" />

Jawatan Benculuk adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang sedang populer. Tepatnya di Banyuwangi bagian selatan yaitu Desa Benculuk Kecamatan Cluring. Tempat tersebut awalnya hanya sebuah kawasan hutan yang di lindungi oleh perhutani wilayah setempat. Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat olahraga pagi oleh penduduk sekitar.

Jawatan adalah sebuah hutan kecil di Banyuwangi, luasnya hanya ,8 Ha milik perhutani yang kemudian di kelola dengan baik hingga menjadi tempat wisata yang sangat eksotis dan indah. Hutan yang terdiri dari pohon trembesi ini masih belum jelas asal usulnya, apakah pada zaman dahulu sengaja di tanam atau kebetulan pohon tersebut tumbuh di tempat ini

Baca Juga: Taman Baluran Banyuwangi, Afrika di Ujung Timur Pulau Jawa

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Jawatan Benculuk

Untuk menikmati indahnya hutan ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Tarif masuk tempat wisata hutan trembesi adalah Rp.5.000,- dan biaya parkir Rp.2.000,- sudah free semua fasilitas umum yang ada. Anda bisa liburan ke tempat wisata ini pada pagi hingga sore hari sebelum pukul 5 sore.

Daya Tarik Jawatan Benculuk

Hutan trembesi yang ada di Jawatan Benculuk memberikan pesona yang bagus dan sangat cocok di gunakan sebagai tempat foto. Selain itu, anda juga bisa menghabiskan waktu seharian di hutan ini. Karena panas matahari tidak bisa menembus ke bawah jika sedang musim hujan. Jika sore hari di musim kemarau tempat ini sangat ramai. Berikut daya tarik dari tempat wisata hutan trembesi Banyuwangi

1. Tempat Foto Terbaik

Hutan Trembesi adalah tempat foto terbaik, banyak calon pengantin yang melakukan prewedding di tempat ini. Hasil fotonya akan tampak sangat alami dan natural, dengan latar belakang pohon trembesi tua berdaun lebat dan semburat sinar matahari dari celah-celah daun membuat foto prewedding sangat mempesona.

Hutan trembesi sudah di renovasi oleh pihak pemerintah di jadikan tempat wisata dengan banyak area foto terbaik. Terdapat hiasan payung warna warni yang menggantung dilangit-langit hutan dan juga rumah panggung dari kayu jati serta potongan-potongan kayu jati yang ditata rapi di bawah pohon beringin membuat suasana hutan semakin indah.

2. Tempat Pemancingan

Area pemancingan sengaja di buat oleh pengelola hutan agar lebih menarik wisatawan, banyak sekali pengunjung baik itu penduduk lokal maupun wisatawan memancing di kolam pemancingan Benculuk. Ikan yang anda dapatkan bisa anda olah di tempat atau anda bawa pulang untuk di masak di rumah.

Mayoritas pengunjung hutan ini memang para bapak-bapak dari daerah setempat. Sambil menemani keluarganya jalan-jalan di hutan trembesi para bapak-bapak biasanya lebih suka menghabiskan waktu dengan memancing ikan.

3. Sebagai tempat olahraga pagi yang seru

Penduduk lokal maupun wisatawan banyak yang melakukan olahraga pagi ditempat ini. Selain berolahraga pagi anda juga dapat menikmati jajanan dari penjual kaki lima di sekitar hutan. Berbagai jenis makanan hingga jajanan ringan tersedia ditempat ini, anda bisa menikmatinya sambil bercerita di bawah pohon bersama keluarga tercinta.

4. Serunya bermain di Sungai Jawatan

Di dekat hutan jawatan terdapat sungai yang menjadi sumber perairan bagi daerah ini. Sungai ini besar dan airnya mengalir deras, banyak wisatawan yang datang ke sungai ini untuk menikmati serunya permainan di sungai Jawatan. Peralatan untuk bermain sudah di sediakan oleh petugas hutan, jika anda tidak membawa sendiri tinggal sewa alat kepada petugas.

Arus sungai ini deras dan juga banyak batu-batu besar di sungai, membuat liburan anda semakin seru dan menantang. Untuk anda yang ingin mencoba permainannya sebaiknya datang sekitar pukul 09.00 pagi. Anda akan merasa seperti berada di dunia lain karena indahnya pemandangan hutan trembesi yang menutup sungai Jawatan dari sinar matahari.

