25+ Makanan Khas Bengkulu (Bisa Jadi Oleh-Oleh)

Bengkulu menjadi tempat dari beragam makanan khas Indonesia. Dari artikel mengenai makanan khas benkulu ini ini akan memberikan Anda petunjuk untuk menikmati wisata kulinernya.

Rasa yang diberikan sangat beragam, di mulai dari manis, asin, segar, dan pedas. Semua rasa dapat ditemukan dari berbagai bentuk dan jenis makanan yang unik. Sebagai salah satu warisan budaya yang harus dijaga.

Macam-Macam Makanan Khas Bengkulu

1. Lempuk durian

makanan khas bengkulu dan gambar

Lempuk durian bisa menjadi salah satu oleh oleh makanan khas bengkulu yang wajib untuk dibawa dan di beli. Tentunya, dengan rasa yang mirip seperti dodol tidak akan asing lai di lidah orang Indonesia.

Meskipun demikian, rasa yang mirip seperti dodol ini memiliki keunikan tersendiri. Dengan bahan utama durian yang akan terasa sangat unik ketika di cicipi. Untuk membelinya dapat di itemukan di mana pun.

2. Kue tat

jenis makanan khas bengkulu

Dikenal akan kemewahannya karena sejarahnya yang panjang kue tat ini jangan sampai terlewatkan. Dahulu, kue ini dibuat dan diberikan untuk para raja atau beberapa kalangan ningrat.

Perubahan pun terjadi hingga semua orang dapat menikmati rasa dari kue tat. Biasanya, masyarakat sekitar akan membuat kue ini untuk dijadikan kudapan pada hari raya Idul Fitri yang sangat wajib untuk di hidangkan.

3. Gulai kemba’ang

makanan khas bengkulu di bandung

Beberapa daerah di Indonesia biasanya akan memiliki menu gulai dengan khas masing-masing. Salah satunya adalah gulai kemba’ang yang berasal dari Indonesia.

Terdapat banyak tempat di Bengkulu yang menjual menu makanan ini termasuk Kabupaten Mukomuko. Iga sapi menjadi bahan utama untuk pembuatannya. Ditambah lagi dengan beberapa bumbu khas bengkulu yang begitu unik.

4. Pendap

makanan khas bengkulu bagar hiu

Pendap menjadi menu favorit bagi masyarakat setempat dan beberapa pengunjung. Dengan bahan dasar ikan yang dilengkapi bersama beberapa bumbu akan memiliki rasa yang unik.

Ikan yang akan dimasak akan di kombinasikan dengan bumbu lain khususnya bawang putih, cabe giling, kencur, serta kelapa parut. Penyajiannya akan menggunakan daun talas dan memiliki rasa yang sangat nikmat.

5. Bagar hiu

makanan khas bengkulu di jawa timur

Bukan hanya istilah nama, masakan ini memang terbuat dari daging ikan hiu. Untuk jenis hiu yang digunakan adalah Hiu Tanduk. Beberapa daerah di Indonesia memang masih jarang untuk memberikan sajian berjenis ikan hiu.

Akan tetapi, bagar hiu ini menjadi menu yang tidak asing di sana. Dengan cara memasak yang unik karena diberikan beberapa bumbu serta rempah lainnya.

6. Tempoyak

makanan khas bengkulu utara

Dengan berbahan dasar durian, tempoyak menjadi menu yang tidak boleh terlewatkan. Makanan ini menjadi makanan khas bengkulu utara dan mudah untuk ditemukan.

Pembuatannya menggunakan olahan dari durian yang telah di fermentasi. Bahkan, makanan ini dapat di olah menggunakan ikan patin yang akan sangat lezat. Menu makanan ini dapat ditemukan dengan mudah di Bengkulu.

7. Rebung asam undak liling

apa makanan khas bengkulu

Bahan dasar pembuatan makanan ini sangat unik untuk ditemukan. Makanan ini di buat dari keong hitam dan bambu muda atau yang sering disebut sebagai rebung.

Untuk pembuatannya pun akan memakan waktu yang lumayan lama. Hal itu terjadi karena asam dari rebung harus keluar terlebih dahulu ketika di rendam. Setelah di rebus rebung akan di masak dengan keong hitam atau disebut liling dari sawah.

8. Kue lepek biniti

nama makanan khas bengkulu

Kue Nagasari memiliki bentuk yang hampir sama dengan kue ini. Tentunya, dengan balutan daun pisang membuat kue lepek biniti ini berbeda dengan Nagasari.

