11+ Makanan Khas Banjarnegara (Tradisional, Modifikasi)

Perkembangan pariwisata yang pesat membawa perubahan dan dampak yang cukup besar untuk beberapa wilayah di Indonesia.

Salah satu daerah yang cukup mulai berkembang adalah Banjarnegara. Tempat ini terletak di provinsi Jawa Tengah.

Selain memiliki beberapa objek wisata yang menarik dan patut untuk Anda kunjungi, tempat ini juga memiliki aneka makanan khas Banjarnegara yang terkenal kelezatannya.

Indonesia terdiri dari berbagai macam daerah dan budaya yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kuliner yang dimilikinya. Banjarnegara walaupun bukan kota atau kabupaten yang besar namun memiliki pesona wisata alam dan kuliner yang tidak kalah menarik dengan tempat lainnya.

Beberapa jenis makanan bahkan hanya akan Anda temui di sini. Simak aneka kuliner Banjarnegara yang lezat dan membuat ketagihan.

Makanan Khas Banjarnegara

1. Carica

minuman khas banjarnegara

Makanan yang satu ini pasti sudah sangat familiar bagi pada wisatawan. Benar saja karena carica banyak dijual di berbagai toko oleh-oleh baik di dalam maupun di luar Banjarnegara.

Carica adalah sejenis manisan yang terbuat dari buah Carica. Bentuk buahnya seperti papaya namun pada pohonnya memiliki banyak cabang. Rasanya yang manis dan segar dipadu dengan buah yang empuk sangat nikmat dimakan ketika dingin.

2. Buntil

makan khas banjarnegara

Buntil adalah makanan yang terbuat dari daun talas yang diisi dengan parutan kelapa muda yang telah dibumbui. Dalam bahasa Jawa arti kata buntil adalah bungkusan.

Buntil versi Banjarnegara ini menggunakan dua macam bahan yaitu daun talas dan singkong. Bahan-bahan ini dimasak dengan bumbu pedas dan santan yang gurih.

3. Combro Kalipalet

makanan khas banjarnegara yang dimodifikasi

Mungkin banyak orang yang sudah mengetahui bahwa combro tidak hanya terdapat di Banjarnegara saja. Makanan ini juga terkenal di Bandung. Namun ada hal yang membedakan combro Banjarnegara ini yaitu dari sisi ukuran.

Selain itu rasa dari isian combro ini juga berbeda dengan sensasi rasa yang pedas dan gurih. Cobalah mencicipinya dan rasakan kelezatannya.

4. Bakso Ketupat

makanan khas banjarnegara ketika hujan

Bakso memang merupakan kuliner yang banyak sekali dijumpai di berbagai tempat di Indonesia. Selain penjual yang banyak, makanan ini juga mudah dibuat. Jika Anda berkunjung ke Banjarnegara ada yang unik dari bakso disana.

Selain kuah yang bening dari kaldu ayam atau sapi juga penyajiannya berbeda. Bakso ini menggunakan ketupat sebagai pelengkap.

Apabila di kebanyakan tempat bakso disajikan dengan tambahan mie kuning atau bihun, maka Anda bisa mencoba memakannya dengan ketupat. Kuliner ini sangat terkenal dan menjadi ciri khas bakso di Banjarnegara.

Tambahan ketupat membuat cita rasa bakso semakin menarik. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual bakso ketupat di sepanjang jalan dan berbagai tempat di Banjarnegara.

5. Soto Krandengan

makanan khas banjarnegara jawa tengah

Selain bakso ternyata Banjarnegara juga memiliki kuliner soto yang unik. Banyak daerah lainnya yang juga mempunyai sajian soto dengan ciri khas masing-masing.

Soto Krandengan ini menggunakan kuah kuning yang sepintas lebih mirip kuah opor. Paduan santan kuning ini dicampur dengan tulang dan daging sapi yang dimasak bersamaan.

Aroma dan rasa yang dihasilkan dari rebusan tulang dan daging sapi menciptakan cita rasa kuah yang gurih dan lezat. Untuk menyajikan semangkuk soto ini dengan dilengkapi ketupat, tauge, irisan daun bawang dan bawang goreng.

Tidak lupa juga irisan daging sapi yang dimasak bersamaan dengan kuah soto. Makanan ini sangat cocok disantap selagi masih panas dan cuaca dingin.

6. Tempe Mendoan

camilan makanan khas banjarnegara

Kuliner Banjarnegara yang lainnya adalah tempe mendoan. Hidangan yang cukup populer dan terkenal di banyak tempat. Bahan utama pembuatannya adalah tempe dan tepung terigu.

