14+ Oleh-oleh Khas Bangladesh (Dhaka), Unik!

Jika Anda mencari negara yang merupakan perpaduan India dengan sedikit Pakistan, maka Bangladesh akan menjadi lokasi yang tepat untuk dikunjungi.

Terletak di anak benua India, Anda akan melihat budaya Muslim dan Hindu di satu tempat.

Dan jika Anda mencari cara untuk memastikan bahwa perjalanan ke Bangladesh akan berkesan, maka Anda harus memilih beberapa oleh-oleh khas Bangladesh di Dhaka.

Dhaka adalah ibu kota Bangladesh yang disebut sebagai surga bagi para shopaholic yang ingin mencari cinderamata dengan harga termurah di Asia.

Anda bisa memulainya dari Jalan Banghshal di Kota Tua, atau Jalan Kazi Alauddin jika ingin menyaksikan para seniman melukis desain pada potongan logam.

Ada juga Bashundhara City yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar ke-12 di dunia dengan 2.200 toko.

Daftar Oleh-oleh Khas Bangladesh

Sebelum melakukan ekspedisi belanja, ingatlah bahwa sebagian besar toko dan kios pasar di Bangladesh hanya menerima uang tunai.

Jadi, pastikan untuk mengambil uang dari salah satu ATM di sekitar hotel Anda.

Dan ini dia 14 cinderamata terbaik yang bisa Anda beli saat berada di Bangladesh:

1. Kameez (Pakaian Tradisional Wanita Bengali)

pakaian wanita modern khas bangladesh

Pakaian wanita tradisional sangat populer karena terlihat begitu elegan dan sangat nyaman.

Setelan ini terdiri dari celana longgar dengan pinggang elastis dan atasan lengan pendek yang dapat dipadukan dengan syal panjang untuk dikenakan dalam berbagai acara santai.

Ada banyak tempat yang menjual sari sutra terbaik bernama Sutra Jamdani, bersama dengan banyak pilihan syal yang indah beraneka warna.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Pakistan

2. Jas Pria

pakaian laki-laki formal khas bangladesh

Di hampir seluruh tempat di Bangladesh, Anda bisa menemukan berbagai macam jas pria dewasa mulai dari polos hingga bermotif dan dalam berbagai bahan termasuk katun dan sutra.

Oleh-oleh ini dapat dibeli di butik Eropa dan Amerika kelas atas atau di salah satu dari banyak pasar yang ada di Dhaka. Anda akan menemukan semua merk dan dengan harga luar biasa baik.

3. Berbagai Aksesoris

aneka aksesoris buatan bangladesh

Jika Anda ingin beberapa aksesoris penuh gaya untuk menambahkan sentuhan akhir pada pakaian baru, sepanjang Jalan Farmgate Footpath adalah tempat yang cocok untuk menemukan sabuk, sandal, arloji, dan segala jenis aksesoris mode lainnya dalam harga yang cukup bersahabat.

Ada juga ribuan ikat pinggang, dompet, dan gantungan kunci khas Bangladesh yang penuh gaya dalam berbagai warna.

4. Perhiasan Indah

perhiasan wanita khas bangladesh

Perhiasan Bengali memiliki desain chunky dan berwarna cerah, tetapi jika Anda mencari perhiasan emas klasik, Anda bisa memilih mutiara air tawar yang harganya lebih murah.

Pasar Mouchak di daerah Malibagh adalah tempat ideal yang dikenal memiliki reputasi baik dalam hal kualitas perhiasan. Anda bisa memilih dari gelang, cincin, kalung, atau bahkan gelang kaki.

5. Berbagai Produk dari Kulit

kerajinan kulit oleh-oleh khas bangladesh

Kulit adalah ekspor terbesar kedua di Bangladesh, sehingga tidak mengherankan jika ada beberapa barang kulit terbaik di Dhaka.

Barang-barang ini berkualitas baik dan tersedia dalam berbagai warna yang indah dan tentu saja harganya murah.

Daftar teratas haruslah jaket kulit, diikuti oleh tas tangan wanita, tas pria, dompet, dan tas tempat dokumen dalam banyak warna, seperti kulit merah, kuning atau coklat tua.

6. Gula-gula / Permen

aneka permen oleh-oleh khas bangladesh

Semua jenis gula-gula selalu populer di Bangladesh, terutama di Dakha. Dan ada banyak toko imut di setiap beberapa ratus meter yang masing-masing menjual segudang manisan dengan rasa, aroma, ukuran, dan warna berbeda.

Jika Anda tergoda untuk mencicipi camilan lain, Anda juga bisa mampir dan membeli beberapa potong kue dan roti lezat dari toko roti di sekitar toko gula-gula.

