" />

Pangandaran Jawa Barat mempunyai pesona alam yang menakjubkan. Salah satu pesona alam yang menakjubkan di Kabupaten Pangandaran adalah pantai Madasari yang tepatnya terletak di Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Kecamatan Cimerak termasuk wilayah pelosok karena jaraknya yang jauh sekitar 50 KM dari pantai Pangandaran.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena jauhnya jarak dari kota akan terbayar dengan pesona keindahan Pantai Madasari. Selain itu di sepanjang jalan menuju pantai juga disuguhkan pesona keindahan alam yang asri dan menyejukkan mata.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Madasari

Pantai ini masih belum banak dikenal orang sehingga harga tiketnyapun masih tergolong murah meriah. Untuk pengendara beroda dua cukup membayar Rp. 7000 sedangkan roda empat Rp 25.000,- untuk bus kecil Rp 110.000,- sedangkan bus besar Rp 160.000,-. Dengan harga segitu Anda sudah dapat menikmati pesona Pantai Mandasari yang terkenal natural dan unik ini.

Daya Tarik Pantai Madasari

1. Berselancar

Berselancar di Pantai Madasari

Karena ombaknya yang cukup besar membuat pantai ini cocok untuk olahraga surfing atau berselancar. Bagi para pecinta surfing akan sangat menikmati keseruan liburan di pantai Madasari. Tak hanya surfing, Anda juga dapat berenang bermain dengan ombak yang mendayu-dayu.

2. Banyak pulau kecil

Di sepanjang pantai masih banyak pulau kecil yang dapat dikunjungi atau sekedar dinikmati keelokan dan keasrian pemandangannya. Anda dapat melihat keasrian laut yang jernih dan banyak terumbu karang beserta ikan-ikan kecil di atas permukaan pulau. Selain itu angin yang berhembus semilir juga akan melengkapi syahdunnya liburan.

3. Pemandangan yang masih natural

Pemandangan di Pantai Madasari Pangandaran ini masih tergolong alami atau natural. Pasalnya pantai ini belum banyak pengunjungnya sehingga alamnya belum banyak dipermak dan masih segar lagi bersih. Biasannya pantai yang padat pengunjung akan cenderung lebih kotor karena sampah-sampah bekas makanan atau minuman dibuang sembarangan.

4. Sunset dan sunrise

Sunset dan Sunrise Pantai Madasari

Tak hanya pemandangan alam yang masih natural, pesona siliet sunrise dan sunset tak kalah menarik. Anda dapat mendokumentasikan gambar sunset atau sunrise bersama dengan keheningan dan kedamaian alam pantai Madasari. Pesona alamnyapun akan terbawa dalam satu warna ketika matahari terbit dan terbenam.

5. Banyak pohon ketapang

Biasannya alam pantai sangat ikonik dengan pohon kelapa atau rotan yang berjajar di sepanjang pasir agak sedikit menjorok dari bibir pantai. Tetapi tidak untuk pantai Madasari Pangandaran ini. Di sepanjang pantai banyak terdapat pohon ketapang yang membuat keadaan alamnya sangat natural dan unik dari pantai-pantai yang lain.

6. Banyak hewan langka

Banyak Hewan Langka

Menurut warga sekitar di sekitar kawasan pantai Madasari masih terdapat beberapa hewan yang hampir punah seperti Cangehgar dan ayam hutan. Hal tersebut mengundang rasa penasaran tersendiri bagi wisatawan terutama yang mempunyai hobi menjelajah dari satu kawasan ke kawasan lain.

7. Fasilitas memadai

Fasilitas Memadai di Pantai Madasari

Walaupun belum banyak pengunjung, Pantai Madasari ini cukup mempunyai fasilitas yang memadai seperti tempat makan, toilet, mushola tempat ibadah dan berbagai alat yang disewakan untuk kenyamanan pengunjung. Jika ada banyak fasilitas tambahan kemungkinan pantai ini akan semakin padat oleh pengunjung, pasalnya pengunjung pantai tidak hanya menyaksikan pemandangan alam melainkan juga ingin beraktifitas lain seperti selancar atau camping.

8. Bersih

Pantai Madasari Pohon Ketapang

Karena belum banyak pengunjung yang mendatangi pantai ini, kawasan Pantai Madasari cenderung masih alami dan bersih dari sampah makanan atau minuman. Dengan keadaan yang seperti ini akan menambah kenyamanan tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun interlokal. Dengan lingkungan yang bersih kawasan pantai juga lebih enak dipandang.

