40+ Makanan Khas Riau dengan Gambar (Mantap!)

Dari berbagai makanan khas Riau ini Anda bisa menemukan referensi makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Riau menjadi daerah yang unik dengan menu makanan khas dari rempah lokalnya.

Terdapat puluhan makanan tradisional dan minuman khas yang wajib untuk dicoba. Anda juga bisa membawanya ketika akan kembali ke daerah asal. Oleh oleh khas dari Riau pun sangat mudah untuk ditemukan di sana.

Makanan Khas Riau Beserta Gambar

1. Bolu kemojo

makanan khas riau di maluku

Bolu kemojo bias menjadi makanan khas Pekanbaru yang bisa dibawa pulang. Tentunya, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan bolu ini. Rasa yang diciptakan pun cukup unik sehingga cocok untuk jadi camilan yang nikmat.

Untuk rasa dari bolu berfariasi dimulai dari rasa durian, jagung, coklat, dan pandan. Harga bolu kemojo sangat terjangkau dengan harga berkisar 15 sampai 25 ribu.

2. Viz cake

makanan khas riau adalah

Makanan ini memang tidak setradisional makanan lainnya di Riau. Hanya saja namanya memang cukup terkenal karena rasa dari cake nya yang sangat nikmat. Untuk tokonya berada di Jl. Jendral Sudirman nomor 16.

Di toko tersebut ada banyak sekali kue yang dijual termasuk kue rasa durian yang di bandrol sekitar 37 ribu. Terdapat rasa lain seperti durian original, pisang, bluberry, dan lain sebagainya.

3. Keripik nanas

makanan khas riau untuk oleh oleh

Kripik nanas bisa menjadi sensasi memakan kripik yang berbeda di Riau. Berbagai sudut di Pekan Baru Riau memiliki toko yang menjual keripik ini. Anda juga bisa mendapatkannya dengan harga yang murah berkisar 15 ribu per bungkusnya.

Selain keripik nanas, Riau juga memiliki keripik buah lainnya seperti apel dan nangka untuk harganya sekitar 15 sampai 17 ribu rupiah.

4. Dodol kedongdong

makanan khas riau di surabaya

Lazimnya buah kedongdong akan dijadikan sebuah pelengkap untuk rujak atau asinan. Hal itu berbeda dengan Riau yang mampu mengolah kedongdong menjadi sebuah dodol yang nikmat.

Dodolnya akan terasa sedikit asam dengan perpaduan bahan dodol lain yang manis. Untuk harga, dodol ini akan dibanderol sekitar 15 sampai 20 ribu rupiah dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

5. Durian cake

makanan khas riau di jawa timur

Ketika berkunjung ke Riau cobalah untuk mencicipi makanan ini. Cake dari durian ini memiliki rasa yang khas dan nikmat. Dengan teksturnya yang empuk makanan ini memang mirip dengan dodol.

Untuk membelinya bisa ditemukan di mana pun sepanjang sudut kota Riau.

6. Lopek bugi

latar belakang makanan khas riau

Saat ini sudah banyak orang yang mengenal lopek bugi berserta resepnya. Bentuknya memang cukup mungil namun rasanya tidak kalah nikmat. Dengan rasanya yang manis dan khas Anda bisa menemukannya dengan mudah di Riau.

Bahan utama pembuatannya menggunakan air pandan, santan, garam, tepung beras, dan pulut hitam. Untuk jenisnya ada pulut putih dan juga pulut hitam.

7. Salai ikan patin

makanan khas riau berupa nasi pulut yang dimasak di periuk bersama gula enau dan kelapa dinamakan

Makanan yang satu ini sedang menjadi sangat terkenal di kota Riau. Bahkan sudah menjadi salah satu ikon dan oleh oleh khas yang wajib di bawa pulang. Terdapat berbagai salai yang dibuat dari beragam ikan air tawar salah satunya ikan patin.

Nantinya ikan akan diolah dengan agar menjadi salai dengan cara di bakar menggunakan asap. Biasanya pembakaran akan memakan waktu hingga 24 jam.

8. Pastel ikan patin

makanan khas riau di jakarta

Selanjutnya adalah pastel ikan patin. Makanan ini ternyata sudah terkenal di berbagai daerah Indonesia hingga keluar negeri. Thailand menjadi negara yang mempopulerkan juga pastel seperti ini.

