15+ Oleh-oleh Khas Indonesia untuk Bule

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya serta kearifan lokal yang telah diturunkan dari generasi ke generasi di setiap daerah.

Namun, Negeri Seribu Candi ini tidak hanya bisa dinikmati dalam hal pariwisata lho, tapi juga kaya akan cinderamata.

Oleh-oleh khas Indonesia tersebar di seluruh pelosok negeri di banyak mall, pasar, toko, sudut-sudut jalan, hingga pedagang kaki lima.

Saking banyaknya, tak sedikit wisatawan lokal dan internasional yang bingung ketika memilih barang yang tepat untuk dijadikan buah tangan. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang hal ini, lihatlah daftar 15 souvenir terbaik Indonesia berikut ini.

Oleh-oleh Khas Indonesia untuk Orang Taiwan, Jepang, India, Eropa, Malaysia, dsb

1. Berbagai Kain Tradisional

oleh oleh khas indonesia untuk bule

Indonesia adalah surga nyata bagi para kolektor kain. Ketika Anda mengunjungi Medan, Anda dapat membeli Ulos (kain batik khas Batak).

Jika Anda pergi ke Padang, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan atau Lampung, Anda dapat membeli Songket. Dan jika Anda pergi ke Jawa, Anda dapat menemukan Batik berbagai motif (salah satu warisan dunia yang diakui UNESCO).

2. Lukisan Batik

oleh-oleh khas indonesia untuk orang asing

Jika Anda tidak tertarik dengan tekstil batik, Anda mungkin berminat dengan lukisan batik. Anda dapat membeli lukisan-lukisan indah ini di sebagian besar pasar dan beberapa toko di seluruh pelosok negeri.

Pola lukisan dapat bervariasi tergantung dimana Anda membelinya. Lukisan-lukisan sering menampilkan desain seperti bunga, kehidupan tradisional, desa, pemandangan alam, penari tradisional, dll.

3. Kain Tenun

3 budaya khas indonesia

Tenun adalah teknik dalam membuat kain dengan menggabungkan string secara luas dan melintang. Kain tenun khas Indonesia biasanya terbuat dari serat katun, kayu, sutra, atau bahan lainnya.

Setiap daerah memiliki motif tersendiri untuk berbagai jenis kain. Namun, jika Anda sedang berlibur ke Lombok, Anda dapat menemukan tenun khas Lombok di Desa Sade dan Kabupaten Bayan (Lombok Utara).

4. Wayang

oleh oleh dari indonesia untuk orang asing

Pertunjukan wayang kulit adalah seni dalam adat Jawa dan Bali yang menceritakan kisah tertentu. Anda bisa memilih antara wayang kulit, wayang golek, atau jenis boneka lainnya.

Ada juga banyak karakter yang dapat Anda pilih, dan masing-masing memiliki latar belakang atau makna yang berbeda. Wayang adalah sepotong hadiah bagus untuk anak-anak, kolektor, atau bahkan untuk menghias rumah.

5. Kerajinan Kayu

oleh oleh khas indonesia untuk orang eropa

Setiap daerah di Indonesia memiliki karakteristik ukiran kayu yang khas. Namun, yang paling populer di kalangan wisatawan adalah kerajinan kayu dari Bali, Papua, dan Jawa.

Ada banyak pengrajin yang menghasilkan ukiran kayu buatan tangan dengan nilai seni tinggi dengan harga yang sepadan. Ukiran kayu dijual dalam berbagai bentuk, seperti pajangan dinding, meja, patung, gantungan kunci, atau tempat tisu.

6. Kopi

oleh oleh khas indonesia untuk orang asing

Nusantara disebut-sebut sebagai salah satu negara penghasil beberapa kopi terbaik di dunia.

Setiap daerah, dari Sumatera hingga Papua, memiliki kopi khasnya sendiri yang telah lama populer di seluruh dunia. Kopi dari masing-masing daerah memiliki rasa dan aroma yang berbeda.

Beberapa varian favorit termasuk Kopi Luwak, Kopi Jawa, Kopi Toraja, Kopi Gayo, Kopi Wamena, Kopi Kintamani, Kopi Sidikalang, Kopi Lanang, dan Kopi Sumatra.

Tergantung pada jenis dan merk, kopi asli Indonesia dibanderol dengan harga sekitar Rp 100.00 hingga Rp 600.000.

7. Alat Musik Tradisional

oleh oleh dari indonesia untuk orang jepang

Musik adalah bagian besar dari budaya Indonesia, dan jika Anda atau teman bule Anda menyukai alat musik dan ingin mencari beberapa instrumen yang mudah ditemukan, maka alat musik Panting (Kalimantan Selatan), Angklung (Jawa Barat) dan Sasando (Nusa Tenggara Timur) adalah pilihan terbaik.

