16+ Makanan Khas Bojonegoro (Selain Ledre)

Kota Indah Bojonegoro memiliki keunikan tersendiri dari segi kota maupun makanannya. Salah satunya adalah makanan khas Bojonegoro yang sudah terkenal akan kenikmatannya.

Terdapat banyak jenis makanan yang bisa Anda temukan di berbagai tempat sebagai panduan untuk berwisata. Kenyamanan Anda selama berekreasi sudah terjamin untuk menemukan tempat makan atau kudapan yang pas.

Tidak perlu khawatir dengan harga makanan di sana yang sudah pasti murah dan pas di kantong. Tanah Jawa memiliki keunikan rasa makanan yang nikmat di tambah dengan harga yang murah.

Anda bisa mencoba makanan di mulai dari yang asin, manis, gurih, hingga segar. Lokasinya pun mudah untuk ditemukan juga tersedia di berbagai penjuru kota sehingga tidak membuat Anda bingung.

List Makanan Khas Bojonegoro

1. Ledre

camilan khas bojonegoro

Ledre sering di serbu oleh wisatawan yang berkunjung karena memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Rasa lain yang muncul dari menu yang satu ini adalah rasa manis yang khas.

Terbuat dari bahan sederhana seperti tepung terigu, gula, dan ditambahkan tepung beras membuat rasanya menjadi unik. Aroma pisang yang khas membuat banyak orang semakin ketagihan.

2. Kelepon

makanan khas bojonegoro kelepon

Terkenal di seluruh Nusantara hingga ke Mancanegara membuat kelepon menjadi hidangan wajib sebagai camilan. Bahkan makanan ini sering dijadikan hidangan untuk berbagai acara tertentu.

Di Bojonegoro kebanyakan penjualnya berdampingan dengan penjual kue putu. Bahannya pun tidak jauh berbeda. Bentuknya yang bulat ditambah dengan letusan gula merah cair yang sangat nikmat.

3. Putu

makan khas bojonegoro

Setelah kelepon, kue putu adalah jajanan kebanggaan warga Indonesia. Di Bojonegoro tukang putu bisa ditemukan di banyak tempat dan pinggiran jalan.

Di sana penjual banyak berkeliling dan menjual putu dengan harga yang murah. Makanan ini sangat nikmat di santap dari gula merah yang manis ditambah dengan gurihnya parutan kelapa. Suara penjual sudah dapat di dengar dari jauh.

4. Keripik Tempe

keripik tempe camilan khas bojonegoro

Sajian keripik tempe sangat terkenal di Bojonegoro dan berbagai daerah Jawa lainnya. Ketika Anda kebingungan untuk mencari oleh-oleh yang khas makanan ini bisa dijadikan sebagai salah satu solusi.

Untuk harga tidak perlu khawatir karena sangat murah dan bisa di temukan dimana pun. Tekstur yang renyah juga rasa yang gurih menjadi ciri khas tersendiri untuk Anda jadikan oleh-oleh.

5. Serabi

camilan rumah makanan khas bojonegoro

Olahan serabi menjadi andalan untuk menu sarapan di berbagai daerah Indonesia. Bojonegoro menjadi daerah untuk Anda menyantap olahan serabi. Rasa yang dominan adalah gurih dengan inovasi rasa manis.

Karena saat ini sudah lebih modern, banyak tempat yang menyediakan olahan serabi dengan citarasa yang unik. Harga yang ditawarkan pun sungguh bersahabat bagi para wisatawan.

6. Wedang Tape

minuman manis khas bojonegoro

Ketika berkunjung ke wilayah Jawa jangan lupa untuk mencicipi menu olahan wedang. Salah satu wedang yang terkenal dari Bojonegoro adalah wedang tape.

Banyak wisatawan yang mencari hidangan ini begitu sampai di lokasi untuk santapan malam. Bahan ketan hitam akan dicampurkan dengan santan yang panas juga tambahan bahan lainnya. Sangat cocok untuk menghangatkan suasana malam.

7. Gethuk

makanan khas bojonegoro gethuk

Makanan tradisional khas Jawa yang satu ini digemari oleh warga lokal bahkan hingga ke mancanegara. Kepopulerannya sangat dikenal dari rasa yang nikmat.

Terbuat dari singkong dengan bentuk atau warna yang kuning dan putih. Dilengkapi dengan parutan kelapa yang membuat rasanya semakin gurih. Anda juga bisa membawa olahan ini sebagai oleh-oleh khas.

8. Peyek Bayam

peyek bayam camilan khas makanan bojonegoro

Olahan gorengan seperti peyek bayam banyak digemari oleh berbagai kalangan. Jika Anda kebingungan untuk memilih oleh-oleh yang khas maka sajian yang satu ini bisa menjadi andalan.

