" />

Banyuwangi memang tak setenar Pulau Bali mengenai wisata bahari khususnya pantai, namun kota di Jawa Timur ini juga memiliki pantai. Pantai yang paling terkenal dan menjadi primadona di kota dengan kebudayaan kuno yang kental ini yaitu Pantai Pulau Merah. Salah satu pantai lain yang memiliki keindahan tak kalah dari pulau merah yaitu Pantai Wedi Ireng Banyuwangi.

Pantai Wedi Ireng terletak sejalur dengan pulau merah dan objek wisata teluk hijau, jaraknya hanya lima kilo meter dari Pantai Pulau Merah. Wedi ireng terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pasenggaran, lokasinya yang sulit dijangkau membuatnya belum banyak didatangi wisatawan. Pantai ini mempunyai garis pantai yang panjang dan dua sisi pantai dipisahkan bebatuan yang berada di tengah pantai.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Anda tentunya bisa mengunjungi kawasan pantai dengan panorama tiada duanya ini setiap hari dari pagi, pukul 05.00 WIB hingga sore hari. Anda juga cukup membayar uang parkir seharga Rp 2.000,-/motor. Mengunjungi pantai Wedi Ireng memang sangat dinantikan oleh banyak wisatawan. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mendatanginya bersama kawan-kawan.

Daya Tarik Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai-pantai yang ada di kota Banyuwangi memang memiliki keindahan tersendiri dan tak hanya Pantai Pulau Merah saja yang ada disini. Salah satu surga dunia lain yaitu Pantai Wedi Ireng yang memiliki pasir indah berwarna putih dan ombaknya yang ramah. Pantai Wedi Ireng memiliki keunikan lainnya yaitu pantai ini diapit dengan bukit-bukit nan hijau mengelilingi.

1. Hutan Pantai

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Seperti yang telah dijelaskan di paragraf sebelumnya bahwa Pantai Wedi Ireng sulit dijangkau karena lokasinya yang dikelilingi bukit. Tak hanya itu saja, salah satu daerah yang menghalangi keindahannya yaitu hutan pantai yang harus dilewati untuk sampai disana. Hutan pantainya masih sangat alami dan asri serta rindang dengan pohon-pohon tinggi menjulang.

Hutan pantai ini harus dilalui semua pengunjung yang memilih jalur darat untuk menuju ke Pantai Wedi Ireng. Jalan yang ditempuh selama berada di hutan ini sedikit menurun sehingga perlu berhati-hati saat melewatinya. Hutan yang indah ini dapat pula dijadikan tempat untuk berfoto-foto bagi siapa pun yang menginginkan karena pemandangannya yang instragramable.

Baca Juga: Taman Baluran Banyuwangi, Afrika di Ujung Timur Pulau Jawa

 

2. Perkebunan pisang

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Objek wisata lain yang disajikan Wedi Ireng yaitu adanya perkebunan pohon pisang warga yang harus dilewati saat memilih jalur darat. Perkebunan ini ada di jalur sebelum Anda harus menembus hutan pantai yang telah dijelaskan di atas. Perkebunan pisang ini dikelola oleh warga sekitar dan semua pengunjung dapat menikmati keunikan yang ada disini.

3. Pulau Bedil

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pulau bedil juga adalah objek wisata saat Anda berkunjung ke Pantai Wedi Ireng bila Anda memilih melewati jalur laut. Untuk menuju Wedi Ireng menggunakan jalur laut, diharuskan menunggangi kapal dengan biaya Rp 25.000,-/perjalanan. Fasilitas yang didapat dari kapal ini yaitu jaket keselamatan dan pemandangan Pulau Merah dari kejauhan.

Tak hanya itu saja, perjalanan laut akan terasa sangat seru karena melewati salah satu pulau yaitu Pulau Bedil. Dari sini pula akan terlihat pegunungan sisi selatan pantai yang ada di Banyuwangi yaitu hutan lebat yang asri dan alami. Pulau merupakan salah satu dari lima belas pulau keci yang ada di Banyuwangi, pulau Bedil memiliki keindahan yang tak kalah dari pantai.

