12+ Makanan Khas Kebumen Jawa Tengah, Enak!

Bukan hanya terkenal dengan berbagai tempat wisata yang dimilikinya, namun Kebumen juga memiliki berbagai macam kuliner yang khas yang siap menggoyah lidah.

Bahkan kota yang dijuluki sebagai kota Walet ini memiliki kuliner tradisional yang tidak kalah enaknya dibandingkan kuliner-kuliner di kota lainnya seperti Semarang, Yogyakarta, dan lainnya. jadi jika Anda akan berkunjung dan menghabiskan waktu di Kebumen, maka rekomendasi makanan khas kebumen Jawa Tengah di bawah ini patut untuk Anda cicipi.

Apa Makanan Khas Kebumen Jawa Tengah?

1.Nasi Penggel

makanan khas kebumen jateng di jakarta

Makanan khas Kebumen ini merupakan nasi yang dibentuk seperti bola pingpong dan kemudian disajikan dengan pincuk daun pisang. Nasi bulat disajikan bersama sayur nangka atau jangan gori serta lauk-pauk berupa jeroan sapi atau kikil. Dalam satu porsi, biasanya satu pincuk berisikan 7-8 nasi penggel. Rasnaya sangat gurih dan sangat mengenyangkan, sehingga cocok untuk dinikmati saat sarapan maupun makan siang.

Hanya saja sayangnya, makanan ini semakin langka dan hanya ditemukan di beberapa tempat tertentu saja. Dan biasanya nasi penggel ini hanya dapat ditemukan di Kebumen saat pagi hari saja, jika sudah siangan sedikit saja rasanya sulit untuk menemukan kuliner yang satu ini.

2. Sate Ambel

makanan khas kebumen jateng di malang

Makanan khas Kebumen jateng lainnya yang patut untuk Anda cicipi adalah Sate Ambal. Mungkin bagi Anda yang asli Kebumen, mungkin sudah tidak asing dengan makanan khas yang satu ini.

Sate ayam khas Kebumen ini legendaris dan sangat terkenal yang bahkan bisa ditemukan diluar daerah Kebumen. Sesuai namanya, Sate Ambel ini berasal dari Desa Ambalresmi, Kec. Ambal di pesisir selatan Kebumen.

Sepintas, sate ini mungkin mirip seperti kuliner sate Madura. Namun bumbu yang digunakan sangat jauh berbeda. jika sate Madura menggunakan kacang tanah untuk bahan dasar bumbunya. Namun berbeda halnya dengan Sate Ambal, sate ini menggunakan sambal tempe yang dapat menciptakan rasa yang unik dengan memunculkan rasa pedas bercampur jahe serta aneka rempah lainnya.

Sebelum dibakar, daging sate terlebih dahulu dimasak sehingga membuat rasanya semakin lembut dan gurih. Biasanya Sate Ambal ini disajikan terpisah dengan bumbunya dan juga dilengkapi ketupat atau lontong.

3. Soto Tamanwinangun

makanan khas kebumen jateng di padang

Bukan hanya Kudus, Solo, dan Semarang yang memiliki kuliner soto yang lezat. amun Kota Kebumen juga memiliki soto yang khas dengan rasa yang bisa diadu. Jika Anda sedang di Kebumen, Anda bisa mencoba Sate Tamanwinangun yang berasal dari daerah Tamanwinangun, Kebumen. Lalu apa yang membedakannya dengan soto dari kota-kota lainnya?

Soto Tamanwinangin ini tidak menggunakan daging ayam atau sapi, melainkan itik serati atau entok sebagai bahan dasarnya. Dalam setiap suwiran, bumbu soto terasa sangat meresap Dan perbedaan lainnya adalah Soto Tamanwinangun ini tidak memiliki kuah bening seperti kuliner soto lainnya melainkan kuah santan yang dicampur dengan gurihnya kaldu entok yang sangat nikmat. Lebih nikmat lagi saat disantap bersama lontong/ketupat dan juga kerupuk.

4. Klanthing

makanan khas kebumen jateng di jogja

Rasanya makanan khas Kebumen yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Makanan khas kebumen oleh oleh ini sering dijadikan buah tangan bagi wisatawan yang sedang berlibur di Kebumen.

Makanan ringan ini memiliki bentuk angka 8 dan terbuat dari bahan dasar singkong. Jika dulunya makanan khas ini hanya memiliki 2 rasa yaitu original dan bawang goreng. Namun kini klanthing sudah tersedia berbagai varian rasa seperti rasa keju, balado, pedas manis, jagung bakar, dan berbagai rasa lainnya.

Rasanya sangat gurih dan juga teksturnya yang crispy membuat siapapun akan ketagihan mencicipinya. Jadi bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kebumen, jangan lupa membeli klanthing sebagai oleh-oleh.

5. Yutuk Goreng

makanan khas kebumen jateng di jambi

Yutuk adalah hewan laut yang mudah untuk ditemukan di kawasan pesisir pantai di Kebumen. Bahkan karena hewan ini jumlahnya cukup banyak di Kebumen, terutama di kawasan Pantai Petanahan membuat warga setempat memanfaatkan hewan laut ini sebagai kuliner yang lezat.

