10+ Oleh-oleh Khas Pemalang Jawa Tengah (Makanan)

Jika Anda berkunjung atau berwisata ke suatu tempat, maka rasanya kurang lengkap jika belum membeli oleh-oleh, termasuk juga di Pemalang.

Pemalang memiliki segudang makanan nikmat yang menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Pemalang yang wajib Anda beli jika berkunjung ke wilayah satu ini.

Beberapa jenis makanan di bawah ini merupakan oleh-oleh yang asli khas Pemalang, sehingga jangan sampai Anda terlewat untuk tidak membelinya ketika mampir ke Pemalang.

Maka dari itu, simak informasi di bawah dengan seksama!

Oleh-oleh Khas Pemalang (Makanan)

1. Bandeng Montok

oleh-oleh khas pemalang ogel ogel

Jika Semarang terkenal dengan bandeng prestonya, maka Pemalang punya bandeng montok.

Dinamakan montok karena bandeng ini telah diolah, sehingga tampilannya dibuat menjadi lebih besar dari bandeng biasanya.

Bandeng ini kemudian dikukus dan dikemas untuk dipasarkan.

Bukan hanya “terlihat” saja, tetapi memang ukuran bandeng khas Pemalang ini cukup besar untuk satu ekornya saja.

Jika berniat membeli, bandeng montok dijual dengan kisaran harga Rp 75.000,- cukup terjangkau untuk bandeng yang berukuran besar tersebut.

2. Ogel-ogel

oleh-oleh khas pemalang jateng

Ogel-ogel merupakan makanan ringan khas Pemalang yang rasanya gurih sekaligus renyah dan lezat.

Bahan dasar dari ogel-ogel ini adalah tepung beras ketan yang kemudian pengolahannya dilakukan dengan cara digoreng.

Camilan satu ini memang menjadi oleh-oleh yang cukup populer karena cocok untuk menjadi teman makan serta harganya pun juga tergolong murah.

3. Kamir

toko oleh-oleh khas pemalang

Kalau Anda suka camilan manis dan sering menonton Doraemon, maka Anda pasti tidak asing dengan dorayaki.

Pemalang memiliki dorayaki versinya sendiri yang disebut dengan kamir, yaitu kue yang bertekstur lembut serta rasanya manis.

Kamir cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan teman saat di perjalanan untuk mengisi perut karena makanan ini hanya bertahan hingga tiga hari.

Kamir banyak diproduksi oleh industri rumahan di sekitar perkampungan Arab, namun dapat Anda dapatkan pula dengan mudah di toko oleh-oleh.

4. Apem Comal

tempat oleh-oleh khas pemalang

Salah satu jajanan tradisional khas Pemalang yang juga wajib Anda coba dan beli adalah apem comal.

Apem ini dibuat dari tepung beras yang memiliki rasa yang manis karena diberi gula jawa.

Kue yang berbentuk bulat dengan warna coklat ini juga cukup terasa mengenyangkan.

Harga untuk apem comal sangatlah murah yaitu hanya Rp 1000,- per buahnya dan Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko kue sekitar Pemalang.

Namun, meski dengan harga yang murah, rasa kue ini tidaklah murahan.

5. Bongko Mento

pusat oleh-oleh khas pemalang

Lagi-lagi jajanan tradisional, bongko mento adalah makanan khas Pemalang yang rasanya manis.

Dibuat dari bahan dasar tepung terigu, kemudian dilengkapi dengan tumisan pepaya muda berbumbu serta tambahan suwiran ayam.

Proses pembuatannya adalah dengan tepung terigu yang didadar terlebih dahulu, kemudian diberi isian lalu diletakkan dalam bungkus daun pisang dan ditambah dengan kuah santan.

Setelah bungkus daun pisangnya ditutup, baru kemudian dimasak dengan cara dikukus.

Teksturnya kenyal dan harganya pun murah, yaitu sekitar Rp 3.000,- an per buahnya.

6. Tahu Pletok

oleh oleh khas kota pemalang

Kalau di Sumedang terkenal dengan tahu sumedangnya, versi yang ada di Pemalang adalah tahu pletok.

Sebenarnya tahu pletok juga agak mirip dengan tahu sumedang.

Perbedaannya adalah tahu pletok dibelah hingga isi bagian dalamnya akan keluar yang kemudian diberi adonan sagu, bawang putih, dan juga garam barulah digoreng hingga kering.

7. Kraca

oleh oleh makanan khas pemalang

Olahan kraca merupakan sejenis makanan yang menggunakan keong sawah sebagai bahan utamanya. Dipadukan dengan berbagai bumbu khas yang khusus, cita rasa dari kracajenis ini sangatlah kaya dan bikin nagih. Makanan ini bisa Anda dapatkan hanya dengan harga 2 ribu rupiah saja per porsinya.

8. Kepiting Lemburi

oleh-oleh khas pemalang jawa tengah

Kepiting lemburi merupakan jenis kepiting lunak yang dibumbui dengan bumbu masakan khas pemalang. Jenis olahan ini biasanya dibanderol dengan harga 55 ribu per porsinya. Untuk bisa menikmatinya, Anda bisa datang langsung ke jalan rayayang Pemalang-Pekalongan KM 15.

9. Kerupuk Useg

apa oleh-oleh khas pemalang

Kerupuk sudah menjadi camilan serta teman makan nasi lauk sejak lama. Keberadaannya bisa ditemukan hampir di setiap daerah di Indonesia, dan hampir kesemua daerah tersebut memiliki kerupuk khasnya masing-masing. Termasuk juga dengan Pemalang.

Kerupuk useg namanya. Kerupuk dengan warna merah dan putihbiru yang memiliki rasa gurih dan tekstur kriyuk. Kerupuk yang dijual dalam pak berisi 20 kerupuk ini dihargai dengan harga 2500 rupiah saja per bungkusnya.

10. Kaos Pemalang

oleh-oleh khas kabupaten pemalang

Produk kaos khas yang ditawarkan oleh Pemalang memiliki model trendi dan desain yang sangat unik. Jahitan dari kaos itu sangatlah rapi sehingg akan membuat siapapun yang mengenakannya merasa nyaman. Untuk bisa milikinya, Anda perlu mengocek kantong sebesar 35-65 ribu rupiah saja

Dari 10 oleh-oleh khas Pemalang tersebut, manakah yang paling membuat Anda penasaran dan ingin mencobanya?

Keenam makanan di atas tidak salah lagi adalah oleh-oleh yang wajib Anda beli ketika Anda menyempatkan diri berkunjung ke Pemalang.

Masih ada banyak oleh-oleh lainnya yang bisa Anda beli, namun tetap dengan harga yang terjangkau dan rasa nikmat seperti makanan di atas.

Leave a Comment

error: Content is protected !!