6 Tips Liburan Murah dan Hemat (Berdasarkan Pengalaman)

Kebanyakan (Baca: Setiap orang), pasti pengen liburan dengan budget yang rendah (murah, hemat, apalagi gratis). Nggak sedikit juga, orang-orang pengen dapetin itu semua dengan cara yang instan. Bisa sih, bisa banget, kalo kamu lagi untung/hoki/dapet lotre/dapet undian/ dan sejenisnya. Oh, tidak semudah itu fulguso!

Tips liburan murah dan hemat yang bakalan dibahas disini, bener-bener trik & tips yang bisa kamu aplikasiin tanpa harus nunggu lotre. Jadi yang aku tekenin disini adalah, untuk dapetin liburan yang on a budget banget, kamu juga harus usaha. Langsung aja, check this out!

Tips Liburan Murah (Backpacker atau Non-Backpacker)

1. Niat dengan perencanaan yang matang

tips liburan murah ke bali
Source: unsplash.com

Nggak cuman sholat aja yang pake niat, menurutku semua hal didunia juga harus ada niatnya. Kamu berencana untuk liburan murah ke Bali, Thailand, Eropa, sampe keliling dunia? Rencana kayak gitu udah bisa dikategorikan sebagai ‘niat’ tuh.

Buat dapetin akomodasi perjalanan yang murah, tentu kamu harus punya perencanaan dan niat di awal yang matang. Gampangnya gini, tahap perencanaan itu bisa dimulai dari pelajaran 5W+1H pas kita SD.

Disini aku kasih contoh kasus biar nggak bingung.

Sebut saja namanya Bunga, jadi si Bunga ini mau liburan ke Bali dengan biaya yang pas-pasan.

  • Apa aja yang bakal aku lakuin selama berlibur di Bali?
  • Pergi ke Bali, sendirian atau bareng temen ya? Kalo bareng, ajakin siapa ya?
  • Kapan waktu terbaik buat berangkat ke Bali dengan budget yang rendah?
  • Dimana spot-spot terbaik di Bali? Dimana nginepnya?
  • Kenapa milih Bali sebagai destinasi liburan?
  • Bagaimana cara nyampe di Bali, transportasi disana, akomodasi, dan hal-hal teknis lainnya selama liburan?

Seenggaknya, pertanyaan-pertanyaan diatas harus bisa kamu jawab sebelum merencanakan liburan. Intinya, kamu harus punya alasan kenapa kamu milih destinasi tersebut, dimana spot yang bakalan kamu datengin (kamu bisa bikin itinerary biar lebih mantap!), dan dengan siapa kamu akan pergi. Untuk pertanyaan ‘apa, kapan, dan bagaimana’ itu bisa belakangan.

2. Cari waktu yang tepat (low season OK) jangan dadakaaaan!!

tips liburan murah bandung
Source: pexels.com

Loh, kok jangan dadakan? Kan banyak tuh tiket pesawat dari travel agent atau dari aplikasi-aplikasi di HP yang ngasih promo dadakan ((Contoh: promo tiket pesawat Jakarta-Paris PP 4 Juta berangkat besok pagi)).

Tiket dengan promo kayak contoh diatas emang selalu menggiurkan. Tapi, wake up! Jangan dibutakan sama promo itu doang, pikirin juga biaya akomodasi yang lain, misalnya hotel, transportasi, biaya makan, dan balik lagi ke 5W+1H diatas.

Menurutku, akan sangat lebih menguntungkan kalo kamu rencanain liburan dari jauh hari. Kamu bisa riset/analisis kapan sih waktu yang tepat buat liburan? Tentunya pilih ketika low season ya, waktu yang kira-kira sepi turis.

Baca Juga: Backpacker ke Bangkok – Pattaya – Koh Larn (Tips, Itinerary, Budget)

3. Cari transportasi yang murah dan efisien (tiket pesawat murah, tiket kereta murah, dll)

tips liburan murah ke bromo
Source: pexels.com

Siapa bilang liburan pake pesawat adalah liburan yang hedon dan mahal? Menurutku, nggak selalu seperti itu. Ketika pesawat bisa lebih memudahkan, efisien, dan lebih murah, kenapa nggak?