Panting dan Sasando adalah alat musik yang dipetik atau disentil, sedangkan Angklung dimainkan dengan cara digetarkan. Ketiganya terbuat dari bambu, sangat ringan, dan mudah dibawa.

Dimensinya juga tidak terlalu besar. Plus, bentuknya juga unik untuk pajangan di rumah.

8. Senjata Tradisional

oleh oleh barang khas indonesia

Senjata tradisional sebagai oleh-oleh telah dimodifikasi oleh para pengrajin dengan dekorasi ukiran dan motif yang memiliki makna.

Salah satunya adalah Rencong, yang merupakan senjata tradisional Aceh yang melambangkan kebesaran para bangsawan dan keberanian para pejuang serta rakyat selama masa penjajahan Belanda dan Jepang.

Jika Anda ingin melihat cara membuat Rencong, Anda dapat langsung menuju ke Aceh, tepatnya di Kecamatan Suka Makmur.

Selain Rencong, ada juga Keris yang merupakan senjata tikam dengan bentuk dasarnya tidak simetris dan melebar, bilahnya juga berliku. Senjata ini banyak dijual di Jawa bagian Barat dan Tengah.

9. Produk Perak dan Batu Mulia

oleh oleh khas provinsi di indonesia

Banyak ornamen batu mulia dan kerajinan perak Indonesia yang dijual dengan harga sangat murah. Tak heran banyak wisatawan asing yang menyebut Indonesia sebagai surga bagi wanita yang menyukai perhiasan.

Namun, jika Anda menginginkan eksklusivitas, jangan membelinya di pantai atau pedagang kaki lima. Lebih baik membeli di toko-toko resmi yang pengrajinnya bekerja langsung di depan pelanggan.

10. Makanan Ringan Indonesia

oleh oleh khas indonesia yang disukai orang jepang

Selain seni kerajinan, jangan lupa bahwa Indonesia juga kaya akan makanan tradisional yang unik dan lezat. Setiap daerah memiliki camilan unik dengan rasa yang berbeda, seperti keripik tempe, dodol Garut, Bakpia Pathok khas Jogja, dll.

11. Miniatur Indonesia Unik

toko oleh oleh khas indonesia

Apakah teman-teman bule Anda ingin membawa pulang Monas? Candi Borobudur? Candi Prambanan? Jam Gadang Sumatera Barat? atau rumah adat Minang?

Maka Anda bisa menyarankan mereka untuk membawa pulang ikon-ikon ini dalam bentuk miniatur, gantungan kunci, atau magnet kulkas. Anda bisa menemukan semuanya di toko-toko seni atau pedagang kaki lima yang berada di dekat ikon area.

12. Topeng

oleh-oleh khas indonesia untuk orang jepang

Topeng adalah variasi ekspresi tertua yang diciptakan oleh peradaban manusia, yang kaya akan nilai-nilai magis.

Di Tanah Air, topeng biasanya digunakan dalam berbagai pertunjukan seni dan kegiatan keagamaan. Bentuk topeng juga bervariasi tergantung pada fungsi dan asal topeng.

13. Congklak (Permainan Papan Dakon)

oleh oleh khas ponorogo kabupaten ponorogo jawa timur indonesia

Papan permainan ini biasanya terbuat dari kayu dan memiliki 5-9 lubang di setiap sisi (tergantung wilayah). Item ini bisa terlihat sangat sederhana, tetapi juga sangat dekoratif dengan detail, warna, dan bentuk yang indah.

Harganya bervariasi tergantung pada bahan dan tampilan. Namun untuk yang berbahan kayu jati, harganya sekitar Rp 250.000.

14. Tembikar

10 oleh oleh khas indonesia

Tembikar telah dibuat di Indonesia untuk waktu yang sangat lama. Ada banyak pusat tembikar yang dapat Anda kunjungi, tapi yang paling terkenal berada di Kasongan, Plered, Pundong, Sitiwinangun, Lombok, Singkawang, Klampok, dan Melikan.

Anda dapat membeli semuanya mulai dari vas dan pot hingga mangkuk dan hiasan. Harganya bervariasi tergantung pada desain dan dimana Anda membelinya.

15. Caping

oleh-oleh khas setiap daerah di indonesia

Caping adalah topi tradisional dari Pulau Jawa, yang terbuat dari anyaman bambu tipis, berbentuk kerucut tapi lebih lebar, dan dibalut dengan cat beraneka warna. Topi unik ini biasanya digunakan oleh para petani dan orang-orang di desa.

Baik Anda atau keluarga dan teman dari luar negeri yang ingin mencari oleh-oleh khas Indonesia, kini Anda sudah mengetahui apa saja produk yang unik dan menarik untuk dibeli atau dibawa pulang sebagai hadiah, bukan? Lantas, untuk Anda pribadi, mana yang paling favorit?

Leave a Comment

error: Content is protected !!