10+ Makanan Khas Australia (Barat, Selatan) Lezat!

Mengunjungi negara Australia memang menjadi tujuan wisata yang banyak diminati oleh orang-orang. Terlebih lagi jarak antara Indonesia dan Australia yang tidak begitu jauh.

Banyak destinasi wisata menarik dan bersejarah yang dapat Anda kunjungi. Selain itu berbagai makanan khas Australia yang melegenda dari nenek moyang juga ikut andil menopang daya tarik wisatawan untuk datang.

Australia selain terkenal dengan objek wisata yang menarik juga terkenal dengan pendidikan dan bisnisnya. Banyak orang yang memilih untuk menuntut ilmu atau bekerja di negara ini.

Hal ini membuat Australia semakin ramai dengan beragam masyarakat yang datang dari berbagai belahan negara. Namun kondisi ini tidak membuat Australia kehilangan jati dirinya. Contohnya untuk makanan khas yang masih dilestarikan.

Makanan Khas Australia yang Terkenal

1. Lamington

makanan khas australia yang ada di indonesia

Jenis makanan yang satu ini adalah sejenis kue bolu spons khas Australia. Ukurannya cukup kecil berbentuk persegi. Penyajiannya dilengkapi dengan lapisan saus coklat dan taburan parutan kelapa pada seluruh permukaan kue.

Rasa manis dari kue dan saus coklat terasa sangat sempurna dipadukan dengan parutan kelapa yang gurih. Lamington ini cocok Anda santap sebagai teman minum teh atau kopi.

2. Vegemite

makanan khas australia yang sudah masuk ke indonesia

Sebenarnya Vegemite adalah sejenis selai yang berwarna kehitaman. Bahan dasar pembuatan selai ini adalah ragi yang dicampur dengan mineral dan garam. Rasa yang dimunculkan cukup unik yaitu perpaduan antara pahit dan asin.

Vegemite ini biasanya dipergunakan sebagai olesan pada roti panggan yang ditambah dengan sedikit mentega. Beberapa orang juga menggunakannya sebagai penambah rasa pada sup.

3. Pavlova Australia

makanan khas australia selatan

Para penyuka hidangan manis jangan sampai melewatkan untuk mencicipi makanan ini ketika berada di Australia. Nama pavlova diambil dari nama Anna Pallova yaitu seorang balerina Rusia yang pernah berkunjung ke Australia.

Hidangan pavlova ini sengaja dibuat untuk memberikan penyambutan pada balerina tersebut. Bahan dasar pembuatan pavlova ini adalah tepung jagung, vanilla, dan cuka.

Semua bahan tersebut dipanggang dan dilapisi cream manis pada bagian atasnya. Untuk lebih mempercantik tampilannya maka diberikan topping dari aneka buah-buahan segar seperti jeruk, mangga, kiwi atau buah berry.

Pavlova ini banyak dihidangkan sebagai menu hidangan penutup.

4. Meat Pie

makanan khas australia untuk oleh oleh

Meat Pie ini hampir mirip dengan pie yang ada dipasaran saat ini. Jika pie yang Anda ketahui biasanya menggunakan isian buah, susu atau kacang maka pada meat pie ini menggunakan daging.

Ukuran dari meat pie juga lebih kecil namun isinya lebih padat. Daging yang telah digiling dicampur dengan jamur dan keju sebelum dimasukkan kedalam adonan pie.

Rasanya cukup unik yaitu perpaduan antara manis kulit pie dengan isian yang gurih. Restoran dan cafe di Australia menghidangan Meat Pie ini sebagai menu makan malam.

Untuk lebih melengkapi hidangan tersebut maka disajikan bersama kentang tumbuk dan saus kental dari bahan kaldu yang disebut dengan gravy.

5. The Lot

makanan khas australia indonesia

Tampilan menu ini lebih mirip dengan burger. Namun Anda tidak akan mendapatkan isian berupa daging, tomat dan selada. The Lot memang menggunakan roti seperti roti yang digunakan pada burger.

Untuk bahan isiannya menggunakan akar bit atau beetroot, irisan nanas dan juga telur setengah matang. Menu ini disajikan bersama kentang goreng dan saus pedas.

