" />

Pantai Pulau Santen, sepintas namanya mengingatkan kita dengan santan kelapa. Namun, jangan salah ternyata pantai ini dibuka khusus untuk perempuan terutama para muslimah. Tidak heran jika orang menjulukinya sebagai pantai Syar’i. Bagi anda kaum muslimin yang hendak berlibur ke pantai dan ingin melihat segala sesuatu yang halal, sangat kami sarankan agar anda mengunjungi pantai pulau santen. Berikut penjelasan lengkap tentang pantai yang satu ini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Santen

Seperti pantai-pantai biasanya, pantai yang dijuluki syariah ini tidak mempunyai batasan buka atau tutup. Namun, biasanya berbagai aktivitas di pantai ini dimulai pada pukul 07.00 hingga 17.00. Tapi untuk anda yang ingin datang di malam hari atau lebih pagi, tentu saja bisa.

Sedangkan untuk harga tiket masuknya, anda hanya harus membayar retribusi parkir untuk motor Rp 2.000,- sedangkan untuk mobil Rp 4.000,- saja. Murah bukan?

Daya Tarik Pantai Pulau Santen

Pantai pulau Santen merupakan sebuah tempat wisata yang mulai cukup dikenal oleh para wisatawan asing maupun mancanegara. Tempat wisata yang terkenal karena kehalalannya ini memang cukup indah dan dirasa begitu menakjubkan. Untuk itu akan kami berikan bagi anda objek wisata di pantai yang satu ini.

1. Wisata Pantai Bersama Kaum Muslim

wisata pantai bersama kaum muslim

Untuk anda para muslimah, akan terasa sangat indah apabila berfoto di pantai ini. Tidak akan ada pantai di lain tempat yang memperlihatkan pemandangan kaum muslimah yang menggunakan hijab. Oleh karena itu akan sangat menakjubkan jika sebagai kaum muslimah anda berfoto selfie di pantai ini dengan para muslimah yang lain.

2. Banyaknya Pohon Santen

banyaknya pohon santen

Nama Santen disini memang diambil bukan lah tanpa alasan. Terdapat banyak pohon santen di sekitar pulau ini dan hal tersebut tentu menjadi nilai tambah bagi pantai ini sendiri. Kerindangan dari pohon santen ini memang dirasa cukup menakjubkan terlebih lagi pohon pohon santen tersebut telah ditata dengan serapi mungkin oleh para pengelola.

3. Gazebo

Gazebo

Mengingat kondisi pantai yang cukup panas, ada hal lain yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh selain payung payung dan pohon santen. Hal yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh itu adalah gazebo yang memang berada di pinggir pantai. Gazebo tersebut telah disesuaikan oleh pengelola dengan kondisi pantai yang panas.

4. Jembatan Cinta

Jembatan cinta

Terdapat sebuah jembatan yang memisahkan pulau jawa dan pulau santen. Karena kretivitas para pengelola, ada sebuah cabang dari jembatan tersebut yang di tengah nya bertuliskan I love banyuwangi. Yang jadi spesial, jembatan tersebut berbentuk cinta dan oleh karena itu walaupun nama jembatan nya sendiri belum diresmikan, banyak yang menyebutnya dengan sebutan jembatan cinta.

5. Sunrise

sunrise pantai pulau santen

Selain hal hal yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat spot foto menarik lain yang disediakan pada pantai ini. spot foto tersebut adalah sunrise yang memang cukup indah. Bisa dibilang, kepemilikan sunrise merupakan sebuah nilai plus tersendiri yang dimiliki pantai ini. oleh karena itu, datangilah pantai ini di pagi hari untuk melihat sunrise.

Baca Juga: Pantai Watu Dodol, Pantai Terbersih Se Asia Tenggara!

Fasilitas di Pantai Pulau Santen

Semua fasilitas yang disediakan terdapat pada pantai di banyuwangi ini memang dibuat se halal mungkin. Terdapat beberapa pedagang di pantai ini yang menyediakan jajanan dan makanan. Semua dagangan yang dijajakan pastilah hal karena hal tersebut merupakan sebuah perarutaran utama dari pantai pulau santen. Semua jenis minuman dan makanan beralkohol memang tidak boleh dijajakan pada pantai ini.

