11+ Makanan Khas Spanyol (Selain Churros!)

Spanyol adalah negara yang sangat terkenal bagi para traveler. Melancong ke negara ini adalah impian dari banyak orang. Spanyol secara geografis adalah negara yang berada di kawasan Benua Eropa.

Wilayah ini sudah sangat familiar dan terkenal dengan destinasi wisata serta teknik sepak bola tiki taka. Menariknya Anda juga akan menjumpai berbagai makanan khas Spanyol yang juga terkenal kelezatannya.

Menu Makanan Khas Spanyol (Cari di Indonesia!)

1. Cream Catallina

makanan khas spanyol adalah

Makanan ini seperti creme brulle namun versi Spanyol. Rasanya yang segar membuat banyak orang ketagihan menikmati hidangan ini.

Beberapa restoran atau cafe yang menyediakan makanan ini biasanya menyajikan cream catallina ini sebagai hidangan penutup. Setelah menyantap hidangan utama yang berat akan terasa lebih nikmat jika Anda mencicipi menu ini.

2. Pan Con Tomate

makanan khas spanyol yang halal

Dilihat dari namanya tentu sudah bisa menebak jika makanan ini menggunakan tomat sebagai bahan pembuatannya. Memang benar bahwa bahan utamanya adalah roti dan tomat.

Tampilannya mirip dengan roti bakar pada umumnya namun menggunakan topping dari tomat yang dihaluskan. Roti beserta topping kemudian dipanggang dalam oven yang panas.

Tekstur makanan ini renyah pada bagian luar rotinya dan lembut di bagian dalamnya. Rasanya gurih dipadu dengan rasa tomat yang khas menciptakan cita rasa yang berbeda.

Walaupun hidangan ini sederhana namun mampu memikat hati para pengunjung yang datang. Anda bisa menikmati makanan ini di beberapa food court atau cafe yang banyak terdapat di Spanyol.

3. Churros Con Chocolate

makanan khas spanyol mani

Hidangan yang satu ini pasti sudah banyak dikenal oleh orang banyak. Bukan hanya di Spanyol namun menu ini banyak dijumpai juga di Indonesia.

Walaupun begitu Anda tetap harus mencoba churros asli Spanyol apabila berkunjung. Churros ini disajikan dengan saus coklat yang manis dan lezat. Hampir semua cafe yang ada di Spanyol menyediakan hidangan otentik ini.

4. Etelek Paella Spanyol

makanan khas spanyol yang terkenal

Paella ini jika di Indonesia lebih mirip dengan nasi goreng seafood. Hal yang membedakan dengan paella Spanyol ini adalah campuran lauk yang digunakan.

Masakan ini menggunakan jumlah lauk dari berbagai macam seafood yang lebih banyak dibandingkan dengan nasinya. Beberapa tempat menyajikan makanan ini dengan dipadukan udang segar yang gurih.

5. Fabada Asturiana

ciri khas makanan spanyol

Berkunjung ke Spanyol belum terasa lengkap tanpa Anda mencoba makanan yang satu ini. Bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana namun memiliki cita rasa yang unik.

Fabada ini terdiri dari campuran sosis,chorizo dan kacang yang dimasak dalam kuah kental. Biasanya penyajiannya menggunakan mangkuk tradisional. Tampilannya memang sederhana namun sekali Anda mencoba pasti akan ketagihan.

6. Mallorcan Tumbet

makanan jajanan khas spanyol

Makanan ini termasuk dalam daftar masakan tradisional yang masih dilestarikan. Hidangan ini termasuk jenis makanan modifikasi dari jenis tapas. Mallorcan tumbet menggunakan bahan utama seperti tomat, minyak zaitun, dan cabai. Rasanya cukup pedas namun tetap lezat untuk dinikmati bersama.

Anda bisa menyantap makanan ini begitu saja atau dipadukan dengan roti. Banyak restoran yang masih menyajikan hidangan ini.

7. Tigres

makanan manis khas spanyol

Tigres adalah makanan unik Spanyol yang dibuat dari campuran seafood. Bahan-bahan tersebut digiling halus dan dicampur dengan bumbu khusus.

Setelah bahan siap kemudian dipanggang dengan tambahan keju parmesan di dalamnya. Rasa gurih dan lezat dari seafood ditambah dengan rasa keju menjadikan hidangan ini begitu lezat saat disantap.

