" />

Hobi menaklukan ganasnya gulungan ombak air laut? maka Pantai yang satu ini patut untuk Anda kunjungi. Pantai yang dikenal dengan nama Pantai Batu Karas ini memiliki ombak yang lumayan besar.

Jika anda berkunjung ke pantai ini, tidak jarang anda akan menemui turis asing. Ada yang sedang berselancar atau hanya sekedar berjemur di tepi pantai. Sehingga pantai ini dijuluki ‘Balinya Jawa Barat’. Pantai Batu karas ini berdekatan dengan Pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran.

Suasana sore hari di pantai ini juga sangat indah. Jika anda datang ke sini pada siang hari, anda bisa bersantai sambil menungggu datangnya senja dan menikmati sunset yang indah.

Pantai ini terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Jarak dari Pangandaran kurang lebih sekitar 34 Km dan jarak dari Ciamis kurang lebih sekitar 40 km. Perjalanan menuju ke pantai kurng lebih menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Batu Karas

Harga tiket masuk ke pantai ini bervariasi, tergantung jenis kendaraan yang digunakan. Harga tiket masuk untuk para pejalan kaki Rp. 5.000,- / orang, untuk sepeda motor Rp. 3.900,- / motor. Harga tiket masuk untuk jeep atau sedan Rp. 9.200,- / mobil.

Daya Tarik Pantai Batu Karas

1. Berselancar

Pantai ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai hobi berselancar atau ingin mencoba belajar berselancar. Bahkan Pantai ini mendapat Rating 3,5 dari 5 bintang oleh situs luar negeri, sehingga menjadikan Pantai Batu Karas cukup popular di kalangan para peselancar, baik peselancar dalam maupun luar negeri.

Dan istimewanya lagi, Di Pantai ini terdapat sebuah teluk kecil sehingga cukup memudahkan bagi para peselancar karena mereka tidak perlu mendayung terlalu jauh untuk menuju titik awal gelombang ombak.

Bagi Anda yang belum memiliki peralatan berselancar atau sekedar ingin mencoba berselancar, Anda tak perlu khawatir. Di pantai ini tersedia tempat untuk menyewa alat-alat berselancar, lengkap dengan instruktur atau pelatih yang sangat berpengalaman.

Bagi peselancar professional, spot terbaik untuk berselancar adalah di Bulak Pendak. Tetapi untuk menuju tempat ini anda harus menggunakan perahu.

Sementara bagi para pemula spot terbaik untuk berlatih adalah di Legok Pari. Kalau di spot Karang, anda harus bersabar untuk menunggu air laut pasang, karena sesuai namanya di spot ini terdapat banyak batu karang.

2. Water Sport

Water sport

Bermain Banana Boat menjadi salah satu permainan air favorit di berbagai Objek Wisata Pantai termasuk di Pantai Batu Karas. Dengan tarif sekitar Rp 35.000,00 per orangnya, Anda sudah bisa menikmati fasilitas bermain Banana Boat lengkap dengan pemandunya.

Selain Banana Boat, Anda juga bisa bermain Jet Ski, atau menyusuri bibir Pantai dengan menaiki Kereta kuda sambil menikmati keindahan suasana Di pantai ini.

3. Hiking atau Camping

Camping di Pantai Batukaras

Dari pantai Batu Karas ini, anda juga bisa menuju ke Pantai Karang Nunggal. Meskipun pantai ini terpencil namun dapat menawarkan pemandangan indah dipenuhi bebatuan yang menjulang tinggi dan sangat cocok untuk aktivitas camping atau hiking. Anda bisa meminta bantuan penduduk sekitar untuk memandu anda menuju Karang Nunggal.

Baca Juga : Pantai Karang Nini, Destinasi Terbaik dibalik Rerimbunan Hutan!

4. Menikmati Keindahan pantai

Menikmati keindahan pantai Batu Karas

Aktivitas alternatif lain yang dapat anda lakukan adalah bersantai di tepi pantai. Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai sambil mencari spot berfoto yang bagus. Bermain pasir pantai atau hanya sekedar duduk-duduk sambil menikmati indahnya pemandangan langit dikala matahari terbenam pada sore hari.

Fasilitas di Pantai Batu Karas

Dii sekitar pantai ini sudah tersedia toko cinderamata atau oleh-oleh yang menjual kerajinan tangan khas laut, kaos-kaos, baju renang dan masih banyak lainnya.

