16+ Makanan Khas Ponorogo (Selain Sate)

Ponorogo yang berada di Jawa Timur menyimpan beragam keunikan kuliner yang nikmat. Banyak makanan khas Ponorogo yang diburu oleh para wisatawan.

Keunikan rasa yang diberikan ada pada setiap bumbu yang digunakan hingga aneka ragam tekstur makanan yang unik. Anda bisa mencicipi semua makanan yang ada di daerah ini jika memiliki waktu yang cukup selama berlibur.

Hal yang ditakutkan oleh kebanyakan wisatawan adalah jarak untuk sampai ke tempat makan atau menemukannya. Ketika Anda berada di Ponorogo beragam jenis makanan lokasinya berada saling berdekatan.

Untuk harga pun bisa dibilang cukup bersahabat karena masih berada di daerah Jawa. Anda bisa menemukan jenis makanan yang familiar namun dengan beragam keunikan tersendiri.

Daftar Makanan Khas Ponorogo, Nggak Cuman Sate!

1. Sate Ayam

makanan khas ponorogo sate ayam

Sate ayam bukan hanya makanan yang bisa Anda temukan di Ponorogo saja. Makanan ini menjadi andalan dari semua tempat yang berada di Indonesia. Olahan sate dari Ponorogo menjadi pesaing paling kuat dari olahan sate Madura.

Bentuk sate dari Ponorogo sangat unik karena dagingnya tidak akan dipotong. Dagingnya akan disayat dengan tipis dan Panjang seperti daging fillet.

2. Rujak Petis Welirang

makanan khas ponorogo selain sate

Di daerah Jawa ada banyak olahan petis yang wajib Anda coba. Salah satunya adalah Rujak Petis Welirang. Citarasa yang diciptakan adalah kegurihannya yang kemudian memiliki campuran sambal pedas yang sangat nikmat.

Jika dibandingkan, rasanya hampir sama seperti olahan rujak cingur yang berasal dari Surabaya. Perbedaannya adalah olahan cingur yang tidak digunakan di olahan ini.

3. Pecel Sayur

makanan khas ponorogo dan cara membuatnya

Ketika Anda berada di Ponorogo cobalah untuk mencicipi makanan pecel sayurnya yang khas. Di sini pecel akan memiliki bumbu kacang yang sangat kental dan kuah yang sedikit pedas.

Perbedaan kelengkapan sayurannya pun berbeda dengan jenis pecel lainnya. Semua sayuran hijau sudah pasti lebih lengkap di tambah dengan tauge, mentimun, kemangi, kemudian lamtoro.

4. Sego Tahu

camilan makanan khas ponorogo

Sego yang berarti nasi merupakan salah satu istilah dalam Bahasa Jawa. Makanan ini adalah nasi putih yang kemudian ditambahkan dengan tahu dan akan diberikan bumbu.

Nasi putih pun bisa digantikan dengan lontong untuk dijadikan sebagai kudapan lengkap untuk makan siang. Biasanya akan ditambahkan dengan telor setengah matang yang membuat rasanya semakin creamy.

5. Es Dawet Jabung

makanan dan minuman khas ponorogo

Keunikan es dawet jabung dengan yang lainnya terletak pada jenis isian yang ada di dalamnya. Isiannya terdiri dari cendol, Nangka, gempol ketan, bubur ketan, dan santan kemudian diberikan gula cair merah.

Semua perpaduan tersebut akan memberikan kenikmatan rasa yang berbeda. Salah satunya adalah rasa gurih dan manis yang begitu khas dari olahan yang satu ini.

6. Gethuk Golan

oleh oleh makanan khas ponorogo

Gethuk yang terbuat dari singkong memiliki rasa khas dari singkong yang ditumbuk dengan campuran gula merah. Anda akan banyak menjumpai penjual dengan makanan ini di Ponorogo.

Harga makanan ini dimulai dari 2 sampai 4 ribu saja di pedagang kaki lima atau toko-toko. Rasa yang otentik dari citarasa tradisional akan menjadi ciri khas ketika Anda mencicipi menu makanan ini di Ponorogo.

7. Tiwul Goreng

macam makanan khas ponorogo

Keistimewaan tiwu sebagai salah satu makanan khas dari pulau Jawa memiliki beragam keunikan. Salah satunya adalah tiwul goreng dengan bahan dasar singkong untuk membuatnya.

Nantinya singkong akan di rendam terlebih dahulu hingga akan memberikan kualitas yang lebih sempurna. Warna akan berubah ketika tiwul sudah matang dengan warna yang agak kecoklatan terang.

