16+ Makanan Khas Boyolali Jateng (Tradisional)

Makanan khas Boyolali tidak bisa dianggap sepele sebagai salah satu sajian khas dari Pulau Jawa. Ada beragam olahan tradisional yang memiliki banyak nilai sejarah dan bisa Anda temukan di lokasi.

Rasa yang khas untuk berbagai makanan yang manis, asin, gurih, hingga pedas dan segar bisa Anda temukan di sini. Jangan lupa untuk menjelajahi semua jenis masakan yang ada di Boyolali.

Ketika berlibur Bersama keluarga segalanya akan jauh lebih nyaman karena Anda tidak kebingungan lagi dengan berbagai lokasi untuk menikmati menu dan kudapan tertentu.

Harga dari setiap makanan memang beragam, semua itu bergantung dari bagaimana Anda menemukan dan memilih tempat. Meskipun memang setiap tempat makan di Boyolali dipastikan memberikan rasa yang nikmat.

Daftar Makanan Khas Dari Boyolali

1. Soto Seger

makanan pembuka khas boyolali

Di Boyolali ada menu soto yang menjadi andalan bagi warga setempat dan wisatawan. Nama soto ini adalah soto seger dan berbeda dengan olahan soto pada umumnya.

Anda bisa mampir ke Kawasan Pandanaran di daerah Boyolali. Di sana ada banyak sekali warung dengan ciri khas tradisionalnya. Anda bisa menikmati rasa gurih dengan rempah yang nikmat di dalamnya.

2. Jenang Pecel

makanan tradisional khas masyarakat boyolali

Olahan jenang sangat terkenal di berbagai daerah Jawa. Perpaduan makanan ini memang sangat unik dan mudah untuk ditemukan ketika Anda berada di Boyolali.

Makanan ini memakai bubur sumsum sebagai salah satu olahan yang manis. Kemudian dilengkapi dengan pecel yang memiliki bumbu pedas. Rasa yang diberikan sangat nikmat dan cocok untuk dijadikan kudapan pada setiap waktu.

3. Tahu Susu

camilan khas boyolali

Proses curdling menjadi cikal bakal dibuatnya tahu susu ini. Rennet menjadi penambah rasa atau proses yang dilakukan dan membedakan tahu ini dengan yang lainnya.

Keasaman tahu ini akan berbeda karena akan meningkatkan protein pada susu yang menjadi lebih padat. Anda akan kaget dengan kegurihan rasanya yang begitu creamy. Tekstur tahu pun menjadi lebih lembut.

4. Susu Segar

minuman khas boyolali segar

Di Boyolali ada olahan susu segar yang begitu murni dan terkenal bagi para wisatawan. Untuk Anda yang ingin mencoba susu ini maka bisa mendatangi desa dengan nama Kuncen.

Sudah sejak lama wilayah ini terkenal untuk memproduksi susu murni dari peternakan sapi perah. Kesegaran susunya sudah tidak bisa diragukan lagi dan tersedia berbagai macam rasa yang di inovasi.

5. Dodol Susu

oleh oleh makanan khas boyolali

Karena terkenal akan olahan susunya, Anda bisa mencoba untuk menikmati dodol susu yang berasal dari Boyolali. Makanan ini terbuat dari bahan tepung ketan kemudian gula.

Memang perbedaan paling menonjol di sini adalah penambahan susu sapi segar dalam olahannya. Rasa akan menjadi lebih creamy kemudian tekstur dari dodolnya pun menjadi lebih lembut dibanding dodol lainnya.

6. Abon Lele

makanan khas boyolali dan cara membuatnya

Jangan lupa untuk mencicipi buah tangan dari Boyolali yang satu ini. Selain peternakan sapinya ternyata budidaya lele di Boyolali pun sangat terkenal.

Di sana menjadi salah satu tempat untuk memasok lele yang terbesar. Rasa yang diberikan dari abon lele ini adalah kegurihannya yang begitu nikmat. Akan sangat cocok jika Anda menyantapnya dengan nasi yang masih hangat.

7. Marning

makan khas boyolali

Sajian ini bukan salah satu makanan yang sulit atau jarang ditemukan di Boyolali. Ada banyak pedagang yang memberikan sajian ini untuk dijual di pinggiran jalan.

Di Boyolali makanan ini memiliki posisi yang sangat special dan menjadi kegemaran bagi masyarakat. Variasi rasa yang diberikan adalah manis, asin, pedas, kemudian inovasi lainnya seperti balado dan juga keju.

