" />

Pantai Pangandaran dikenal dengan destinasi wisata pantainya yang luar biasa. Pantai-pantai di Pangandaran memiliki panorama alam yang mempesona, salah satunya adalah Pantai Solok Timun. Meskipun banyak yang kurang mengenal pantai ini, namun pantai ini memiliki pemandangan yang tak kalah indah. Maka dari itu, jangan lupa untuk berkunjung ke pantai ini apabila sedang berada di Pangandaran.

Pantai ini terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Pangandaran, yaitu berjarak sekitar 18 kilometer. Untuk tiba di lokasi pantai dibutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit dari pusat kota Pangandaran. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi apabila ingin mengunjungi pantai ini, karena belum disediakan transportasi umum.

Baca Juga Hujan Abadi di Pantai Cikaracak ? Yuk Simak Ulasannya Disini !

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Solk Timun

Apabila Anda ingin berlibur di pantai dengan biaya yang murah, maka pantai ini adalah salah satu solusinya. Pantai ini tidak memungut harga tiket masuk yang mahal. Anda cukup mengeluarkan uang sebanyak Rp 5.000,- per orang untuk dapat masuk ke pantai ini. Harga tersebut cukup terjangkau untuk menikmati pesona pantai yang indah ini.

Daya Tarik Pantai Solok Timun

Pantai Solok Timun memiliki keindahan alam yang tak kalah indah dan eksotis apabila dibandingkan dengan pantai-pantai lain. Anda tak perlu pergi ke luar negeri untuk menikmati fasilitas pantai di sama, karena pantai ini juga menyediakan beberapa fasilitas seperti di luar negeri.

1. Area Bersepeda

bersepeda di pantai solok timun

Apabila Anda sedang berkunjung ke pantai ini, jangan lupa untuk berkeliling menikmati keindahan alamnya. Jika lelah berjalan kaki, Anda dapat menggunakan sepeda yang disediakan di pantai ini. Anda dapat menyusuri keindahan pantai dengan menaiki sepeda seperti di luar negeri tanpa perlu repot membawa sepeda sendiri. Karena pada umumnya pantai di Indonesia tidak menyediakan sepeda untuk berkeliling.

2. Spot Khusus Memancing

memancing di pantai solok timun

Di pantai ini juga disediakan spot khusus untuk memancing. Hal tersebut dapat menjadi alternatif bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing dan menyukai keindahan pantai. Untuk memancing di pantai ini, Anda dapat membawa pancing sendiri ataupun menyewa di tempat penyewaan pancing.

3. Perahu Pesiar

perahu di pantai solok timun

Apabila Anda ingin menikmati keindahan laut, Anda dapat menyewa perahu pesiar. Dengan menaiki perahu Anda bisa melihat biota laut di tengah lautan. Air di pantai ini cukup bening, sehingga Anda dapat melihat biota laut dan terumbu karang yang sangat indah.

4. Jetski

jetski pantai solok timun

Gelombang laut di pantai ini sangat cocok digunakan untuk bermain jetski. Di pantai ini juga telah disediakan perahu untuk jetski. Anda dapat bermain jetski sembari menunggu sunset di pantai ini. Anda tidak perlu ke luar negeri untuk bermain jetski di pantai, di pantai ini Anda dapat bermain jetski seolah sedang berada di luar negeri.

Baca Juga : Pantai Karang Tirta : Wisata Alam dan Budaya Jadi Satu !

5. Sunset

sunset pantai solok timun

Tak lengkap apabila tidak melihat sunset ketika sedang berkunjung ke pantai. Di Pantai Solok Timun Anda dapat mengabadikan moment sunset Anda. Di sepanjang pantai ini terdapat pohon kelapa yang berjajar yang semakin indah pemandangan. Anda juga dapat berfoto dengan latar belakang siluet pohon yang terkena senja. Selain sunset, Anda juga dapat menikmati sunrise di pantai ini saat pagi hari.

Fasilitas di Pantai Solok Timun

Pantai ini belum memiliki fasilitas yang lengkap, berhubung pantai ini masih tergolong baru, dan belum banyak yang mengenal pantai ini. Pengunjung di pantai ini juga tidak seramai pengunjung pantai pada umumnya. Hal itu dikarenakan pantai ini belum tersedia petunjuk jalan hingga membuat banyak orang yang tidak tahu rute untuk mengunjungi pantai ini.

