" />

Pantai Ujung Genteng ini memiliki suasana pantai yang tenang dan jauh dari keramaian. Selain lokasinya yang berjauhan denga kota, pengunjung di pantai ini juga tidak terlalu ramai. Meskipun pengunjung di pantai ini tidak begitu ramai, bukan berarti pantai ini tidak bagus. Mungkin karena lokasinya yang cukup jauh dibanding pantai-pantai yang sudah terkenal lainnya sehingga para wisatawan lebih memilih mengunjungi pantai yang lebih dekat dari arah mereka datang.

Namun jika anda adalah seorang pecinta alam, maka tempat yang jauh dan masih sedikit pengunjunglah yang akan anda pilih sebagai daftar destinasi wisata berikutnya. Pantai ini terletak di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya di bagian ujung barat Pulau Jawa dan paling selatan Kota Sukabumi.

Baca Juga: Pantai Bagedur, Spot Camping Tepat di Ujung Barat Pulau Jawa!

Jam Buka Harga Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng

Harga tiket masuk ke pantai ini terbilang murah, hanya dengan Rp 10.000,- / orang, anda sudah bisa menikmati keindahan pantainya. Untuk umum, pantai ini dibuka 24 jam yang sudah ada orang yang bertugas untuk berjaga di pantai.

Daya Tarik Objek Wisata

1. Berenang

renang

Walaupun ombak di pantai ini terlihat cukup besar namun ombak besar tersebut terhalang oleh karang-karang di sekitar tepian laut, sehingga ombak pecah di tengah laut dan tidak mengenai tepi pantai, namun untuk anda yang ingin bermain air atau berenang bisa melakukan aktivitas tersebut di tepi laut. Tetap hati-hati saat berada di tepi laut jangan sampai terlalu berenang ke tengah, apalgi jika anda membawa anak kecil.

2. Bermain Pasir

main pasir

Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan bersih serta di dominasi oleh pecahan-pecahan karang yang membuat pasirnya tampak berkilau jika terkena sinar matahari. Jika anda membawa anak kecil mengunjungi pantai ini, anda bisa mengajaknya untuk bermain pasir saja di tepi pantai dan mencari kulit kerang untuk mainan.

3. Menikmati Panorama Pantai

panorama pantai

Pemandangan di pantai ini langsung mengarahkan pandangan kita ke lautan lepas, karena posisinya yang ada di selatan Pulau Jawa sehingga langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Matahari terbenam atau sunset di pantai ini juga sangat indah.

Anda bisa menunggu waktu sore sambil melakukan segala aktivitas pantai bersama keluarga yang membuat tidak terasa waktu akan cepat berlalu dan sore pun tiba, jadi anda bisa merasakan keindahan Pantai Ujung Genteng ini ketika matahari akan terbenam. Jika anda masih ingin berlama-lama di pantai inipun, tidak perllu khawatir karena sudah tersedia penginapan di sekitaran pantai.

4. Berfoto

berfoto

Dengan pesona pantai yang begitu indah, pantai ini juga sering digunakan para pengunjung untuk berfoto pra-wedding. Anda juga dapat memanfaatkan pemandangan sekitar untuk berfoto sendiri atau bersama keluarga ataupun teman-teman anda. Anda juga bisa menyewa jasa foto yang menawarkan jasanya di sekitaran pantai. Di pantai ini juga terdapat bekas dermaga pada saat pemerintahan Belanda, yang bagus untuk menjadi latar berfoto.

5. Pantai yang Tenang

pantai yang tenang

Meskipun sudah banyak orang yang mengetahui lokasi pantai ini, namun pengunjung yang datang tidak begitu ramai, sehingga anda dapat bersantai sambil menikmati suasana aroma pantai yang khas tanpa keramaian. Cocok bagi anda yang ingin melepaskan kepenatan selama berada di Kota yang ramai dan bising. Ditemani suara deburan ombak, semilir angin dan pasir putih pantai yang bersih menambah kenyamanan anda saat berada di pantai.

6. Pemandangan Menuju Lokasi

pemandangan menuju lokasi

Pemandangan menuju lokasi ini juga tidak kalah indahnya. Banyak terdapatpohon kelapa, sawah, lading dan perkebunan milik penduduk sekitar. Penduduk sekitar rata-rata berprofesi sebagai nelayan, petani dan pengolah nira untuk dijadikan gula kelapa. Meskipun di jalan menuju ke pantai ini masih ada yang tidak mulus, namun pemandangan sekitar dapat membuat kita lupa sedang melewati jalanan yang tidak mulus.

