" />

Siapa bilang tidak ada destinasi wisata pantai di dekat area Jakarta selain Ancol? Tentu banyak sekali yang bisa Anda dapatkan jika Anda berkunjung ke Jawa Barat tepatnya di daerah Banten dengan mengunjungi Pantai Bagedur. Pantai ini dikenal dengan pantai yang tidak memiliki ombak yang menyeramkan karena semburannya yang tidak terlalu tinggi, jadi bagi wisatawan yang hendak berenang, pantai ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Walaupun pantai ini kerap kali dianggap sebagai destinasi wisata yang masih sepi pengunjung, namun pantai sangat tepat jika dimanfaatkan sebagai lokasi pengunjung yang sedang ingin menyendiri atau ingin merayakan event tertentu agar terkesan lebih private dan seolah pantai milik sendiri. Pantai ini terletak di Desa Sukamanah, Malingping, Lebak, Banten.  Anda cukup mengendarai dengan perjalanan darat kurang lebih selama 4 jam dari Jakarta dan 3 jam dari Serang.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Bagedur

Apabila Anda adalah seorang wisatawan yang sudah bosan dengan Pantai Carita atau pun Pantai Anyer, Pantai Bagedur adalah pilihan yang tepat sebagai destinasi wisata alternatif untuk berlibur.

Tidak perlu mengeluarkan uang yang berlebih untuk berwisata di kawasan ini karena hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- setiap kendaraan roda dua dan Rp 15.000,- untuk setiap kendaraan roda empat. Untuk Anda yang datang bersama rombongan dan menggunakan transportasi bus, akan dikenakan biaya sebesar Rp 35.000,- .Sedangkan bagi Anda yang datang tidak membawa kendaraan hanya akan dikenakan biaya Rp 2.000,- setiap orang saja.

Daya Tarik Objek Wisata Pantai Bagedur

Disana juga belum memiliki banyak wahana yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk eksplor lebih banyak keseluruhan pantai, bahkan di dalam area pantai tidak ada objek wisata apapun. Pantai ini memang minim hiburan, namun memiliki banyak keunikan dan kelebihan yang tidak kalah dengan pantai lainnya. Kelebihannya antara lain sebagai berikut :

1. Memiliki pasir yang padat

Berbeda dengan pantai pasir putih lainnya, Pantai Bagedur ini tidak memiliki tekstur pasir pantai yang ringan dan lembek, melainkan padat. Jadi bagi Anda yang ingin membuat mainan dari pasir pantai atau bermain lempar-lemparan pasir, Anda tidak akan bisa melakukannya. Bahkan beberapa pengunjung seringkali memanfaatkan area laut untuk parkir kendaraan pribadinya.

2. Spot tepat untuk camping

Dengan tekstur pasir putih yang padat, Anda bisa memanfaatkan untuk mendirikan tenda dan membuat api unggun bersama teman-teman. Terlebih lagi Anda yang ingin membuat sebuah acara, tempat ini adalah paling tepat karena masih sepi pengunjung dan Anda lebih bisa menikmati keseluruhan pantai secara leluasa.

3. Memiliki penginapan di area pantai

Bagi Anda yang datang bersama rombongan dan ingin bermalam di area pantai, selain bisa mendirikan tenda di kawasan pantai, Anda juga bisa menyewa penginapan yang berjarak kurang lebih 100 m dari pantai. Disana memiliki home staydan penginapan yang digunakan untuk beristirahat.

4. Fasilitas yang cukup lengkap

Walaupun tidak didukung dengan permainan wahana dan objek wisata di dalam pantai, namun sebagai destinasi wisata, pantai ini cukup memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, kamar mandi, ruang bilas yang bersih, dan beberapa warung yang berjajar menjual berbagai makanan dan minuman ringan.

5. Bisa mengelilingi area pantai dengan kendaraan pribadi

Jika beberapa pantai di Indonesia melarang adanya wisatawan yang membawa kendaraan pribadinya masuk ke area pantai, berbeda dengan Pantai Bagedur. Disana Anda dapat menikmati hamparan pasir putih yang padat dengan membawa sepeda atau pun sepeda motor untuk mengelilingi dan menyusuri pantai yang berjarak 7 km ini.

Fasilitas di Pantai Bagedur

Letaknya yang terpencil memang membuat fasilitas pantai ini tidaklah semewah dan selengkap pantai Anyer maupun Carita. Akan tetapi, beberapa fasilitas yang tersedia di pantai ini sudah cukup untuk menunjang liburan Anda beserta keluarga. Disini, Anda dapat menemukan deretan warung di tepian pantai yang menjajakan menu berupa gorengan, es kelapa hingga mie instan.