Penginapan, walaupun di pantai ini tidak tersedia penginapan, namun di sekitaran pantai sudah banyak terdapat bungalow atau cottage untuk dijadikan tempat menginap.

Tempat makan, disekitaran pantai sudah ada beberapa penjual makanan khas sunda dan seafood yang lezat. Jika anda ingin menikmati sajian makanan di restoran, anda dapat mengunjungi salah satu hotel terdekat, karena restoran hanya tersedia di hotel saja.

Tempat Ibadah juga tersedia, tak perlu khawatir jika Anda termasuk yang ingin berlibur tanpa meninggalkan Ibadah wajib yang harus dilaksanakan. Di kawasan wisata ini sudah tersedia tempat ibadah bagi pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah tepat waktu. Padatnya jadwal liburan tentunya jangan sampai membuat kita lupa untuk melaksanakan kewajiban.

Toilet umum / kamar mandi sudah memadai, fasilitas ini yang paling utama wajib ada di suatu tempat wisata, karena hampir setiap pengunjung membutuhkannya.

Akses dan Rute Menuju Pantai Batu Karas

Akses menuju ke pantai ini tidaklah sulit karena lokasinya searah dengan jalur pantai yang sudah terkenal yaitu Pantai Pangandaran dan Green Canyon. Anda bisa datang ke sini menggunakan transportasi pribadi atau umum. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai rute-rute yang bisa Anda pilih untuk menuju Pantai Batu Karas :

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

a. Dari Jakarta

Anda bisa mengambil jalan tol yang ke arah Cikampek, lalu ambil yang ke arah Tol Purbaleunyi (Cipularang), Kemudian keluar Tol Cileunyi dan di lanjutkan melalui jalan biasa yang menuju Rancaekek, terus menuju ke arah Baypass Parakanmuncang, terus menuju Nagreg, Limbangan, Malangbong, Ciawi.

Setelah sampai di Jamanis, anda terus melaju ke arah Flyover Rajapolah, Cihaurbeuti, Sindangkasih, Cikoneng, Ciamis, Cijeungjing, Banjar, Banjarsari, Padaheurang,, Kalipucang, Pangandaran, Parigi, Cijulang dan sampailah di Pantai Batu Karas.

b. Dari Bandung

Exit pintu Tol Pasteur / Buah batu, Tol Purbaleunyi, Rancaekek, terus menuju ke arah Baypass Parakanmuncang, terus menuju Nagreg, Limbangan, Malangbong, Ciawi, Jamanis, Flyover Rajapolah, Cihaurbeuti, Sindangkasih, Cikoneng, Ciamis, Cijeungjing, Banjar, Banjarsari, Padaheurang, Kalipucang, Pangandaran, Parigi, Cijulang dan sampailah di Pantai Batu Karas.

2. Menggunakan Kendaraan Umum

a. Dari Jakarta

Dari terminal Kalideres naik bus dengan jurusan Kalideres – Pangandaran (Bus Merdeka) atau anda bisa naik dari terminal Kampung Rambutan bus dengan jurusan Kampung Rambutan – Pangandaran, selanjutnya dari terminal pangandaran naik bus jurusan Tasik – Pangandaran – Cijulang. Sesampainya di Terminal Cijulang, dari situ kita mencari Ojek untuk mencapai Pantai Batu Karas.

b. Dari Bandung

Dari Terminal Cicaheum naik bus dengan jurusan Bandung – Pangandaran, lalu turun di Terminal Pangandaran, selanjutnya naik bus jurusan Tasik – Pangandaran – Cijulang, sampai di Terminal Cijulang bisa dilanjut naik ojek untuk menuju Pantai Batu Karas.

Peta Menuju Pantai Batu Karas (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Batu Karas

1. Uni Beach Hotel
2. Holiday Beach Inn
3. The Arnawa Hotel
4. In Out Hotel Pangandaran
5. Topan
6. Hotel Emerald
7. Sunrise Beach Hotel
8. Laut Biru Resort Hotel
9. d’Bilz Hotel
10. JavaCove Beach Hotel

Tips Berwisata ke Pantai Batu Karas

1. Sebelum ke pantai ini, pastikan perlengkapan berenang, menyelam, anda snorkeling anda lengkap. Jika anda ingin menyewa alat, maka pastikan anda booking terlebih dahulu agar tidak kehabisan.
2. Bawalah pelindung sinar matahari untuk kulit anda
3. Jalur dan Rute bisa dibilang mudah, anda bisa memanfaatkan google maps untuk meneukan lokasi pantai indah yang satu ini.