Taman Baluran Banyuwangi, Afrika di Ujung Timur Pulau Jawa

Tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini, menjadi wisata yang paling di senangi oleh para penggemar satwa. Anda tidak perlu pergi jauh ke Afrika hanya untuk melihat satwa bermain di padang rumput yang luas, anda bisa menikmatinya di Taman Baluran Banyuwangi. Terlebih lagi padang rumput di Banyuwangi adalah padang rumput yang asli jadi lebih terasa alami alamnya.

Taman Baluran Banyuwangi terletak di perbatasan Banyuwangi dengan Situbondo, namun jaraknya lebih dekat dengan Banyuwangi. Taman Baluran sering di sebut juga sebagai Afrika bagian Jawa atau Litle Afrika. Karena padang rumput yang luas dan berbagai macam satwa yang hidup di dalamnya. Nama Baluran diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini yaitu gunung Baluran.

Jam Buka dan Harga Tiket Taman Baluran Banyuwangi

Loket masuk juga di sediakan di taman ini, taman buka mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.00 pada setiap harinya. Untuk masuk ke taman ini anda harus mengeluarkan Rp. 5.000,- untuk pengunjung domestik. Untuk pengunjung mancanegara anda harus menyiapkan Rp. 150.000,- untuk tarif weekday.

Jika anda berkunjung ketika Weekend anda akan dikenai tarif lebih mahal yaitu Rp. 7.500,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 250.000,- untuk wisatawan mancanegara. Harga dapat berubah sesuai keputusan petugas Taman Baluran Banyuwangi. Harga parkir kendaraan juga berbeda, untuk kendaraan roda 2 Rp. 5.000,- dan Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda 4.

Daya Tarik Taman Baluran Banyuwangi

Berbicara mengenai wisata di Banyuwangi, tak hanya Kawah Ijen saja, namun anda juga bisa berkunjung ke Taman Baluran. Taman ini mungkin sekilas tampak sama saja dengan taman pada umumnya, yang hanya berupa hutan belantara. Sebagian besar wilayah taman ini di gunakan sebagai konservasi alam berupa hutan lindung, sehingga tampak seperti hutan belantara. Tetapi sebenarnya itu bukanlah wilayah utama dari taman, berikut adalah tempat yang wajib di kunjungi jika berada di taman Baluran.

1. Eksotisnya Suasana Hutan Musim

Taman Baluran Banyuwangi

Kali pertama anda berkunjung Ke Taman Nasional Baluran anda akan disambut oleh indahnya hutan musim. Panjang hutan mencapai 5 kilometer yang setiap musimnya mengalami perubahan. Pada musim hujan hutan ini akan tampak lebat dan hijau, sedangkan pada musim kemarau hutan akan tampak kering dan rawan terjadi kebakaran hutan.

2. Serunya Melewati Hutan Evergreen

Taman Baluran Banyuwangi

Selepas anda melewati hutan musim sepanjang 5 kilometer, anda akan berganti melewati hutan yang selalu subur, hijau dan lebat yang di sebut hutan evergreen. Hutan ini sepanjang 3 kilometer, terletak diatas tanah yang subur membuat hutan taman Baluran Banyuwangi ini tak pernah kering karena lapisan tanah di tempat ini di sertai sumber air yang besar.

Selain sebagai hutan evergreen juga terdapat sungai yang mengalir indah di dalamnya, sehingga kebutuhan air untuk semua pohon di hutan ini terpenuhi dengan baik. Kapanpun anda berkunjung ke tempat ini, anda akan menjumpai hutan taman Balurang Banyuwangi yang subur dan hijau.

3. Luasnya Padang Rumput Taman Nasional Baluran

Taman Baluran Banyuwangi

Inti dari wisata Taman Nasional Baluran adalah padang rumput ini, yang terletak di ujung Bekol sehingga di sebut Savana Bekol atau padang rumput Bekol. Padang rumput luasnya mencapai 300 Ha dari 10 ribu Ha yang ada di Taman Nasional Baluran. Padang rumput Baluran adalah yang terluas di Pulau Jawa.