Tentunya isi dari pastel nikmat ini terdiri dari berbagai sayuran dan ikan patin. Di Pekanbaru, Anda bisa menemukan pastel ini di berbagai toko oleh-oleh khas di sana.

9. Kue bangkit

sambal nanas adalah makanan khas riau khususnya daerah

Sagu menjadi bahan utama dari pembuatan kue ini. Sagu yang terbuat dari ubi membuat makanan ini memiliki rasa yang khas. Bahkan, dapat ditelan hanya dengan tiga kali gigitan di mulut.

Kue ini sangat populer untuk dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung di Pekanbaru. Rasa manisnya yang khas membuat orang banyak membeli dengan jumlah yang lumayan banyak.

10. Roti jala

makanan khas riau cemilan

Sesuai dengan namanya, bentuk roti ini memang mirip dengan jala yang sering digunakan untuk menangkap ikan. Makanan unik ini menjadi khas dan ikon Pekanbaru yang cocok untuk dimakan di tempat atau dijadikan oleh-oleh.

Biasanya, warga setempat akan memakan roti ini dengan ragam kuah seperti kari atau durian. Anda juga dapat membeli roti ini tanpa kuah dengan harga 70 ribu per kilo.

11. Amplang tenggiri

makanan khas riau di bangka

Amplang tenggiri menjadi menu kegemaran warga sekitar dan wisatawan di Pekanbaru. Tentunya, rasa dari amplang ini begitu lezat hingga tidak boleh terlewatkan.

Tekstur dari amplang ini sangat renyah sehingga cocok untuk dijadikan sebagai camilan yang nikmat. Biasanya untuk harga dari amplang ini dengan ukuran sedang dijual seharga 23 ribu dan yang besar mencapai 44 ribu.

12. Kacang pukul

makanan khas riau resep

Namanya memang terdengar unik begitu pun dengan rasanya. Kacang ini wajib untuk Anda beli dari Pekanbaru sebagai ikon oleh-olehnya.

Untuk rasa dari kacang ini terasa sedikit unik meskipun mirip dengan makanan ting-ting. Kacang yang digunakan untuk pembuatan makanan ini adalah kacang tanah. Dengan rasa manis dan teksturnya yang begitu renyah sehingga cocok untuk dijadikan camilan.

13. Culut keju

makanan khas riau di solo

Untuk mencicipi makanan dengan cita rasa gurih, Anda bisa mencoba untuk membeli culut keju ini. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar tepung yang rasanya sangat gurih dan khas.

Untuk tekstur dari makanan ini sangat renyah dan cocok untuk dijadikan camilan. Jika Anda ingin membelinya harga makanan ini dijual dengan harga 48 ribu per tiga bungkus.

14. Roti canai Pekanbaru

makanan khas riau dan resepnya

Hampir seluruh wilayah di Sumatera akan memiliki hidangan khas roti canai ini. Sama seperti nasi lemak yang terdapat di berbagai daerah Sumatera. Untuk rasa dari roti ini terkenal dengan rasanya yang gurih.

Apalagi ketika di hidangkan akan disajikan bersama dengan kuah kari. Atau beberapa resto atau warung makan akan menambahkan daging kambing.

15. Bolu kemojo

makanan khas riau di ntt

Makanan ini sebenarnya dipopulerkan oleh perempuan bernama Dinawati sejak tahun 1998. Pada zaman dahulu bolu ini dikonsumsi untuk camilan pada saat kumpul bersama keluarga.

Hingga akhirnya penjualan dari bolu ini semakin meningkat. Sampai saat ini, bolu kemojo bukan hanya menjadi makanan khas bagi wisatawan saja. Bolu ini dapat ditemukan pada acara besar seperti pernikahan.

16. Cencaluk

makanan khas riau di kalimantan

Jenis hidangan ini tentunya tidak sembarangan di hidangkan di Pekanbaru. Biasanya, Cencaluk akan dihidangkan pada beberapa acara besar seperti pernikahan. Makanan ini menjadi makanan yang terkenal atau khas dari warga Melayu.

