14+ Makanan Khas Wonosobo Dieng Terenak!

Berwisata alam di Dieng tidak akan lengkap jika Anda tidak mencicipi makanan khasnya.

Makanan khas dari kawasan pegunungan Dieng identik dengan yang hangat-hangat. Selain untuk mengenyangkan perut, makanan khas Wonosobo juga bisa menghangatkan badan dari cuaca dingin disana.

Selain itu makanan khas dari salah satu kabupaten di Jawa Tengah yaitu kabupaten Wonosobo terkenal enak dan sesuai di kantong. Lalu apa saja makanan khas Dieng yang paling enak yang wajib Anda cicipi?

Makanan Khas Wonosobo Dieng

1. Mie Ongklok

resep masakan khas daerah wonosobo

Bagi Anda pencinta mie tentu sudah tidak asing dengan makanan khas Wonosobo mie ongklok.

Mie ongklok adalah makanan yang wajib Anda coba ketika liburan di Dieng. Mie ongklok adalah mie rebus dengan kuah kaldu yang kental. Cita rasa mie ongklok cenderung manis karena kuah mie terbuat dari gula jawa, rempah-rempah, dan ebi.

Mie ongklok berisi mie basah dengan kubis dan daun kucai. Mie ongklok sangat cocok untuk menhangatkan badan Anda selama berada di kwasan Dieng yang dingin. Hal ini karena biasanya mie ongklok disajikan dalam kondisi masih panas.

2. Carica

makanan khas wonosobo dan cara membuatnya

Jika Anda pergi ke Dieng namun tidak membeli makanan khas Wonosobo carica, maka liburan Anda akan terasa sia-sia. Carica adalah minuman atau makanan penutup yang terbuat dari buah yang masih dalam keluarga papaya.

Minuman ini memiliki rasa yang manis serta citarasa khas buah carica yang dapat memanjakan lidah Anda.

Buah carica yang masih mentah dibuat semacam manisan atau sup buah kemudian dikemas. Anda dapat memakan carica secara langsung atau Anda dapat memasukkannya dalam kulkas agar lebih dingin dan segar. Carica dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh khas dari Dieng Wonosobo. Harga carica tergolong murah yang sebanding dengan kelezatan yang ditawarkan.

3. Dendeng Gepuk

makanan khas kota wonosobo

Dendeng gepuk adalah makanan khas Dieng yang terbuat dari daging sapi. Dendeng gepuk sangat terkenal menjadi makanan khas dari daerah Wonosobo.

Dendeng gepuk memiliki citarasa yang manis dan gurih yang akan membuat Anda ketagihan. Dendeng ini juga ada yang variasi kering sehingga dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh .

4. Sagon

oleh-oleh makanan khas wonosobo wonosobo regency central java

Sagon adalah makanan yang berbahan dasar dari tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa agar lebih gurih. Sagon kemudian dimasak secara tradisional menggunakan arang.

Cara membuat sagon masih tradisional sehingga menghasilkan rasa lezat yang khas dan aroma yang menggoda selera.

5. Sego Megono

bahan makanan khas wonosobo

Sego megono adalah makanan khas Dieng yang terkenal di Dieng. Hal ini karena sego megono sangat enak dan memiliki rasa yang khas. Sego megono jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti nasi dengan aneka sayur.

Isian pelengkap sego megono biasanya adalah nasi yang dicampu dengan teri dan sayur.

6. Tempe Kemul

makanan cemilan khas wonosobo

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Wonosobo tempe kemul.

Tempe kemul adalah salah satu jajanan yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima di Dieng. Tempe kemul sangat mirip dengan mendoan yaitu tempe yang digoreng dengan tepung.

Tempe kemul adalah tempe digoreng dengan tepung yang dicampur dengan daun bawang dan digoreng setengah matang. Sensasi gurih dan kerenyahan tempe akan membuat Anda ketagihan..

7. Keripik Jamur

keripik jamur camilan khas wonosobo

Anda tentu perah makan keripik jamur, namun Anda belum tahu sebenarnya keripik jamur makanan khas mana. Keripik jamur adalah makanan khas dari Dieng.

Hal ini karena petani Dieng banyak yang membudidayakan jamur di lahan sawah mereka.

Keripik jamur sangat enak dan gurih, selain itu keripik ini juga mengandung banyak nutrisi. Anda dapat menikmati keripik jamur dengan secangkir kopi panas maupun teh panas.