Peyek yang terbuat dari bayam akan terkesan unik. Rasa khas yang diberikannya adalah kenikmatan peyek bayam yang gurih dan renyah. Harga per packnya pun masih sangat murah bagi wisatawan.

9. Ender-Ender

makanan khas bojonegoro tts

Olahan sajian yang manis bisa Anda temukan di mana pun. Salah satunya adalah di Bojonegoro sebagai bagian dari daerah Jawa.

Terkenal sejak lama dan memiliki nilai sejarah yang lumayan kental makanan ini sangat digemari oleh para wisatawan. Untuk varian rasanya sangat beragam dengan inovasi manis atau pun gurih. Makanan yang dibuat tanpa bahan pengawet ini pasti menyehatkan.

10. Dadar Jagung

jajanan khas bojonegoro murah

Sesuai dari nama yang digunakan pada makanan ini bahwa bahan utamanya akan terbuat dari jagung. Tidak berbeda jauh dari olahan perkedel pada umumnya.

Bahan jagung akan dibuat menjadi perkedel dan masyarakat sekitar menyebutnya dengan dadar jagung. Nama itu dibuat karena bentuknya yang hampir sama dengan telur dadar. Anda bisa membelinya dengan harga yang murah.

11. Sego Mawut

masakan khas bojonegoro jawa timur

Olahan khas Bojonegoro ini begitu terkenal di telinga wisatawan. Bahan yang digunakan cukup simple dan mudah untuk di dapatkan.

Di dalam makanan ini ada nasi goreng yang dilengkapi dengan berbagai sayuran, telur, kemudian akan diberikan tambahan mie goreng. Banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual makanan ini di pinggir jalan. Tidak heran olahan ini sangat banyak diburu.

12. Wader Kali

cara membuat ledre makanan khas bojonegoro

Karena makanan ini banyak ditemukan di sepanjang Sungai Bengawan Solo maka nama yang diberikan pun sangat khas. Wader adalah ikan yang berasal dari sungai tersebut.

Untuk bentuknya, ikan ini memiliki ukuran seperti ruas jari tanggan Anda. Banyak sekali warung yang menyediakan olahan ini dengan beragam keunikan rasa yang diberikan ketika Anda di Bojonegoro.

13. Nasi Flambe

makanan khas bojonegoro jatim

Nasi hangat yang nikmat dilengkapi dengan ayam suwir, orek telur, sambal terasi, dan dilengkapi dengan udang goreng. Semuanya akan melengkapi menu makan siang atau malam Anda ketika berada di Bojonegoro.

Anda tidak akan menyesal untuk mencoba kudapan yang satu ini. Dengan rasa yang khas maka Anda tidak akan pernah melupakan rasa yang diberikan selama mencicipinya.

14. Belimbing Ngringinrejo

buah khas bojonegoro

Belimbing memang banyak ditemukan di beberapa wilayah Indonesia. Selain itu, Bojonegoro memiliki keunikan karena memberikan buah belimbing yang nikmat.

Rasa manis dan segar akan muncul ketika Anda mencicipinya dan aroma yang sangat khas. Untuk Anda yang sedang melakukan program diet buah ini akan cocok untuk dinikmati dan mudah untuk ditemukan di sana.

15. Wedang Ronde

makanan khas bojonegoro yang terbuat dari pohong

Tersedia di banyak wilayah Jawa Tengah hingga Jawa Timur wedang ronde mudah untuk ditemukan di Bojonegoro. Tentunya sajian ini akan sangat nikmat untuk disantap ketika Anda berwisata malam.

Di mulai sore hingga malam hari akan mudah dan banyak menemukan pedagang kaki lima yang menjualnya. Harga yang diberikan pun masih sangat murah untuk satu mangkuk kecil wedang ronde.

16. Keripik ceker ayam

kerpik ceker ayam khas bojonegoro

Olahan keripik ceker memang menjadi andalan bagi tanah Jawa untuk membuat variasi oleh-oleh. Rasa yang renyah akan membuat Anda merasa nikmat ketika mencicipinya.

Harga yang murah juga menjadi keunggulan makanan ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Memilih makanan khas Bojonegoro tidak akan pernah sulit terutama karena rasanya yang pasti familiar di lidah. Hidangan yang unik bisa Anda temukan di sana termasuk untuk rasa khas dari daerah Jawa.

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh unik atau makanan ringan yang khas dari tempat wisata yang Anda kunjungi. Masalah harga sudah bukan sesuatu yang harus di ragukan lagi.

Leave a Comment

error: Content is protected !!