" />

Keindahan pantai ini sudah banyak orang yang mengetahuinya, sehingga pantai inipun sudah ramai pengunjungnya. Ciri khas Pantai Batu Hiu adalah sebuah karang yang menyerupai ikan hiu atau sirip hiu. Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan menaiki bukit kecil.

Pintu masuk ke bukit ini menyerupai terowongan yang berbentuk ikan hiu, sehingga membuat para pengunjung seolah-olah masuk ke dalam mulut ikan hiu. Dari sini anda dapat melihat indahnya Samudra Indonesia dan melihat karang yang berbentuk sirip ikan hiu yang menjadi ikon pantai ini.

Dengan suara deburan ombak yang besar dan semilir angin serta pemandangan laut lepas yang indah, akan membuat anda betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini. Sejak tahun 1980 pantai ini sudah di jadikan lokasi syuting beberapa film seperti Brahma Kumbara, dan film Nyi Roro Kidul. Pantai Batu Hiu terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat yang berjarak kurang lebih sekitar 14 km dari Pangandaran ke arah selatan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Batu Hiu

Harga tiket masuk untuk pejalan kaki Rp 5.800,- / orang. Harga tiket masuk untuk sepeda motor Rp 13.500,- / motor. Harga tiket masuk untuk Mobil Jeep / Sedan Rp 34.000,- / mobil. Harga tiket masuk untuk mobil carry Rp 65.000,- / mobil. Harga tiket masuk untuk Bus Kecil Rp 122.000,- / Bus Sedang Rp 186.000,- / Bus Besar Rp 307.000,- / bus.

Harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, harga ini hanya dapat anda gunakan untuk menjadi perkiraan harga. Untuk pembelian tiket, anda bisa langsung membelinya di loket pintu masuk pantai atau melalui jasa tour jika menggunakan paket wisata.

Daya Tarik Wisata Pantai Batu Hiu

1. Pemandangan Laut Selatan

Selain terkenal dengan batu karang yang berbentuk ikan hiu atau sirip ikan hiu, pantai ini memiliki sisi keindahan lain seperti pemandangan laut lepas Samudra Indonesia dengan gulungan ombak yang besar dan semilir angin, karang-karang besar lainnya yang menjulang indah di tepi pantai.

Pemandangan matahari terbenam atau sunset di pantai ini juga tak kalah indah dengan pantai lainnya. Anda bisa menghabiskan waktu menunggu senja dengan melakukan beragam aktivitas yang tersedia di sini ataupun hanya duduk santai sambil berfoto bersama keluarga ataupun teman-teman anda.

2. Konservasi Penyu

Konservasi Penyu Batu Hiu

Di pantai ini terdapat sebuah penangkaran Penyu Hijau yang dikelola oleh Kelompok Pelestari Biota Laut (KPBL) Batu Hiu. Konservasi penyu ini termasuk ke dalam wisata edukasi, dimana para pengunjung dapat mengetahui dan mempelajari cara perkembang biakan penyu hijau serta mengetahui jenis-jenis penyu.

Para pengunjung juga bisa memegang dan memberi makan penyu-penyu hijau tersebut. Jika anda berkunjung pada waktu yang tepat, anda juga diperbolehkan untuk turut serta dalam pelepasan anak-anak penyu dengan cara menggiring perlahan anak-anak penyu tersebut ke tepi pantai lalu anak-anak penyu itu akan berenang ke tengah laut.

3. Makam Keramat

Makam Keramat Pantai Batu Hiu

Di Pantai Karang Hiu juga terdapat petilasan yang berupa makam keramat. Makam keramat tersebut terletak di sebelah utara bukit. Memurut kepercayaan warga sekitar, pantai ini merupakan tapak petilasan orang-orang sakti pada zaman dahulu kala yang masih berkaitan dengan legenda Karang Batu Hiu.

4. Goa Seni

Di pantai ini juga terdapat sebuah goa yang berbentuk batu karang dan memiliki aura mistis yang disebut dengan Goa Seni. Tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan Goa Seni ini, karena akses yang sukar dilewati. Anda harus melalui Deburan ombak yang besar yang mengarah ke lautan lepas.

Menurut warga sekitar, goa ini dijadikan tempat petilasan bagi para seniman yang ingin mencapai kesuksesan dan kejayaan karirnya. Mereka biasanya melakukan ritual tirakat di Goa Seni ini.