Keripik jamur sangat cocok untuk anda jadikan oleh-oleh dari kabupaten Wonosobo.

8. Geblek

makanan khas wonosobo dieng

Geblek adalah camilan khas Dieng yang dapat menjadi pendamping untuk minum kopi hangat saat Anda berada di Dieng.

Geblek adalah camilan yang terbuat dari campuran tepung pati dengan daun bawang dan digoreng hingga mengembang.

Camilan ini bercitarasa gurih dan kenyal. Selain dijual dalam keadaan matang, geblek juga ada yang dijual dalam keadaan mentah untuk dijadikan oleh-oleh.

9. Cenil

makanan tradisional khas wonosobo

Cenil adalah jajanan yang berbahan dasar dari sari pati singkong. Cenil merupakan cemilan khas dari daerah Dieng. Cenil ini banyak dijual oleh pedagang di sekitar daerah pegunungan Dieng.

Cenil dibuat dengan warna-warni yang cantik, serta disajikan dengan toping parutan kelapa muda dan siraman gula merah. Sensasi manis kenyal dari cenil akan menggoyang lidah Anda. Cenil dapat Anda jadikan teman minum teh hangat untuk menghangatkan badan Anda.

10. Purwaceng

minuman khas wonosobo purwaceng

Purwaceng merupakan minucaraman herbal yang banyak dijual di daerah Dieng. Hal ini karena minuman purwoceng dapat membantu Anda melawan hawa dingin pegunungan Dieng. Selain itu purwaceng juga dapat menyembuhkan pegal linu dan demam.

Fungsi minuman ini yang lebih dahsyat adalah purwoceng dapat berfungsi sebagai antikanker. Pastikan saat Anda berkunjung ke Dieng untuk membeli minuman khas Dieng yang satu ini. Minuman ini juga tersedia dengan tambahan kopi yang akan menambah kenikmatan dari minuman herbal yang satu ini

11. Dodol Carica

makanan khas wonosobo dodol carica

Selain dibat menjadi manisan buah carica juga dibuat menjadi camilan jenang dodol. Dodol carica juga terkenal di daerah Dieng karena rasanya yang manis khas. Camilan ini dapat Anda jadikan alternatif oleh-oleh makanan khas Wonosobo.

12. Opak Singkong

camilan opak singkong makanan khas wonosobo

Opak singkong juga merupakan makanan khas Dieng yang wajib Anda cicipi. Selain rasanya yang enak opak ini juga unik karena terdapat daun bawang pada opak yang menambah rasa enak dari opak Dieng.

Sesuai dengan namanya opak ini terbuat dari singkong yang dihaluskan diberikan bumbu untuk menambah rasa. Kemudian opak singkong dibentuk bulat pipih dan dijemur hingga kering sebelum digoreng.

13. Kacang Dieng

makanan khas wonosobo camilan kacang

Bagi Anda pencinta kacang, sebaiknya Anda mencoba camilan unik kacang khas Dieng yang satu ini. Kacang Dieng memiliki nama lain yang lebih populer yaitu kacang babi. Hal ini karena bentuk kacang yang unik yaitu bulat pipih dan lebar.

Selain itu keunikan lainnya adalah kacang Dieng memiliki lapisan kulit luar berwarna hitam. Kacang Dieng tidak bias Anda temukan di tempat lain. Jadi pastikan membeli kacang Dieng saat Anda berkunjung ke Dieng.

14. Kue Pepe

makanan khas wonosobo kue manis

Kue khas Wonosobo yang unik dengan warna-warni yang cantic apa lagi kalo bukan kue pepe. Kue pepe ini wajib Anda cicipi saat Anda berada di kabupaten Wonosobo.

Citarasa kue yang kenyal dan manis akan membuat Anda ketagihan. Kue ini memiliki bentuk lapisan-lapisan tipis yang bertumbuk dengan warna yang bervariasi dan cantic. Selain wrananya yang cantic kue ini juga sangat enak jika dimakan bersama teh hangat.

15. Kue Serabi Dieng

makanan khas dieng

Dataran tinggi Dieng juga memiliki kue serabi yng khas. Kue serabi ini khas karena dibuat dnegan pawon api menggunakan cetakan tradisional dan resep makanan yang turun temurun. Kue serabi ini sangat enak bila dinikmati saat masih panas. Isian dari kue serabi ini beragam yaitu ada yang berisi gula jawa atau coklat sesuai dengan selera Anda.

Leave a Comment

error: Content is protected !!