Mau Foto Bareng Penyu? Yuk Kunjungi Pantai Cemara Banyuwangi!

Tempat wisata di Kota Banyuwangi memang belum banyak dikenal dibanding kota-kota besar lainnya seperti Pulau Bali dan Yogyakarta. Namun, seiring dengan berkembangnya pengelolaan pariwisata di kota yang terkenal akan suku Osingnya ini kini bermunculan lokasi wisata baru seperti pantai Cemara Banyuwangi. Biasanya, wisatawan yang berkunjung hanya ingin menikmati budaya kuno yang ada di Desa Kemiren suku Osing saja.

Hal itu kini tak lagi terjadi, wisata bahari kota Banyuwangi bermunculan bahkan diincar berbagai turis luar negeri untuk dijadikan berita. Pantai yang paling populer yaitu Pantai Pulau Merah, namun tahun 2015 lalu telah dibuka pantai baru yang bernama Pantai Cemara Banyuwangi. Pantai ini dulunya bernama Pantai Rejo yang memiliki ciri khas Pantai Nelayan karena aktivitasnya yang ada disana.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Banyuwangi

Anda bisa mengunjungi Pantai Cemara Banyuwangi kapansaja. Namun, waktu paling tepat untuk mengunjungi salah satu pantai yang eksotis ini adalah pagi dan sore hari. Selain udaranya sejuk, ketika pagi hari biasanya pantai yang eksotis ini tidak terlalu ramain pengunjungnya.

Untuk harga tiket masuk Pantai Cemara Banyuwangi, anda hanya akan dikenakan biaya kurang lebih Rp 2.000,- sampai Rp 10.000,- untuk retribusi saja.

Daya Tarik Pantai Cemara Banyuwangi

Pantai Cemara adalah pantai dengan nama Rejo yang dijadikan tempat nelayan untuk berangkat mencari ikan lalu kembali. Sehingga pantai ini dulunya dikenal sebagai pantai para nelayan, namun seiring berkembangnya pariwisata Pantai Rejo berubah drastis. Kini, Pantai Rejo berubah menjadi salah satu pantai yang diminati para wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

1. Hutan Cemara

Hutan Cemara Pantai Cemara

Bila Anda pernah berkunjung ke Jogja dan berwisata ke pantai yang ada disana, mungkin tak asing dengan Pantai Goa Cemara. Pantai Cemara mirip dengan Pantai Goa Cemara yang ada di Jogja karena sebelum memasuki kawasan pantainya pengunjung harus melewati hutan cemara. Di pantai cemara, hutan cemara berjajar rapi berbentuk seperti lorong mirip goa.

Itulah salah satu alasan mengapa pantai ini diberi nama Cemara karena adanya hutan cemara di dalamnya. Uniknya lagi, di sepanjang hutan cemara berjajar pula para pedagang yang siap menarik rasa lapar Anda yang melewatinya. Anda dapat menikmati aneka jajanan-jajanan ringan, makanan berat dan aneka minuman yang menyegarkan tenggorokan dikala haus melanda.

Pohon cemara yang ditanam disini yaitu jenis cemara laut yang juga sejenis dengan cemara yang ada di Pantai Goa Cemara. Hutan cemara dapat digunakan pengunjung untuk sekedar duduk-duduk santai ditemani angin sepoi-sepoi dan berjalan-jalan santai serta menjadi spot berfoto. Selain itu, hutan ini juga dapat dijadikan tempat berteduh saat panas matahari memanas.

Baca Juga Jelajah Hutan Trembesi di Jawatan Benculuk, Banyuwangi

2. Penangkaran penyu

Penangkaran penyu Pantai Cemara

Penyu memang menjadi salah satu hewan langka yang kini banyak diincar pemburu liar untuk meraih keuntungan maksimal. Oleh karena hal itu, penangkaran penyu dilakukan di Pantai Cemara walau hanya dengan penangkaran yang sederhana. Hal ini dilakukan untuk melindungi telur-telur penyu dari ganasnya predator dan sifat buruk manusia yang ingin menjualnya.

Sebaiknya, bila Anda ingin berkunjung ke pantai ini dan ingin melihat telur-telur penyu datanglah saat musim bertelur tiba. Karena pada musim itu semua pengunjung dapat menyaksikan penyu dan telur penyu secara langsung. Tak hanya itu saja, pengunjung juga dapat menjadi orang yang melepas anak-anak dari telur penyu ke lautan bebas dimana mereka akan tinggal.

Bila Anda sangat ingin melihat penyu dan menjadi pelepas anak penyu datanglah saat bulan Maret tiba. Karena saat itulah masa bertelur penyu-penyu dan pasti akan dilakukan pelepasan anakan penyu ke lautan lepas. Bila Anda mendapat izin untuk melakukan pelepasan dari petugas, berfoto bersama penyu-penyu yang lucu tentunya dapat Anda lakukan.

