Penangkaran Penyu Ujung Genteng: Lokasi, HTM, Info Wisata

Rate this post

Di Sukabumi Jawa Barat terdapat penangkaran penyu yang cukup populer, khususnya bagi para wisatawan yang berdomisili di Provinsi Jawa Barat.

Mereka menyebutnya dengan Penangkaran Penyu Ujung Genteng, merupakan salah satu wisata edukasi yang sarat akan pengetahuan tentang hewan hampir punah, yakni penyu.

Sebenarnya penangkaran penyu ini masih satu lokasi dengan wisata Pantai Ujung Genteng yang menawarkan pemandangan pantai pasir putih super indah.

Suasana di pantai ini cukup sepi, karena memang lokasinya juga cukup jauh dari pusat kota, sehingga jika berkunjung rasanya seperti sedang di pantai pribadi.

Lokasi Penangkaran Penyu Ujung Genteng

Lokasi-Penangkaran-Penyu-Ujung-Genteng

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwasannya penangkaran penyu di Ujung Genteng ini masih satu lokasi dengan wisata pantainya.

Nah, lokasi tepatnya ada di Desa Gunung Batu, yang masih termasuk wilayah Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini, disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena memang lokasinya cukup jauh dari pusat kota dan tidak ada akses transportasi umum.

Jarak yang perlu Anda tempuh untuk sampai di tempat wisata ini adalah sekitar 100 km dari Kota Sukabumi, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Harga Tiket Masuk Penangkaran Penyu Ujung Genteng

Harga-Tiket-Masuk

Untuk masuk ke Penangkaran Penyu Ujung Genteng, Anda harus membayar sejumlah biaya tiket masuk yang sudah merangkap dengan biaya masuk ke Pantai Ujung Genteng.

Tenang saja, biaya tiket yang perlu Anda bayarkan tidak akan membuat kantong jebol, karena tergolong cukup terjangkau untuk ukuran wisata menarik.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk

Rp 10.000,-

Catatan: Harga tiket masuk yang tertera pada tabel di atas belum termasuk tarif parkir sesuai kendaraan yang Anda gunakan.

Baca Juga: 13+ Oleh-oleh Khas Sukabumi yang Terkenal dan Enak

Jam Operasional Pantai Ujung Genteng

Jam-Operasional-Pantai-Ujung-Genteng

Informasi penting selanjutnya adalah terkait jam operasional wisata Pantai Ujung Genteng yang merupakan salah satu penangkaran penyu di Sukabumi Jawa Barat.

Sebenarnya hingga kini, objek wisata satu ini belum menentukan jam buka maupun tutup, sehingga bisa dikategorikan wisata ini buka 24 jam.

Akan tetapi, tetap ya ketika hari mulai sibuk, di pagi hari hingga petang tiba akan ada penjaga loket tiket masuk wisata.

Nah, apabila Anda ingin berkemah, langsung saja meminta izin kepada pihak pengelola wisata yang ada di sini, ya.

Baca Juga: Pantai Cibuaya Ujung Genteng: Wisata, Penginapan, Fasilitas

Penangkaran Penyu di Pantai Ujung Genteng

Penangkaran-Penyu-di-Pantai-Ujung-Genteng

Penangkaran penyu yang disebut juga dengan Penangkaran Penyu Pangumbahan ini resmi dibuka untuk umum, sehingga dapat dikunjungi wisatawan.

Di sini, pengunjung dapat menyaksikan perkembangbiakan hewan laut yang hampir punah, yakni penyu, mulai dari telur hingga dewasa.

Jika datang di waktu yang tepat, Anda bisa mendapatkan kesempatan dan ikut serta dalam pelepasan anak penyu alias tukik ke laut.

Wah, pastinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan!

Penangkaran Penyu Ujung Genteng ini sangat cocok dijadikan wisata keluarga, karena Anda bisa membawa anak-anak untuk belajar tentang penyu.

Sambil menyelam minum air, sambil berwisata juga mendapat pengetahuan yang menarik.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Sekitar Penangkaran

Selain berkunjung ke penangkaran penyu, di tempat wisata ini ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan.

Jadi, ketika sudah bosan berinteraksi dengan penyu-penyu yang lucu dan menggemaskan, Anda bisa beralih melakukan kegiatan menarik lainnya.