Tempe yang sudah jadi diiris tipis dan dicelupkan pada adonan tepung yang telah dicampur dengan irisan daun bawang. Tempe ini digoreng pada minyak panas namun tidak sampai terlalu kering.

Anda bisa menikmati tempe mendoan sebagai camilan, teman minum teh atau sebagai lauk bersama nasi hangat. Penyajian tempe mendoan ini akan lebih terasa nikmat jika mencelupkan ke sambal kecap dengan irisan cabe rawit atau dengan cabe rawit hijau utuh.

Apabila Anda ingin memasaknya dirumah juga tersedia dalam bentuk mentah yang sudah lengkap dengan tepung dan sambalnya.

7. Es Dawet Ayu

macam macam makanan khas banjarnegara

Sepertinya jenis makanan yang satu ini telah menjadi makanan yang populer di banyak tempat. Bukan hanya di Banjarnegara namun di berbagai tempat sudah banyak penjual yang menjajakan es dawet ini.

Anda bisa dengan mudah menemukan penjual es dawet ayu di sepanjang jalan, pasar, tempat-tempat wisata, terminal dan banyak tempat lainnya.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah tepung beras, santan dan gula merah. Tepung beras akan diolah untuk dijadikan cendol sebagai bahan pelengkap dawet.

Penjual juga sering menggunakan potongan buah Nangka untuk menambah aroma dawet agar lebih harum. Campuran santan dengan gula merah cair membuat cita rasa manis dan gurih ketika masuk di mulut.

8. Mie Ongklok

makanan khas banjarnegara dan cara membuatnya

Salah satu pesona di Banjarnegara adalah kawasan pegunungan Dieng. Memang secara administratif Dieng berada di dua wilayah yang berbeda yaitu Banjarnegara dan Wonosobo.

Jika Anda berkunjung ke Dieng cobalah untuk mencicipi menu mie ongklok yang cukup terkenal. Makanan ini banyak dijual di warung-warung yang ada di sekitar Dieng.

Bahan pembuat mie ongklok menggunakan mie telur yang direbus hingga seperempat matang. Mie tersebut dikocok menggunakan air panas sebelum disajikan.

Diatasnya diberi topping berupa irisan daging ayam, ebi dan daging sapi. Rasanya gurih sehingga cocok dilidah orang Indonesia. Dalam penyajiannya beberapa penjual menambahkan sate sapi. Harganya juga cukup murah dan tidak akan membuat kantong Anda kosong.

9. Kerupuk Kentang Dieng

camilan khas banjarnegara

Dataran tinggi Dieng memang terkenal dengan berbagai macam jenis sayuran yang segar dan berkualitas. Beberapa jenis sayuran sering diolah menjadi jenis makanan lain yang lebih menarik.

Contohnya adalah kentang yang diolah menjadi kerupuk kentang yang gurih dan renyah. Banjarnegara ini memiliki kentang kuning dan kentang putih. Rasanya gurih dan sedikit asin, namun terasa nikmat ketika masuk di mulut.

10. Jenang Salak

minuman khas banjarnegara jenang salak

Buah Salak selain digunakan sebagai pencuci mulut juga bisa diolah menjadi aneka makanan yang unik. Contohnya adalah jenang, sirup dan kerupuk Salak.

Olahan ini selain menghasilkan makanan yang unik juga menambah daya jual buah Salak. Jenang yang biasanya berbahan dasar tepung diganti dengan buah Salak yang digiling halus. Rasanya tentu saja manis dan legit layaknya jenang pada umumnya.

11. Kerupuk Salak

makanan ringan khas banjarnegara

Buah Salak yang telah matang digiling halus dan ditambahkan beberapa bahan seperti tepung. Bahan ini diolah sedemikian rupa dan dipotong tipis-tipis menyerupai kerupuk kering.

Sebelum digoreng irisan bahan ini perlu dijemur hingga kering. Goreng dalam minyak panas dan Anda bisa menikmati kerupuk salak yang memiliki rasa manis dan gurih yang unik.

Berwisata atau traveling tentu tidak lepas dari aneka makanan yang ada di daerah tersebut. berbagai kuliner makanan khas Banjarnegara merupakan pilihan yang tepat untuk mencicipi makanan yang unik sambal menikmati pemAndangan yang indah.

Anda juga bisa membawa beberapa makanan tersebut sebagai oleh-oleh karena semua makanan yang dijual bisa dengan mudah Anda dapatkan di beberapa toko oleh-oleh.

Leave a Comment

error: Content is protected !!