3. Spot sunrise terbaik

Spot Sunrise Pantai Cemara

Tanda datangnya pagi yaitu ketika sang surya mulai naik ke atas dan mulai mengeluarkan sinarnya sebagai tanda malam telah berakhir. Waktu dimana matahari terbit atau biasa disebut dengan sunrise dicari banyak penggemarnya. Bila Anda melihat sunrise di ketinggian yang lebih akan terlihat sedikit kabut penutup, berbeda bila melihatnya di pantai.

Pantai Cemara Banyuwangi berada di Desa Pakis di sisi timur kota Banyuwangi, maka tak heran bila matahari terbit terlihat cantik disini. Menjadi saksi dengan melihat secara langsung proses matahari terbit memang harus melawan rasa kantuk yang begitu menyiksa. Namun, Anda tak perlu cemas bila menyaksikan sunrise disini karena rasa kantuk akan terbalas dengan indahnya matahari terbit.

4. Spot berenang

Spot Berenang Pantai Cemara

Pantai Cemara berbeda dengan pantai sisi selatan kota Banyuwangi yang memiliki ombak yang besar dan menggulung. Pantai ini memiliki ombak yang sangat ramah ditambah dengan penunjang lainnya yaitu bentuk pantainya yang datar. Tak hanya itu saja, Pantai Cemara tidak memiliki banyak karang yang mengganggu aktivitas air seperti berenang dan menyelam.

Sehingga, didukung oleh beberapa faktor yang ada di atas membuat pantai ini asik digunakan untuk sekedar bermain air dan berenang. Area pantai cukup aman dan tidak membahayakan siapa pun yang melakukan aktivitas berenang baik orang dewasa maupun anak-anak. Hal yang perlu diperhatikan tetap waspada dan jangan melewati batas yang diizinkan untuk berenang.

5. Spot foto

Spot Foto Pantai Cemara

Tempat wisata kini tak hanya dijadikan sebagai perantara penghilang penat saja, namun juga digunakan untuk berfoto. Demam sosial media telah merambah ke siapa pun yang ada di era globalisasi zaman kini. Oleh karena hal itu, foto menjadi salah satu media untuk menjadi generasi yang hitz atau kekinian agar tidak ketinggalan perkembangan zaman.

Pantai Cemara tak hanya memberikan keindahan hutan cemara lautnya saja, disini juga tersedia aneka spot foto yang instagramable banget. Disini disedikan bunga-bunga berwarna-warni yang berbentuk cinta, kursi berwarna cerah yang indah serta dapat berfoto dengan penyu. Sehingga, bila Anda berkunjung kesini akan menambah stock foto yang Anda miliki di telepon genggam.

6. Tempat camping

Tempat Camp di Pantai Cemara

Di Pantai Cemara Banyuwangi ada sebuah lapangan yang sangat luas yang dapat digunakan untuk berkemah atau bahasa kekiniannya ngecamp. Lapangan yang luas dapat dijadikan tempat untuk membangun tenda untuk tidur dan juga dapat digunakan untuk berolahraga seperti senam. Hutan cemara yang rindang juga dapat dijadikan tempat untuk mendirikan beberapa tenda.

Di pantai ini memang tidak memiliki area khusus untuk melakukan kegiatan kemah, namun adanya lapangan dan hutan cemara sangat membantu. Bila Anda ingin bermalam dengan tenda di sekitar Pantai Cemara, Anda dapat meminta izin kepada petugas yang ada disana. Jika Anda diberi izin, jangan sampai melanggar hal-hal yang dilarang dilakukan di sekitar pantai tersebut.

7. Spot berfoto prewedding

Spot Foto Prawed pantai Cemara

Pada zaman dahulu menikah hanya dengan cara yang sangat sederhana yaitu cukup dengan mendatangi KUA lalu mengucap janji suci. Kini telah ada aneka kegiatan sebelum akad terjadi salah satunya yaitu foto prewedding. Foto ini diambil dengan tujuan untuk sekedar menjadi kenang-kenangan atau untuk di pasang di kertas undangan yang dicetak.

Salah satu lokasi yang dapat dipilih untuk melakukan foto prewedding yaitu Pantai Cemara Banyuwangi karena keindahannya. Pohon-pohon cemara udang di pantai ini berjumlah lebih dari sepuluh ribu pohon yang memberikan estetika tersendiri. Foto prewedding yang dihasilkan pasti tak mengecewakan karena pemandangan yang ada di sekitar pantai sangat elok.

Baca Juga Pantai Wedi Ireng Banyuwangi, Panorama Indah Menenangkan Hati

Fasilitas di Pantai Cemara Banyuwangi

Sebagai wisatawan yang bijak, siapa pun yang datang ke Pantai Cemara Banyuwangi tak hanya untuk berlibur saja, namun harus menjaga kebersihannya. Sampah yang dibuat harus dibuang ke tempatnya untuk tetap menjaga kebersihan pantai dan kenyamanan semua makhluk yang ada di pantai. Mengenai sampah, di Pantai Cemara disediakan banyak tempat sampah untuk menampung sampah yang ada.