8. Nasi Tumpang

masakan khas boyolali bu win

Sebenarnya tumpeng adalah salah satu sajian sambal yang khas dari Boyolali. Terkenal dengan nama lain Lethok bagi masyarakat sekitar.

Ciri khasnya terdiri dari bahan yang unik seperti tempe semangit atau olahan tempe yang hampir busuk. Aroma yang diciptakannya adalah suatu kenikmatan yang bisa membuat waktu makan Anda menjadi lebih ketagihan.

9. Bebek Goreng

makan khas kota boyolali

Memang bukan Boyolali saja yang memiliki olahan bebek. Yang membedakan dari bebek ini adalah kepopulerannya dan daging yang tidak bau sama sekali.

Kenikmatan rasa menjadi lebih gurih dengan sedikit manis yang pas. Sambal yang lebih segar bisa membuat makan siang Anda menjadi lebih nikmat. Kepopuleranya sampai ke berbagai wilayah lain seperti Solo dan Semarang.

10. Sate Kere

makanan malam khas boyolali

Di saat Anda masih berada di Boyolali, jangan lupa untuk mencoba olahan sate kere. Olahan sate ini sangat unik dan terkesan berbeda dibandingkan jenis sate lainnya.

Meskipun memang Anda bisa menemukannya di berbagai wilayah Jawa lainnya seperti Yogyakarta. Per-tusuk satenya akan dihargai dengan 1.000 saja. Sangat nikmat jika Anda menyantapnya dengan nasi yang hangat.

11. Dendeng Sapi

5 makanan khas daerah boyolali

Dendeng yang merupakan salah satu olahan dari produk sapi akan sangat mudah ditemukan di Boyolali. Selain dendeng yang terkenal ternyata ada juga abon dan produk lainnya dari olahan sapi.

Ketahanan yang lama membuat produk ini memiliki keunggulan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Saat ini produk dendeng atau abon dari Boyolali sudah banyak tersebar di berbagai tempat.

12. Petis Sapi

makanan khas boyolali petis sapi

Olahan sapi banyak ditemukan karena Boyolali memiliki peternakan sapi yang terbilang cukup besar. Di sana ada berbagai macam olahan yang tidak kalah nikmat seperti petis sapi ini.

Anda bisa menggunakannya sebagai salah satu bumbu masakan. Aroma sapi yang khas bisa membuat masakan Anda menjadi lebih nikmat. Sangat cocok untuk di padukan dengan berbagai jenis masakan.

13. Wedang

minuman khas boyolali wedang jahe

Setiap wilayah di Jawa memiliki sajian wedang yang khas dan ciri khasnya adalah aroma rempah dan jahe yang kuat. Di Boyolali Anda bisa menemukan banyak jenis wedang salah satunya adalah wedang ronde.

Jangan lupa untuk menjelajahi aneka wedang lainnya yang bisa Anda jadikan penghangat di malam hari.

14. Peyek

masakan khas kota boyolali

Olahan peyek sangat terkenal di Boyolali. Masyarakat di sana biasanya akan menikmati olahan peyek dengan nasi yang masih hangat. Makanan ini bisa menjadi pengganti kerupuk karena teksturnya yang sama-sama renyah.

Harganya yang murah pasti bisa dijadikan sebagai solusi untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh.

15. Keripik Ceker

makanan khas kab boyolali

Olahan keripik ceker sangat nikmat untuk dijadikan kudapan ringan Bersama keluarga. Tersedia dua jenis keripik ceker yang tersedia di pasaran. Di mulai dari yang asin gurih hingga yang asin gurih dan pedas.

Anda bisa menemukannya di berbagai tempat dengan harga yang bersahabat dan murah.

16. Kerupuk Kulit

makanan khas boyolali mento

Sebagian orang tidak hanya mencari kerupuk kulit yang gurih saja. Biasanya banyak orang yang mencari kerupuk kulit dengan citarasa yang sedikit manis.

Makanan ini bisa Anda temukan di Boyolali dengan beragam jenis merek yang berbeda dan sangat cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh.

Makanan khas Boyolali dengan aneka ragam kenikmatannya ternyata bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh. Ada banyak hidangan atau makanan ringan yang bisa dibawa pulang.

Harga yang ditawarkan pun tidak memeras kantong untuk membeli dalam jumlah yang banyak. Tidak perlu khawatir jika Anda harus mentraktir anggota keluarga untuk makan Bersama di berbagai tempat makan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!