Ketika Anda berkunjung pada bulan Ramadhan ke Bengkulu, pastikan jika Anda menikmati menu makanan ini. Komposisi atau bahan pembuatan makanan ini adalah tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas, serta bahan lainnya.

9. Lemang tapai

makanan khas bengkulu gohu

Dengan bahan dasar ketan dan santan rasa dari lemang tapai ini sangat unik. Beragam orang yang berkunjung ke Bengkulu akan berusaha untuk menikmati menu masakan ini.

Biasanya, lemang akan dimasak hingga matang dengan cara di bakar menggunakan bara api. Lemang akan di simpan di dalam seruas bambu muda. Biasanya akan dilengkapi dengan tape ketan hitam ketika di hidangkan.

10. Mie terbang

makanan khas bengkulu beserta gambar

Meskipun tidak menjadi makanan tradisional yang telah lama ada di Bengkulu mie terbang masih wajib untuk di coba. Hal ini karena banyak tempat di bengkulu yang menjual makanan ini dan sangat populer.

Untuk harga sangat terjangkau di mulai dari 15 ribu rupiah per-porsi. Makanan ini termasuk ke dalam mie tektek yang masih populer dan kekinian di Bengkulu. Rasanya pun cukup menjamin dan nikmat.

11. Kopi bengkulu

resep makanan khas bengkulu

Ketika berkunjung ke Bengkulu, jangan lupa untuk menikmati hidangan kopinya. Setiap wilayah dan daerah di Indonesia terkenal akan jenis kopi yang sangat beragam.

Tentunya, karena Bengkulu terkenal subur di Kepulauan Sumatera jenis kopi yang tumbuh pun akan beragam. Cita rasa kopinya akan unik dan berbeda bergantung dari proses roastingnya. Biasanya takaran air pun akan menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

12. Gulai pisang

10 makanan khas bengkulu

Bengkulu memang menjadi daerah yang cukup unik. Terutama dengan beragam jenis makanan manis dan asin yang diciptakannya. Gulai pisang ini penting untuk Anda coba terutama dengan cara pengolahannya yang menggunakan manisan.

Biasanya pisang yang dimasak akan di bentuk seperti gulai. Rasa yang diciptakan oleh menu masakan ini akan terasa manis dan gurih khas dari Bengkulu.

13. Kue perut punai

makan makanan khas bengkulu

Sesuai dengan namanya, memang menu ini terinspirasi dari burung Punai yang sering ada di Bengkulu. Burung ini termasuk ke dalam famili Columbidae. Masyarakat sekitar percaya bahwa kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan burung Punai.

Bahan dasar yang digunakan adalah beras, gula, garam, beserta tepung. Untuk rasa yang dihasilkan dengan cita rasa manis gurih yang sangat nikmat.

14. Lema

foto makanan khas bengkulu

Menu makanan lema dikenal karena bentuknya yang mirip dengan tempoyak. Yang membuatnya berbeda adalah bahan utama dari Tempoyak yang biasanya akan menggunakan fermentasi buah durian.

Untuk lema, biasanya akan di olah menggunakan fermentasi rebung atau dari bambu muda. Nantinya fermentasi tersebut akan dicampur bersama dengan ikan dari air tawar.

15. Sirup kalamansi

makanan khas bengkulu yang mudah dibuat

Sirup kalamansi menjadi minuman yang mudah dibuat oleh Anda ketika di rumah. Minuman ini memang memiliki kepopuleran yang cukup baik hampir di seluruh Indonesia.

Sirup kalamansi menjadi minuman yang berbahan utama dari gula pasir juga jeruk kalamansi. Dengan gizi yang baik karena di hasilkan oleh jeruk yang digunakan bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah bagi Anda.

16. Bolu koja

makanan khas bengkulu di jawa barat

Bolu koja sering disebut sebagai salah satu makanan yang mirip dengan bolu kojo yang berasal dari Palembang. Yang membedakan di antara keduanya adalah dengan penambahan agar-agar putih.

Dari agar-agar putih yang digunakan biasanya dapat menciptakan rasa yang gurih. Bentuk dan teksturnya hampir mirip dengan brownies yang juga sangat nikmat untuk di cicipi.

17. Manisan terong

cara membuat makanan khas bengkulu

Beragam manisan yang berasal dari Indonesia memang cukup unik. Salah satunya adalah manisan terong yang bersal dari Bengkulu ini. Sangat jarang orang yang menggunakan jenis sayuran sebagai manisan.

