33+ Makanan Khas DKI Jakarta Selain Kerak Telor!

Wah, sepertinya Anda sedang bingung makanan khas Jakarta mana yang perlu Anda coba ketika berkunjung ke sana selain Kerak Telor.

Anda sangat beruntung sekali sudah mengunjungi halaman ini, karena di sini kita akan membahas tentang makanan khas DKI Jakarta beserta penjelasannya. Yuk, simak informasinya lebih lanjut.

Makanan Khas DKI Jakarta Betawi

1. Ketoprak

makanan khas dki jakarta di padang
Makanan khas Jakarta paling terfenomenal sepanjang masa yang bernama Ketoprak ini wajib banget untuk dinikmati ketika berada di Jakarta.

Makanan yang terdiri dari ketupat, tahu, bihun dan tauge ini sungguh lezat, apalagi dengan siraman bumbu kacang yang siap menggoyang lidah Anda.

2. Semur Jengkol

makanan khas dki jakarta dan penjelasannya
Pecinta jengkol mari segera merapat ke lapak-lapak semur jengkol yang ada di Jakarta. Karena semur jengkol khas Jakarta merupakan semur jengkol paling nikmat.

Anda tidak akan menemukan bau khas jengkol sama sekali karena cara mengolahnya menggunakan teknik yang benar. Jadi hanya akan tertinggal rasa lezatnya saja.

3. Laksa Betawi

makanan khas dki jakarta di bandung
Makanan khas DKI Jakarta adalah makanan yang menjadi ciri khas kota ini. Misalnya Laksa Betawi ini.

Makanan yang terbuat dari mie ini sudah sangat terkenal di Jakarta, sehingga membuatnya sering menjadi kuliner paling dicari oleh para wisatawan. Laksa Betawi merupakan sajian mie kuah yang beri tambahan seafood sesuai pesanan Anda.

4. Lontong Sayur

Lontong Sayur

Kalau makanan satu ini bisa Anda temui dengan mudah di pinggir jalanan Jakarta, terutama pada pag hari karena banyak yang menjualnya.

Lontong sayur merupakan santapan nikmat yang cocok dijadikan sarapan. Bahkan warga Jakarta sendiri sangat gemar sarapan dengan makanan khas ini.

5. Nasi Uduk

makanan khas dki jakarta hits
Nasi paling terkenal di Nusantara yaitu Nasi Uduk juga merupakan salah satu makanan khas Jakarta.

Nasi yang memiliki rasa gurih karena dicampur dengan santan ini dapat Anda jadikan menu sarapan ketika berada di Jakarta. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memilih lauk sesuai keinginan Anda.

6. Nasi Ulam

makanan khas dki jakarta paling murah
Tidak hanya nasi Uduk yang menjadi kuliner nasi paling populer, di Jakarta juga ada nasi Ulam yang super nikmat.

Penampilan dari nasi ini hampir sama dengan nasi campur pada umumnya, tetapi Anda bisa menambah lauk sesuai keinginan Anda juga. Paling nikmat ya lauk daging semur potong dan bihun.

7. Ketupat

makanan khas dki jakarta di maluku
Ketupat memang dapat ditemukan di mana-mana, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba ketupat khas Jakarta ini.

Orang-orang Betawi menjadikan makanan ini menjadi hidangan wajib ketika Lebaran tiba. Tapi tenang saja, karena Anda dapat menikmatinya di warung makan yang ada di Jakarta tanpa harus menunggu Lebaran tiba.

8. Soto Betawi

makanan khas dki jakarta beserta gambarnya
Selain makanan khas DKI Jakarta Kerak Telor yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan, soto Betawi juga tidak mau kalah.

Soto Betawi merupakan sajian kuliner yang menggunakan kuah santan dan kuah susu. Isian dalam makanan ini ada daging sapi, tomat yang dipotong dadu, kentang dan juga seledri.

9. Soto Tangkar

makanan khas dki jakarta dan cara membuatnya
Soto Tangkar juga tidak kalah nikmat dari soto-soto lainnya di kota Jakarta. Selain itu Soto Tangkar juga tidak sama dengan soto-soto lainnya karena isian yang digunakan adalah iga sapi.

Anda akan merasakan kelembutan iga sapi dari Soto Tangkar ketika mencicipinya.

10. Sayur Babanci

makanan khas dki jakarta enak
Makanan khas Betawi ini biasanya sangat mudah ditemukan pada saat bulan Ramadhan dan Lebaran tiba.

Karena sayur Babanci sangat cocok dijadikan menu buka puasa yang nikmat. Meskipun namanya Sayur Babanci, Anda tidak akan pernah menemukan sayur di dalamnya.