5. Nikmatnya piknik di hutan trembesi

Selain sebagai tempat yang nyaman untuk olahraga pagi, tempat ini nyaman untuk piknik bersama keluarga tercinta. Petugas hutan sudah menyedian tempat untuk pengunjung yang ingin berpiknik di hutan trembesi. Selain karena tempatnya nyaman, sudah ada penjual yang menjual makanan dan jajan untuk pengunjung yang datang.

6. Sunset Alami dari Hutan Trembesi

Biasanya anda biasa menikmati sunset dari pinggir pantai atau dari atas gunung, anda harus mencoba menikmati sunset dari hutan ini. Pemandangan sunset yang berbeda akan anda dapatkan dari hutan ini. Karena anda menikmati sunset dari celah-celah pohon trembesi.

Cahaya berwarna jingga dari matahari di sore hari menerobos diantara daun-daun pohon trembesi dan menghasilkan efek yang luar biasa indah. Apalagi jika anda mengabadikannya dalam sebuah foto.

7. Kisah Sejarah dari Hutan Trembesi Jawatan Benculuk

Selain karena tempat ini menawarkan pemandangan hutan yang indah, ternyata salah satu tempat wisata di Banyuwangi ini memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui. Tempat ini didirikan oleh pemerintah Indonesia pada saat masa penjajahan dan di gunakan sebagai markas timbunan kayu jati dengan kualitas nomor satu.

Pada tahun 1970, hutan ini menjadi tempat terjadinya penjarahan kayu jati secara besar-besaran sehingga membuat daerah ini di kucilkan oleh penduduk. Tanaman yang ada ditempat tersebut di biarkan tumbuh tanpa ada yang berani menebang atau merusaknya. Karena tidak ada warga yang berani menuju tempat ini.

Hingga saat ini, tanaman hutan Benculuk masih terjaga dan dinikmati oleh banyak kalangan. Karena sudah di renovasi dan menjadi tempat wisata yang indah dan unik. Jika anda di dalam hutan ini anda akan merasa seperti sedang syuting film jumanji.

8. Banyaknya jenis pepohonan

Selain pohon trembesi ada banyak pohon lain yang dapat anda nikmati keindahannya, antara lain adalah pohon jati yang sudah berusia puluhan tahun. Tumbuhan wates yang rasa buahnya menyerupai lengkuas, ada juga pohon salak liar dan kelengkeng. Selain pepohonan ada juga jamur hutan yang saat ini mulai susah ditemukan.

Fasilitas di Jawatan Benculuk

Fasilitas yang disediakan oleh petugas hutan trembesi Benculuk sudah cukup lengkap sebagai tempat wisata yang baru saja populer. Karena sebelumnya hanya hutan trembesi biasa, semua fasilitas yang ada masih dalam kondisi bagus dan bersih. Hal ini di lakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Fasilitas yang tersedia antara lain musholla, toilet, lapangan sepak bola, lapangan voli, lapangan tenis. Disediakan pula lapangan untuk latihan bela diri, jika malam jumat dan malam minggu biasanya tempat ini ramai dengan kegiatan latihan dari organisasi bela diri daerah setempat. Anda dapat melihat serunya latihan silat ditempat ini.

Bisa juga digunakan sebagai arena nongkrong anak muda, karena tersedia banyak warung kopi yang free wifi dan sejumlah minimarket. Jika anda ingin makan makanan berat anda dapat membelinya di kantin hutan trembesi yang dikelola oleh petugas hutan. Ditempat ini juga ada wifi gratis yang sengaja disediakan petugas demi kenyamanan pengunjung.

Akses dan Rute Menuju Jawatan Benculuk

Hutan trembesi Jawatan yang terletak di kabupaten Banyuwangi ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Rute yang ditempuh juga mudah, serta banyak akses yang menuju ke arah ini. Jika anda dari pusat kota Banyuwangi hanya membutuhkan waktu 30 menit sudah sampai di tempat tujuan. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk ke tempat ini.

Jika anda datang dari Jakarta anda dapat menggunakan akses kereta api atau pesawat. Jika akses kereta api ada dua pilihan stasiun pemberhentian, anda dapat berhenti di stasiun Rongojampi atau Banyuwangi. Apabila anda turun di stasiun Rongojampi, anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan ojeg atau becak untuk sampai di tempat pemberhentian bus.

