" />

Seperti yang telah diketahui oleh para wisatawan baik lokal atau pun mancanegara, pantai di Banyuwangi memang sangat lah indah nan eksotis. Tetapi perlu diketahui jika di Banyuwangi juga terdapat sebuah tempat wisata yang sedang naik daun yatu Pantai Parang Kursi. Sebuah pantai elok dan bersih yang bisa kamu jadikan tujuan wisata.

Di pantai ini tentunya anda akan disambut dengan berbagai macam objek wisata lengkap dengan keindahannya. Maka tak heran jika setiap wisatawan tidak lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen bahagia di pantai ini. Oleh karena itu berlibur ke pantai Parang Kursi banyak menjadi pilihan destinasi wisata para pelancong.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Parang Kursi

Pantai yang cukup terkenal akan kemisteriusan dan panorama yang epic ini ternyata bisa dinikmati secara gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun! Anda hanya cukup mencari tempat parkir kendaraan yang aman, terutama untuk kendaraan bermotor. Untuk jam berkunjung tidak dibatasi, namun akan lebih baik jika mengunjunginya saat pagi atau sore hari.

Daya Tarik Pantai Parang Kursi

Pantai Parang Kursi merupakan objek wisata indah yang namanya baru terdengar baru baru ini. sebelumnya, terdapat perdebatan antara warga sekitar tentang nama pantai ini. ada yang menyebut pantai ini dengan sebutan pantai manis dan pantai karang kursi. Nama Parang Kursi sendiri baru diresmikan pada oleh bupati Azwar Anas baru baru ini.

1. Mitos yang Melegenda

Mitos Pantai Parang Kursi

Bukan tanpa alasan pantai ini disebut pantai Parang Kursi. Terdapat sebuah karang pada pantai ini yang bentuk nya sangat lah mirip dengan sebuah kursi. Hal ini memang benar adanya dan banyak yang bilang jika karang tersebut merupakan tempat persinggahan nyi roro kidul.

Baca Juga Pantai Gradjagan : Tempat Surfing dengan Pesona Pasir Hitam !

2. Spot Foto yang Menarik

Sudah merupakan sebuah hal yang pasti jika sebuah tempat wisata memerlukan spot foto yang menarik untuk membuat para wisatawan berdatangan. Hal tersebut juga berlaku di pantai Parang Kursi. Pantai ini memiliki spot foto yang sangat menarik dan jumlah nya pun cukup banyak. Tetapi memang, spot foto yang paling menarik adalah karang berbentuk kursi itu sendiri.

3. Diving

Diving di Pantai Parang Kursi

Tidak lengkap jika mengunjungi sebuah pantai tanpa melakukan diving dan hal tersebut juga berlaku ketika mengunjungi pantai Parang Kursi ini. akan terasa sangat lengkap jika melakukan diving di pantai ini tetapi karena tidak adanya penyewaan scuba diving, mungkin anda hanya akan bisa melakukan free diving disini.

4. Lokasi yang Sepi

Pantai Parang Kursi sepi

Karena kondisi pantai ini yang belum begitu terkenal, lokasi pantai ini pun memang masih cukup sepi. Hal ini mungkin akan membuat sebuah suasana berbeda jika dibandingkan dengan pantai di Banyuwangi lainnya yang sudah cukup ramai. Seorang wisatawan akan lebih leluasa untuk melakukan berbagai hal dalam kondisi yang sepi ini.

5. Perjalanan yang Menarik

Perjalanan Menarik Pantai Parang Kursi

Perlu diketahui, akses menuju ke pantai ini memang cukup sulit dan perjalanan dari pintu masuk nya sendiri pun mencapai 1 jam. Tetapi tenang, perjalanan nya yang menyusuri pantai memang sangat lah menarik dan mengagumkan. Keindahan alam akan bergabung menjadi satu dengan nyanyian burung burung di pepohonan.

Fasilitas di Pantai Parang Kursi

Seperti yang sebelumnya telah kami jelaskan, pantai Parang Kursi tidak lah begitu dikenal oleh para wisatawan. Pantai ini baru booming baru baru ini dan hal tersebut tentu lah berdampak pada fasilitas yang terdapat di pantai ini. bisa dikatakan fasilitas di pantai ini tidak lah begitu lengkap dan nyaris tidak ada fasilitas khusus sama sekali di pantai ini.

Satu satunya fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai hanya lah berupa plang plang yang menunjukkan jalan dan meminta untuk menjaga kebersihan. Sebenarnya merupakan sebuah hal yang wajar jika pantai ini tidak memiliki fasilitas yang begitu mempuni. Itu karena kondisi pantai ini yang masih sepi pengunjung dan tidak begitu dikenal.