Padang rumput ini bukan hanya luas ada juga beberapa pohon rindang yang tumbuh di tengah lapangan rumput. Jika musim hujan tiba maka yang anda temui adalah padang rumput hijau yang sangat luas dan suasana sejuk karena pepohonan yang ada. Namun, jika kemarau tiba suasananya akan berbeda.

Padang rumput pada saat musim kemarau menjadi berwarna coklat dan kering, sehingga rawan terhadap kebakaran. Namun, padang rumput kering dan gerombolan rusa yang sedang merumput membuat padang rumput sangat mirip dengan gurun Afrika yang sesungguhnya. Karena hal ini Baluran mendapat julukan Afrika di ujung timur Pulau Jawa.

Taman Baluran Banyuwangi

Di tempat ini ada banyak hewan liar yang hidup, seperti rusa, monyet liar, Banteng hingga Burung Merak. Hewan paling banyak adalah rusa, yang selalu merumput di tempat terbuka secara bergerombol. Para rusa tidak memperhatikan orang yang berada di dekat mereka, mereka hanya makan dan kemudian berpindah tempat bersama kelompoknya.

Sementara untuk populasi Banteng, dahulu ada puluhan ekor Banteng di Taman Nasional Baluran. Namun, saat ini hanya tersisa belasan ekor saja. Gerombolan Banteng hanya muncul ketika musim kemarau untuk mencari makan di padang rumput. Sedangkan para monyet menikmati hidup mereka diatas pohon di tengah padang rumput.

Selain hewan liar ada juga menara tinggi di padang rumput Taman Nasional Baluran. Menara setinggi 30 meter tersebut terletak di atas bukit padang rumput, tepat di belakang pos. Untuk sampai di puncak menara anda harus menaiki anak tangga yang tingginya mencapai ratusan meter. Dari puncak menara anda dapat melihat indahnya Taman Nasional Baluran.

4. Uniknya Pantai Bama Baluran

Taman Baluran Banyuwangi

Jarak pantai dengan padang rumput kurang lebih 3 kilometer, anda harus melewati padang rumput Baluran dan juga sedikit hutan. Anda akan disambut oleh hewan liar ketika dalam perjalanan, banyak monyet liar yang akan anda jumpai dan jika beruntung anda akan menjumpai Biawak di rawa-rwa.

Semakin dekat dengan pantai jumlah monyet yang anda temui akan semakin banyak, mereka berada di mana-mana. Gerombolan monyet ini tidak mengganggu jika anda tidak memulai atau lalai terhadap barang bawaan anda, terutama makanan mereka suka merebut paksa makanan pengunjung.

Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, pasir putih sepanjang 300 meter di padukan dengan laut yang bersih dan bening menjadi sangat indah. Pantai ini berada di wilayah perairan selatan Bali dan menghadap ke timur, sehingga sangat cocok untuk melihat matahari terbit dari pinggir pantai.

Selain untuk menikmati matahari terbit, di pantai ini anda juga bisa mengelilingi hutan mangrove sambil menelusuri pantai menggunakan perahu kano. Anda juga bisa melakukan snorkeling bagi anda yang hobi dengan olahraga ini. Waktu terbaik untuk melakukan snorkeling adalah ketika pagi hari antara pukul 06.00-09.00 Waktu Indonesia Barat.

Anda tidak perlu menyewa kapal untuk melakukan snorkeling di pantai ini, cukup menggunakan peralatan snorkeling lengkap dan berjalan agak ketenggah laut sekitar 200 meter. Maka anda dapat menikmati indahnya alam bawah laut pantai yang indah ini.

Jika anda tidak bisa berenang anda bisa menyewa perahu, perahu di sini sudah di desain dengan lantai perahu ada kacanya sehingga anda bisa langsung melihat keindahan karang dan satwa lain di bawah laut. Anda juga bisa lebih bebas menjelajahi pantai. Banyak kehidupan laut yang dapat anda lihat dari atas perahu khusus ini.