11. Sayur Besan

karakteristik makanan khas dki jakarta
Sayur Besan merupakan hidangan yang biasanya disajikan dalam acara pesta pernikahan adat di Betawi. Akan tetapi kenikmatan sayur ini masih bisa Anda rasakan di hari biasa karena sudah sangat banyak yang menjualnya di warung-warung makan.

12. Roti Buaya

makanan khas dki jakarta terkenal
Tidak perlu ditanya lagi kalau tentang makanan satu ini, karena Roti Buaya sudah sangat terkenal di Indonesia. Roti khas Betawi yang berbentuk menyerupai buaya ini banyak ditemukan di acara-acara pernikahan adat Betawi.

Akan tetapi kini Anda bisa menikmatinya tanpa harus menunggu adanya pesta tersebut karena di pusat oleh-oleh sudah ada.

13. Roti Gambang

makanan khas dki jakarta favorit
Tidak hanya roti Buaya saja yang terkenal, ada juga Roti Gambang yang selalu dicari para wisatawan.

Roti yang berwarna coklat ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan gula merah dan ditambah dengan resep rahasia lainnya. Kuliner roti satu ini sangat cocok untuk disajikan di acara kumpul santai bersama keluarga.

14. Asinan Betawi

makanan khas dki jakarta di purwokerto
Para pecinta kuliner khas Jakarta Betawi pasti sudah sangat mengenal kuliner satu ini. Asinan Betawi memang sudah tidak asing lagi karena telah menjadi kuliner legendaris yang hingga kini masih banyak penggembarnya.

Karena penjelasan setiap kuliner disajikan beserta gambarnya, Anda dapat melihat penampilan Asinan Betawi digambar ya.

15. Kue Cucur

makanan khas dki jakarta di semarang
Beralih ke makanan ringan berbentuk kue, Jakarta juga punya kue khas yang nikmat yaitu kue cucur.

Kue ini merupakan kue tradisional khas Betawi yang sangat mudah untuk dijumpai, apalagi jika Anda berkunjung ke pasar-pasar tradisional di Jakarta. Kue yang terbuat dari campuran tepung beras dan gula ini memiliki rasa yang manis tapi tidak eneg loh.

16. Kue Rangi

makanan khas dki jakarta di jawa timur
Kuliner kue selanjutnya adalah kue Rangi. Jajanan tradisional khas Betawi ini masih banyak ditemukan di Jakarta karena memang peminatnya juga masih banyak.

Selain itu, kue yang terbuat dari campuran kelapa parut dan tepung sagu ini dijual dengan harga yang terjangkau.

17. Kue Cente Manis

makanan khas dki jakarta di malang
Selain Kue Rangi dan kue Cucur ada lagi kue Cente Manis khas Betawi. Jajanan tradisional manis ini terbuat dari tepung Hunkwe, santan, gula dan tambahan bulir cente manis. Itulah mengapa jajanan nikmat ini diberi nama Kue Cente Manis.

18. Kue Talam

makanan khas dki jakarta di jawa barat
Kue satu ini juga termasuk dalam barisan kue tradisional khas Betawi yang rasanya sudah tidak diragukan lagi.

Kue ini sangat mudah ditemukan dimana saja di Jakarta, bahkan kini sudah banyak diproduksi di kota-kota lain sebagai makanan kecil untuk acara-acara pesta. Kue Talam dibuat dengan cara tradisional juga dan menggunakan bahan baku tepung beras dan sagu.

19. Kue Pancong

makanan khas dki jakarta di bali
Kalau kue satu ini pasti Anda sudah pernah mendengarnya. Kue Pancong sangat identik dengan kota Jakarta dan Betawi.

Jika ada wisatawan yang datang ke kota ini pasti akan mencari kue Pancong untuk cemilan sore hari. Karena memang kue pancong sangat cocok untuk cemilan santai pada sore hari.

20. Kue Lupis

makanan khas dki jakarta di ntt
Kue Lupis yang manis memang selalu membuat air liur menetes ketika melihatnya.

Kue yang dibuat dari bahan dasar tepung ketan yang dibalut dengan daun pisang segar kemudian dikukus. Jajanan ini disajikan dengan siraman sirup gula aren dengan sentuhan akhir taburan kelapa parut.

21. Kue Geplak

makanan khas dki jakarta di jogja
Makanan yang terbuat dari beras pera yang digiling halus lalu disangrai ini dinamakan Kue Geplak. Kue Geplak menjadi jajanan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Jakarta, sehingga Anda wajib juga mencobanya.

22. Kue Ape

makanan khas dki jakarta di papua
Kue Ape hampir sama penampilannya dengan kue cucur, akan tetapi kue Ape berwarna hijau muda yang segar. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan sari pandan sebagai pewarna alami. Anda dapat menjumpai makanan tradisional ini di lapak-lapak yang ada di pinggir jalanan Jakarta.

