35+ Makanan Khas Sumatera Selatan (Wisata Kuliner)

Sumatera Selatan adalah sebuah provinsi di selatan Pulau Sumatera yang terkenal dengan makanan khas Sumatera Selatan berupa tekwan. Namun, selain makanan yang sudah terkenal tersebut, masih banyak berbagai jenis kudapan khas Sumatera Selatan lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Terlebih lagi jika Anda sedang berkunjung ke Palembang. Mengonsumsi makanan lezat khas daerah tersebut wajib masuk ke daftar to do list Anda.

Banyak kudapan lezat yang menarik untuk dicicipi atau bahkan21dapat dijadikan oleh-oleh apabila daya tahan dari berbagai makanan tersebut terbilang awet.

Banyak jenis kudapan khas Sumatera Selatan yang dapat Anda coba. Penasaran apa saja? Berikut pembahasannya.

Nama Makanan Khas Sumatera Selatan

Orang Palembang atau orang Sumatera pada umumnya mungkin sudah tidak asing dengan berbagai kudapan lezat yang dimiliki kota terbesar kedua di Sumatera Selatan ini.

1. Pempek

cara membuat makanan khas sumatera selatan

Pempek merupakan kudapan khas Palembang yang sudah tidak asing lagi dikenal oleh semua orang di Indonesia. Kudapan khas Sumatera Selatan satu ini kental dengan aroma ikan tenggiri yang disiram kuah cuka pedas.

Kian hari, modifikasi kudapan khas Palembang ini berkembang menjadi isi telur dan isian polos saja. Banyak yang meniru kudapan khas Palembang ini, padahal penjualnya bukan orang Palembang.

2. Burgo

tempat beli makanan khas sumatera selatan

Burgo merupakan kudapan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari tepung beras, mirip adonan kwetiaw dan cocok disantap dengan telur ayam rebus plus laksan. Sensasi kuah burgo ini cenderung pedas dan tentunya bersantan. Jika membuat sendiri, Anda dapat mengatur tingkat kepedasan kudapan burgo.

3. Tekwan

makanan khas sumatera selatan dan resepnya

Tekwan ini mungkin sekilas dapat disebut sebagai bakso. Perpaduan antara adonan kenyal yang dicampur dengan kuah udang membuat rasa dari makanan ini menyegarkan. Campuran bihun, jamur kuping, daun bawang, dan bawang goreng pada kuahnya memberikan sensasi lebih lezat lagi.

4. Celimpungan

makanan khas sumsel

Celimungan merupakan makanan dari Sumatera Selatan yang kerap dikaitkan dengan tanah Jawa karena penamaannya agak bernuansa Jawa. Bentuk celimpungan ini berupa potongan adonan tepung sagu dan ikan yang dipotong bulat pipih. Cocok disajikan dengan kuah santan pedas dan kental ketika suasana hujan. Jika Anda ingin menikmati semangkuk celimpungan untuk sarapan, tentu saja sangat lezat.

5. Laksan

makanan khas palembang sumatera selatan

Bukan laksa atau lakso, melainkan laksan, makanan dari Palembang yang bahan dasarnya tepung sagu serta ikan. Jika Anda pernah menyantap kudapan hits pertama varian lenjer dari Palembang, tekstur laksan ini mirip seperti itu. Namun, penyajian laksan ini ditemani dengan kuah santan yang kental dan pedas. Tidak hanya cocok menjadi kudapan sarapan, namun juga pas sebagai menu makan malam.

6. Pindang Tulang

makanan berat khas sumatera selatan

Dari namanya kita sudah dapat menebak bahwa bahan utama makanan khas Palembang ini adalah tulang. Adapun tulang yang digunakan adalah iga sapi yang dilengkapi dengan kuah khas pindang. Untuk para penyuka pedas, sayang sekali melewatkan kudapan ini karena konon sensasi rasanya menggelegar di lidah. Duri ikan patin yang cenderung besar-besar juga tidak merepotkan Anda ketika menyantapnya.

7. Pindang Ikan

makanan ciri khas sumatera selatan

Sesuai dengan namanya, makanan dari Sumatera Selatan satu ini menggunakan ikan sebagai bahan utama. Biasanya, yang banyak digunakan untuk pindang ikan adalah ikan patin. Sajian pindang ikan khas Sumatera Selatan ini semakin lengkap dengan sajian kuah santan manis, pedas, asam, serta tentunya gurih.

8. Mie Celor

gambar makanan khas daerah sumatera selatan

Mie celor merupakan kudapan khas Sumatera Selatan, yakni Palembang. Hidangan yang lezat ini disajikan dengan potongan daging. Kuah yang digunakan untuk menyajikan makanan ini adalah kuah kental yang dilengkapi dengan tauge, udang, daun bawang, dan bawang goreng. Cocok disantap saat cuaca dingin.