Untuk bahan masakannya, makanan ini terbuat dari udang yang telah dihaluskan. Terkenal akan gizinya karena kaya akan protein tinggi.

17. Asidah

makanan khas riau di lampung

Termasuk kedalam menu makanan kue, Asidah memang sudah cukup terkenal hingga saat ini. Kue ini memiliki tekstur yang begitu lembut dan rasanya yang manis.

Biasanya dibuat menggunakan rempah yang khas seperti kayu manis, pandan, cengkeh dan lainnya. Pembuat kue ini akan membentuk kue sesuka hatinya dengan rasa yang tetap dijaga kualitasnya. Biasanya kue ini pun akan disajikan dengan bawang goreng.

18. Laksamana mengamuk

nama makanan khas riau

Nama makanan di Indonesia memang terkesan sangat unik. Hal itu sama seperti ketika Anda mendengar nama minuman yang satu ini sebagai ciri khas dari Pekanbaru.

Rasanya yang segar sering menjadi incaran bagi warga sekitar dan wisatawan di siang hari. Isi dari minuman pun beragam dan yang terpenting adalah buah kuini. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar sehingga pas untuk dinikmati.

19. Mie sagu

makanan khas riau kepulauan

Indonesia memiliki beragam jenis mie yang menarik untuk dibahas. Rasa dari mie nya juga terkesan unik dan nikmat untuk dicoba. Salah satnya adalah mie sagu ini yang cukup terkenal di masyarakat Pekanbaru.

Masyarakat Selatpanjang khususnya akan memiliki hidangan ini dengan cita rasa yang sangat khas. Biasanya, mie sagu akan dihidangkan dengan sedikit kuah pada mienya.

20. Air mata pengantin

makanan khas riau di cirebon

Ketika berkunjung ke Pekanbaru dan tidak mencoba minuman khas ini akan terasa mustahil. Es ini memiliki rasa yang unik dan warna yang sangat beragam.

Untuk isi dari es tersebut akan terdapat agar-agar, biji selasih, nata de coco, serutan es batu, dan blewah. Tentunya, perpaduan isi dari es ini cukup segar karena rasanya yang dingin dan sejuk. Es ini akan cocok untuk dinikmati pada siang hari.

21. Ikan salai

makanan khas riau yang terkenal

Nama menu ini adalah olahan makanan ikan khas dari Pekanbaru. Untuk membuatnnya biasanya akan menggunakan ikan segar yang baru ditangkap dari laut. Ikan segar yang telah ditangkap akan dikeringkan dengan di asapi.

23. Gulai belacan

makanan khas riau di bogor

Terdapat beragam jenis gulai dari Indonesia yang perlu untuk dinikmati. Salah satunya adalah makanan khas Riau gulai belacan. Udang akan menjadi bahan utama untuk membuat gulai ini.

Dengan kuah yang dibuat dari berbagai rempah pilihan yang khas maka rasa yang dihasilkan sangat nikmat. Biasanya rasa dari gulai ini membuat wisatawan semakin ketagihan dan biasanya ditambahkan petai untuk pelengkap.

24. Gulai siput

5 macam makanan khas riau

Selain udang, siput di Pekanbaru memiliki peran yang penting untuk dijadikan sebagai bahan gulai. Biasanya, siput yang akan dimakan dan dijadikan gulai ini dihidangkan dengan kuah yang berwarna kuning. Makanan ini merupakan salah satu hidangan yang khas dari masyarakat Melayu.

25. Sate rusa

makanan khas riau beserta resepnya

Menu sate cukup populer di Indonesia bahkan sudah dikenal oleh turis asing. Untuk yang satu ini terkesan sangat unik karena bahan utamanya adalah daging rusa.

Meskipun terkesan jarang dan sulit ditemukan pada daerah lain, nyatanya hidangan ini sangat lazim di saerahnya. Untuk tekstur dagingnya akan sangat lembut apalagi setelah dimasak dengan bumbu yang manis.

26. Mieso

makanan khas riau yang hampir punah

Salah satu makanan tradisional yang unik ini adalah perpaduan rasa yang khas dari beragam jenis mie. Mieso ini memiliki perpaduan antara mie kuning dan putih.