6. Daging Kangguru

makanan ciri khas australia

Makanan yang satu ini jelas hanya akan Anda temui di Australia. Sebagai negara yang terkenal dengan hewan Kangguru maka sudah jelas jika mereka juga menyediakan menu dari hidangan daging Kangguru.

Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa daging Kangguru ini memiliki protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging babi dan sapi.

Menu daging Kangguru ini menjadi menu favorit yang banyak dicari oleh para wisatawan maupun warga Australia sendiri. Tekstur dagingnya lebih lembut dan memiliki lemak yang lebih sedikit.

Anda bisa memesan aneka olahan daging ini seperti sosis, steak dan beberapa makanan lainnya. Selain tersedia di beberapa restoran Anda juga bisa menemukan daging ini di supermarket.

7. Pie Floater

makanan khas di australia

Pie Floater adalah sejenis sup dari kacang polong yang cukup kental. Dalam penyajiannya menggunakan mangkuk yang diisi dengan sup kacang polong kemudian ditambahkan dengan pie daging.

Pada bagian atas pie diberikan saus tomat sebagai penambah rasa. Beberapa tempat menyajikan pie floater ini dengan menekan pie daging hingga terendam ke dalam sup kental.

Sajian Pie Floater ini terkadang terlihat asal-asalan sehingga beberapa orang yang baru pertama kali mencoba menjadi ragu untuk mencicipi.

Namun jika Anda sudah mencobanya pasti bisa langsung tertarik karena rasanya yang khas. Paduan sup yang kental dan gurih ditambah dengan pie daging yang unik membuat rasa semakin nikmat.

Walaupun termasuk sup yang kental dan gurih namun makanan ini tidak membuat eneg.

8. Barramudi

makanan khas orang australia

Barramudi adalah hidangan dari ikan sungai yang banyak hidup di Australia. Ukuran ikan ini cukup besar dan bersisik. Dalam pengolahannya digunakan beberapa bumbu seperti merica, perasan jeruk lemon dan garam.

Makanan Barramudi ini adalah makanan khas dari suku asli Australia yaitu suku Aborigin. Anda bisa menjumpai hidangan ini di beberapa restoran yang ada di Australia.

Makanan ini cocok untuk dimakan bersama dengan nasi atau roti. Hidangan ini disajikan dalam porsi yang cukup besar sehingga Anda bisa menyantapnya bersama keluarga atau teman.

Barramudi memang tidak menggunakan banyak bumbu karena pada dasarnya ikan telah memiliki rasa khas tersendiri yaitu manis dan gurih. Anda bisa menambahkan saus pedas jika menginginkan.

9. Sausage Sangers

makanan penutup khas australia

Penduduk Australia adalah penduduk yang menyukai hidangan barbeque. Pada setiap perayaan seperti ulang tahun, pernikahan dan acara lainnya selalu menyajikan hidangan barbeque.

Salah satu bahan Andalan yang paling digemari adalah sosis. Di Australia ini sosis yang dihidangkan berbeda dengan sosis di pasaran. Teksturnya lebih padat dan lebih lembut.

Sausage Sanger ini sering juga dinamakan sausage roll. Hidangan ini memang menggunakan sosis yang dibungkus roti dengan taburan irisan bawang bombay dan saus.

Tekstur menu ini adalah garing dan renyah pada permukaannya namun sosisnya masih terasa lembut ketika digigit. Paduan gurih dari kulit roti dan sosis membuat Anda tidak akan menolak makanan ini.

10. Biskuit Anzac

makanan utama khas australia

Mencari cemilan atau makanan ringan di Australia sangat tepat untuk mencoba makan biskuit Anzac. Makanan ini adalah sejenis biskuit yang dibuat dengan campuran telur, tepung, oat, mentega, gula, air panas, baking soda, parutan kelapa serta golden syrup.

Dari sejarahnya Anzac ini merupakan singkatan dari Australian and New Zealand Army Corps sehingga banyak yang menyebut biskuit ini dengan biskuit tentara.

Australia selain menyimpan banyak pesona melalui destinasi wisata yang menarik juga menyimpan kuliner legenda yang masih lestari. Aneka makanan khas Australia yang bisa Anda temukan saat ini adalah makanan yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Akan sangat sempurna jika Anda mengisi waktu liburan di Australia dengan menjajal aneka hidangan yang ada.

Leave a Comment

error: Content is protected !!