Lantas, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar area penangkaran penyu? Jawabannya bisa Anda temukan di daftar berikut ini:

1. Santai di Kawasan Pesisir Pantai

Santai-di-Kawasan-Pesisir-Pantai

Penangkaran Penyu Pangumbahan ini berada di Pantai Ujung Genteng, sehingga Anda bisa bersantai di pesisir pantai apabila sudah merasa cukup berwisata di area penangkaran.

Pastinya bersantai di Pantai Ujung Genteng akan memberikan Anda pengalaman baru, karena pasir putihnya yang sangat bersih dan suasana pantai yang menenangkan.

Keasrian pantainya juga masih terjaga karena belum banyak terjamah oleh khalayak ramai, sehingga Anda tidak akan menemukan sampah-sampah yang merusak pemandangan.

Selain itu, air laut di pantai ini juga sangat jernih, sehingga karang dan biota laut di dalamnya tampak jelas bahkan mengundang keinginan untuk snorkeling.

2. Berenang

Berenang

Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, air laut di Pantai Ujung Genteng sangatlah jernih, sehingga akan mengundang keinginan untuk snorkeling. Di Pantai Ujung Genteng, Anda diperbolehkan untuk berenang, lho, namun dengan catatan tidak boleh ke tengah lautan karena cukup berbahaya.

Hal tersebut juga dikarenakan ombak di Pantai Ujung Genteng tergolong besar, sehingga cukup berbahaya untuk wisatawan.

Jadi, pastikan Anda berenang di perairan yang dangkal, ya! Meskipun dangkal, Anda tetap bisa melihat biota laut yang unik dan cantik-cantik, kok.

3. Berlayar dengan Perahu Bercadik

Berlayar-dengan-Perahu-Bercadik

Jika ingin melihat keindahan laut Pantai Ujung Pandang, Anda bisa mencoba berlayar menggunakan perahu candik.

Di tepian pantai ada begitu banyak perahu candik yang bersandar, dan perahu tersebut milik nelayan tetapi dapat disewa para pengunjung.

Harga sewa yang ditawarkan setiap perahunya bervariasi, ya, namun masih tetap terjangkau sehingga tidak akan membuat dompet Anda mengering.

Bahkan Anda bisa melakukan tawar menawar dengan pemilik perahu untuk mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

4. Berburu Pemandangan Sunset

Berburu-Pemandangan-Sunset

Jika berwisata di pantai rasanya ingin sekali berburu pemandangan sunset, ya kan?

Di sini Anda juga bisa mendapatkannya, lho, pasalnya pemandangan sunset di Penangkaran Penyu Ujung Pandang ini merupakan salah satu yang terbaik.

Pastinya Anda akan terpana ketika melihat pemandangan sunset, karena warna orange dari matahari yang mulai redup menyebar luas hingga langit sekitar turut berwarna orange.

Dibayangkan saja sudah sangat indah, apalagi jika melihatnya secara langsung, kan?

Tak hanya sunset saja, pemandangan sunrise di pagi hari juga tidak kalah mengesankan.

Warna kuning terang dari matahari akan perlahan muncul di ufuk timur untuk mengganti kegelapan dari malam. Dijamin pemandangan satu ini akan membuat Anda berdecak kagum saat itu juga.

5. Wisata Kuliner

Wisata-Kuliner

Meskipun jauh dari pusat kota, bukan berarti di pantai ini tidak ada makanan sama sekali, ya.

Anda bisa menikmati kuliner khas di kawasan Pantai Ujung Genteng, mulai dari beleum layur atau ikan layur yang dibakar, kemudian tumis gurita, hingga mata lembu yang merupakan salah satu jenis siput laut.

Baca Juga: 26+ Makanan Khas Sukabumi Selain Mochi

6. Bermalam

Bermalam

Kalau ingin menikmati sunrise pastinya harus bermalam dong. Iya benar sekali!

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tempat wisata ini juga menyediakan tempat menginap yang worth it. Anda bisa memilih mau bermalam di vila, hotel, atau homestay dengan bonus lebih dekat dengan warga lokal.

Jangan khawatir soal harga, karena di sini tidak ada yang mahalnya selangit.

Di tempat wisata ini, harga penginapan masih sangat terjangkau, sehingga tidak akan membuat kantong Anda kering seketika.

Wisata edukasi memang sangat mengesankan, karena selain dapat melepas penat tentunya juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru.

Oleh karena itu, Anda wajib memasukkan wisata Penangkaran Penyu Ujung Genteng ke daftar tempat berlibur yang sudah direncanakan.

Leave a Comment