4. Tempat menikmati sunset

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Sunset atau waktu dimana matahari mulai tenggelam lalu hilang di ufuk barat memang sangat dinanti banyak orang. Warna kuning, oren bahkan terkadag hadir warna jingga dan kebiruan ia hadirkan saat mulai menghilang. Maka dari itu sudah dapat dipastikan bila Anda berfoto saat waktu matahari tenggelam tiba akan menghasilkan foto yang apik.

Bila Anda salah satu dari ribuan penggemar senja, Anda wajib mengunjungi Pantai Wedi Ireng Banyuwangi. Pantai yang berada di sisi selatan kota Banyuwangi ini menjadi spot sunset terbaik untuk seluruh pengunjung yang datang. Ombaknya yang ramah, suasananya yang sepi dan juga keindahan alami alam sekitarnya memang cocok dijadikan tempat menikmati sang surya pergi.

5. Spot foto terbaik

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai Wedi Ireng tak hanya meninggalkan rasa pensaran karena namanya yang memiliki arti pantai pasir hitam, namun nyatanya putih saja. Pantai ini ternyata juga dapat memberi kepada siapa pun yang pernah datang suatu kenangan yang akan sulit dilupakan. Seluruh bagian yang dimilikinya dapat Anda jadikan spot terbaik untuk berfoto sendiri dan bersama kerabat.

Salah satu tempat favorit untuk berpose yaitu karang besar yang berada di tengah pantai yang mana membelah kedua sisi pantai. Karang ini menjadi salah satu keunikan dari Wedi Ireng yang tidak dimiliki pantai lain yang ada di Banyuwangi. Selain itu, berpose di bawah tulisan “Wedi Ireng” dan di atas kursi pantai juga diincar pengunjung yang datang.

6. Spot snorkelling, berenang dan bermain air

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Bila Anda tak menyukai aktivitas di pantai hanya dengan duduk-duduk santai, datanglah ke Pantai Wedi Ireng sisi barat. Di sisi barat, ombaknya lebih tenang dibanding sisi timur yang ombaknya kurang ramah. Disini Anda dapat melakukan kegiatan snorkelling dengan menyewa peralatan yang disediakan para pedagang sekitar pantai dengan biaya yang tidak mahal.

Tidak hanya snorkelling, bagi Anda yang kemari dengan anak atau adik yang masih di bawah umur, bermain air pantai menjadi solusi. Ombaknya yang bersahabat dan tidak menggulung besar sangat aman digunakan untuk bermain air dan berenang. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi hal yang tidak diinginkan, namun Anda tetap harus mengawasi pula.

7. Gazebo

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Objek wisata lain yang ada di Wedi Ireng yaitu adanya sebuah gazebo di atas karang yang membelah kedua sisi. Gazebo ini berbentuk payung dan uniknya bentuk payung itu sedikit terbuka sehingga angin tetap terasa, namun sinar matahari sedikit terhalangi. Tempat ini juga favorit dijadikan wisatawan yang hadir untuk berfoto ria.

Fasilitas yang Ada di Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Fasilitas yang disediakan pengelola pantai cukup sederhana, namun tetap lengkap seperti yang ada di tempat wisata lainnya. Di pantai ini disediakan toilet yang dapat digunakan untuk sekedar membuang hajat hingga membilas tubuh (mandi) setelah bermain di laut. Tak hanya itu saja, warung-warung kecil juga ada yang di dalamnya menjual aneka makanan dan minuman.

Wedi Ireng menyediakan peralatan-peralatan keperluan aktivitas pantai seperti berenang dan menyelam yang disewakan dengan harga miring. Alat-alat itu disewakan hanya dengan kisaran harga Rp 25.000 hingga Rp 50.000 saja. Ditambah lagi dengan tiket masuk yang tidak diberlakukan untuk masuk, sehingga Anda tak memerlukan banyak biaya untuk berlibur ke Wedi Ireng.