Selanjutnya, naiklah bus tujuan Jember dan turun di lampu merah jembatan Benculuk. Jika anda turun di stasiun Banyuwangi baru, anda harus menuju ke terminal Karagente menggunakan angkutan kota. Setelah sampai terminal, gunakan akses angkutan umum bus antar kota jurusan Jember dan turunlah di lampu merah Benculuk.

Peta Menuju Jawatan Benculuk (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Jawatan Benculuk

1) Kendi Villas
2) Hotel 88
3) Hotel Merdeka
4) Panorama Hotel
5) Bintang Mulia Hotel
6) Cempaka Hill Hotel
7) Hotel Sulawesi
8) Hotel Baru
9) Hotel Panorama Agung
10) Hotel Lestari
11) Penginapan Penduduk Lokal

Tips Berwisata ke Jawatan Benculuk

1. Cari tahu tentang tempat tujuan anda

Bagi anda yang ingin jalan-jalan atau berwisata ke daerah yang rawan seperti hutan dan sejenisnya. Wajib hukumnya untuk mencari informasi tentang tempat tujuan anda, informasi yang anda dapatkan harus valid. Mulai dari akses dan rute yang akan anda lalui, sampai aturan dari tempat wisata, misal ada larangan tertentu atau tidak.

Informasi yang anda dapatkan akan sangat berguna untuk keselamatan dan kenyamanan dari hal-hal yang tidak di inginkan selama liburan. Ketahui pula apa yang khas dari tempat tersebut agar anda bisa memperoleh kesan liburan yang indah.

2. Lakukan persiapan dengan baik dan benar

Sebelum anda melakukan perjalanan panjang untuk berlibur ke suatu tempat, tentunya anda harus melakukan persiapan dengan lengkap. Mulai dari persiapan fisik maupun perlengkapan untuk perjalanan. Peralatan yang dibutuhkan untuk perjalanan tempat wisata yang berupa hutan adalah perbekalan makanan dan minuman.

Jika berliburnya ke hutan lindung yang sudah di jadikan tempat wisata, jangan lupa untuk membawa tikar yang nanti dapat anda gunakan untuk piknik. Sedia pula jas payung atau jas hujan untuk sedia jika hujan datang tiba-tiba.

3. Persiapan fisik

Sebelum liburan jarak jauh siapkan fisik dengan baik, fisik yang prima sangat di butuhkan oleh para traveler yang hendak melakukan liburan. Persiapan fisik yang bisa anda lakukan adalah olahraga ringan, lari pagi atau bersepeda santai. Istirahat yang cukup sebelum berangkat liburan agar perjalanan anda berjalan lancar.

4. Jangan merusak lingkungan wisata

Jika anda berlibur ke tempat wisata anda pasti melihat ada papan peringatan untuk menjaga lingkungan. Patuhilah peraturan yang ada khususnya di Jawatan Benculuk, jangan merusak lingkungan wisata. Jangan merusak apapun bahkan hanya mematahkan daun atau ranting dari pohon-pohon tempat wisata.

Menjaga lingkungan bukan hanya dengan tidak merusak pohon dan tanaman lainnya, tetapi tidak membuang sampah sembarangan adalah salah satu cara menjaga lingkungan wisata dengan baik. Bagi para perokok yang berlibur ke area hutan, jangan membuang batang rokok sembarangan. Apalagi jika bara api di batang rokok tersebut masih menyala, agar tidak menjadi penyebab kebakaran hutan.

5. Jangan menggunakan sepatu hak tinggi

Gunakanlah sepatu flat shoes atau sepatu tali lainnya di Jawatan Benculuk. Karena tempat wisata yang anda kunjungi adalah hutan yang jalanannya masih tanah alami.

6. Ajak teman untuk liburan bersama

Agar liburan anda tidak sepi dan garing, ajaklah teman – teman dekat anda untuk liburan bersama di Jawatan Benculuk, karena perjalanan anda akan lebih seru jika liburan anda bareng teman. Selain untuk memeriahkan liburan anda, berangkat liburan dengan banyak teman juga membuat anda hemat ongkos.

Tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini akan membuat anda ingin kembali lagi jika anda datang bersama teman dan keluarga. Banyak kegiatan yang dapat anda lakukan jika anda liburan ke tempat ini. Selamat mencoba dan semoga liburan anda menyenangkan.

Baca Juga: Pantai Bangsring Banyuwangi, Spot Snorkeling Paling Keren!