7. Camping

camping

Jika anda berniat untuk melakukan camping di pantai ini. Anda harus meminta izin terlebih dulu kepada petuga yang menjaga pantai. Mengkondisikan keadaan pantai dan keamanan anda saat bercamping di tepi pantai ini. Selain lebih hemat, camping juga membuat kita lebih dekat dengan alam sekitar dan suasanan pantai pada malam hari yang indah.

Anda bisa melihat pemandangan hamparan bintang di langit jika cuacanya cerah dan juga bulan yang indah. Anda juga bisa membuat api unggun dan membuat acara barbeque bersama teman denga bahan-bahan yang sudah anda siapkan atau bawa .

Fasilitas di Pantai Ujung Genteng

Fasilitas di pantai ini sudah cukup memadai, sudah tersedia toilet atau kamar mandi bagi para pengunjung yang ingin membasuh tubuh setelah bermain air laut, mushola untuk umat isalm beribadah solat, sudah ada juga took souvenir khas laut yang menjual berbagai aksesoris khas daerah setempat.

Di sini juga sudah ada warung kecil, yang menyediakan makanan aneka olahan laut atau seafood dan minuman, jadi bagi anda yang tidak membawa perbekalan berupa makanan dan minuman anda dapat membelinya di warung-warung sekitar. Di pantai ini juga sudah banyak tersedia penginapan dengan harga yang beragam, anda bisa memilih penginapan yang sesuai dengan selera dan kebutuhan anda.

Akses dan Rute Menuju Lokasi

Jalan menuju pantai ini sudah terbilang bagus, karena pantai ini bukanlah pantai yang baru dalam hal pengelolaan jalannya. Berikut ini rute-rute yang dapat anda ambil untuk menuju ke lokasi.

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Jika anda dari Jakarta: Anda bisa masuk tol Jagorawi dan keluar di tol Ciawi. Setelah itu anda melalui jalan biasa yang menuju ke Cicurug, ikuti jalan yang menuju ke arah Cibadak, melewati Cikembar , Pelabuhanratu, Jampang Kulon, Surade dan sampailah di Ujung Genteng.

Jika anda dari Bandung: Anda bisa langsung menuju arah Cianjur, terus saja ke arah Sukabumi, kemudian melalui Jampang Tengah dan Jampang Kulon, kemudian anda melalui Surade dan sampailah di Ujung Genteng.

2. Menggunakan Kendaraan Umum

Jika anda hendak menggunakan transportasi umum menuju pantai ini, anda akan melakukan beberapa kali transit dan berganti kendaraan umum dengan rute yang berbeda. Dari Jakarta atau Bandung anda bisa menaiki bus yang ke arah Sukabumi. Llu dari Sukabumi anda naik transportasi umum yang ke arah Lembur Situ. Dari Lembur Situ, anda naik lagi yang jurusannya ke arah Surade. Dari Surade anda naik transportasi umum sekali lagi yang langsung menuju Ujung Genteng.

Perjalanan bisa memakan waktu kurang lebih sekitarb 12 jam karena waktu transit yang lama seperti menunggu bis datang ataupun menunggu bis berangkat. Tarif transportasinyapun lumayan mahal dari anda berangkat sampai tiba di Ujung Genteng, apalagi anda juga harus melakukan sekali lagi perjalanan yang sama untuk arah pulang.

Peta Menuju Pantai Ujung Genteng (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Ujung Genteng

1. Hotel Pondok Hexa Seaside
2. Pondok Alief Ujung Genteng
3. Turtle Beach Hotel
4. Ocean View Ujung Genteng
5. Villasunset Ujung Genteng
6. Penginapan Pondook Adi

Tips Berwisata ke Pantai Ujung Genteng

Alangkah baiknya untuk menyiapkan sejumlah uang cash karena beberapa restoran/warung, dan penginapan yang ada di Pantai Ujung Genteng belum menyediakan pembayaran menggunakan debit atau credit card. Datanglah lebih awal jika menginginkan sunrise yang indah.

Jaga barang bawaan jangan sampai tertinggal. Hindari berkendara pada saat hujan karena akses jalan ke Pantai Ujung Genteng cukup kecil dan berkelok-kelok. Jangan lupa untuk menyiapkan sunblock atau sunscreen agar kulit tidak terbakar saat bermain di pantai pada siang hari.