Baca JugaPantai Pulau Merah Banyuwangi, Surga Peselancar Kelas Dunia

5. Keindahan Tersembunyi dari Pantai Bilik

Taman Baluran Banyuwangi

Pantai ini terletak di bagian utara Taman Nasional Baluran, pantai yang tersembunyi dan masih perawan ini memiliki pemandangan yang sangat ini. Pasirnya putih dengan garis panjang membentang, kondisinya bersih dan sangat alami. Air lautnya tenang dan jernih membuat setiap pengunjung ingin berenang begitu tiba di pantai ini.

Anda bisa melakukan snorkling dengan aman karena ombak pantai ini sangat bersahabat, ketika laut mulai surut anda dapat menikmati indahnya karang laut yang berbentuk seperti lidah. Suasana yang tenang dan sunyi akan membuat anda betah berada di pantai ini.

Fasilitas Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Tempat wisata di banyuwangi ini memiliki fasilitas yang lengkap. Anda ingin bermalam di taman Baluran, sudah disediakan camping ground untuk yang ingin bermalam menggunakan tenda. Jika anda tidak ingin repot membuat tenda, sudah disediakan penginapan lengkap dengan warung yang menyediakan kebutuhan anda.

Selain penginapan, tempat beribadah juga disediakan khususnya bagi yang muslim, disediakan mushola yang cukup besar dan bersih. Kamar mandi umum juga bisa anda temui dengan mudah, semua kebutuhan umum di sediakan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung taman Baluran.

Akses dan Rute Taman Nasional baluran Banyuwangi

Untuk sampai di Taman Nasional Baluran bukanlah hal yang susah, anda bisa menggunakan umum maupun kendaraan milik anda sendiri. Lebih mudahnya anda menggunakan kendaraan sendiri karena kendaraan umum tidak ada yang masuk ke lingkungan Taman Baluran. Biasanya petugas taman mencarikan kendaraan untuk sampai di tempat Taman Nasional Baluran.

Jika anda dari jakarta dan menggunakan akses bus antar kota, anda bisa menggunakan bus Jakarta – Banyuwangi yang melewati Situbondo. Anda bisa langsung turun di depan pintu masuk taman Baluran. Jika nada dari Surabaya naiklah bus Surabaya Banyuwangi anda dapat langsung turun di depan pintu masuk.

Jika anda dari Malang, naiklah bus jurusan Banyuwangi via Jember. Dari terminal Arjosari naik bus jurusan Probolinggo kemudian pindah ke bus jurusan Situbondo anda akan diturunkan di depan pintu masuk. Untuk sampai di pusat taman Baluran Banyuwangi anda akan dibantu petugas mencari kendaraan sampai di tempat tujuan.

Jika anda menggunakan kereta dari Jakarta, anda harus singgah dahulu di stasiun Gubeng Surabaya, kemudian naik kereta jurusan Banyuwangi. Setelah sampai di Banyuwangi anda melanjutkan perjalanan menggunakan bus antar kota jurusan Banyuwangi- Situbondo. Anda akan tiba di depan pintu masuk Taman Baluran.

Peta Menuju Taman Baluran Banyuwangi (Google Maps)

Hotel Terdekat Dengan Taman Baluran Banyuwangi

1) Rusa guest House
2) Merak Guest House
3) Banteng Guest House
4) Pilang Guest House
5) Buana Homestay
6) Rosa Ecolodge
7) Baru Dua Beach Hotel
8) Bangsring Breeze
9) Villa lokal

Tips Berwisata ke Taman Baluran Banyuwangi

1. Waktu yang Paling Tepat

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke taman ini adalah pada bulan Juli – September, agar anda dapat melihat kawanan rusa secara langsung dan melihat kawanan rusa sedang kawin. Selain itu anda juga dapat melihat kawanan merak sedang kawin pada bulan Agustus-September.

2. Membawa Kendaraan Pribadi

Ketika mengunjungi Taman Baluran Banyuwangi, tidak banyak jasa perentalan mobil atau kendaraan lainnya. Jadi lebih baik anda membawa kendaraan pribadi agar tidak kesusahan mencari ojeg dan sewa kendaraan ketika sampai di taman.

3. Buatlah List Tempat

Cara ini sangat membantu kelancaran perjalanan anda, anda tidak perlu bingung harus menuju ke tempat mana dahulu jika sudah mempunyai daftar perjalanan.

