" />

Objek wisata ini berada di balik bukit yang di kelilingi oleh hutan dan hutan ini merupakan Kawasan Hutan Negara yang di kelola oleh Perum Perhutani. Yang istimewa dari Pantai Karang Nini ini sendiri ialah lokasinya yang berada dibalik rerimbunan hutan. Perpaduan wisata pantai dengan kawasan hutan tentu akan menawarkan pengalaman berwisata yang berbeda. Nama Karang Nini sendiri memiliki arti karang nene atau karang yang menyerupai nenek-nenek. Nama pantai ini berasal dari cerita legenda yang diyakini oleh masyarakat Desa Emplak.

Lokasi Pantai Karang Nini terletak di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang dan berada di dua jalur Ciamis Pangandaran, Jawa Barat. Jarak dari Kota Ciamis menuju pantai ini kurang lebih sekitar 80 Km ke arah selatan dan memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan apabila menggunakan kendaraan pribadi.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini secara operasional buka dari pagi hingga sore. Untuk harga tiket masuk ke pantai ini cukup murah, hanya sebesar Rp. 5.000,- / orang dan sudah termasuk asuransi. Jangan lupa untuk membayar retribusi parkir, untuk motor biasanya dipatok harga Rp 2.000,-/ motor, dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Daya Tarik Pantai Karang Nini

1. Menara Pandang

menara pandang

Jika anda ingin lebih leluasa dalam memandangi keindahan pantai ini, anda bisa naik ke atas Menara Pandang. Menara Pandang ini dilengkapi teropong untuk melihat sekeliling pantai agar Nampak jelas dan lebih dekat. Namun kondisi tangga Menara pandangsaat ini kurang memadai untuk dijadikan pijakan para pengunjung.

2. Wisata Flora dan Fauna

flora fauna

Para pengunjung juga bisa melihat dan mengamati proses-proses pengelolaan hutan mulai dari kegiatan persemaian, pemeliharaan hutan sampai tahap akhir yaitu kegiatan produksi yang dilakukan oleh Perum Perhutani. Selain keragaman jenis tanaman hutan, berbagai fauna satwa liar yang saat ini sudah mulai langka akan keberadaannya juga dapat anda jumpai di hutan ini antara lain Kera dan Lutung. tetapi terkadang anda juga bisa menjumpai hewan lainnya seperti Kancil, Trenggiling, Landak dan Ayam Hutan.

3. Makam Cikabuyutan

Makam Cikabuyutan

Di pantai ini ada sebuah makam yang disebut dengan Makam Cikabuyutan dan terdapat mata air sumur tujuh yang diyakini bisa membuat orang menjadi awet muda dan bisa menyembuhkan penyakit. Di sini juga ada 2 makam keramat lainnya yaitu Makam Mahapatih Bagaspati dan Makam Eyang Anggasinga.

4. Goa Keramat

goa kramat

Terdapat beberapa goa keramat seperti Goa Dompet, Goa Panjang yang di percaya sebagai jalan tembus menuju Kasunanan Cirebon, Goa Parat, dan Goa Pendek yang masing-masing dari goa tersebut mempunyai sejarah dan keunikan yang berbeda.

5. Muara Cipabongkokan

Saat air laut surut, di muara ini kita dapat melihat berbagai macam jenis ikan hias yang ada di sela-sela terumbu karang.

Baca Juga: Pantai Pangandaran, Pantai di Tanah Sunda yang Favorit!

6. Terowongan Wilhelmina

Terowongan Wilhelmina

Terowongan Wilhelmina ini dibangun pada tahun 1914 oleh perusahaan kereta api Staats Spoorwagen yang difungsikan pada tahun 1921 yang di gunakan untuk jalur kereta Banjar – Cijulang. Nama terowongan ini di ambil dari nama seorang ratu Belanda yag sedang bertahta pada waktu itu. Namun terowongan kereta api tua ini ada sejak tahun 1981 yang sudah tidak difungsikan lagi. Terowongan ini merupakan terowongan terpanjang di Indonesia, dengan panjang 1.116 meter.

7. Perbukitan

perbukitan

Di bukit ini para pengunjung dapt bersantai di bawah rindangnya pepohonan dan rerumputan. Para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang langsung menghadap ke lautan lepas. Jika musim ikan tiba, para pengunjung dapat menjumpai pemancing di sekitar bukit.

8. Playground

playground

Sarana ini dapat di gunakan bagi para pengunjung yang membawa anak-anak, untu hiburan mereka sambil menikmati pemandangan pantai.