9. Meditasi

Siapa yang ingin menengankan pikiran dapat berkunjung di Pantai ini,pasalnya pantai Madasari masih belum banyak dikenal dan sepi pengunjung. Anda dapat merasakan keheningan dan kedamaian alam, suasana, udara yang segar dan sejuk, angin yang semilir, beserta suara aliran air dan kicauan burung sambil meditasi.

10. Hunting foto

Hunting Foto di Pantai Madasari

Setelah menikmati pesona keindahan alam beserta segala fasilitasnya, jangan lupa mendokumentasikan gambar liburan Anda dengan kamera atau handphone. Akan sayang sekali jika hal itu terlewat pasalnya keindahan alam pantai ini masih sangat natural dan penuh keunikan.

Bagi Anda yang hobi dalam fotografi juga dapat mencari pekerjaan tambahan dengan mengambil setiap gambar yang ada dan membuat website sendiri atau mengambil gambar orang lain dan mencetak kemudian menjualnya kepada orang yang bersangkutan jika ingin membeli gambarnya.

Fasilitas di Pantai Madasari

Pemandangan yang disuguhkan di Pantai ini massih sangat natural karena belum banyak dijamah oleh pengunjung. Pasalnya lokasinnya masih termasuk daerah pelosok dari kota Pangandaran. Namun bagi wisatawan yang mengharapkan suasana berlibur yang tenang sangat cocok datang ke tempat ini. Pantai ini juga masih tergolong bersih dari sampah-sampah para pengunjung, sehingga menambah kenyamanan tersendiri.

Di sepanjang pantai Anda dapat menyaksikan pulau-pulau kecil yang masih sangat elok. Tidak hanya itu deretan pohon ketapang juga membuat pantai ini menjadi unik dan lain dari yang lain. Ombaknya yang cukup besar sangat cocok digunakan untuk berselancar. Anda juga dapat berenang menikmati desiran ombak dan pasir pantai dengan teman-teman akan menambah keseruan liburan.

Akses dan Rute Menuju Pantai Madasari

Pantai ini berlokasi tepatnya di Jl. Pantai Wisata, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Untuk mencapai pantai ini dari pusat kota menuju keccamatan Cimerak Anda akan melewati Pantai Batu Hiu, kemudian lanjut menuju arah Legokjawa, Lanjut belok ke kiri menuju Bulakbenda dan sampailah di Panta Madasari.

Peta Menuju Pantai Madasari (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Madasari

  1. Penginapan sodong gede
  2. Pondok pesona Ekonomi
  3. Homestay si kembar AC
  4. Villa attan AC
  5. Penginapan ranca arang
  6. Homestay tropikal ekonomi

Tips berwisata

  1. Sebelum memutuskan akan berwisata carilah berbagai informasi tentang wisata tujuan yang anda minati, kumpulkan segala informasi.
  2. Jika Anda akan berwisata dengan keluarga atau teman-teman rencakanakan perjalanan wisata matang-matang dengan segala persiapannya.
  3. Persiapkan budget dengan cukup karena di tempat wisata godaan belanja sangatlah besar
  4. Bawalah barang-barang secukupnya jangan membawa perhiasan atau uang tunai berlebihan karena menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecopetan dan lain-lain.
  5. Jangan lupa membawa kamera fotografi yang bagus untuk mengambil spot-spot yang bagus di tempat wisata
  6. Cari informasi bahwa tempat wisata yang dituju sudah benar-benar aman untuk dikunjungi, baik itu aman dari bencana maupun pencopet.
  7. Pastikan sebelum bepergian rumah aman baik isi seperti barang dan surat-surat berharga, kompor dimatikan, kran dimatikan, kalau perlu titipkan rumah pada orang terdekat yang dapat diperaya.
  8. Bawa obat-obatan yang perlu dibawa yang kemungkinan tidak terdapat di area tempat wisata apalagi jika Anda menderita sakit tertentu hal ini sangatlah penting.
  9. Cari informasi tentang hotel atau penginapan terdekat yang aman dan nyaman jika Anda ingin berwisata dalam beberapa hari.
  10. Carilah agen wisata yang sudah terpercaya jika anda ingin memakai jasa agen.

Baca Juga :  D09