Tanah Lapang Merdeka Binjai: Info Wisata Wajib Disinggahi

Rate this post

Keseruan berlibur ke Kota Binjai Sumatera Utara, rasanya akan kurang pas jika tidak datang ke Tanah Lapang Merdeka Binjai.

Tanah lapang ini disebut juga sebagai Alun-Alun Binjai yang terletak di jantung Kota Binjai sendiri.

Lokasi alun-alun ini tepat di depan Kantor Walikota Binjai, sehingga akan sangat mudah untuk ditemukan.

Biasanya warga sekitar memanfaatkan Tanah Lapang Merdeka di Binjai untuk berolahraga, rekreasi, atau sekedar untuk bersantai bersama keluarga, teman, maupun kerabat.

Lokasi Tanah Lapang Merdeka Binjai

Lokasi-Tanah-Lapang-Merdeka-Binjai

Tempat wisata yang cocok dijadikan wisata keluarga ini berada tepat di depan Kantor Walikota Binjai, atau lebih tepatnya di Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Lokasinya hanya berjarak sekitar 45 menit saja dari Kota Medan, apabila tidak ada kendala seperti macet dan lain-lainnya.

Harga Tiket dan Jam Operasional Tanah Lapang Merdeka Binjai

Harga-Tiket-dan-Jam-Operasional-Tanah-Lapang-Merdeka-Binjai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwasannya Tanah Lapang Merdeka merupakan alun-alun atau lebih tepatnya taman kota.

Maka dari itu, tidak ada tiket masuk yang ditetapkan alias pengunjung bisa datang kapan pun tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Taman kota yang berada di jantung Kota Binjai buka selama 24 jam, sehingga Anda bisa datang kapan saja tanpa takut salah waktu atau taman sudah ditutup.

Daftar Aktivitas Wisata di Tanah Lapang Merdeka Binjai

Taman kota di Binjai menyediakan berbagai fasilitas hiburan dan rekreasi, baik untuk kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Maka tak heran jika Tanah Lapang Merdeka selalu ramai pengunjung, karena selain banyak fasilitas hiburan Anda bisa hemat pengeluaran karena tiket masuk gratis.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Tanah Lapang Merdeka. Kira-kira apa saja aktivitasnya? Simak daftar berikut ini:

1. Bersantai di Taman

Bersantai-di-Taman

Bagi yang belum tahu, Taman Lapang Merdeka Binjai merupakan sebuah taman asri dengan suasana yang sangat nyaman.

Tak hanya nyaman, taman kota ini sangat mudah diakses oleh wisatawan karena lokasinya yang strategis.

Di taman ini Anda bisa bersantai sambil melihat pemandangan dan juga aliran sungai Bingai, karena letak taman memang berada di pinggir sungai.

Tanah Lapang Merdeka biasanya dijadikan tempat nongkrong oleh muda-mudi, apalagi kalau akhir pekan, sudah pasti destinasi wisata satu ini lebih ramai lagi.

Karena berada tepat di depan Kantor Walikota Binjai, dari taman ini Anda juga bisa melihat kemegahan bangunan tempat kerja walikota.

Selain itu, di taman juga ada air mancur yang membuat nuansa taman menjadi lebih menyenangkan.

Bahkan pada malam hari lampu hias aneka warna akan dinyalakan, sehingga menambah kesan apik pada taman.

2. Olahraga

Olahraga

Seperti namanya, di taman ini juga disediakan tanah lapang yang cukup luas.

Nah, tempat inilah yang menjadi pusat aktivitas olahraga yang dimanfaatkan oleh warga sekitar, khususnya warga Kota Binjai.

Biasanya ketika sore sudah tiba, akan ada warga yang berkumpul untuk melakukan olahraga senam bersama.

Sekedar informasi, sebenarnya area olahraga yang menjadi favorit warga Binjai ini adalah GOR alias Gedung Olahraga.

Bahkan pada salah satu sisi areanya masih bisa ditemukan beberapa alat olahraga ringan yang masih juga dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Selain tanah lapang, di sini juga tersedia sarana olahraga lainnya, misalnya saja lapangan basket dan juga lapangan voli.