9. Camping Ground

camping ground

Lokasi camping ground ini dapat menampung hingga 300 orang pengunjung. Jika anda ingin bermalam di hutan yang berada di kawasan pantai, area camping ground ini sangat cocok sebagai pilihan anda agar bisa lebih dekat dengan alam.

Fasilitas di Pantai Karang Nini

Beberapa fasilitas sudah tersedia di sini, seperti pondok wisata, sebuah penginapan yang berarsitektur khas sunda yang rata-rata memiliki 3 kamar di dalamnya dan pondok ini dikelola oleh Perhutani Kabupaten Ciamis. Tempat informasi wana wisata, yang dapat anda gunakan untuk bertanya mengenai keseluruhan pantai ini.

Terdapat juga shelter, tempat berisitirahat sejenak yang disediakan untuk para pengunjung yang ingin beteduh sambil menikmati pemandangan pantai, semilir angin dan suara deburan ombak yang menambah kenikmatan para pengunjung ketika bersantai.

Di pantai ini ada juga fasilitas yang disebut Bale Rancage. Bale Rancage adalah sebuah bangunan yang digunakan oleh para pengunjung yang datang dalam jumlah banyak atau rombongan. Karena bangunan ini dapat menampung banyak orang, maka Bale Rancage ini sangat cocok digunakan untuk acara bersama rombongan yang akan anda adakan di sana.

Di sana juga terdapat lahan parkir yang cukup memadai dengan luas kurang lebih sekitar 300 meter sudah tersedia bagi anda yang membaw kendaraan pribadi.

Akses dan Rute Menuju Pantai Karang Nini

Meskipun pantai ini memiliki pemandangan yang indah, namun sangat disayangkan jalanan masuk yang menuju ke pantai ini sekitar 2 km masih kurang memadai, dengan kondisi jalanan yang kecil sekaligus banyak jalanan yang menanjak dan juga menurun.

Untuk sampai ke lokasi pantai, anda harus berjalan kaki kurang lebih sekitar 200 meter dari tempat parkir kendaraan dan anda harus tetap berhati-hati karena jalanannya hanya setapak dan masih berupa tanah, rumput dan bebatuan. Jika musim hujan tiba, kondisi jalanan akan menjadi sangat licin. Meski demikian, rasanya sayang sekali apabila Anda melewatkan Pantai yang satu ini.

Bagi Anda yang ingin berwisata dari luar Kota, banyak akses yang bisa Anda pilih baik melalui jalur darat maupun udara. Berikut sedikit penjelasan bagi Anda yang masih belum mengetahui rute menuju Pantai Karang Nini :

1. Melalui Jalur Darat

Bagi Anda yang berangkat dari Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa naik Kendaraan Pribadi atau memilih naik Bus seperti Bus Budiman atau Bus lain dari Terminal Kampung Rambutan dengan jurusan Pangandaran. Bus dengan jurusan tersebut akan melintasi daerah-daerah seperti Bekasi, Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Banjarsari, Kalipucang, kemudian turun di lokasi Obyek Wisata, jangan lupa bilang ke kondektur agar Anda diturunkan di gerbang masuk Obyek Wisata Pantai Karang Nini.

Anda juga bisa menggunakan moda transportasi Kereta api dengan tujuan Stasiun Banjar. Sesampainya di Stasiun Banjar, langsung saja pergi ke Terminal Banjar, Disana sudah banyak Bus ¾ yang siap mengantarkan Anda menuju Lokasi Obyek Wisata Karang Nini.

2. Melalui Jalur Udara

Apabila Anda memilih menggunakan Jalur udara, Anda bisa menggunakan pesawat dengan rute penerbangan menuju Bandar Udara Husein Sastranegara. Sesampainya di Bandara, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Terminal Cijulang dengan menggunakan Bus jurusan Banjar, dan turun di Obyek Wisata Pantai Karang Nini.

Peta Menuju Pantai Karang Nini

Hotel Terdekat dari Pantai Karang Nini

Ada banyak penginapan yang bisa anda kunjungi ketika berlibur di Pantai Karang Nini. Diantaranya adalah,
1. Java Lagoon Hotel
2. Uni Beach Hotel
3. Riversider Hotel

Tips Berwisata ke Pantai Karang Nini

Karena letak pantai ini yang ada dibalik hutan belantara, sebaiknya anda menjaga kondisi kesehatan khususnya fisik. Selain itu, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi agar lebih leluasa dalam berwisata.

Tentunya anda harus mematuhi semua peraturan yang ada di Pantai Karang Nini seperti jangan membuang sampah sembarangan, jangan mengotori lautnya, dan lain-lain. Jika ada waktu lebih untuk berkunjung, disarankan untuk mencoba camping disini.