8. Serabi

makanan khas ponorogo serabi

Ada yang membedakan antara olahan serabi dari Ponorogo dengan daerah lainnya. Di sini biasanya serabi akan dihidangkan menggunaan tambahan kuah. Untuk komposisi kuahnya itu sendiri biasanya ditambahkan dengan santan dan gula merah cair.

Sudah dapat di pastikan jika rasanya gurih dan manis yang begitu nikmat. Jajanan ini menjadi kebanggaan warga dan di serbu oleh wisatawan.

9. Jenang Merah

makan khas ponorogo

Jenang yang memiliki kepopuleran di Ponorogo adalah jenis jenang merah. Bahan utama untuk membuatnya adalah beras ketan yang kemudian dimasak menggunakan santan dan gula merah.

Warna merah dihasilkan dari gula yang berwarna merah. Meskipun sebenarnya warna ini lebih mirip dengan coklat kehitaman. Rasa manis dengan taburan wijen menjadi ciri yang khas.

10. Kopok

makanan unik khas ponorogo

Namanya yang unik membuat banyak wisatawan penasaran untuk mencoba olahan sate ini. Yang membedakan adalah kuahnya yang berwarna putih kemudian sedikit berlendir.

Nama yang menjijikan tidak sama dengan rasanya yang begitu nikmat. Sate ini memiliki kuah yang memang diencerkan menggunakan santan kelapa. Biasanya akan diberikan sedikit tambahan lain seperti tempe dan lainnya.

11. Piya Piya

makanan khas ponorogo kabupaten ponorogo jawa timur

Olahan piya ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat dan wisatawan. Rasa yang sangat enak disuguhkan dari menu makanan yang bentuknya hampir sama seperti bakwan pada umumnya.

Meskipun memang terlihat seperti bakwan makanan ini memiliki perbedaan tertentu. Salah satunya adalah penggunaan cetakan dari sendok sayur. Bentuknya pun jauh lebih rapi dan bulat.

12. Es Cao

makanan khas ponorogo beserta tempatnya

Minuman dingin bisa menjadi sajian yang khas ketika Anda sedang mengunjungi tempat yang panas. Es cao ini sudah sangat terkenal dengan rasa manis yang begitu menyegarkan.

Es ini memiliki nama yang begitu terkenal di kalangan wisatawan yang banyak memburunya di kala siang hari. Rasa gula merah yang khas membuat siang hari Anda semakin segar dan manis.

13. Pentol goreng

makanan khas ponorogo adalah

Sajian pentol begitu terkenal di Ponorogo dan berbagai daerah Jawa lainnya. Makanan khas Ponorogo ini memang menjadi jajanan sehari-hari bagi warga atau pun wisatawan.

Dibuat dengan tepung ketela lalu dicampurkan dengan berbagai bumbu penyedap lainnya. Biasanya ada yang menambahkan tahu serta telur puyuh untuk memberikan rasa yang lebih mantap ketika selesai digoreng.

14. Lentho

makanan khas ponorogo jawa timur

Sajian lentho yang terbuat dari kacang tholo atau sering disebut sebagai kacang beras memiliki rasa yang nikmat. Campurannya akan diberikan adonan tepung namun sudah dibumbui sebelumnya.

Ketika semua adonan sudah selesai di siapkan maka lentho sudah siap untuk digoreng. Bentuknya seperti bakwan dan bisa disejajarkan keberadaannya dengan berbagai gorengan bakwan lainnya di pasar.

15. Peyek Udang

makanan penutup khas ponorogo

Berkunjung ke daerah Jawa jangan lupa untuk mencicipi olahan rempeyeknya. Salah satunya adalah rempeyek udang yang begitu nikmat juga gurih untuk dicicipi.

Anda bisa menikmatinya langsung di lokasi atau pun bisa membawanya sebagai oleh-oleh. Menu rempeyek memang tidak dapat tergantikan ketika Anda mengunjungi beberapa daerah Jawa.

16. Wedang

makanan soto khas ponorogo

Bentuk wedang dari setiap daerah memang berbeda-beda. Hal yang sama antara daerah satu dengan yang lainnya dan sudah pasti di temukan adalah wedang ronde.

Di Ponorogo, Anda bisa menemukan berbagai olahan wedang yang nikmat dari wedang ronde hingga wedang sereh yang nikmat dan menghangatkan.

Ponorogo dengan citarasa makanannya yang khas tidak akan membuat bingung wisatawan karena mudahnya menemukan berbagai makanan tersebut.

Setiap makanan khas Ponorogo memiliki keunikan tersendiri meskipun Anda bisa menemukan makanan tersebut di daerah lainnya. Harga yang bersahabat menjadi kelebihan tersendiri bagi siapa pun yang berkunjung ke Ponorogo.

Leave a Comment

error: Content is protected !!