk umum di waktu kapan saja. Namun, sebaiknya untuk datang di pagi atau sore hari karena anda bisa melihat keindahan sunset ataupun sunrise di sekitar pantai. Harga tiket masuk ke Pantai Watu Dodol diperkirakan sekitar Rp 5.000,- hingga Rp 7.000,- ditambah biaya retribusi untuk parkir.

Daya Tarik Pantai Watu Dodol

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pantai watu dodol merupakan sebuah pantai indah yang terletak di kabupaten banyuwangi. Apabila anda datang ke pantai ini, akan ada beberapa hal mengagumkan yang bisa anda nikmati. Kekaguman yang didapatkan di pantai ini akan membuat anda merasa betah dan sebenarnya sedikit berbahaya juga apabila anda malah tidak ingin pulang ke rumah.

1. Fasilitas yang Terus dipercantik

fasilitas yang terus dipercantik

Pantai watu dodol terletak di dekat pelabuhan ketapang. Daerah ini bisa dikatakan merupakan sebuah daerah pembaharuan. Karena hal tersebut, pantai yang satu ini memang termasuk kepada pantai di banyuwangi yang paling berkembang. Fasilitas pada pantai yang satu ini terus dipercantik dan peningkatan fasilitas tersebut memang berhasil membuat para wisatawan terkagum kagum.

2. Pohon Kelapa yang Berjejer di pinggir pantai

ohon kelapa yang berjejer di sisi pantai

Biasanya, pohon kelapa yang berjejer di pinggir pantai hanya bisa dilihat di film film. Selain terdapat batu karang, rata rata pantai di Indonesia memang memiliki pohon di pinggir nya. Tetapi rata rata pohon tersebut tidak tersusun rapi. Hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri pantai yang bernama watu dodol ini karena pohon kelapa yang berada di pinggir pantai berjejer dengan rapi nya.

3. Pantai terbersih se Asia Tenggara

pantai terbersih se asia tenggara

Hal ini memang sangat jarang diketahui oleh kebanyakan orang, tetapi tidak dapat dipungkiri jika pantai ini merupakan pantai terbersih se asia tenggara. Sampah tidak akan ditemukan apabila berjalan jalan di pinggir pantai ini. Hal itu disebabkan karena kesadaran warga lokal untuk menjaga kebersihan pantai memang sangat tinggi. Selain itu, terdapat juga denda kepada wisatawan yang membuang sampah sembarangan.

4. Amphitheatre dan Dermaga Jetty

Amphitheatre dan Dermaga Jetty

Memang, rata rata pantai di Indonesia pasti lah memiliki dermaga jetty di dalamnya. Tetapi anda pun tentu mengetahui jika amphitheater merupakan suatu bangunan yang sangat jarang sekali ditemukan di pantai pantai atau pun sebuah kota. Untuk anda yang belum mengetahui, ampitheatre merupakan tempat terbuka yang biasa nya berguna untuk tempat pertunjukkan kesenian maupun olahraga.

5. Berkunjung ke dua pulau terdekat

jembatan sebagai spot foto

Ada dua pulau di dekat pantai watu dodol yang bernama pulau tabuhan dan pulau menjangan. Kedua pulau ini memang sangat lah mengagumkan juga menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Untuk pergi ke dua pulau ini, terdapat perahu motor yang memang disediakan untuk keperluan para wisatawan.

6. Snorkeling

senorkeling

Aktivitas snorkeling memang merupakan suatu hal yang wajar ketika berada di sebuah pantai. Tetapi memang, tidak lengkap jika membahas pantai apabila tidak membahas snorkeling. Untuk melakukan snorkeling di pantai ini sangat lah mudah. Hanya dengan 25 ribu rupiah, anda sudah bisa menikmati indahnya biota laut pantai watu dodol.

7. Jembatan sebagai spot foto

jembatan sebagai spot foto

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke tempat wisata apabila tidak berhasil mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Hal inilah yang bisa dikatakan sebagai daya tarik tersendiri dari pantai di banyuwangi ini. Terdapat banyak sekali spot foto yang berpotensi menghasilkan foto yang mengagumkan. Sebagai unggulan, terdapat sebuah jembatan yang memang terkenal sangat lah indah.