7. Mutiara Merah Muda

aneka perhiasan oleh-oleh khas bangladesh

Selain populer dengan gula-gula, Bangladesh juga paling terkenal dengan mutiara merah mudanya, yang bisa Anda peroleh di kota Dhaka.

Di sana, Anda akan menemukan kualitas terbaik dengan harga yang baik juga. Perhatikan bahwa produk yang asli akan berkilauan saat terkena cahaya.

8. Ornamen Emas dan Perak

ornamen khas oleh-oleh khas bangladesh

Bangladesh membuat berbagai macam ornamen emas dan perak dalam desain spektakuler yang tersedia di toko-toko dan pasar dengan harga murah.

Baki kuningan dan tembaga, hiasan dinding, vas, gelang, dan ornamen lainnya, semuanya merupakan buatan tangan dengan ukiran halus dan khas.

9. Sandesh

makanan oleh-oleh khas bangladesh

Sondesh atau Sandesh adalah salah satu hidangan penutup India yang juga populer di Bangladesh. Versi paling sederhana berbentuk bola-bola kecil dan memiliki rasa manis yang lezat dari kombinasi susu dan gula, yang ditaburi chenna (keju), kemudian di panggang di atas api kecil.

Versi Sandesh yang rumit berisi sirup, dicampur dengan kelapa atau kheer, dan dibuat menjadi berbagai bentuk.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas India

10. Chhena Gaja

makanan manis oleh-oleh khas bangladesh

Chhena Gaja adalah hidangan manis lain yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Meskipun bahan-bahan dasarnya sama dengan Sandesh, tapi rasa dan tampilannya sangat berbeda.

Karena Chhena Gaja memiliki bentuk persegi, dimasak dengan cara digoreng, dan setelah matang akan dilumuri dengan sirup gula kemudian dikeringkan, yang membuat gula kadang-kadang mengkristal di permukaan.

11. Keramik Bangladesh

cangkir keramik khas bangladesh

Dalam beberapa tahun terakhir, industri keramik di Bangladesh telah berkembang pesat, baik di pasar domestik maupun internasional.

Terutama jika Anda berkunjung ke pasar-pasar besar di Dhaka, Anda bisa dengan mudah menemukan keramik dan porselen berkualitas tinggi seperti set alat makan, set cangkir teh dan kopi, dll.

Semuanya tersedia dalam berbagai warna, motif, dan ukuran yang berbeda.

12. Khir-moján / Rashogulla

camilan makanan oleh-oleh khas bangladesh

Khir-moján atau rashogulla adalah makanan penutup India yang terkenal di anak benua India dan daerah dengan diaspora Asia Selatan.

Desert ini memiliki tekstur lembut yang dibuat dari pangsit berbentuk bola chhena (keju India) dan adonan semolina yang dicelupkan ke dalam sirup gula.

Ada Rasgullas kemerahan, putih, rasa jeruk, yang digoreng, dipanggang, dan yang diisi dengan buah-buahan kering dan khoa.

13. Gulab-yamun

makanan penutup khas bangladesh

Biasa disajikan dalam acara makan malam Pakistan dan Hindu, Gulab-yamun adalah manisan tradisional khas Bangladesh yang bahan utamanya adalah tepung dan susu kental.

Untuk menyiapkan Gulab-yamun, adonan digoreng dalam bentuk bola-bola kecil kemudian dimandikan dalam sirup gula, air mawar, dan kapulaga. Tampilan akhirnya adalah berwarna coklat keemasan.

14. Luchi

oleh-oleh khas bangladesh dari bahan tradisional

Hidangan khas lainnya dari Bangladesh yang cocok dijadikan oleh-oleh adalah luchi, sejenis roti yang dibuat dengan tepung gandum dan digoreng.

Roti ini disiapkan dengan membuat adonan dengan tepung terigu dan air yang kemudian dibagi menjadi bola-bola kecil lalu diratakan dengan rolling pin. Anda bisa memakannya langsung atau dengan berbagai saus rasa lokal.

Bangladesh benar-benar surga bagi pembeli, dengan beragam kerajinan tangan, perhiasan, dan kain serta makanan dengan harga murah.

Saat hunting oleh-oleh khas Bangladesh, pastikan Anda mengetahui bahwa secara umum, jam belanja di Bangladesh adalah mulai pukul 9 pagi sampai 8 malam untuk Senin-Kamis.

Pukul 9 pagi sampai 12 siang untuk Sabtu-Minggu, dan jam 2 siang – 8 malam pada hari Jumat.

Leave a Comment

error: Content is protected !!