Fasilitas yang disediakan pantai ini adalah area parkir kendaraan, musholla, kamar mandi, penginapan. Lingkungan pantai ini cukup bersih. Hal itu dikarenakan pantai ini belum memiliki pengunjung yang banyak sehingga belum banyak sampah yang tercemar. Di sekitar pantai ini juga banyak tersedia penginapan, karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Pangandaran.

Akses dan Rute Menuju Pantai Solok Timun

Belum tersedia petunjuk jalan menuju pantai ini. Untuk menuju pantai ini, Anda juga lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baik berupa motor, mobil, ataupun ingin menyewa bus. Dari pusat kota Pangandaran hanya membutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit untuk tiba di lokasi pantai. Jalanan yang dilalui pun tergolong mudah dan tidak sulit, dikarenakan letaknya yang dekat dengan pusat kota.

Apabila Anda sedang berada di Pangandaran, Anda bisa memulai perjalanan dari Jalan Cijulang ke arah Jalan Pananjung, kemudian lurus ke arah Jalan Merdeka. Tiba di Bunderan Pangandaran, Anda dapat melanjutkan menuju Jalan Raya Banjar – Pangandaran. Kemudian lanjutkan perjalanan hingga Anda tiba di pantai.

Apabila Anda sedang berada di Bandung membutuhkan waktu yang lama untuk tiba di lokasi ini. Jarak lokasi ini dari pusat kota Bandung adalah berjarak sekitar 204 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar lima jam perjalanan.

Rute yang akan dilalui dari Bandung adalah Bandung menuju Cileunyi, kemudian menuju Rancaekek. Lalu dilanjutkan menuju Cicalengka, Nagreg. Setelah itu menuju Tasikmalaya dan dilanjutkan menuju Ciamis. Dari Ciamis dilanjutkan menuju Pangandaran. Anda akan tiba di pantai selama tiga puluh menit kemudian dari pusat kota Pangandaran.

Rute selanjutnya adalah dari kota Ciamis. Jarak antara pantai dan Ciamis adalah sekitar 86 kilometer dan akan menghabiskan sekitar dua jam perjalanan. Anda akan memulai perjalanan dari Jalan Raya Cirahong. Tiba di Simpang Nagrak belok kanan menuju Jalan Nasional III dilanjutkan hingga tiba di Jalan Jenderal Soedirman. Lalu menuju Jalan Ciamis.

Tiba di Simpang Terminal Banjar dilanjutkan menuju Jalan Mayjend Didi Kartasasmita. Kemudian menuju Jalan R. Dewi Sartika, Jalan Kapten Jamhur, Jalan BKR, dan dilanjutkan menuju Jalan Banjar – Pangandaran.

Peta Menuju Pantai Solok Timun (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Solook Timun

  1. d’BILZ Hotel
  2. Pantai Indah Resort Hotel
  3. Laut Biru Resort Hotel
  4. The Arnawa Hotel
  5. Uni Beach Hotel
  6. In Out Hotel Pangandaran
  7. Horison Palma Pangandaran
  8. Javacove Hotel
  9. Sedati Homestay
  10. Sunrise Resort Batukaras

Tips Berwisata ke Pantai Solok Timun

  1. Jangan lupa untuk memesan hotel jauh-jauh hari. Hal ini untuk menghindari hotel yang penuh ketika sedang berlibur.
  2. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila kesehatan Anda menurun setelah kelelahan berlibur.
  3. Jangan lupa untuk membawa sunblock agar kulit Anda terhindar dari sengatan sinar matahari.
  4. Persiapkan pakaian yang akan dibawa. Membawa pakaian ketika berlibur di pantai adalah hal yang wajib. Kurang lengkap apabila Anda hanya menikmati pemandangan di pinggir pantai saja, tanpa terkena air laut.
  5. Sebelum berlibur ke pantai, Anda juga wajib memantau bagi keadaan pantai melalui BMKG. Undur jadwal berlibur Anda apabila gelombang laut sedang tinggi karena akan membahayakan diri Anda.
  6. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment Anda saat berlibur di pantai.