14+ Oleh-oleh Khas Arab Saudi (Untuk Pria & Wanita)

Saat berkunjung ke Arab Saudi, Anda pasti ingin mendapatkan beberapa oleh-oleh, bukan?

Dalam topik ini, ada beberapa oleh-oleh khas Arab Saudi terbaik yang bisa Anda jadikan hadiah kecil dan kenang-kenangan untuk teman, keluarga, dan kerabat di rumah.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunjungi pasar tradisional ambient Arab yang berada di dalam tembok Kota Tua, seperti Qabel Street Souq yang berusia lebih dari 80 tahun, atau Souq Al-Nada yang lebih besar.

Keduanya menjual semua jenis pernak-pernik, makanan, pakaian, dan barang-barang lain bersama dengan perhiasan antik, senjata, perabotan, barang-barang rumah tangga dan permadani.

Oleh-oleh Khas dari Arab Saudi, Nggak Cuman Kurma

Kerajaan Arab Saudi adalah salah satu negara Timur Tengah terbaik untuk membeli banyak barang dengan harga murah. Ini dia 14 ide cinderamata khas Arab Saudi yang pasti meninggalkan jejak di benak orang yang Anda beri:

1. Susu Unta

Produk susu unta adalah oleh-oleh paling hits dari Arab Saudi.

Karena itu, banyak orang mengatakan bahwa Anda belum benar-benar merasakan nuansa Timur Tengah jika Anda belum mencoba kenikmatan krim dari susu unta yang tersedia dalam berbagai macam rasa.

Seperti susu murni, coklat, strawberry, vanila, kurma dan rasa rempah-rempah Arab yang meninggalkan sensasi eksotis di dalam mulut.

2. Coklat Susu Unta

oleh oleh dari arab saudi

Selain minuman, susu unta juga banyak diproduksi sebagai bahan utama camilan coklat lho. Produk ini banyak tersedia dalam rasa susu murni dan coklat tua.

Di beberapa tempat tertentu, Anda juga bisa mendapatkan coklat batangan dengan serpihan kurma dan rempah-rempah Arab yang rasanya sangat lezat. Namun harganya relatif mahal, yaitu sekitar Rp 180.000 per buah (beratnya sekitar 2,4 ons).

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Iran

3. Khanjars

oleh oleh khas arab saudi untuk pria

Khanjars adalah belati dengan ujung melengkung yang sering dibawa oleh para pemimpin Arab di masa lalu. Benda ini merupakan bagian integral dari warisan Badui Arab, yang dibuat dengan terampil dari bahan perak atau emas asli.

Instrumen yang indah ini kadang juga dihiasi dengan emas ekstra, batu semi mulia dan mutiara, dan merupakan oleh-oleh mewah untuk mewakili budaya Saudi.

4. Arabian Oud Perfume

harga oleh-oleh khas arab saudi

Oud Perfume adalah pilihan oleh-oleh yang sempurna untuk membagikan pesona misterius dan kemewahan Timur Tengah kepada orang-orang terkasih di Indonesia.

Produk ini dikemas dalam botol-botol kaca yang mewah dan tersedia dalam berbagai ukuran dan aroma, tetapi tidak ada yang murah, karena ini benar-benar produk berkualitas tinggi dan merupakan salah satu parfum paling mahal di dunia.

5. Kaligrafi Arab

oleh oleh kesenian khas dari arab saudi

Kaligrafi Arab adalah bentuk seni istimewa yang banyak dijadikan sebagai buah tangan.

Tak hanya dalam bentuk lukisan, kain cetak, sajadah, mukena, atau buku, cinderamata ini juga banyak dibuat dalam bentuk aksesoris seperti gelang dan kalung emas atau perak.

Jika mau, Anda juga dapat meminta penjual untuk mengukir nama Anda atau nama orang tertentu yang Anda inginkan di bagian liontinnya.

6. Abaya

oleh oleh khas arab saudi untuk wanita

Abaya adalah gaun panjang, biasanya berwarna hitam, yang secara tradisional digunakan untuk menutupi bentuk tubuh wanita dari pandangan publik (menurut budaya Arab).

Gaun ini dirancang dalam bentuk dan detail yang sangat indah, yang dapat disesuaikan dengan selera dan gaya spesifik Anda.

Bagi wisatawan wanita, gaun ini adalah souvenir yang tidak akan pernah salah, karena dapat dipakai untuk acara gala atau bahkan bermalas-malasan di mall. Jika gaya ini terlalu tradisional untuk Anda, ada juga kimono mirip abaya yang cocok untuk dikenakan pada setiap kesempatan.