Hal ini yang membuat masyarakat atau pendatang menyukai jenis manisan ini. Dengan bahan dasar terong yang memiliki rasa manis dan tekstur yang berbeda manisan ini begitu populer di Bengkulu.

18. Kue siput bengkulu

makanan khas bengkulu lempok durian

Nama siput diambil dari bentuk kue yang satu ini. Dengan bentuk yang mirip seperti siput kue ini cocok untuk dijadikan camilan khas. Bahan utama pembuatan kue ini adalah tepung dan kacang.

Nantinya, tepung akan digulung dengan kacang yang kemudian di bentuk seperti sebuah siput. Rasa yang diberikan sangat renyah dan nikmat. Terdapat dua varian rasa yakni rasa manis dengan gula merah dan asin.

19. Kue cucur

oleh oleh makanan khas bengkulu

Terdapat beberapa daerah di Indonesia yang terkenal dengan berbagai jenis kue cucurnya. Bengkulu menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kue cucur. Dengan bahan dasar utama tepung dan gula merah rasa dar kue ini begitu nikmat.

Biasanya, tekstur yang dihasilkan sangat unik dan cenderung lembut untuk di gigit. Biasanya harga dari kue ini akan dijual dengan kisaran seribu rupiah per-satu biji.

20. Kue satu

makalah makanan khas bengkulu

Kue satu merupakan oleh oleh makanan khas Bengkulu yang sangat penting untuk dijaga. Biasanya pembuatannya pun sangat dikenal dan banyak orang yang mencari resep menu ini.

Untuk menemukannya, Anda bisa berkunjung ke Bengkulu ketika Idul Fitri atau Idul Adha. Dengan bahan utama kacang hijau dan gula halus makanan ini akan sangat nikmat ketika di cicipi.

21. Kembang goyang

resep pendap makanan khas bengkulu

Kembang goyang sangat terkenal di beberapa daerah Sumatera dibuat dengan cara yang di goreng. Bahan dasar untuk membuat kembang goyang adalah tepung beras dan juga santan kelapa.

Biasanya, camilan ini akan menjadi menu yang khas ketika sedang ada acara pernikahan atau upacara adat. Karena bentuknya yang mirip dengan bunga maka makanan ini disebut dengan kembang goyang yang manis.

22. Teh oolong

makanan khas bengkulu tempoyak

Jenis minuman khas dari Bengkulu ini berasal dari Kabupaten Kepahiang. Pengolahan teh ini di olah dengan cara semifermentasi dengan teh yang berwarna kuning keemasan nantinya.

Aroma dari teh ini cukup terkenal dan sangat nikmat tercium. Banyak manfaat yang dapat dihasilkan oleh jenis teh ini yakni untuk menurunkan berat badan, memperbaiki ginjal dan limpa, juga mencegah karang gigi.

23. Emping Bengkulu

makanan khas bengkulu di sulawesi

Bengkulu memiliki jenis emping tersendiri yang wajib untuk di coba. Jenis emping yang mudah dibuat menggunakan bahan dasar biji melinjo. Biasanya biji akan di rebus yang kemudian ditumbuk untuk dimemarkan.

Ketika Anda berkunjung ke Bengkulu, menemukan makanan ini sangat mudah. Terutama bagi Anda yang ingin membeli biji melinjo mentah atau belum di goreng.

24. Lontong tunjang

makanan khas bengkulu dari ikan

Nama makanan lontong sudah tidak asing di Indonesia. Berbeda dengan makanan khas bengkulu ini yang akan disajikan per-porsi bagi penikmatnya.

Biasanya, untuk satu porsi lontong tunjang akan memiliki irisan lontong, gulai nangka dan buncis, juga irisan kikil. Beberapa orang juga menambahkan telur rebus untuk menciptakan rasa yang khas. Hidangan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan.

25. Bubur sekoi

makanan khas bengkulu di lombok

Masih jarang orang yang menguasai cara pemuatan bubur ini beserta resepnya di daerah lain. Untuk di Bengkulu, jenis makanan ini sangat populer untuk dijadikan santapan nikmat.

Bahan utama pembuatan bubur akan menggunakan biji jewawut. Ketika bulan Ramadhan tiba, menu ini sangat mudah untuk ditemukan di mana pun. Tentunya dengan rasanya yang manis dan gurih akan sangat nikmat untuk dicoba.