Yutuk diolah dengan cara dijadikan rempeyek atau bakwan yang memiliki rasa nikmat dan gurih. Jangan sampai lupa mencicipi kuliner yang satu ini ketika berkunjung ke Kebumen.

6. Soto Ayam Petanahan

makanan khas kebumen jateng di bali

Bukan hanya Soto Tamanwinangun, Kebumen juga punya kuliner soto lainnya yaitu Soto Ayam Petanahan. Dalam seporsi soto ayam petanahan ini berisikan suwiran daging ayam, ketupat, tauge, irisan daun bawang, serta lainnya. Tidak seperti soto lainnya, jenis soot ini tidak menggunakan soun maupun irisan kubis. Meskipun begitu rasanya sangat gurih dan kental akan rempah-rempah seperti kunyit dan jahe.

7. Ayam Es Bening

makanan khas kebumen jateng kethek

Meskipun bernama ayam es bening, namun kuliner ini tak memiliki kaitan sedikitpun dengan es. Ayam Es Bening ini adalah kuliner khas Kebumen yang menggunakan ayam kampung dan dibumbui, makanan ini sering dijadikan oleh-oleh dan bisa dibawa pulang. Asal muasal penamaannya dikarenakan asal perintis usaha ayam potong ini dari daerah Es Bening Kebumen.

Jika Anda ingin memesan kuliner khas Kebumen yang satu ini, datang saja langsung ke Rumah Makan yang ada di Jl. Es Bening no.33 Panjer, Kebumen. Ayam ini hanya perlu Anda goreng nantinya dan konsumsi saat masih hangat. Bentuknya miirp seperti ayam bumbu, dengan bumbu khas berwarna kuning keemasan setelah digoreng.

8. Kethek Khas Kebumen

makanan khas kebumen jateng lanting

Meskipun memiliki nama yang unik, namun siapa sangka jika kuliner khas Kebumen ini menjadi ikon kota Kebumen yang ada bahkan turun temurun. Makanan khas Kebumen adalah bernama Kethek yang dibuat dari ampas kelapa dari proses pembuatan minyak kelapa dan dicampur berbagai bumbu pelengkap. Kethek biasanya juga ditambahkan dengan petai cina dan kemudian adonan dibungkus dengan daun pisang, setelah itu barulah dikukus hingga benar-benar matang.

Untuk rasanya sendiri mirip seperti pepas, enak dikonsumsi bersama dengan nasi hangat ketika siang hari. Jika Anda ingin mencicipinya, datang saja ke pasar-pasar tradisional yang ada di Kebumen. Makanan khas ini sering dijual oleh masyarakat lokal yang ada disana.

9. Sale Pisang

makanan khas kebumen jateng di surabaya

Makanan hasil olahan buang pisang ini juga sering dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Kebumen, Jawa Tengah. Dan resepnya adalah buah pising disisir tipis kemudian dijemur, sehingga semakin mengurangi kadar air yang ada di dalam buah pisang.

Jadi tak heran jika pisang sale ini menjadi makanan yang cukup tahan lama disimpan. Pisang sale dapat langsung dimakan ataupun digoreng menggunakan tepung terlebih dahulu. Selain itu, saat ini juga banyak varian rasa sale pisang seperti rasa keju.

10. Jipang Kacang

makanan khas kebumen jateng dan resepnya

Bukan hanya lanting, namun Kebumen juga dikenal sebagai kota penghasil jipang kacang. Anda bisa menemukan banyak aktivis perajin jipang kacang di kawasan Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen. Makanan camilan ini memang sudah diproduksi sejak puluhan tahun silam dan hingga kini pun masih menggunakan cara tradisional dalam pembuatannya.

Hanya saja bedanya, jipang kacang yang dijual saat ini dijual dengan dibungkus plastik. Berbeda dengan dulunya yang dibungkus menggunakan klaras atau daun pisang kering.

11. Golak

makanan khas kebumen jateng oleh oleh

Jajanan khas Karanganyar, Gombong, Cilacap (Baca Juga: Makanan Khas Cilacap), Banyumas, Kebumen, dan juga wilayah di sekitarnya ini juga patut untuk dicicipi. Biasanya makanan ini banyak dijual ketika terdapat pertunjukan rakyat seperti wayang atau Kuda Lumping.

Bentuk golak ini mirip seperti lanting hanya saja ukurannya lebih besar dan bahan utamanya menggunakan ketela pohon. Kuliner ini sangat enak dikonsumsi, apalagi ketika masih hangat.

12. Nasi Oyek

makanan khas kebumen jateng di bogor

Satu lagi kuliner khas Kebumen lainnya yang patut untuk dicoba adalah Nasi Oyek. Nasi ini terbuat dari singkong sehingga mempunyai rasa yang gurih dan legit.

Biasanya dipadukan bersama aneka lauk sama seperti saat makan nasi pada umumnya. Bisa menggunakan oseng tempe, sambal teri, hingga ayam goreng. Harganya pun juga sangat murah, dengan 10 ribu rupiah saja Anda sudah bisa mendapatkan seporsi nasi oyek dengan lauk pauknya.

Bagaimana? Tertarik mencicipinya? Jangan lewatkan daftar kuliner khas Kebumen diatas ketika sedang berlibur di kota ini. Selamat mencoba.

Baca Juga: Makanan Khas Purwokerto Banyumas 

Leave a Comment

error: Content is protected !!