Selain itu, untuk beribadah dan membilas pun akan cukup sulit dilakukan jika berada di pantai ini. Bahkan tidak ada sarana untuk melakukan buang air kecil atau pun besar dan karena itu semua hal memang perlu benar benar dipersiapkan dengan sebaik baiknya sebelum pergi ke pantai ini. fasilitas lain yang mungkin bisa disewa adalah berupa tour guide yang merupakan warga sekitar.

Akses dan Rute menuju Pantai Parang Kursi

Rute termudah untuk menuju ke pantai Parang Kursi bisa diambil dari Jl. Nasional III. Darisana, luruslah terus menuju ke jl. Penataran dan tidak lama kemudian akan ditemukan belokan ke kanan. Belokan tersebut akan membuat anda kembali menyambung ke Jl. Nasional III. Kembali lah ke Jl. Nasional III tersebut lalu lurus lah hingga masuk ke Jl. Jember Banyuwangi.

Pada lurusan tersebut, akan menyambung 4 jalan berbeda yaitu Jl. Raya Srono, Jl. Alfamart, Jl. Jember Banyuwangi, dan yang terakhir Jl. Banyuwangi Jember. Setelah menyusuri Jl. Banyuwangi Jember sekitar 10 km, akan ditemukan belokan ke kiri menuju Jl. Juanda. Susuri lah Jl. Juanda tersebut sekitar 700 meter dan darisana jalan tersebut pun akan menyambung ke Jl. Juanda dan Jl. Raya gembolo setelahnya. Di depan, akan ditemukan belokkan ke kiri menuju ke Jl. Soekarno Hatta dan apabila Jl. Soekarno Hatta tersebut telah dilewati sekitar 3,5 km, belok lah ke kanan menuju Jl. Bhayangkara.

Teruslah ikuti Jl. Bhayangkara tersebut dengan berbelok ke kiri, lalu ke kanan, kembali ke kiri dan ke kiri lagi. Darisana Jl. Bhayangkara tersebut akan menyambung dengan Jl. Pemuda dan Jl. H Ikhsan. Setelah itu, akan ditemukan belokkan ke kanan kembali ke Jl. Bhayangkara. Ambillah jalan tersebut dan ambillah jalan menyerong ke kiri yang membuat anda tetap di Jl. Bhayangkara.

Apabila serongan tersebut telah dilalui sekitar 1,2 km, ambillah kanan yang menuju ke Jl. Sukorjo dan kedepannya akan menyambung ke Jl. Suprobo. Darisana akan ditemukan Jl. Raya Pantai Lampon dan di depan pun akan ditemukan belokkan ke kiri yang tetap di jalan tersebut. Terus lah susuri jalan raya pantai lampon tersebut dan setelah menyusuri jalan tersebut sekitar 9 km, akan ditemukan pintu masuk menuju pantai Parang Kursi.

Darisana akan terdapat penunjuk jalan yang membimbing anda menuju ke pantai Parang Kursi. Fokus lah ketika mengikuti petunjuk jalan tersebut dan jangan sampai tersesat karena rute nya sendiri memang sedikit membingungkan. Jika ingin tenang, sebaiknya sewa lah seorang tour guide yang biasanya terdapat disana.

Peta Menuju Pantai Parang Kursi (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Parang Kursi

1. Red Island Panjul Homestay
2. Red Island Jessi’s Beach Homestay
3. Pulau Indah Homestay
4. Red Island Surf Land Motel
5. Panorama Hotel
6. Villa Pandan Arum
7. Pantai Mustika Pancer Hotel
8. Shanum Homestay
9. Red Island Rina Homestay
10. Bagus Homestay

Tips Berwisata ke Pantai Parang Kursi

Pantai di Banyuwangi ini merupakan pantai dengan fasilitas yang kurang mempuni dan oleh karena itu persiapkan lah segalanya dengan sebaik mungkin sebelum mendatangi pantai ini. yang paling utama, persiapkan lah obat obatan khusus yang anda butuhkan karena sangat lah sulit untuk menemukan obat obatan khusus di pantai ini.

Jangan lupa juga untuk membawa kantung sampah ke pantai ini. Tidak terdapat tempat sampah khusus pada pantai ini dan oleh karena itu sangat lah berbahaya apabila kemasan makanan ringan yang anda bawa malah mengotori pantai ini. selain itu, jangan sampai anda mengunjungi pantai ini sendiri atau tanpa orang orang terdekat.

Tidak akan lengkap jika keindahan pantai ini tidak bisa dibagikan langsung bersama keluarga. Oleh karena itu, pastikan lah jika kedatangan anda ke pantai ini memang bersama keluarga dan orang orang terdekat lainnya. Persiapkan juga peralatan lainnya yang memang dirasa dibutuhkan mengingat fasilitas yang tidak begitu lengkap di pantai ini.