7. Kurma

oleh oleh snack dari arab saudi

Arab Saudi terkenal dengan kurma yang sangat lezat, yang membuatnya menjadi hadiah terbaik untuk dibawa pulang. Ada beberapa jenis untuk dibeli, tetapi Ajwa dianggap yang terbaik.

Anda juga kurma dalam box dengan berbagai serpihan kacang dan buah kering, bahkan beberapa dicelupkan ke dalam coklat. Pasta kurma juga tersedia secara luas dan banyak digunakan untuk membuat kue paling enak.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Sri Lanka

8. Perhiasan Emas

oleh-oleh khas arab saudi permata

Ada begitu banyak pilihan perhiasan emas yang indah untuk dipilih saat di Arab. Sebagian besar adalah emas 21 karat, dengan beberapa desain bergaya barat yang sangat menarik dan yang lain adalah desain tradisional Arab yang khas.

Ingat, Anda harus memilih dengan hati-hati saat membeli, karena ada sejumlah desain impor India yang juga dijual.

9. Barang-barang Tembaga

oleh-oleh khas arab saudi mahal

Barang-barang tembaga telah dibuat di Jeddah Arab selama berabad-abad, dan dulunya sangat umum di setiap rumah tangga. Jika tertarik membeli, Anda bisa menjelajahi Al-Badu Souq yang telah berada di Kota Tua selama lebih dari 140 tahun.

Ada sejumlah kios tembaga terkenal dengan pilihannya yang sangat banyak dan berkualitas baik, mulai dari alu kecil dan mortir, hingga panci masak besar.

10. Sandal Saudi

oleh-oleh khas arab saudi untuk pria dewasa

Sandal khas Saudi adalah sandal kulit thonged yang nyaman dan selalu laris diserbu para wisatawan. Sandal ini biasanya hadir dalam warna coklat alami dengan beberapa sentuhan warna lain.

Namun, ada juga warna hitam polos dan pelangi. Tampaknya ada dua rentang harga yang sangat berbeda untuk sandal yang sama, ini karena bahan yang digunakan berbeda, yaitu dari kulit sapi dan kulit unta.

11. Cetakan Maamoul

oleh-oleh khas arab saudi alat pembuat makanan

Cetakan kayu berukir yang menarik ini banyak digunakan oleh ibu rumah tangga setempat untuk membuat berbagai macam kue, termasuk yang terbuat dari pasta kurma.

Selain praktis dan mudah digunakan, cetakan maamoul juga sangat cantik dan tampak unik hanya dengan menggantungnya di dinding dapur. Harganya juga wajar dan murah.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Mesir Kairo

12. Dallah

oleh-oleh khas arab saudi teko stainless

Dallah adalah teko kopi Arab yang penuh gaya dan memiliki bentuk dan warna khas dalam perak atau emas. Ada seni nyata untuk membuat secangkir kopi Arab yang sempurna dengan benda ini, sehingga banyak yang dikemas dengan buku instruksi.

Anda bisa menemukannya dalam berbagai bahan, tetapi lebih baik mencari yang terbuat dari perunggu, karena bahan ini dianggap yang terbaik dari semuanya.

13. Kamera dan Aksesoris

oleh-oleh khas arab saudi fotografi

Misalkan Anda seorang musafir yang lupa meninggalkan kamera Anda di rumah, maka saat berada di Arab Anda tidak perlu bingung.

Karena Negara Unta ini menawarkan berbagai macam jenis kamera baru lengkap dengan aksesorisnya dengan harga yang relatif murah. Anda juga bisa menawarkannya kepada teman-teman di Indonesia yang mungkin sedang mencari kamera baru.

14. Jilbab dan Jubah

oleh-oleh khas arab saudi pakaian wanita

Arab Saudi adalah tempat yang sempurna untuk berburu jilbab, jubbah/gamis, dan pakaian lainnya dari seluruh dunia Islam.

Anda bisa berkunjung ke Souq Al Otaibiah untuk menemukan pakaian jadi, kain, dan pakaian khusus lainnya dalam harga yang wajar.

Arab Saudi memang menawarkan spektrum warna-warni berbelanja bagi para wisatawan.

Baik Anda mencari kado mahal atau sesuatu yang kecil dan unik sebagai kenang-kenangan, ada banyak oleh-oleh khas Arab Saudi yang bisa Anda temukan dengan mudah.

Bahkan di Jeddah, Anda akan merasakan surga belanja yang sesungguhnya karena semua merk top internasional tersedia dengan harga menarik.

Leave a Comment

error: Content is protected !!