Seporsinya akan berisikan mie tersebut, ayam suwir, tahu kering, dan juga kulit ayam. Untuk Anda yang mengunjungi Pekanbaru, cobalah untuk menikmati hidangan ini sebagai menu untuk makan siang Anda.

27. Cincalok

makanan khas riau di magelang

Sajian ini hanya akan ditemukan di Pekanbaru. Tentunya dihidangkan pada acara yang besar seperti pernikahan. Untuk bahan utamanya biasanya mengandung udang dan bawang yang sudah dihaluskan.

Makanan ini sangat cocok untuk dicoba sebagai pengalaman berkunjung ke Pekanbaru. Terutama untuk dinikmati bersama dengan nasi yang masih hangat.

28. Mie lendir

makanan khas riau lempuk durian

Namanya memang terkesan menjijikan namun berbeda dengan rasanya. Mie ini memiliki rasa yang sangat khas dan sayang jika dilewatkan.

Dibuat dengan mie yang berwarna kuning juga direbus bersamaan dengan toge. Kuahnya terkesan sangat kental sehingga sering disebut mirip seperti lendir. Namun, pada proses pembuatannya akan dicampurkan dengan rempah, kacang tanah, ubi dan resep yang lainnya.

29. Ikan baung

10 makanan khas riau

Rasa dari kuliner yang satu ini sudah sangat populer di lidah wisatawan. Tentunya hidangan ini termasuk ke dalam menu khas dari Melayu.

Bahan yang digunakan adalah ikan laut yang kemudian dimasak menggunakan kuah yang asam dan pedas. Dicampur dengan berbagai rempah yang khas akan memberikan rasa dan aroma yang nikmat.

30. Nasi lemak

foto makanan khas riau

Sudah sejak lama jika nasi lemak menjadi menu favorit berbagai kalangan di Sumatera. Biasanya, nasi yang dihidangkan akan dibuat dengan santan kelapa yang daun pkamun.

Dengan penggunaan bahan tersebut akan memberikan nasi dengan rasa yang gurih dan harum. Hidangannya akan ditemani dengan telur, ikan teri goreng, sambal cabi, dan beberapa irisan mentimun.

31. Sop rusa

makanan khas riau yang diolah dengan sayur kangkung dan tepung sagu adala

Terkesan sangat unik karena bahannya yang terbuah dari daging rusa sop ini cukup terkenal di masyarakat. Jika olahan daging sapu dan ayam sudah lazim pada berbagai menu sop daging rusa ini akan sangat unik.

Biasanya daging yang disuguhkan juga sangat lembut dan cocok untuk dimakan. Tentunya, menu ini bisa menjadi pilihan untuk menikmati makan siang.

32. Bacah daging

makanan khas riau di palembang

Beberapa orang menyebutkan jika olahan daging ini tidak unik atau sama seperti sebuah hidangan rendang. Tentunya, hal tersebut terjadi karena daging dan olahan bumbu dibuat mirip seperti makanan khas Minang.

Biasanya daging yang digunakan adalah daging sapi yang kemudian dibumbui seperti daging rendang. Untuk menikmatinya bisa dimakan dengan nasi yang masih hangat.

33. Ikan cuka

makanan khas riau yang dimakan sebagai pendamping gulai atau kari adalah

Selanjutnya adalah ikan cuka. Ikan ini begitu terkenal di Pekanbaru dan penting untuk dicoba oleh Anda ketika berkunjung. Untuk bahan utamanya akan menggunakan berbagai jenis ikan.

Biasanya ikan akan diberikan kuah yang dinamakan dengan cuka. Untuk kuahnya biasanya dibuat dengan bahan cabai merah, lada, pala, daun jeruk, garam, gula, jahe, dan serai. Jenis ikan yang populer adalah ikan tenggiri.

34. Mie talempa

jenis makanan khas riau

Berbeda dengan jenis mie lainnya yang berasal dari pekan baru mie ini memang memiliki rasa yang unik. Biasanya akan dibuat dengan cara di goreng atau diberikan kuah. Bentuknya tidak akan berbeda jauh dengan mie lain hanya saja dengan kuahnya yang tidak begitu kental.