9. Martabak Khas Palembang

makanan khas kepulauan sumatera selatan

Bicara tentang martabak, yang ada di pikiran kita adalah martabak biasa di penjual kaki lima di mana saja. Namun, ada yang berbeda dari martabak khas Palembang.

Yang membedakan martabak Palembang dengan martabak lainnya adalah siraman kuah kental di atas martabak yang komposisinya banyak. Biasanya jika kita makan martabak, kuah hanya dalam bentuk porsi kecil saja dan dicocol.

10. Lakso

makanan nabati khas sumatera selatan

Lakso atau kita akrab mengenalnya sebagai laksa merupakan kudapan khas Sumatera Selatan yang dari segi tampilannya seperti mie. Lakso konon cocok apabila dinikmati bersama celimpungan. Ketika menikmati laksa, akan jauh lebih nikmat apabila Anda menambahkan telur rebus dan tentunya tak lupa tambahan kerupuk. Dinikmati ketika pagi atau malam, kudapan ini tambah lezat dinikmati dengan secangkir teh.

11. Sate Sapi Cucuk Manis

makanan khas sumatera selatan pempek

Kudapan sate sepertinya sudah tidak asing di telinga siapa pun. Namun, yang membedakan sate dari Sumatera Selatan dengan sate lainnya adalah penggunaan bumbu. Biasanya, sate identik dengan bumbu kacang, namun kali ini Anda dapat menikmati sate yang dilengkapi dengan bumbu manis dari kecap.

12. Godo-godo

makanan khas sumatera selatan palembang

Godo-godo, bukan gado-gado, merupakan kudapan khas Sumatera Selatan yang memanfaatkan daging udang untuk bahan utama makanan. Makanan Sumatera Selatan satu ini kerap dikenal juga sebagai empek godo.

Campuran kuah cuka memberikan sensasi lezat. Anda dapat mudah menemukannya di pedagang kaki lima saja. Kudapan khas Sumatera Selatan tidak semuanya bernuansa ikan, ada yang bahannya udang.

13. Bakmi Babi

makanan khas sumatera selatan paling baru

Bakmi sendiri sebenarnya merupakan makanan khas Tionghoa yang dibawa ke Indonesia seiring banyaknya turunan Cina di Indonesia.

Di Sumatera Selatan, Anda yang nonmuslim dapat menikmati kudapan bakmi dicampur babi panggang, babi cincang, dan juga jamur. Menunya dapat Anda pilih sendiri sesuai selera. Konon, menikmati semangkuk bakmi babi ini akan sangat lezat ketika malam hari.

14. Kemplang dan Kopi Palembang

cara membuat makanan khas sumatera selatan

Menikmati kemplang tanpa kopi Palembang rasanya tidak sempurna. Menikmati kemplang yang lengkap dengan cocolan sambal hitam plus kopi Palembang di sore hari akan melengkapi suasana santai.

Tidak hanya dapat dinikmati ketika berkunjung ke Palembang, Anda juga dapat membawa pulang kudapan ini untuk oleh-oleh.

15. Es Kacang Merah

makanan khas sumatera selatan ketan

Sensasi segar dan dingin dari es kacang merah sangat cocok untuk menemani berbagai kudapan lezat dari Sumatera Selatan lainnya. Apabila Anda ingin menikmati seporsi es kacang merah sendirian di tengah teriknya panas, tentu juga bisa.

Es kacang merah dapat dikonsumsi untuk menghilangkan dahaga. Alternatif ketika Anda sedang menjalankan aktivitas di siang hari, makan es kacang merah.

16. Model

makanan khas sumatera selatan dari nabati

Orang Sumatera Selatan sepertinya suka sekali dengan sensasi rasa cuka, sebab pada makanan satu ini ada sentuhan cuka  yang membuat semakin lezat.

Model terbagi menjadi dua jenis, yakni model ikan dan model gandum. Campuran timun, bawang goreng, udang, bihun, jamur kuping semakin melezatkan makanan satu ini. Sensasi kuah cuka yang gurih akan menyegarkan hari-hari liburan Anda.

17. Lenggang

makalah makanan khas sumatera selatan

Lenggang merupakan makanan Palembang lainnya yang lagi-lagi terbuat dari olahan ikan serta campuran telur kocok. Penempatan lenggang ini menggunakan daun pisang dan diolahnya dengan cara dipanggang di atas arang.

Aroma daun pisang terbakar berikut rasa gurih semakin menambah kelezatan lenggang. Liburan Anda akan semakin lengkap dengan menikmati sajian khas Sumatera Selatan satu ini.