3. Bermain di Wahana Permainan

Bermain-di-Wahana-Permainan

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan khususnya untuk anak-anak adalah bermain di wahana permainan.

Tersedia berbagai macam wahana permainan yang menyenangkan, sehingga tak heran jika banyak keluarga yang berlibur ke taman kota satu ini.

Dijamin ketika Anda mengajak anak-anak menjajal aneka wahana permainan di tempat wisata yang kids friendly ini, mereka akan sangat senang, bahkan akan mengajak Anda kembali datang ke sini.

Wah, sudah gratis, ramah anak lagi!

Pastinya menjadi incaran banyak keluarga saat libur tiba, nih.

Selain itu, di sisi area taman juga terdapat berbagai hiburan lain untuk anak-anak, mulai dari mandi bola, istana balon, dan juga mobil-mobilan.

4. Panjat Dinding

Panjat-Dinding

Ingin mencoba hal-hal yang mengacu adrenalin?

Tanah Lapang Merdeka Binjai juga bisa mengabulkannya, lho, karena di sini ada fasilitas panjat dinding yang menantang.

Biasanya di sini akan ada orang-orang yang berlatih untuk memanjat dinding untuk persiapan lomba atau sekedar hobi saja.

Fasilitas ini dibuka untuk umum, lho, sehingga Anda bisa mencoba.

Namun, tentunya dilengkapi dengan peralatan keamanan dan juga diawasi oleh pelatih profesional, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Berkeliling dengan ATV

Berkeliling-dengan-ATV

Kalau tidak ingin menjajal fasilitas panjat dinding yang cukup ekstrim, ada hal lain yang bisa Anda lakukan dan tentunya tidak membahayakan jiwa.

Hal tersebut adalah berkeliling Tanah Lapang Merdeka dengan menggunakan ATV yang disewakan oleh pengelola.

Dijamin kegiatan ini akan sangat seru, jadi jangan lupa dicoba, ya. Bagi Anda yang tidak berminat untuk berkeliling taman dengan ATV, bisa mencoba naik delman.

Naik ATV atau delman sama serunya, kok, hanya saja semua tergantung selera dan keinginan Anda.

6. Memeriahkan Perhelatan Event

Memeriahkan-Perhelatan-Event

Secara historis, Tanah Lapang Merdeka Binjai digunakan sebagai tempat diselenggarakannya berbagai macam upacara adat maupun resmi di Kota Binjai.

Misalnya upacara kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.

Selain itu, di sini juga menjadi tempat diselenggarakannya aneka event penting Kota Binjai, mulai dari sholat Idul Fitri, berbagai macam festival, konser-konser musik gratis dari artis ibukota, dan masih banyak event-event akbar lainnya.

Nah, pada setiap gelaran event-event dan perhelatan lainnya, para pengunjung bisa turut serta dalam memeriahkannya, lho.

Wah, pastinya akan menjadi pengalaman yang seru dan tak terlupakan, nih.

Baca Juga: Tempat Wisata di Binjai

7. Santap Sajian Kuliner

Santap-Sajian-Kuliner

Apabila sudah lelah berwisata di Tanah Lapang Merdeka, jangan lupa mengakhiri kunjungan Anda dengan menyantap sajian kuliner di pujaseranya.

Anda bisa memesan aneka macam hidangan khas Binjai atau hidangan umum lainnya dan dijamin rasanya akan membuat Anda ketagihan.

Dengan membaca informasi di atas, pastinya bayangan keseruan ketika berkunjung di Tanah Lapang Merdeka Binjai sudah sangat terasa, ya.

Nah, jika Anda berminat mengunjunginya, disarankan untuk datang ketika sore hari, karena terhindar dari cahaya terik matahari dan kesejukan taman kota akan lebih terasa.

Baca Juga: 16+ Cafe di Binjai yang Romantis, Terbaru, Hits, Favorit Banget!

Leave a Comment