26. Gulai ayam undak teghung

makanan khas bengkulu di malang

Makanan dari Bengkulu ini terkenal akan rasa yang khas dari rempah masakan. Gulai ayam ini sangat mudah ditemukan ketika Anda berkunjung ke Bengkulu. Dengan variasi dari gulai yang dibuat ditambahkan dengan rempah.

Di dalam masakan gulai ini akan terdapat potongan daging ayam beserta terong. Biasanya, jenis terong yang digunakan adalah terong bulat dengan rasa gurih yang khas.

27. Gulai bungo sesilo

makanan khas bengkulu di medan

Bungo memiliki arti bunga dalam bahasa Bengkulu. Biasanya bunga yang digunakan pada menu masakan adalah bunga pepaya. Makanan khas Bengkulu selatan ini sangat mudah untuk ditemukan.

Biasanya masyarakat setempat menyukainya karena memiliki sensasi rasa yang pahit. Bagi beberapa orang makanan pahit tidak akan nikmat untuk dikonsumsi padahal inilah yang menjadi keunikannya.

28. Pindang tulang iga

apa nama makanan khas bengkulu

Terdapat rasa yang khas dari jenis hidangan masakan yang satu ini. Dengan rasa gurih, asam, segar, dan pedas yang menyatu akan sangat nikmat untuk dicicipi. Biasanya, ketika sedang di masak akan menggunakan beberapa rempah.

Rempah tersebut merupakan rempah yang sering digunakan untuk berbagai kuah pindang. Disajikan dengan sambal cinge yang khas dari Bengkulu.

29. Sop tulang kaki sapi

makanan khas bengkulu dari bahan nabati

Makanan khas Bengkulu adalah masakan dengan rasa yang unik. Sop tulang daging sapi dari Bengkulu juga memiliki rasa yang unik. Biasanya akan sangat nikmat untuk disantap ketika kuahnya masih hangat.

Menu ini akan digabungkan dengan sum-sum tulang yang lembut dan nikmat. Apalagi Anda dapat menyeruput kuahnya dengan sedotan terutama dengan rasanya yang gurih dan nikmat.

30. Udang tempoyak

makanan khas bengkulu adalah

Menu ini terbilang sangat unik dan cara membuatnya yang mudah. Penggunaan bumbu halus dan cabai yang ditumis hingga harus menjadi kunci kenikmatannya.

Biasanya akan ditambahkan dengan tempoyak, air, gula, dan garam. Untuk udangnya, ketika sudah digoreng akan di masukan ke dalam bumbu yang telah di tumis tadi. Udang akan di masak hingga kuah menjadi kental dan nikmat.

31. Bungkul

makanan khas bengkulu di solo

Bungkul memiliki bahan masakan yang sangat sederhana untuk di coba. Bahan utama pembuatannya akan menggunakan tepung beras, santan, dan gula aren.

Rasa yang dihasilkan memiliki cita rasa masakan yang manis dan gurih. Biasanya, pewarna alami yang digunakan adalah daun pandan atau suji. Dengan bentuk yang sangat mirip seperti bubur sumsum yang sering ditemukan dengan tekstur lembutnya.

32. Gelamai

makanan khas bengkulu di banten

Terbuat dari bahan nabati gelamai memiliki bentuk seperti makanan dodol. Pada saat lebaran sajian makanan ini sangat wajib untuk dihidangkan.

Bahan utama untuk membuat makanan ini adalah tepung ketan, santan, dan gula merah. Untuk proses pembuatan masakan ini akan memakan waktu yang lumayan lama. Hal ini karena adonan memang harus di aduk hingga matang dengan merata sampai 8 jam.

33. Kelicuak

proposal usaha makanan khas bengkulu

Oleh oleh makanan khas Bengkulu ini sangat wajib untuk dicoba. Terutama karena rasanya yang manis dan nikmat. Bahan utama dari menu makanan ini adalah beras ketan berwarna putih dan pisang.

Untuk proses pembuatannya pun sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Biasanya pisang yang telah dihaluskan akan dicampurkan dengan beras ketan yang kemudian di kukus hingga matang.

Beragam makanan dan minuman yang ada di Bengkulu memiliki rasa yang unik. Terutama, terdapat banyak makanan dan menu lain yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh. Dari rasa yang unik tersebut, makanan dan minuman dari bengkulu cukup mudah untuk di buat.

Leave a Comment

error: Content is protected !!