1. Tempat parkir

Bila Anda mengunjungi Pantai Cemara menggunakan kendaraan pribadi tak perlu mencemaskan dimana Anda akan berparkir. Lahan parkir yang ada di pantai ini cukup luas sehingga dapat digunakan untuk memarkir kendaraan dengan jumlah yang besar. Sehingga Anda tak perlu kebingungan untuk mencari lahan memarkir kendaraan yang Anda bawa baik roda 2 atau 4.

2. Kamar mandi

Kamar mandi atau toilet menjadi salah satu tempat yang wajib dimiliki di setiap tempat wisata apa pun jenisnya. Aktivitas membuang racun dalam tubuh hajat kecil maupun besar memang tidak dapat ditahan dengan cara apa pun. Untuk itu, di Pantai Cemara disediakan toilet umum yang memadai untuk seluruh pengunjung dengan harga yang tidak melebihi batas sewajarnya.

3. Warung-warung

Pantai memang dikenal dengan hasil lautnya yang biasa disebut dengan seafood dan biasa ditawarkan lewat warung di sekitar pantai. Begitu pula di Pantai Cemara, tempat makan tersedia mulai dari warung yang menjual makanan ringan hingga santap besar. Mulai dari mie instan hingga makanan dengan menu ikan laut ada disediakan disini dengan harga terjangkau.

4. Hotel atau penginapan

Saat Anda berkunjung ke kota lain dengan maksud ingin berwisata pasti hal yang paling dipikirkan dimana tempat untuk bermalam. Apalagi bila Anda tak memiliki kerabat di kota yang akan dikunjungi sehingga hotel menjadi pilihan yang terbaik. Bila Anda berkunjung ke Pantai Cemara tak perlu mencemaskan tempat untuk menginap karena tersedia banyak di tempat ini.

5. Kursi pantai dan gazebo

Saat matahari tepat di atas kepala hawa panas memang sangat terasa saat mengunjungi wisata pantai. Maka di Pantai Cemara disediakan fasilitas kursi malas pantai disertai payung dan juga disediakan gazebo untuk duduk santai dan berjemur. Sehingga, bila Anda datang kesini tidak ingin melakukan aktivitas pantai seperti berenang, kursi dan gazebo sangat membantu.

6. Mushola

Bagi Anda yang memeluk agama Islam tak usah khawatir akan telat melakukan ibadah sholat saat berlibur kemari. Di Pantai Cemara disediakan mushola (tempat sholat) yang dapat digunakan kapan pun tanpa harus mengeluarkan biaya. Sehingga Anda tetap dapat melakukan liburan tanpa meninggalkan kewajiban untuk beribadah kepada sang pemilik hidup Yang Agung.

Akses dan Rute Menuju Pantai Cemara Banyuwangi

Lokasi Pantai Cemara dapat dikatakan sangat dekat dari pusat kota Banyuwangi yaitu hanya berjarak tujuh kilo meter saja. Waktu yang diperlukan cukup dua puluh menit menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun empat bila keadaan jalan ramai lancar. Karena lokasinya yang tak jauh dari pusat kota, sudah dipastikan bila akses jalan sangat baik dan tidak merepotkan pengunjung.

Rute dari pusat kota Banyuwangi yaitu menelusuri Jalan Adi Sucipto dan terus jalan ke depan hingga menemukan perempatan besar. Dari situ Anda harus berbelok ke arah kiri menuju Jalan Ikan Layur dan terus ikuti arus Jalan Ikan Layur. Lalu di ujung jalan akan ada pertigaan buntu, kemudian berbeloklah ke arah kanan menuju Jalan Pantai Rejo.

Tetap ikuti petunjuk yang ada menuju ke Pantai Cemara, setelah Anda sampai di Jalan Pantai Cemara berarti perjalanan Anda hampir selesai. Saat Anda resmi menginjakkan kaki di Pantai Cemara dikenakan tarif Rp 2.000,-/orang, jam buka pantai dari pukul 08.00 sampai 17.00. Bila Anda tetap berada di pantai saat jam buka berakhir, Anda akan ditegur petugas untuk segera pergi dari pantai.

Peta Menuju Pantai Cemara Banyuwangi (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Cemara Banyuwangi

  1. Hotel Santika
  2. Kumala Hotel
  3. Hotel Baru Banyuwangi
  4. El Royale Hotel
  5. Penginapan Asiera

Tips Berwisata ke Pantai Cemara Banyuwangi

  1. Pastikan kondisi badan dalam keadaan yang baik.
  2. Pastikan keadaan kendaraan yang akan digunakan dalam keadaan baik pula.
  3. Bila tidak menggunakan kendaraan pribadi, pastikan membeli tiket tepat waktu.
  4. Pastikan barang bawaan tidak tertinggal.
  5. Bawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi.
  6. Tentukan dimana akan menginap.
  7. Pastikan telah memesan kamar untuk menginap.
  8. Jangan lupa membawa tabir surya untuk menghindari radiasi sinar matahari yang berlebih.
  9. Bawa bekal saat berkunjung ke Pantai Cemara Banyuwangi untuk mengurangi pengeluaran.
  10. Jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan.

Leave a Comment