18. Sambal Tempoyak

makanan khas sumatera selatan adalah

Provinsi yang satu ini juga memiliki sambal khas yang dapat meningkatkan selera makan. Uniknya, kudapan ini merupakan makanan khas Sumatera Selatan dari bahan nabati, yakni buah durian.

Tapi, konon produksi sambal ini sudah jarang dan hanya dibuat untuk dikonsumsi di rumah saja. Merupakan sebuah kenangan tidak terlupakan jika Anda dapat menikmati kudapan lezat satu ini.

19. Gulo Puan

makanan khas sumatera selatan enak

Gulo puan ini merupakan makanan manis yang terbuat dari gula dan susu kerbau. Konon, jika melihat sejarahnya, dulu kudapan lezat ini hanya dapat dinikmati oleh bangsawan serta mereka yang sudah selesai menunaikan ibadah haji saja.

Banyak tempat yang dapat Anda kunjungi untuk membeli seporsi gulo puan ini. Mulai dari para penjual kaki lima sampai toko-toko oleh-oleh kekinian.

20. Roti Koing

makanan khas sumatera selatan beserta gambarnya

Roti koing ini konon akan mudah Anda temui ketika Ramadan tiba. Tekstur dari roti khas Sumatera Selatan ini cenderung keras dan tanpa rasa serta tanpa isi.

Kudapan yang memberikan sensasi kenikmatan ini akan semakin lengkap jika Anda nikmati dengan secangkir kopi, teh, atau juga susu, sesuai selera saja.

21. Otak-otak Kuah Cuko

ciri khas makanan daerah sumatera selatan

Otak-otak bukan kudapan asing di telinga setiap orang. Di Sumatera Selatan, Anda dapat menikmati otak-otak dengan sajian kuah cuko atau kuah cuka.

Untuk membuat kudapan lezat khas ini, Anda membutuhkan ikan tenggiri, tepung sagu, daun bawang, santan, dan tentunya tidak lupa juga taburan garam. Biasanya otak-otak yang kita kenal merupakan kudapan dengan cocolan saus kacang saja.

22. Kemplang

jenis makanan khas sumatera selatan

Kemplang merupakan salah satu kudapan khas Sumatera Selatan yang tidak asing di telinga. Jenisnya kemplang ada dua, yakni kemplang sagu dan kemplang ikan.

Untuk membedakan kemplang sagu dan kemplang ikan, biasanya tekstur kemplang ikan lebih padat. Akan lebih nikmat jika kemplang dicocol dengan sambal merah. Teksturnya yang renyah dapat Anda nikmati kapan saja sebagai makanan ringan.

23. Lempok

makanan dan minuman khas daerah sumatera selatan

Makanan dari Sumatera Selatan lainnya yang wajib Anda coba ketika bertandang ke sini adalah lempok. Makanan ini akan lebih mudah dibayangkan apabila kita mengimajinasikan dodol.

Tekstur kenyal, manis, dan warnanya yang coklat membuat lempok persis diidentikkan dengan dodol yang khas dari Garut.

24. Brengkes Tempoyak

makanan khas sumatera selatan murah banget

Brengkes tempoyak merupakan salah satu makanan dari Sumatera Selatan yang cita rasanya tidak kalah dari berbagai kudapan lain.

Bahan dasar pembuatan brengkes tempoyak ini dari ikan patin dan ada sentuhan durian yang membuat cita rasanya unik sekali. Sensasi pedas, gurih, asin, dan nikmat dapat Anda rasakan sendiri. Tidak terbayang kan, sajian ikan patin plus durian dalam satu penyajian makanan?

25. Malbi

makanan khas lahat sumatera selatan

Makanan dari Palembang berikutnya yang sayang untuk tidak dicicipi ialah malbi. Jika biasanya kudapan identik dengan ikan, kali ini Anda akan menemui kudapan yang terbuat dari olahan daging sapi.

Secara sekilas, tampilan malbi ini seperti semur daging yang dicampur dengan rempah dan kuah asam. Bisa dibilang olahan daging sebagai kudapan khas Palembang ini terbilang jarang dan tentu unik.

26. Sambal Lingkung

apa nama makanan khas sumatera selatan

Jangan terkecoh dengan penamaan sambal di depannya sebab konon, sambal khas Sumatera Selatan yang satu ini sama sekali tidak pedas.

Sambal dari bahan dasar daging yang diolah menjadi seperti abon ini banyak disukai oleh anak-anak sampai orang tua. Penasaran? Anda dapat mencari bahan beserta resepnya di internet.