4. Perhatikan Cuaca Saat Anda Hendak Berlibur

Jangan pergi ke tempat konservasi atau taman nasional, seperti taman Baluran Banyuwangi contohnya jika sedang musim hujan. Karena anda tidak akan menjumpai kawanan rusa ataupun hewan lainnya, hewan – hewan sangat susah di jumpai karena segala kebutuhannya sudah terpenuhi di dalam hutan.

Anda juga akan kecewa karena sunrise tidak bisa anda nikmati dengan baik ketika musim hujan. Saat sunrise sedang indah – indahnya seketika mendung datang dan hujan, akan sangat di sayangkan jika hal itu terjadi. Datanglah ke taman nasional jika musim kemarau, anda tidak akan kecewa sama sekali.

5. Usahakan Bermalam

Tempat ini memiliki program kegiatan yakni safari malam yang bisa diikuti oleh semua pengunjung taman yang bermalam. Safari malam adalah program yang dilakukan untuk mengecek kondisi satwa secara langsung, apakah mereka semua sehat atau ada yang terluka dan sakit.

Anda dapat mengamati bagaimana rusa, badak, kera liar dan merak ketika tidur di malam hari. Anda juga dapat menyentuh mereka secara langsung jika di izinkan oleh petugas taman nasional. Selain itu ketika pagi hari anda akan di bangunkan oleh suara burung dari hutan musim dan hutan evergreen akan membuat pagi anda semakin indah.

6. Jangan Lupa Membawa Kamera

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu tempat wisata yang berkualitas sangat baik ketika di foto, banyak momen dan hal berharga yang dapat anda abadikan dari taman ini. Sebaiknya anda membawa kamera dengan lensa tele agar anda bisa mengambil gambar dari jarak jauh, sehingga tidak membuat hewan ketakutan.

7. Pakaian Panjang dan Topi

Hal utama dari taman ini adalah padang rumput yang luas, anda tentu akan berburu gambar di tempat ini. Kondisi padang rumput sangat panas pada saat musim kemarau, sementara musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke taman nasional ini. Sehingga peralatan yang wajib anda bawa adalah topi, baju dan celana panjang.

Jangan lupa pula gunakan sunblok dan pelindung kulit lainnya. Anda juga wajib menggunakan sepatu gunung, apalagi medannya adalah hutan, bisa saja ada hewan melata atau lainnya yang berbahaya bagi anda.

8. Bawalah Teropong

Jika anda tidak mempunyai kamera berkualitas bagus pastikan anda membawa teropong untuk mengamati objek dari jarak jauh. Jika nada tidak membawa salah satunya maka liburan anda ke taman nasional hanya akan memperoleh foto yang buruk, karena mengambil gambar dari jarak jauh.

9. Teliti dan Berhati Hati

Liburan ke alam terbuka membuat anda harus bersikap lebih waspada. Anda tidak tahu apa saja yang ada di alam luas, oleh karena itu hati – hati dalam melakukan apapun. Jangan lupa meminta izin terlebih dahulu kepada petugas yang berjaga.

10. Jangan Hanya Ke Baluran Hanya Untuk Pamer

Banyak hal yang dapat anda nikmati dari taman ini, bukan sekadar berfoto dan pulang. Jika anda di taman ini, anda bisa mempelajari kehidupan rusa liar, badak, kera liar dan burung merak secara lebih detail. Anda bisa mendapatkan informasi tentang semua itu dari petugas taman.

Baca JugaPantai Pulau Merah Banyuwangi, Surga Peselancar Kelas Dunia

 

1 thought on “Taman Baluran Banyuwangi, Afrika di Ujung Timur Pulau Jawa”

  1. Kali pertama kesini saya terkesan, karena baru menyadari ‘ternyata di Jawa masih ada’ wisata alam dengan hamparan luas padang rumput dengan ragam fauna yang, secara natural, terlihat gembira berlarian.
    Salah satu destinasi wisata Favorit di Banyuwangi . . .

    to remind all traveler, buanglah sampah pada tempatnya 🙂

Leave a Comment