Selain itu, pantai ini juga akan memberitahukan waktu azan bagi para wisatawan. Pemberitahuan tersebut akan diinfokan oleh para pengelola yang terdapat disana. untuk tempat beribadah nya sendiri semua telah disediakan. Terdapat tempat bersuci yang menyatu dengan tempat solat. Peralatan solat nya sendiri pun memang dirasa cukup lengkap.

Di pantai ini sendiri, terdapat pemisahan antara pria dan wanita. Hal tersebut memang sesuai syariat umat muslim yang mengharuskan pria dan wanita dipisahkan. Tetapi tenang saja, karena pantai ini biar pun pantai ini menggunakan perarutaran yang halal, pantai ini tetap boleh dimasuki oleh wisatawan asing. Tetapi tetap, wisatawan asing tersebut perlu mengikuti aturan yang ada.

Dipinggir pantai juga disediakan payung payung khas pantai untuk para wisatawan. Di bawah payung payung tersebut ditempatkan sofa sofa empuk yang jumlah nya memang cukup banyak. Tidak lupa, terdapat puskemas atau sejenis klinik di pantai ini. lokasi klinik ini sendiri berdekatan dengan mushola dan tempat berwudhu.

Akses dan Rute menuju Pantai Pulau Santen

Untuk rute nya sendiri, pantai pulau santen akan sangat mudah dijangkau dari pusat kota banyuwangi karena lokasi pantai ini sendiri memang berdekatan dari pusat kota. Dari Jl. nasional III, terus lah lurus menuju ke Jl. Penataran. Disana akan ditemukan belokan ke kiri menuju ke Jl. Letjen Sutoyo. Setelah 500 meter menyusuri Jl. Letjen Sutoyo, belok lah kiri menuju ke Jl. MT Haryono.

Dari Jl. MT Haryono, belok lah ke kiri menuju Jl. Ikan Sadar. Setelah sekitar 250 meter menyusuri Jl. Ikan Sadar, ambil kiri menuju ke Jl. Ikan Wader Pari. Lurus lah hingga memasuki Jl. Ikan Musing dan barulah belok ke kanan setelah terlihat Jl. Ikan Mas. Lurus lah menuju Jl. Ikan Paus dan akan terlihat belokan ke kiri menuju Jl. Pulau Santen. Ikuti lah jalan tersebut dan akan terlihat pantai pulau Santen.

Seperti yang telah dijelaskan, Pantai ini memiliki sebuah pulau sendiri yang tidak bergabung langsung dengan pulau jawa. Walaupun begitu, akses menuju pantai ini sangat lah mudah karena sudah terdapat jembatan menuju ke pulau santen. Jangan berpikir tentang sebuah jembatan besar karena jarak pulau ini sangat lah dekat dan hampir menempel.

Peta Menuju Pantai Pulau Santen (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Pulau Santen

1. Hotel Blambangan
2. Hotel Baru Banyuwangi
3. Nini Pondok Homestay
4. Hotel Kumala
5. Hotel Selamet
6. Hotel Anda
7. Green Ijen Homestay
8. Ramayana Hotel
9. Banyuwangi Homestay
10. Hotel Tanjung Sari

Tips Berwisata ke Pantai Pulau Santen

Pulau Santen merupakan sebuah tempat indah dengan fasilitas yang cukup mempuni sehingga kenyamanan anda merupakan sebuah hal yang pasti jika berada di pantai di banyuwangi ini. tetapi ada beberapa tips utama yang perlu dipahami apabila berada di pantai ini dan yang pertama adalah tentang waktu kedatangan.

Sebaiknya datang lah ke pantai ini di pagi atau sore hari. Pantai ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan pusat kota banyuwangi dan oleh karena itu pantai ini sendiri memiliki kondisi cuaca yang cukup panas. Akan sedikit tidak nyaman apabila mendatangi pantai ini dalam kondisi yang panas itu sehingga sangat disarankan untuk mendatangi nya di pagi atau sore hari.

Selain itu keindahan pantai ini pun tidak akan terasa lengkap apabila dinikmati sendiri. Jangan sampai mendatangi pantai ini sendiri dan sebaiknya pergi lah ke pantai ini bersama dengan orang orang terdekat. Momen momen berharga memang bisa disalurkan lewat foto dan video kepada orang orang terdekat, tetapi akan lebih istimewa jika momen momen itu dijalani bersama bersama.