Akses dan Rute Menuju Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya bahwa untuk menuju lokasi Anda diharuskan memilih dua jalur yaitu jalur darat atau laut. Bila Anda memilih jalur darat, akses yang haru ditempuh yaitu melewati perkebunan pisang dan hutan pantai yang lebat. Namun, bila Anda memilih jalur laut, Anda hanya perlu membayar sedikit biaya untuk melakukan penyebrangan menggunakan kapal.

Akses untuk sampai dikatakan sulit karena hal tersebut yang mana lokasinya tak dapat ditempuh hanya dengan sekali jalan saja. Anda masih harus melakukan perjalanan tambahan untuk memastikan menginjakkan kaki di Pantai Wedi Ireng Banyuwangi. Rute yang dapat Anda pilih, yaitu:

1. Dari Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah dan Wedi Ireng memang satu jalur dan berdekatan hanya berjarak kurang lebih lima kilo meter saja. Waktu yang harus ditempuh yaitu lima belas menit saja dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Dari Pulau Merah Anda berjalan ke arah barat menuju Pantai Pancer dan terus berjalan ke arah barat.

Anda juga akan melewati Pantai Mustika di sisi kiri dan Anda diharuskan tetap berjalan ke depan atau ke arah barat. Saat Anda tiba di Pantai Pancer, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan dua pilihan jalur seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Anda lebih menyukai tracking alam menembus hutan atau cara simple menyewa kapal lalu menikmati keindahan air laut.

2. Menggunakan angkutan umum

Bila Anda malas berkendara dengan kendaraan pribadi, naik bus umum adalah solusi terbaik yang dapat dipilih. Anda harus memilih bus dengan jurusan tempat tinggal yang akan menuju Pesanggaran, lalu turun di Pasar Pesanggaran. Dari pasar, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik ojek menuju Pantai Pancer, lalu lanjutkan perjalanan ke Pantai Wedi Ireng.

3. Dari pusat kota Banyuwangi

Rute yang ditempuh dari pusat kota ke Wedi Ireng memang cukup jauh dengan waktu tempuh lebih dari dua jam. Dari Banyuwangi berjalanlah ke arah Rogojampi yang kemudian Anda lanjutkan ke arah wilayah Srono. Lalu dari pertigaan muncar, pilih jalan yang menuju alas purwo atau pertigaan yang ada di daerah plengkung.

Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju perempatan jajag yang khas dengan adanya Tugu Harimau dengan petunjuk jalan menuju Pulau Merah. Dari pertigaan jajag mulai terlihat rambu-rambu jalan yang ada di jalanan kecil penunjuk ke Pantai Pulau Merah. Kemudian Anda akan menemukan baliho penunjuk ke arah Pantai Pancer dan terus ikuti jalan hingga Anda sampai.

Peta Menuju Pantai Wedi Ireng Banyuwangi (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

1. Panorama Hotel
2. Rumah Mertua Cottage
3. Red Island Ana
4. Mojo Surf Camp
5. Yogi Homestay Putra Pandu

Tips Berwisata ke Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

1. Siapkan kondisi badan yang sehat sebelum berangkat.
2. Siapkan waktu akan berangkat dan kapan akan pulang.
3. Siapkan kendaraan apa yang akan digunakan kesana.
4. Pastikan telah memiliki tempat bermalam saat berlibur.
5. Siapkan barang-barang yang akan dibawa.
6. Bawa obat-obatan yang biasa digunakan.
7. Susun jadwal wisata.
8. Bawa tabir surya bila tak ingin pulang dengan keadaan hitam karena berjemur di pantai.
9. Siapkan mental untuk menembus hutan pantai atau menelusuri lautan dengan kapal.
10. Bawa uang secukupnya.

Baca JugaBlue Fire Kawah Ijen, Wisata dengan Fenomena Langka di Dunia