8. Pulpo a la Gallega

makanan khas valencia spanyol

Hidangan seafood banyak digunakan sebagai menu makanan di Spanyol ini. Pulpo a la gallega ini juga termasuk salah satunya. Bahan bakunya menggunakan daging gurita.

Uniknya adalah daging ini tidak mengeluarkan bau amis seperti aroma seafood pada umumnya. Gurita ini dilengkapi dengan taburan bubuk cabai, garam dan minyak zaitun. Rasa inilah yang membuat hidangan ini banyak disukai.

Pulpo a la gallega ini mempunyai kuah yang sedikit namun sangat terasa aromanya. Minyak zaitun yang digunakan membuat rasa kuah dan dagingnya menjadi gurih dan lezat. Daging gurita juga dimasak dengan tingkat kematangan yang sempurna sehingga tidak alot dan mudah untuk dikunyah. Bagi Anda yang mungkin tidak begitu suka seafood cobalah mencicipi makanan ini.

9. Patatas Bravas

makanan kontinental khas spanyol

Jika Anda berkunjung ke Spanyol cobalah menikmati camilan lezat dari kentang ini. Pada dasarnya makanan hampir sama dengan kentang goreng pada umumnya. Ada hal yang membedakannya adalah potongan kentang yang di bentuk segi empat bukan panjang-panjang. Penyajiannya juga cukup sederhana yaitu dengan bumbu pedas atau mayones.

Bagi Anda yang tidak menyukai pedas juga bisa menikmati hidangan ini tanpa bumbu pedas. Rasanya tidak kalah enak karena memang kentang yang digunakan adalah kentang pilihan dan diberikan bumbu khusus. Proses penggorengannya juga berbeda agar menghasilkan tekstur kentang yang renyah namun tetap lembut ketika dikunyah.

10. Tortilla Espanolla

makan khas spanyol

Kuliner yang satu ini bentuknya seperti pizza. Bahan baku utamanya adalah kentang dan telur yang dicampur. Kentang dicuci bersih kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk. Setelah bahan tersebut siap dilanjutkan dengan mencampurnya dengan telur.

Semua bahan dimasak pada pinggan bulat sesuai ukurannya. Rasa tortilla ini lezat dan bisa Anda nikmati sambal minum kopi dan menikmati suasana yang ada.

11. Albondigas

makanan khas spanyol tts

Jika Anda pernah membuat meatball kira-kira seperti itulah bentuk hidangan ini. Bahan baku utamanya memang terbuat dari daging giling yang diberikan bumbu khusus.

Rasa kudapan ini begitu masuk di mulut terasa lezat dan nikmat. Paduan daging dan saus menambah nikmat makanan ini. Bagi Anda yang menyukai daun bawang bisa menaburkan beberapa iris daun bawang diatasnya.

12. Empanadas

makanan khas spanyol di indonesia

Empanadas ini bentuknya mirip dengan pastel. Untuk isiannya menggunakan tumbukan daging sapi yang dicincang halus dan dicampur dengan potongan kentang.

Untuk menambahkan rasa nikmat diberikan bumbu rahasia. Setelah bahan siap kemudian digoreng hingga matang. Makanan ini biasanya dijadikan cemilan yang dilengkapi dengan saus.

Anda tidak hanya bisa menjumpai makanan ini di cafe atau restoran. Banyak sekali penjual jalanan yang membuat dan menjual makanan ini. Sambil jalan-jalan Anda bisa menyantap makanan ini sebagai teman perjalanan Anda. Ukurannya tidak terlalu besar dan pas sebagai cemilan yang lezat.

13. Gazpacho

makanan khas spanyol dan cara membuatnya

Apakah Anda suka menikmati sup tomat. Jika iya Anda perlu mencoba mencicipi sup tomat dingin versi Spanyol ini. Terbuat dari tomat segar uang ditumbuk kasar dan diberikan beberapa bumbu untuk menambah kenikmatannya.

Jika sup selalu dihadirkan dalam kondisi hangat maka untuk gazpacho ini disajikan dalam kondisi dingin. Walaupun begitu rasanya tetap nikmat dan lezat.

Sebagai negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan semakin membuat Spanyol menampilkan sisi kuliner yang berbeda. Tampilan makanan khas Spanyol yang lezat dan unik juga menjadi daya tarik wisatawan untuk mampir mencicipi hidangan yang ada.

Tidak heran jika negara ini selalu menjadi tujuan liburan yang seru. Ditempat ini Anda bisa mendapatkan pengalaman traveling yang seru dan kuliner yang unik.

Leave a Comment

error: Content is protected !!