8. Tiket masuk yang murah meriah

tiket masuk yang murah meriah

Tidak perlu takut akan kehabisan uang apabila berkunjung ke pantai yang satu ini. untuk biaya masuk nya sendiri sangat lah murah. Untuk memasuki tempat ini pada hari biasa, hanya membutuhkan uang 5 ribu rupiah. Untuk mendatangi nya pada hari libur, uang yang diperlukan hanya ditambah 2 ribu dari harga pada hari biasa yaitu 7 ribu.

Fasilitas di Pantai Watu Dodol

Untuk fasilitas nya, pantai watu dodol sebenarnya memiliki beberapa fasilitas resmi yang ada di dalamnya. Fasilitas pertama yang tentunya dimiliki oleh pantai ini adalah mushola. Hal ini merupakan sebuah hal yang sangat wajar karena mushola merupakan penunjang ibadah bagi umat muslim yang merupakan mayoritas di Indonesia.

Selain mushola, patai ini pun memiliki tempat parkir kendaraan yang memang cukup luas. Untuk biaya parkir nya sendiri sebenarnya tidak ditentukan secara resmi. Tetapi akan ada sedikit uang yang perlu dikeluarkan ketika mengambil motor dari tempat parkir. Pembayaran itu merupakan pembuktian ucapan terima kasih kepada warga sekitar yang berada di sekitar sana.

Fasilitas resmi terakhir yang tentu ada di pantai ini juga adalah kamar mandi atau mck. Pada mushola, memang sudah terdapat kamar mandi untuk para pengunjung, tetapi ada juga kamar mandi atau mck ini yang terpisah dengan mushola. Hal ini tentu untuk memudahkan pengunjung yang ingin memasuki kamar mandi tanpa perlu memasuki mushola terlebih dahulu.

Akses dan Rute menuju Pantai Watu Dodol

Untuk mendatangi pantai watu dodol, akses termudah yang bisa dipilih adalah lewat pusat kota banyuwangi. Di jalan nasional III, lurus lah terus menuju ke Jl. Letkol I Gusti Ngurahray. Teruskan lah lurusan tersebut hingga memasuki jalan Dr. Sutomo. Setelah kurang lebih lurus 1,3 km dari jalan nasional III dan melewati kedua jalan yang tadi telah disebutkan, belok lah ke kiri.

Ketika berbelok ke kiri, anda pun sudah memasuki Jl R.A. Kartini. Tidak lama setelah menyusui Jl. R.A. Kartini, akan ditemui sebuah jalan berputar dan disitu, ambillah yang menuju ke jalan Banterang. Setelah menyusuri kurang lebih 250 meter, ambillah ke kanan menuju Jl. Sayu Wiwit. Pada belokan selanjutnya, ambillah ke kiri untuk menuju ke Jl. Letjen Di Panjaitan.

Setelah anda menyusuri Jl. Letjen Di Panjaitan tersebut sekitar 350 meter, ambillah ke kanan dan anda pun akan kembali masuk ke Jl. Nasional III. Susuri lah lurusan Jl Nasional III tersebut dan pada akhirnya anda akan memasuki Jl. Raya Pantura. Setelah anda mengikuti terus Jl. Raya Pantura tersebut, anda pun akan sampai ke pantai watu dodol.

Peta Menuju Pantai Watu Dodol (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Watu Dodol

1. Watu Dodol Hotel & Retaurant
2. Bangsring Breeze Hotel
3. Panorama Homestay
4. Latansa Homestay
5. Villa RH
6. Puri Amalian Guest House

Tips Berwisata ke Pantai Watu Dodol

Sebenarnya, tidak ada tips khusus tersendiri ketika anda hendak mengunjungi pantai watu dodol ini. Tetapi pastikan lah jika anda mendatangi tempat ini bersama dengan orang orang terdekat. Walaupun bisa mendapatkan keindahan alam yang luar biasa, akan sangat tidak menyenangkan apabila keindahan tersebut hanya bisa dirasakan sendiri.

Selain itu, anda juga memang sangat perlu mendatangi tempat ini ketika sedang berada pada kondisi libur panjang. Merupakan sebuah kesalahan besar apabila datang ke tempat ini dengan bermodalkan 1 atau 2 hari libur. Anda sama sekali tidak akan terpuaskan apabila mendatangi tempat ini hanya dalam kurun waktu tersebut.