27. Kue Bolu Suri

5 makanan khas sumatera selatan

Secara tampilan, kue dari Palembang ini tidak jauh berbeda dengan kue bika ambon khas Medan. Namun, yang membedakan adalah proses pembuatannya jauh lebih sederhana dari bika ambon. Yang menarik dari penyajian kue ini ialah kerap dijadikan salah satu kudapan khas ketika hari raya tiba.

28. Kue Maksuba

rumah adat dan makanan khas sumatera selatan

Maksuba merupakan kudapan khas Sumatera bagian selatanyang identik dengan rasa manis serta legit. Tampilan dari maksuba ini sendiri tidak seperti kue lapis, meskipun teksturnya berlapis-lapis, tapi tidak teratur. Untuk mendapatkan kue maksuba ini sangat mudah, banyak toko yang menjual kue satu ini.

29. Telok Ukan

makanan khas sumatera selatan brainly

Telok ukan merupakan makanan dari Palembang yang jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah bukan ikan. Pada dasarnya pembuatan kudapan ini memanfaatkan cangkang telur bebek yang isinya dibuang dulu dengan tusukan jarum.

Isi telur kemudian dicampur dengan santan dan bumbu rempah lainnya sebelum akhirnya dikukus, lalu dimasukkan kembali. Bentuknya unik, seunik cara pembuatannya.

30. Gulo Puan

makanan khas sumatera selatan enak

Makanan gulo puan konon dapat mudah Anda temukan di daerah Ogan Komering Ilir yang memanfaatkan susu kerbau berikut gula sebagai bahan pembuatan. Bentuknya ketika sudah jadi akan mirip karamel kering dan cocok sekali dicampur dengan pisang goreng serta sajian secangkir kopi panas.

31. Dadar Jiwo

makanan khas sumatera selatan ikan tenggiri

Jangan membayangkan makanan satu ini memiliki rasa manis seperti Anda menikmati dadar gulung isi gula dan kelapa. Sebab, isi dari dadar jiwo ini ialah tumis pepaya muda dengan santan yang dicampur air serta telur. Di bagian atasnya biasanya kue ini dilengkapi dengan taburan cabai rawit dan juga bawang goreng. Jika dibayangkan, sensasi bentuk dan rasanya mirip dengan kue pistel.

32. Kue Srikaya

makanan ringan khas sumatera selatan

Kue srikaya merupakan kudapan khas Palembang yang dapat mudah Anda temukan di berbagai pusat perbelanjaan oleh-oleh. Untuk membuat kue srikaya ini cukup tiga bahan yang Anda butuhkan, diantaranya telur, gula, dan santan kental.

Kue ini semakin populer ketika bulan Ramadan tiba di Indonesia. Namun, jika hendak mencicipi di luar bulan Ramadan pun, tentu saja dapat Anda lakukan.

33. Kue 8 Jam

Makanan ini dinamakan kue 8 jam karena cara membuatnya membutuhkan waktu pengukusan selama 8 jam. Orang-orang Sumatera Selatan biasanya mengolah kue ini di saat peringatan hari raya tertentu.

Namun, jika Anda ingin menikmati kue 8 jam di luar hari raya, tentu saja dapat dilakukan dengan membuat sendiri di rumah. Jalan membuatnya mudah, asalkan Anda menemukan resepnya sendiri dari berbagai sumber.

34. Kue Engkak Ketan

15 makanan khas sumatera selatan

Kudapan khas Sumatera Selatan lainnya yang dapat Anda cicipi ketika bertandang ke Palembang ialah engkak ketan. Makanan ini merupakan kudapan khas yang terdiri atas bahan ketan dan santan.

Ketika Idul Fitri datang, biasanya Anda akan mudah menemukan eksistensi kue ini di rumah warga. Namun, tidak Idul Fitri pun Anda dapat membeli kudapan ini dari berbagai toko oleh-oleh.

35. Kue Lapis Kojo

sebutkan 3 makanan khas daerah sumatera selatan

Untuk membuat makanan lezat ini, Anda membutuhkan terigu, pandan, telur bebek, santan, susu kental manis, dan juga daun suji jika ada. Rasanya yang legit dan manis akan melekat pada lidah Anda dan sayang jika dilewatkan sebagai oleh-oleh. Pastikan orang lain pun merasakan kelegitan lapis kojo ketika Anda pulang ke kota asal.

Makanan khas Sumatera Selatan adalah makanan yang sangat sayang untuk dilewatkan, terutama jika Anda sedang mampir lama ke kota tersebut. Banyak makanan yang dapat Anda rasakan, mulai dari yang rasanya gurih hingga yang rasanya manis.

Leave a Comment

error: Content is protected !!