Transportasi disini, tentu aja bergantung dari jarak target destinasi wisata kamu. Aku kasih contoh lanjutin yang tadi.

Si Bunga udah fix tuh mau berangkat ke Bali berdua sama cemcemannya. Bunga berangkat dari Jogja, tapi dia bingung, soalnya tiket pesawat dari YK-DPS itu sekitar Rp 700.000,- dan dari SOLO-DPS itu Rp 600.000,- dengan waktu tempuh 1-1,5 jam aja. Dia udah riset juga kalo lewat darat, dia bisa pake bis/kereta, terus nyeberang pake kapal, budgetnya kira-kira kayak gini:

  • Via Kereta dan Bus

YK – Banyuwangi paling murah tiketnya Rp 80.000,-, dari Banyuwangi (Ketapang) nyeberang ke Bali (Gilimanuk) Rp 10.000,-, dari Bali (Gilimanuk) ke Denpasar naik bis Rp 50.000,-. Total = Rp 145.000,-

  • Via Bus

YK-Bali dengan harga sekitar Rp 350.000,- – Rp 500.000,- langsung turun di Denpasar.

Kelebihannya : Super Duper Murah! Cocok banget buat budget gue!

Kekurangannya : Seenggaknya butuh waktu 2 hari buat perjalanan doang, selama 1 hari itu, kamu kan butuh makan dan minum. Tenagamu kekuras banyak (ya pastinya capek). Kalau kamu cuman liburan di waktu yang pas-pasan (baca :3-4 hari aja), kamu harus rela kalo kehabisan waktu untuk perjalanan dibandingkan liburan.

Kembali lagi ke pribadi masing-masing traveller, semua orang bebas menentukan transportasi yang tepat. Tentu aja hal itu kembali pada destinasi target yang bakalan dituju. Setelah yakin sama transportasi yang kamu pilih, kamu bisa langsung booking! (Jangan kelamaan mikir, nanti tiketnya keburu abis!

Kalo kamu berencana buat dapetin tiket pesawat murah, disini aku bakalan kasih sedikit tips.

Tips Dapet Tiket Pesawat Murah (TANPA HARUS NUNGGU PROMO)

  1. Download aplikasi Skyscanner via smartphone
  2. Nggak usah bikin akun atau login, kamu langsung klik ‘Flights’

    Tips mendapat tiket pesawat murah via aplikasi
    Screenshot pribadi
  3. Setelah tampil halaman ‘Search Flights’, kamu bisa masukan rute yang kamu targetkan. Disini aku kasih contoh, misalnya Jakarta-Paris
  4. Klik kolom ‘Depart’, terus, kamu klik tombol ‘Chart’

    cari tiket pesawat murah
    Screenshot pribadi
  5. Setelah tampil halaman ‘Chart’, kamu bisa scroll kiri-kanan buat nemuin kapan waktu yang tepat untuk memilih tiket pesawat yang murah. Trust me, its work! #travelhacks101

Selengkapnya: Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

4. Cari hotel/hostel/penginapan/losmen dan akomodasi lainnya dengan riset yang mendalam

tips berlibur murah meriah
Source: pexels.com

Buat dapetin hasil yang maksimal, kamu juga harus lakuin riset. Risetnya kayak gimana? Kebanyakan orang banyak tergiur sama penginapan yang murah tanpa mempertimbangkan lokasi si penginapan itu. Percuma lah dapet penginapan murah tapi ditengah-tengah hutan? Atau jauh dari destinasi wisatanya?

Jadi, jangan sampai kamu terjerumus sama jebakan-jebakan itu ya! Balik lagi ke awal, setelah kamu bikin itinerary mengenai perjalanan wisata, tentunya kamu bakal punya gambaran spot-spot wisata mana aja yang bakalan kamu datengin. Kamu bisa cari penginapan yang lokasinya strategis dari spot wisatanya.