35. Lakse kuah

makanan khas riau mie sagu

Lakse kuah sudah lama menjadi ikon kuliner dari Pekanbaru. Bentuknya hampir mirip dengan beberapa mie lain yakni mie tarempa. Untuk bahan dasar yang digunakan memang berbeda yakni menggunakan ikan tonggol dan teri.

Biasanya wisatawan akan memburu mie ini begitu berkunjung ke Pekanbaru. Rasanya sangat khas dan membuatnya menjadi menu favorit untuk dicoba.

36. Sate ikan sinapelan

makanan khas riau bolu kemojo

Setiap daerah memiliki makanan yang berbeda dengan sejarahnya masing-masing.

Sate ini menjadi ikon dari Pekanbaru karena Sinapelan menjadi daerah yang memperkenalkan sate ikan pertama di Pekanbaru. Bahan ikan yang digunakan juga sangat khas dengan dagingnya yang nikmat.

37. Sate padeh

makanan khas riau beserta gambar

Berbeda dengan sate sebelumnya, sate padeh ini sangat terkenal akan rasanya yang mirip dengan sate Padang. Kuliner ini tentunya cocok untuk Anda yang menyukai hidangan makanan pedas.

Hal itu karena kuah yang akan disajikan pada sate ini akan memiliki rasa yang sangat pedas. Akan tetapi orang akan semakin menyukainya dan mencobanya lagi. Merupakan salah satu resep makanan khas Riau.

38. Ikan asap

3 makanan khas riau

Ikan asap bisa menjadi oleh-oleh khas Riau yang patut untuk dicoba. Tentunya rasa yang dihasilkan sangat unik dengan rasa yang pas untuk makan siang. Jenis ikan yang biasanya digunakan adalah ikan selais.

Bentuk ikan selais memang sangat ramping dan hampir sama dengan ikan lele. Biasanya setelah diasapi ikan akan memiliki warna yang hitam.

39. Pancake durian

makanan khas riau dari ubi

Panecake durian ini cara membuatnya cukup unik begitu pun dengan rasanya. Oleh-oleh ini wajib untuk dibeli bagi pecinta durian. Pancake ini sangat lembut dan kemudian durian yang dilembutkan akan dibungkus dengan kulit pancake nya.

Untuk rasa yang disediakan biasanya durian akan diberikan krim vanila yang lezat. Hanya saja pancake ini harus selalu dalam keadaan yang dingin.

40. Jus tiga rasa

makanan khas riau riau

Ada keunikan tersendiri ketika mendengar nama jus tiga rasa dari Pekanbaru ini. Hal yang membedakan jus ini dari jus yang lainnya adalah penggunaan jenis buahnya.

Biasanya, buah yang digunakan adalah pepaya, pisang Ambon, dan juga jambu klutuk. Pada prosesnya buah tersebut akan ditambah dengan gula dan susu kental manis kemudian menambahkan es dan jeruk nipis.

41. Air tebu nostalgia

makanan khas riau di nias

Jenis minuman dari Pekanbaru memang sangat beragam termasuk air tebu nostalgia ini. Terbuat dari bahan dasar tebu akan memiliki rasa yang nikmat. Biasanya akan dicampurkan dengan jahe, kacang tanah, dan kelapa muda.

Ketika dihidangkan penjual biasanya akan menambahkan biji selasih. Nama dari minuman ini diambil dari maknanya. Siapa saja yang meminumnya akan selalu teringat akan rasa minuman ini dan ingin selalu mencobanya kembali.

42. Es samudera

makanan khas riau di jawa barat

Nama es ini memang cukup unik sebagai ikon dari Pekanbaru. Es ini merupakan minuman dengan campuran dari durian, santan, dan sirup coco pandan. Biasanya, pada isi es ini akan ditambahkan beberapa rumput laut dan roti. Tentunya semua isi dari minuman ini bisa membuat siapa pun menjadi kenyang dan segar.

Ragam makanan dari Pekanbaru memang berbeda beserta penjelasannya yang unik. Beragam rasa yang bisa dinikmati memang bermacam-macam.

Ketika Anda berkunjung ke Pekanbaru Anda bisa memilih beragam makanan dengan varian rasa yang berbeda. Tentunya kuliner Pekanbaru tidak akan membuat siapa pun bosan untuk menikmatinya.

Leave a Comment

error: Content is protected !!