5. Pusat Perbelanjaan

Pusat Perbelanjaan di Pantai Batu Hiu

Bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh atau souvenir, bisa mampir ke pusat perbelanjaan di sekitar pantai. Di sini juga menjual kaos yang bergambarkan atau bertuliskan Pantai Karang Hiu, celana-celana santai, aksesoris khas nuansa laut yang terbuat dari kerang, udang dan kepiting.

6. Kuliner

Kuliner Pantai Batu Hiu

Di sekitaran pantai juga sudah banyak terdapat tempat makan yang menjual makanan khas olahan laut atau seafood. Hampir semua menu laut ada di sini seperti, Lobster, aneka udang (udang dogol dan udang jerbung), cumi, rajungan, kepiting dan aneka ikan (kakap, bawal, krapu, baronang) dan lainnya.

Seperti olahan cumi yang dipotong kecil yang kemudian dibalut dengan tepung, telur, mentega dan rempah-rempah yang kemudian digoreng sampai garing dan renyah. Dagingnya lembut dan masih fresh langsung dari laut yang membuat anda ingin mencicipi semua makanan di sini.

Meskipun restoran di sekitar sini memiliki rasa yang enak tetapi untuk harga sangat terjangkau. Namun untuk harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim liburan peak season atau low season.

Baca JugaPantai Pangandaran, Pantai di Tanah Sunda yang Favorit!

Fasilitas di Pantai Batu Hiu

Untuk fasilitas, pantai ini sudah terbilang lengkap. Sudah tersedia mushola bagi orang-orang muslim yang akan menunaikan kewajibannya, toilet umum yang dibutuhkan hampir semua pengunjung, posko tim SAR yang akan membantu para pengunjung jika terjadi sesuatu yang membahayakan di sekitaran pantai ini. Bagi para pengunjung yang ingin menginap atau bermalampun sudah banyak tersedia hotel, villa, homestay atau guest house.

Akses dan Rute Menuju Pantai Batu Hiu

Bagi anda yang ingin mengunjungi Wisata Pantai Batu Hiu ini, anda dapat mengakses lokasi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda harus berada di Pangandaran terlebih dulu sebagai titik awal rute perjalanan.

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Dari Bandung atau Jakarta: Anda dapat menempuh rute ke arah Nagreg kemudian melaluit Tasik, Ciamis dan Banjar. Tetapi sebelum Kota Banjar, anda dapat belok kanan untuk memotong jalan melalui terminal. Kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Parigi dan Cijulang.

Kemudian anda akan tiba di Desa Ciliang yang ada jembatan dan tugu ikan hiu dan memiliki dua buah tiang yang bertuliskan “Batu Hiu”, lalu anda ambil kiri dan ikuti saja terus rute tersebut hingga sampai di lokasi wisata.

2. Menggunakan Kendaraan Umum

Jika anda mengunjungi Pantai Batu Hiu menggunakan kendaraan umum, anda bisa pergi ke Terminal Kampung Rambutan atau Terminal Grogol di Jakarta. Kemudian anda bisa turun di Terminal Pangandaran dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus yang berukuran sedang ke arah Cijulang. Anda dapat turun di Terminal Cijulang dan melanjutkan perjalanan lagi menggunakan ojek sampai lokasi wisata yang berjarak kurang lebih sekitar 8.1 km.

Sebelum anda memasuki area wisata pantai, anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Sesampainya di lokasi anda dapat langsung parkir kendaraan. Di sini terdapat 2 lokasi parkir, ada yang di sebelah timur dan barat.

Peta Menuju Pantai Batu Hiu (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Batu Hiu

– Tom’s BUngalow
– Java Lagoon Hotel
– The Ermajas Pavilion Batu Karas
– Zahra Homestay
– Rumah Raja Java
– HR Homestay
– JavaCove Beach Hotel
– Shane Josa Resort Batu Karas
– Eunike Surf Cottage
– Marlon’s Rest Homestay

Tips Berwisata ke Pantai Batu Hiu

1. Untuk menuju ke pantai Batu Hiu ini anda harus memhatikan marka atau petunjuk jalan yang ada.
2. Disarankan untuk tidak berenang di pantai ini karena kekuatan ombak yang cukup membahayakan keselamatan
3. Di pantai ini biasanya banyak terdapat ubur-ubur terutama di sepanjang pesisir pantai, jadi anda perlu hati-hati ketika bermain air.