Setelah nentuin lokasi yang strategis, langsung aja hunting dan booking dari jauh-jauh hari. Ada tipsnya nggak? Tentu saja ada, kamu bisa pertimbangkan step-step yang aku saranin dibawah ini.

  • Tips Liburan murah nggak selalu harus tidur di hostel/guesthouse yang juga murah, kamu bisa cari promo di beberapa aplikasi travel. Tapi, balik lagi, kalo nyari promo, ya untung-untungan. Saranku, kamu bisa dapetin diskon $46 dari AirBNB dengan klik link tadi untuk penggunaan pertama, kalo sebelumnya kamu udah pernah booking di AirBNB, kamu bisa minjem akun temen atau sign up dengan email baru (bikin aja fake email terus sign up lagi) #travelhacks102
  • Bandingkan harga dari berbagai aplikasi travel. Jangan cuman berkutik di satu aplikasi aja, kamu bisa bandingin harga hotel yang kamu target di beberapa aplikasi travel. Contohnya, kamu bisa bandingin harga dari booking.com, traveloka, pegipegi, kayak.com, dan lainnya.
  • Kalo kamu liburan dengan banyak orang, disini aku nyaranin kamu sewa apart, guesthouse, atau villa aja! Bakalan lebih asik!
  • Kalo kamu liburan sendirian, hostel adalah hal yang paling ekonomis. Cari hostel yang nyediain dapur bersama, common room yang nyaman, dan gratis breakfast (bisa bikin kamu semakin hemat!
  • Lebih murah lagi, mau cari pengalaman dan tinggal gratis dengan orang lokal ? Kamu bisa pake aplikasi CouchSurfing dan cari orang lokal yang mau nampung kamu untuk liburan disana. #travelhacks103

5. Pake kendaraan umum untuk jangka pendek, sewa kendaraan (motor/mobil) untuk jangka panjang

tips murah dalam liburan
Source: pexels.com

Akan sangat sangat sangat menguntungkan kalo kamu sewa motor atau mobil pas kamu lagi liburan dengan jangka waktu yang panjang (misalnya minimal 4 hari). Banyak keuntungan yang bakalan didapat selain harganya yang murah, kamu juga bakalan leluasa buat pergi kemanapun kamu mau.

Tapi, kalo kamu liburan cuman 1-2-3 hari aja, transportasi umum bisa jadi solusi untuk liburan dengan budget rendah. Selain itu, aku juga nekenin, kalo lokasi yang bakalan dicapai nggak terlalu jauh, kenapa nggak jalan aja? Jangan manja!

6. Bijak dalam memilih tempat makan, makan di tempat hits sangat boleh, tapi jangan tiap makan juga keles!

tips liburan murah ke hongkong
Source: pexels.com

Teruntuk kaum milenials yang cari spot-spot instagrammable, tentunya kamu juga pengen foto-foto di restoran cozy buat update di story IG kan? Yups! Wajar kok, dan sangat disarankan banget. Tapi… kan namanya juga mau liburan murah meriah dan hemat abizz, jadi ya jangan tiap makan harus di restoran yang instagrammable terus dong, tekor buat makan doang nantinya!

Makan di warung makan pinggiran itu bisa lebih mengenyangkan dibandingkan makan di restoran mahal. Kayak gini misalnya, kalo cuma mau kenyang, kamu bisa makan dulu di warung makan yang murah, setelah itu kamu bisa nongkrong di cafe/restoran cozy cuman pesen minum atau dessert aja (baca: beli aja minuman yang paling murah di cafe itu).

Sudah, selesai. Langkah-langkah diatas selalu aku lakuin ketika aku liburan kemanapun. Simpel kan? Intinya niat, rencana, riset, dan lakukan semua hal sesuai dengan apa yang kamu butuhkan (jangan cuman ngikutin nafsu, misal ngikutin gengsi, dan lain-lain). Kira-kira, kamu punya saran tips liburan murah lainnya? Bisa tulis di kolom komentar, dan mari berdiskusi!

Leave a Comment