Fasilitas umum seperti kamar mandi, kamar ganti dan area parkir sudah disediakan oleh pihak pengelola secara memadai. Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan ingin bermalam, maka dapat menyewa kamar di beberapa pondokan sekitar lokasi. Salah satu pondokan favorit yang sering digunakan pengunjung menginap adalah Pondok Bagedur Cottage. Penginapan ini terletak di dekat pantai dan hanya berjarak kurang lebih 1 km dari Binuangen.

Pondokan ini termasuk ke dalam kelas melati II karena telah dilengkapi dengan kamar mandi dalam dan televisi. Pondokan ini telah berdiri sejak tahun 1991 dan menempati lahan seluas 1,7 hektare dengan beragam tipe kamar dan fasilitas penunjang lainnya. Semenjak tahun 2018, pihak manajemen pondokan ini telah menetapkan tarif sewa kamar per malamnya

Tarif sewa pondokan ini per malam pada hari biasa adalah hanya senilai Rp 170.000-Rp 440.000. Sementara itu, jika Anda menginap pada weekend dan hari libur maka akan dikenakan biaya sewa kamar sebesar Rp 220.000-Rp 500.000 per malam. Disamping fasilitas berupa kamar, Pondok Bagedur Cottage juga dilengkapi dengan kolam renang dan wahana bermain anak. Dua fasilitas ini tentu sangat cocok sekali untuk mengatasi kejenuhan Anda dan buah hati.

Akses dan Rute Menuju Pantai Bagedur

Aksesibilitas menuju kawasan Pantai Bagedur ini sudah sangat lancar, karena perjalanan dari pusat kota Jakarta menuju Banten yang sudah bisa diakses melalui tol. Jika sudah sampai ke area pantai, lelah Anda akan tertebus dengan hamparan pasir putih yang luas ditambah dengan angin yang berhembus kencang.

Area ini cocok bagi Anda yang ingin mengadakan camping bersama teman-teman karena pantai ini penuh dengan pohon kelapa dan perkebunan karet yang tumbuh di area pantai.

Untuk menempuh ke lokasi ini, banyak jalur yang bisa digunakan seperti jalur Gunung Kencana, Saketi, maupun jalur Sukabumi Pelabuhan Ratu. Namun diantara beberapa jalur tersebut sebagian wisatawan kebanyakan menggunakan jalur Gunung Kencana. Mayoritas di jalur tersebut dipenuhi dengan hutan dan jalanan yang bekelak-kelok, namun jalanan sudah sangat lancar karena sudah cor.

Berikut beberapa pilihan rute perjalanan yang bisa dipilih, tentunya harus disesuaikan dengan lokasi terdekat Anda :

1. Melalui jalur Gunung Kencana

  • Serang-Petir Sampay-Gunung Kencana-Malingping Bagedur
  • Serang-Pandeglang-Petir Sampay-Gunung Kencana-Malingping Bagedur

2. Melalui jalur Saketi

  • Serang- Pandeglang-Saketi-Malingping Bagedur

3. Melalui jalur Sukabumi Pelabuhan Ratu

  • Bogor- Cibadak Sukabumi- Pelabuhan Ratu-Malingping Bagedur
  • Bogor-Cikidang-Pelabuhan Ratu-Puncak Habibie-Cibareno-Sawarna-Bayah-Cihara-Malingping Bagedur

Di antara ketiga pilihan rute di atas, perjalanan yang sedikit mengirit waktu adalah rute ketiga yaitu melewati Pelabuhan Ratu karena hanya memakan waktu 2 jam saja.

Peta Menuju Pantai Bagedur (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Bagedur

  1. Hotel GBS Malingping
  2. Bagedur Hotel
  3. Pondok Bagedur
  4. Home Stay Pantai Bagedur
  5. Bahari Hotel Malingping

Tips Berwisata ke Pantai Bagedur

Apabila anda mempunyai waktu lebih lama di Pantai Bagedur, anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata lainnya. Misalnya saja Kampung Badui Dalam. Bagi Anda yang tertarik dengan aktivitas berwisata sambil belajar maka dapat mengunjungi kampung ini.

Selain kampung Badui Dalam, pantai Bagedur juga jaraknya berdekatan dengan salah satu cagar alam sekaligus budaya di selatan Banten. Cagar alam dan budaya yang dimaksud adalah pulau Burung dengan luas lahan kurang lebih 30 hektare.

Seperti pada tempat wisata pantai lainnya, sebaiknya siapkan kondisi anda sebaik mungkin khususnya kondisi fisik. Bawalah sunblock atau sunscreen agar kulit anda tidak terbakar sinar matahari ketika berlamaan bermain di pantai. Selain itu, alangkah lebih baiknya untuk menggunakan kendaraan pribadi ketika mengelilingi Pantai Bagedur.