23. Kue Cincin

makanan khas dki jakarta di boyolali
Kue cincin merupakan donat tradisional dari Betawi. Jajanan ringan tapi sedikit berlemak ini dapat Anda jumpai dengan mudah di pasar-pasar tradisional. Kue ini juga dibuat dengan bahan-bahan alami tanpa campuran kimia sehingga aman untuk dikonsumsi.

24. Putu Mayang

makanan khas dki jakarta paling favorit
Jajanan tradisional yang cantik dan juga nikmat ini juga patut Anda coba ketika di Jakarta. Putu mayang termasuk kue tradisional yang masih banyak dijual di pasar tradisional Jakarta. Cara membuatnya juga masih menggunakan cara tradisional tanpa bantuan alat modern.

25. Gethuk Lindri

makanan khas dki jakarta di jambi
Jika Anda mencari jajanan tradisional yang terbuat dari singkong, Gethuk Lindri dapat menjadi pilihan yang terbaik.

Sajian singkong rebus yang dihaluskan melalui proses penggilingan ini akan disajikan dengan warna-warni yang cantik dan taburan parutan kelapa yang segar.

26. Dodol Betawi

makanan khas dki jakarta di banjarmasin
Banyak dodol di jual bebas di mana-mana, tapi yang paling juara tetep dong ‘Dodol Betawi’. Dodol khas Jakarta Betawi ini sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya.

Anda akan dengan mudah menemukannya di pusat oleh-oleh yang terbesar di Jakarta. Makanan ini sangat cocok dijadikan buah tangan untuk orang-orang terkasih.

27. Kembang Goyang

makanan khas dki jakarta di nias
Inilah makanan ringan yang sangat cocok untuk buah tangan, yaitu Kembang Goyang. Makanan ringan yang bentuknya menyerupai bunga yang cantik ini sudah banyak diproduksi di Jakarta dan sekitarnya. Sehingga Anda akan sangat mudah menemukannya di pusat oleh-oleh.

28. Ayam Sampyok

makanan khas dki jakarta di blora
Jakarta juga punya kuliner yang mengandung unsur hewani, yaitu Ayam Sampyok. Kuliner ini menawarkan campuran cita rasa Tiongkok dan Betawi yang khas sehingga menyajikan makanan dengan rasa lezat. Makanan ini dimasak dua kali agar bumbu rahasia dapat meresap dengan sempurna.

29. Gabus Pucung

makanan khas dki jakarta di medan
Nah, kalau yang satu ini kuliner yang terbuat dari ikan Gabus. Jangan takut untuk menikmatinya, karena bau amis dari ikan Gabusnya sudah dinetralisir sehingga Anda tidak akan merasakannya. Sajian Gabus Pucung dilengkapi dengan kuah hitam pekat dari campuran kluwak.

30. Pindang Bandeng

makanan khas dki jakarta unik
Lezatnya pindang Bandeng juga menjadi kuliner khas favorit kota ini. Hidangan nikmat ini menyerupai semur akan tetapi terdapat tambahan belimbing wuluh yang menyegarkan. Bau bandeng yang khas tidak akan Anda jumpai karena sudah dihilangkan.

31. Bubur Ase

makanan khas dki jakarta di gorontalo
Bubur satu ini tidak sama dengan bubur pada umumnya karena toping dan kuahnya sangat berbeda. Bubur Ase menggunakan kuah gelap yang dihasilkan dari paudna dan kuah semur daging. Topingnya berupa potongan daging sapi dan kentang serta toping lainnya.

32. Sengkulun

makanan khas dki jakarta dan keterangannya
Hampir terlewatkan, Sengkulun juga merupakan jenis kue tradisional khas Betawi. Bentuknya mirip dengan kue keranjang akan tetapi tekstur atas kue ini lebih lunak dan lembut. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan gula merah yang kemudian dicampur dengan santan sehingga rasa gurihnya sangat terasa.

33. Gado-gado Betawi

makanan khas dki jakarta di bangka
Makanan khas DKI Jakarta Gado-gado Betawi merupakan makanan khas penutup pada informasi terkait makanan khas Jakarta ini. Anda tidak boleh melewatkannya ketika berada di Jakarta.

Makanan tradisional ini terbuat dari berbagai macam sayur yang direbus, kemudian disajikan bersama kentang, tahu, tempe dan telur yang disiram menggunakan bumbu kacang.

Bagaimana, sudah ada gambaran untuk kuliner mana yang akan Anda tuju? Coba saja semuanya, dijamin Anda akan kekenyangan dan terpuaskan. Selamat mencoba ya!

Leave a Comment